Penyalahgunaan Data di Pinjol AdaKami yang Berujung Penipuan

Saya mau curcol panjang di sini. Saya menyampaikan ini untuk klarifikasi dan saya juga meninggalkan jejak digital untuk berjaga-jaga di lain waktu, jika nama saya disalahgunakan oleh pihak lain ataupun oleh mereka ini lagi.

Pada awal bulan Agustus, saya membuka aplikasi AdaKami yang terinstal di HP saya. Waktu masuk, di fiturnya kok sudah ada nama lengkap saya, dengan NIK KTP tertera di dalam aplikasi tersebut. Kemudian saya melihat isi fitur lainnya dan mendapat limit kredit. Saya pun tidak tahu pasti isinya apa saja. Waktu saya klik untuk melihat limit kredit yang ada, tahu-tahu ada uang yang masuk ke rekening pribadi Bank Mandiri saya. Saya tahunya karena ada notifikasi aplikasi Livin Mandiri, yang memperlihatkan ada uang masuk sejumlah Rp4.450.000.

Saya kaget sekali. Saya pinjam juga tidak. Saya masukin data pribadi juga tidak. Menerima kode OTP atau apalah juga tidak. Saya klik pinjam juga tidak. Masukin nomor rekening juga tidak. Kok bisa ada uang masuk di rekening bank saya dengan rincian cuma nomor seperti virtual akun? Lalu di dalam aplikasi AdaKami itu ada keterangan bahwa saya sudah meminjam sejumlah dana. Kaget dong saya! Wowww!! Gak bisa dibiarin nih.

Saya mencoba mencari CS AdaKami lewat media sosial. Saya buka IG saya DM CS-nya, tapi lama jawabnya. Tahu-tahu follower IG saya banyak sekali yang namanya AdaKami. Kemudian saya email juga. Lalu ada WA yang masuk dengan foto dan keterangan bot chat dari AdaKami. Saya pertanyakan kenapa ada uang masuk di rekening saya bla bla bla. Jawabannya adalah kesalahan sistem, kalau tidak merasa meminjam bisa dikembalikan.

Bodohnya saya, ya percaya saja. Dia kirim rekening Bank BRI atas nama Silvia Juniarti dengan nomor rekening 018401017607538. Karena beda bank, saya disuruh transfer potong Rp10 ribu, jadi saya transfer sejumlah Rp4.440.000.

Saya baru sadar jika itu adalah penipuan, setelah dia kirim file yang belakangnya ada keterangan .apk. Setelah itu barulah ada CS AdaKami dari IG yang membalas DM saya sampai jadi eyel-eyelan. Akhirnya saya sudah selesaikan, gak dibahas lagi.

Sampai akhirnya jadi masalah pada awal bulan September 2023, karena saya menerima email masuk tagihan dari AdaKami. Saya lupa, waktu habis transaksi itu, saya sudah langsung uninstall aplikasi tersebut, saking jengkelnya saya. Sejak ada email tagihan itu, saya juga coba hubungi lagi CS AdaKami melalui IG. Lalu saya ikuti format aduan yang mereka balaskan ke saya. Saya disuruh menunggu 7 sampai 14 hari buat investigasi.

Saya tunggu, sambil saya juga mencari info lainnya, dengan membuka portal OJK dll. Namun kemudian jawaban email yang saya terima adalah mereka menyesalkan karena saya telah tertipu, tetapi beban pembayaran tetap kewajiban saya. Benar dugaan saya, cuma dapat jawaban basa-basi dan keputusan sepihak.

Saya benar-benar tidak bisa menerima, karena data saya sudah disalahgunakan dan ditipu pula. Masak saya yang disuruh bayar? Duit saya makan juga tidak. Aduan saya ke OJK sudah saya layangkan melalui email. Saya disuruh laporan ke bank sampai tutup rekening, dan sudah saya lakukan. Namun kelanjutan penyelesaian bagaimana, sepertinya menggantung juga. DC-DC juga meneror dengan telepon, WA, SMS juga. Tidak saya hiraukan. Semakin mereka meneror, saya juga up di medsos.

Shinta Widhi Puspito
Karanganyar, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

44 komentar untuk “Penyalahgunaan Data di Pinjol AdaKami yang Berujung Penipuan

  • 4 Oktober 2023 - (17:04 WIB)
    Permalink

    Itu mah kk ketipu akun palsu yg pura2 jadi ada kami, lapor ke pihak ada kami aja ka terkait masalah tidak pinjam uang tapi ada pencairan

    12
    6
    • 4 Oktober 2023 - (22:02 WIB)
      Permalink

      Kak kak, kenapa ga tf ke saya aja sih, ya ampun malah ngasih penipu, kurang literasi kakaknya, ga di baca baca dulu main tap tap aja

      17
      6
    • 4 Oktober 2023 - (22:13 WIB)
      Permalink

      Saya sudah mencoba mediasi dengan pihak aplikasi tapi apa yang saya dapatkan dr jawaban mereka adl keputusan sepihak yg merugikan bagi saya. Makananya saya UP ke media konsumen dengan bukti² saya punya

      11
      10
      • 5 Oktober 2023 - (09:42 WIB)
        Permalink

        OJK itu bot kk, kalau mau minta bantuan ya gak bisa, itu cm tempat nego Apk pinjol kalau mau di labelin harus bayar brapa, udah gitu aja. Info update paling hapus apk pinjol ilegal, bedanya yg illegal sama yg legal jg apa? Mungkin yg legal udah bayar uang sabun.

      • 5 Oktober 2023 - (20:15 WIB)
        Permalink

        Lapor polisi aja

        Ini permainan….
        Yang transfer ke rekening kamu
        Itu bisa sindikat

        Lapor

      • 6 Oktober 2023 - (05:28 WIB)
        Permalink

        Cerita kedua transfer ke penipu an pribadi menunjukan cerita pertama di buat2, memang di aplikasi tertentu ada jebakan batman kalau salah klik uang di transfer, tapi dengan cerita kedua menunjukan anda memang gampang saja dalam menginstall sesuatu dan memasukkan data, pasti ada cerita yg di buat2 sampai sudah di transfer. Kalau cuman sampai cerita pertama dan anda komplain di jalur benar ngak transfer balik ke nama pribadi mungkin masih bisa dibatalkan transaksi anda tapi karna kesalahan anda di cerita kedua maka itu terjadi ya sudah bayar saja cicilannya.

        • 6 Oktober 2023 - (07:31 WIB)
          Permalink

          Pengalaman saya memang sepertinya penipu itu dari pihak mereka juga,, dan itu tdk hanya trjadi di aplikasi adakami tpi juga dibbrp aplikasi fintech ilegal maupun semi ilegal lainnya,, krn dari bbrp aplikasi yg sya download dan tiap pasca pencairan slalu ada yg menelpon dg mengaku dari pihak cs apk tsb dan menyuruh utk pengembalian/pembayaran dana tsb ke rek yg mereka share utk kenaikan limit pinjaman.. Darimana mereka tau klo qta ada pencairan di apk trtentu klo bukan dari pihak mereka sndiri.. Intinya skrg hati2 aja jika ada yg nawarin pengembalian dana/pembayaran lewat rek yg berbeda… Klo kuat malu mah, mnding g usah dibayar biar pada bangkrut tu pinjol ilegal/semi..🤭🤭

          4
          1
      • 6 Oktober 2023 - (13:52 WIB)
        Permalink

        Paling mbaknya yang ngisi data pribadi di Adakami, mana mungkin tiba-tiba begitu saja langsung dapat uang pinjaman kalo tanpa persetujuan pengguna jasa pinjol.

        2
        1
    • 4 Oktober 2023 - (22:55 WIB)
      Permalink

      Ngapunten,maaf klo saya bodoh, kata mbak TS cuman liat syarat pinjam tiba² masuk transferan kerekening? Kok aneh ya… Harusnya masukan rekeningnya setelah klik persyaratan dsb , klo ga masukin nomer rekening mana mungkin nyampe duit ke tangan TS, ini mah fix kena penipuan yg lagi marak² nya kemarin trus cari kambing hitam padahal karena kecerobohan dan kebodohan diri sendiri

      18
      2
    • 6 Oktober 2023 - (00:49 WIB)
      Permalink

      Saya bg, saya juga gitu. Daan saya sudh lapor kepihak polisi . Biar ada bukti pegangan kuat kita bg jaga2 kalau ada pihak dc merka dtng kerumh. Abg lapor pun kepihak adakmi tetap kita disuruh bayr bg. Tapi saya tidak byr bg. Mlh saya lebih dari situ bg.

  • 4 Oktober 2023 - (17:11 WIB)
    Permalink

    kayak begini emang banyak sudah kena korban, ya kita sebagai nasabah harus waspada karena ya maap murni kelalaian nasabah sendiri

    hati hati om2 tante2

    9
    2
    • 4 Oktober 2023 - (19:04 WIB)
      Permalink

      Halo, kak Shinta. Kami memahami kondisi yang Kakak alami dan tim email AdaKami juga telah memberikan jawaban atas aduan Kakak.

      Mohon berhati-hati terhadap pihak yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan AdaKami. Jika kakak masih memiliki pertanyaan ataupun kendala lainnya terkait aplikasi ,silakan menghubungi layanan pelanggan AdaKami untuk informasi lebih lanjut, melalui :

      • Live chat pada aplikasi AdaKami
      • Pengaduan ke email: hello@cs.adakami.id
      • Contact call CS: 1500077
      • DM ataupun inbox ke social media AdaKami : @adakami.id (telah terverifikasi bercentang biru)

      Aplikasi AdaKami akan selalu meningkatkan pelayanannya pada setiap penggunanya, terima kasih.

      4
      68
      • 4 Oktober 2023 - (22:20 WIB)
        Permalink

        Heleeehhhh kalau saya tidak pernah mediasi lewat email dengan akun kalian, saya tidak akan meng UP MASALAH INI ke media. Skrg benar memang tdk ad email tagihan jg tlp2 seluler, Ke nomer saya. Tapi saya merasa rugi waktu tenaga pikiran

        11
        3
        • 4 Oktober 2023 - (22:26 WIB)
          Permalink

          hade dodol jelas jelas akun palsu masih aje ditanggepin , heras sama orang begini ga pernah update tentang penipuan online hmm

          9
          7
        • 5 Oktober 2023 - (12:38 WIB)
          Permalink

          Berhubungan ama RIBA akan sengsara dunia dan akhirat, jadi jgn coba coba klik atau masuk , bahaya akan menantimu

          3
          2
        • 7 Oktober 2023 - (12:18 WIB)
          Permalink

          Mba pernah ajukan pinjaman atw isi data diri dan no rek di platform pinjol atw aplikasi lain? kl pernah, ada kemungkinan di salahgunakan oleh org adakami yg pernah bekerja di platform aplikasi lain. Krn setiap pengajuan, orang adakami yg pegang data mba dan cair mereka dpt komisi. Fakta, apapun dilakukan demi target tercapai. Baik yg negatif atw positif

      • 4 Oktober 2023 - (22:27 WIB)
        Permalink

        Halah,itu mah 1 komplotan sama lu.
        Mana bisa data pengguna bocor kalau bukan ulah kalian sendiri.
        Bahasa cara nagih DC lu kaya orang tidak berpendidikan di screenshot

        3
        8
  • 4 Oktober 2023 - (20:47 WIB)
    Permalink

    Sy juga pernah alami kejadiannya yang sama seperti itu tahun 2022. Sampe di tagih sama DC dengan kata” yg bisa bikin kita Bundir. Klo yg tidak punya mental kuat.

    4
    2
    • 4 Oktober 2023 - (22:31 WIB)
      Permalink

      Alamat ig nya apa kak. Saya mau buat akun ig ada kami, siapa tau dapat tf dari kakak 😅.
      Jadi orang kok pemikirannya lugu amat

      6
      6
      • 5 Oktober 2023 - (10:24 WIB)
        Permalink

        Harusnya uangnya biarin aja jngn di tf, nanti kl ada tagiahan baru cerita. Bayar kan ke aplikasi bukan rekening pribadi.

  • 4 Oktober 2023 - (21:30 WIB)
    Permalink

    wow enak bgt silvi juniarti dapat 4juta lebihm.pasti dia skrg lg berbunga2 dapat uang segitu.dapat duit cuma2.gileee silvi silvi mimpi apeee loe dapat uang segitu.

    mbnya panik sepertinya.jd salah akun palsu.
    org panik fatall bgt.masa balikin duit pake rekening org.sementara ada kami ngrm uang ke mbnya pake rek VIRTUAL.

    7
    3
  • 4 Oktober 2023 - (22:47 WIB)
    Permalink

    Lucu cerita y..
    Masa se, cumn download doang trs scroll kok bisa pinjaman masuk ke rekening..
    Logikanya aja ya…
    Isi data, pkai no rekening sendiri..yg isi sapa…? Wkwkwkwk
    Udah gtoe ketipu pula di IG.
    Mau ketawa takut dosa..

    6
    7
  • 4 Oktober 2023 - (23:53 WIB)
    Permalink

    Udah salah marah2 mbak…aduhhh udah gitu transfer uang ke penipu. Silvi juniarti pasti udah abis duitnya dibuat foya2 dugem, jalan2 makan2 ama antek2 joki penipu lainnya yg cari duit dari nipu orang. Moga2 joki2 model kyk silvi kena azab rejekinya seret berkali-kali lipattt. Maaf jd ikutan emosi wkwkk karena sy jg pernah ditipu dipaksa pinjol ama cowok duit dibawa kabur. Saya yg diteror DC gara2 laki baji**** itu. Hati2 sekarang bnyk orang nipu ga cowok ga cewek.

    7
    7
  • 5 Oktober 2023 - (05:45 WIB)
    Permalink

    Sudah banyak kerusakan yang terjadi akibat adanya pinjaman online ini tapi pemerintah tidak jelas secara terukur parameter nya? Anda di pemerintahan selamat datang di pengadilan akhirat nanti hakim nya tunggal yaitu Allah, akan menghukum seadil-adilnya

    4
    1
  • 5 Oktober 2023 - (06:34 WIB)
    Permalink

    Yg bikin aneh ngehubungin cs lewat sosmed, bukan by call center resmi atau lewat email

    10
    4
  • 5 Oktober 2023 - (13:19 WIB)
    Permalink

    ceritanya ky ada yg ditutup2in dan langsung ke skip. mana ada abis install langsung cair ke rek tanpa isi data diri. kalo mau ngibulin anak TK bisa. tp kalo ngibulin kita2 para komentator ya gak bisa lah. se IQ jongkok pun gak bakalan percaya sama cerita TS.
    Kalo udah isi data diri terus blm submit, tiba2 cair ke rekening, sy percaya krn byk pinjol seperti itu.
    Dan ga ada tuh pelunasan pinjol dgn mentransfer ke suatu rekening pribadi. Emangnya situ pinjem sama temen..? dimana2 pelunasan ya di apk nya langsung. nanti diberikan tata cara pembayaran berupa virtual account.

    6
    1
  • 5 Oktober 2023 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Cuma mau nanya, andai terjadi seperti itu tiba2 ada pencairan tp kita tidak merasa pinjam. Klo kita diemin uangnya dan g bayar gimana y? Kan bukan salah kita klo ada uang masuk tanpa kita tau..

    • 5 Oktober 2023 - (23:19 WIB)
      Permalink

      Ya jangan didiamin aja. Harus segera diurus tuntas.
      Uang yang masuk ke rekening kan uang pinjol yg berbunga.
      Misal uang yg masuk ke rekening senilai 5 juta. Di tagihan bulan depannya bs jd 5 juta lebih yg harus dibayarkan.
      Rugi di kita dong, padahal uang ga kita pakai dan kita ga merasa pernah ajukan pinjaman.

      Solusinya klo terjadi transfer semena-mena dr pinjol gmn?
      Kejar cs dan minta dibatalkan pinjamannya & sertakan bukti2 yg lengkap. Biasanya bs diusahakan (kalau terbukti tdk ada pengajuan) utk dibuatkan nomor pembayaran yg mana uang yg masuk ke rekening td cukup dikembalikan dgn transfer balik (tanpa bunga).

  • 5 Oktober 2023 - (22:33 WIB)
    Permalink

    Itu yg ngehujat2 TS fix DC nya pinjol yg masih neror2.
    Disini TS juga ada salah, sepertinya TS pernah mengklik link tidak jelas di sosmed, sehingga aplikasi pinjolnya terinstal otomatis dan terjadi pencurian data.
    Setelah link terklik, data pribadi dari TS yang melekat pada HP langsung terekam ke perentas dan diregisterkan ke aplikasi yg terinstal otomatis tadi.
    Selanjutnya penipu yg sudah dapat data TS tinggal menghubungi TS dengan pura2 mengaku sebagai CS pinjolnya, dan digiring untuk mentransfer ke pelaku.

    3
    4
    • 6 Oktober 2023 - (06:28 WIB)
      Permalink

      Masa iya ada data2 NIK di hp sih. Setau sy NIK itu cm dipake buat perbankan dan lembaga keuangan. Kalo mereka bs retas ke hp apa gak lbh bagus kalo sekalian kuras rekening? Mana receh bngt pinjam ke pinjol cm segitu.

      1
      1
  • 6 Oktober 2023 - (17:24 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah pertama kali coba2 pinjol pakai adakami kasusnya sama seperti anda…
    Malahan ada tambahan pinjol lagi yg kebuka gara2 orang yang mengaku2 cs adakami..
    Saya email gak ada tanggapan yg bagus…
    Entah emang udah dari sononya tuh adakami.

  • 11 Oktober 2023 - (14:28 WIB)
    Permalink

    Laporkan saja, sudah jelas itu penipuan. Tidak perlu dikembalikan uangnya. Gunakan uangnya untuk urusan nanti di pengadilan. Gugat secara perdata juga, minta aja langsung 1 milyar. Yang gini harus diberantas. Jika banyak pelapor, maka biasanya mereka jadi takut.

 Apa Komentar Anda mengenai AdaKami?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

Penyalahgunaan Data di Pinjol AdaKami yang Berujung Penipuan

oleh Shinta widhi Puspito dibaca dalam: 2 menit
44