Kecewa dengan Pelayanan Indosat

Terima kasih kepada Media Konsumen karena telah menayangkan keluhan saya. Perkenalkan, saya pelanggan Indosat 081622**93 dan 08573153**00. Saat saya berkunjung ke lokasi usaha saya di Kediri, Jawa Timur pada tanggal 17 Oktober 2023, saya datang ke Gerai Indosat di Kediri yang berada di Jl. Brigjend Katamso Kediri. Saya berencana mengganti beberapa kartu Indosat saya, untuk nomor 0816229393 dan 08144003**93.

Namun sesampai di sana dijelaskan bahwa ada biaya pergantian per kartu Rp25.000. Saya tanya ke CS yang berada di Gerai, kenapa dikenakan biaya? Padahal nomor saya pasca bayar. Berarti jika saya ingin mengganti 10 nomor saya, maka saya akan dikenakan biaya RP25.000 x 10 = Rp250.000, hanya untuk biaya ganti kartu saja. CS tidak memberikan solusi lain. Padahal nomor tersebut saya gunakan untuk menunjang bisnis saya yang di Kediri.

Setelah itu saya juga berniat meregistrasikan beberapa nomor prabayar saya, karena untuk kebutuhan bisnis. Namun CS Indosat di Gerai Kediri menolak mendaftarkan, dengan alasan NIK dan KK saya sudah teregistrasi dengan 3 nomor dan itu sudah maksimal. Padahal peraturan dari Menkominfo sendiri, jika lebih dari 3 bisa diregistrasikan di gerai resmi masing-masing operator. Namun mengapa lagi-lagi berbeda sendiri untuk prosedurnya? Padahal di gerai seperti Jakarta ataupun Surabaya, gratis untuk penggantian kartu.

Awalnya saya memilih Indosat, karena informasinya Indosat adalah operator terbaik untuk menunjang bisnis. Namun sebagai pelanggan Indosat, saya justru merasa kecewa dan berbeda dengan kenyataannya. Apalagi dengan adanya peraturan Indosat seperti itu yang berbeda beda.

Selain itu saya juga konfirmasi ke call center 185 dan diinformasikan untuk pergantian kartu tidak dikenakan biaya. Namun kenapa peraturan di gerai berbeda dan dikenakan biaya Rp25.000? CS 185 menginformasikan untuk aktivasi paket, kemudian saya tanyakan paket apa yang diaktivasi? Nomor saya kan pasca bayar. Namun CS 185 juga tidak bisa memberikan solusi.

Mohon untuk Indosat agar memberikan solusi kepada saya. Jika memang tetap tidak ada solusi, sekiranya agar nomor saya tersebut ditutup saja. Karena kan juga percuma, tidak ada kartunya tidak bisa digunakan. Sedangkan tagihan abonemennya tetap berjalan.

Ida Jayati
Jakarta Selatan


Update (20 Oktober 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Indosat sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Indosat

  • 19 Oktober 2023 - (09:26 WIB)
    Permalink

    Masih wajar sih itu ganti kartu prabayar bayar 25 rb, menurut info yang dulu pernah saya tanya ke CS 185, itu untuk mengisi pulsa biar kartu baru siap pakai, tapi sebenarnya gratis sih (dulu memang pernah gratis saya ganti ke 4G, tapi dulu). Nah yang tidak wajar kalau Anda mau ganti kartu karena hilang atau rusak, oknum pegawai Gerai Indosat ini memaksa kita untuk membeli kartu baru berikut paket data seharga ratusan ribu. Terkait 1 NIK cuma bisa dipakai untuk 3 nomor per operator, nah memang kebijakan ini merugikan sih, tapi ini kan aturan sudah lama dari kominfo, meskipun tujuannya baik untuk mencegah penyalahgunaan. Kita tunggu saja klarifikasi resmi dari Indosat.

    2
    2
    • 20 Oktober 2023 - (19:05 WIB)
      Permalink

      Ibu ida sudah menjelaskan kalo kartu dia pasca bayar. Apa harus isi pulsa ?
      Peraturan Kominfo jika lebih dari 3 kartu bisa diregistrasi di gerai masing-masing provider.

  • 19 Oktober 2023 - (10:12 WIB)
    Permalink

    Untuk urusan yang lebih serius seperti penggantian kartu dsb sebaiknya TS langsung berhubungan dengan supervisor atau manajer gerai dimaksud, karena seringkali sales gerai atau SPG tidak lebih mengerti daripada konsumen. Jika buntu, cari gerai lain yang lebih besar atau tunggu feedback dari Indosat agar urusannya lebih lancar.

    Anda benar bahwa pendaftaran lebih dari 3 kartu dengan NIK dan KK yang sama bisa dilakukan di gerai operator. Syaratnya dengan membawa KTP asli dan KK serta disertai alasan yang jelas. Acuannya: https://www.kominfo.go.id/content/detail/11324/pelanggan-punya-lebih-dari-3-kartu-sim-bagaimana-registrasinya/0/sorotan_media

    Jika terkendala bisa diakali dengan menggunakan NIK lain di KK yang sama, asal sepengetahuan pemilik NIK (kecuali anak di bawah umur).

    1
    1
  • 19 Oktober 2023 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Memamg sikuning ini apa apa bayar beda sa sibiru kalo sibiru hanya bayar 10 rb sekalipun pasca juga , setahu saya registrasi pra itu sekarang hanya max 3 nomor dalam 1 nik, dulu sempat kalo mau di reg lebih dari 3 harus ke gerai , sekarang untuk prabayar memang tidak bisa lagi jadi hanya bisa 3 nomor dalam 1 nik, kalo pasca masih bisa kalo untuk 10 nomor.

    1
    1
  • 19 Oktober 2023 - (13:29 WIB)
    Permalink

    kalo Hemat saya , mending bayar aja bu 25 rb saja , nomer ibu itu nomer lama dan nomer cantik , ngapain gara2 25 rb bikin hati jadi gundah gulana, itung2 amal aja bu..

    2
    3
  • 19 Oktober 2023 - (14:59 WIB)
    Permalink

    kalo soal ganti kartu mungkin karna kartunya rusak, memang dipungut biaya

    saya XL ganti kartu karena sudah retak terman usia, dikenakan tarif juga kok

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo Hutchison?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan Indosat

oleh IDA JAYATI dibaca dalam: 1 menit
8