Surat Pembaca

Transfer Melalui VA BCA Berhasil, tapi Tidak Terverifikasi oleh Sistem

Pada tanggal 23 Oktober 2023, saya bertransaksi melalui marketplace Bukalapak untuk pembelian beberapa komponen elektronik di lapak Glodok Supermarket, nomor transaksi: BL2318RG8W4XINV. Pihak penjual dan pembeli telah sepakat dan barang ready diorder dan dikirim, total belanjaan Rp251.566.

Lalu saya lanjut pembayaran melalui virtual akun BCA yang diberikan oleh Bukalapak sebesar yang diminta dan transaksi berhasil tanggal itu juga, pukul 10:58:54. Lalu saya lanjut masuk aplikasi untuk memberitahu pelapak melalui chat.

Namun setelah masuk ke aplikasi Bukalapak, saya lihat daftar transaksi saya masih menunggu konfirmasi pembayaran. Padahal pembayaran sudah berhasil dengan bukti screenshot dari inbox aplikasi BCA Mobile saya. Lantas saya coba menunggu 1 jam, tetapi pembayaran belum terverifikasi juga.

Akhirnya saya menghubungi HaloBCA, untuk menanyakan apakah pembayaran transaksi berhasil sesuai hasil screenshot. Lalu saya coba menghubung nomor CS Bukalapak (021150133), tetapi nomor tersebut tidak bisa dihubungi. Saya coba DM melalui Instagram, juga tidak ada tanggapan.

Kemudian saya mencoba masuk pusat bantuan dengan klik transaksi bermasalah. Hal ini juga gagal mengatasi masalah, dikarenakan status transaksi menunggu pembayaran, yang mana memiliki waktu tersisa sampai pukul 20:56 hari itu juga. Sedangkan proses pembayaran melalui metode virtual akun BCA sudah berhasil, tetapi sistem belum memverifikasi pembayaran.

Saat ini masalah saya buntu, belum ada solusi. Saat ini pesanan telah dibatalkan otomatis, tetapi tidak ada pengembalian dana dari Bukalapak. Karena sistem tidak mengenali uang pembeli yang ditransfer melalui pembayaran virtual akun (walaupun bukti transfer menampilkan nomor VA dan nama perusahaan yang sesuai).

Melalui surat ini saya meminta bantuan kepada Media Konsumen, untuk menyampaikan keluhan saya kepada pihak terkait. Bagaimana ini bisa terjadi? Padahal akun saya sudah terverifikasi oleh Bukalapak sejak lama. Transaksi sebelumnya gak pernah terkendala seperti ini. Apakah ada maintenance dari Bukalapak atau gangguan jaringan, atau hal lain?

Paling tidak, sebagai salah satu marketplace besar mestinya Bukalapak memiliki customer service untuk mempermudah menangani masalah. Sebelumnya saya ucapan terima kasih kepada Media Konsumen, yang sudah memberikan saranan penyambung aspirasi masyarakat.

Yudiarto
Semarang, Jawa Tengah


Update (25 Oktober 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Bukalapak sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “Transfer Melalui VA BCA Berhasil, tapi Tidak Terverifikasi oleh Sistem”

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Hal biasa kak dalam transaksi online dimana saja pasti ada kendala karena kerjasama jg dgn mitra dgn media elektronik berupa internet, saya sebagai pengguna justru bertanya saat terkendala supaya mendapat solusi terbaik 🙏

      • memang hal biasa, shopee tokped pun pasti pernah seperti ini. namun yg membedakan adalah dari segi pelayanan customer servicenya. BL jauh tertinggal dalam hal ini. Maka dari itu tidak disarankan utk checkout di BL

        • Bener bukalapak paling sulit buat komplain,pusat resolusi yg ga membantu sama sekali 👎👎👎

  • Justru saya sedikit kaget masih ada yg mau transaksi di Bukalapak.Selain minim promo,juga tidak ada yang spesial di tanggal kembar seperti olshop lain.Bahkan gandeng aktor Song Jong Ki aja tdk mampu membuat olshop ini bertengger dengan olshop lain.

    • Saya mengerti kak untuk masing2 berbelanja sesuai kebutuhan bukan sekedar kejar promo,tetapi semua pasti ada kendala saat bertransaksi online dimanapun ,bukalapak juga sebelum nya memiliki customer service yg telah memberikan terbaik kepada penggunanya. Saat ini juga saya menayakan apa yang terjadi pada transaksi di atas. Ini bukan karena manusia nya tapi kegagalan system

      • Saya juga merasakan demikian. tetapi dalam balasan saya berikutnya saya juga meminta kepada pihak bukalapak untuk bisa mempertimbangkan lagi masukan positif dari para penggunanya untuk memperluas layanan customer service. Karena saya pun berbelanja online di beberapa marketplace pasti alami kendala,akan tetapi semua akan teratasi jika layanan kontak service itu ada baik whatsapp atau DM tweet,mention .

    • Sudah kak di tanggapi oleh team bukalapak dan halo bca,via telp dan sudah di jelaskan pokok masalahnya.dan permasalahan selesai dengan pengembalian dana ke saldo bukalapak

    • Hehehe ,marketplace via online ya begini mas "no body perfect".dimana mana kendala nya sama baik yang ada CS atau ga ada CS nya. yang penting kalau ada masalah dan punya bukti ada solusi aja cukup membuktikan kalau mereka masih komitment .