Kecewa dengan Pelayanan iColor Apple Service Kelapa Gading, Jakarta Utara

Pada 28 November 2023, saya melakukan perbaikan unit iPhone 6s Plus saya, dengan keluhan layar touch screen sama sekali tidak responsif. Oleh pihak teknisi, disampaikan bahwa permasalahannya ada pada IC Audio yang harus diganti dengan perkiraan perbaikan selama 2 minggu paling lama.

Sim tray dan baut pada sim tray dibawa oleh saya. Setelah melewati waktu estimasi yang ditentukan, kami menghubungi iColor Kelapa Gading untuk menanyakan unit hp kami. Setelah beberapa kali pertanyaan mendesak dari saya, akhirnya pihak mereka menyampaikan bahwa tidak bisa memperbaiki unit hp tersebut dikarenakan CPU-nya sudah bermasalah. HP tersebut dikembalikan dalam keadaan layar pojok atas kiri sudah ada shadow dan 2 mur/baut kecil bawah hilang.

Jadi, di nota ternyata tertera bahwa bawah baut bawah dibawa oleh kami, padahal kenyataannya yang dibawa itu hanya sim card dan 1 baut pada sim card yang letaknya di bawah sim card. Saya merasa dipermainkan, tapi karena bukti pada nota menyatakan baut bawah dibawa oleh kami, saya jadi bingung menyampaikannya.

Bagaimana ini iColor Kelapa Gading? Unit tidak berhasil diperbaiki, malah terjadi kerusakan baru dan menghilangkan 2 baut di bawah. Sangat mengecewakan jika saya tahu dari awal bahwa unit yang saya berikan malah dikembalikan dalam keadaan lebih parah.

Dimas Ramadhan
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan iColor Apple Service Kelapa Gading, Jakarta Utara

    • 22 November 2023 - (06:28 WIB)
      Permalink

      Setahu saya IP atau HP android nggak ada baut SIM tray/SIM card, anda kayaknya salah paham baut yg anda bawa sendiri itu baut bawah bukan baut SIM Tray.
      Satu lg yg dimaksud teknisinya yg bermasalah pasti IC display bukan IC audio, karena gk ada hubungannya IC audio sama layar tidak responsif kecuali IC display

  • 21 November 2023 - (15:22 WIB)
    Permalink

    Itu sudah jelas di nota baut bawah dibawa user artinya tukang service menerima hp anda tanpa ada baut bawah dan ditulis di nota, nota ditulis sebelum hp dikerjakan.

    1
    3
    • 21 November 2023 - (16:35 WIB)
      Permalink

      Sepertinya penulis tidak teliti atau tidak menanyakan kembali arti keterangan dari nota tsb. Saya yang pertama lihat saja akan beranggapan kalau baut yang dimaksud adalah 2 baut dibawah phone tsb. Jadi yang service jg ya mengikuti arahan sesuai nota tsb. Mungkin seharusnya bukan baut bawah, tapi baut simtray.

  • 21 November 2023 - (18:55 WIB)
    Permalink

    Mungkin teknisinya masih magang, bisa bongkar nggak bisa pasang. Atau yang bongkar beda orang dengan yang pasang—SOP macam apa ini? Terlepas ada nota atau tidak, teknisi kan seharusnya aware bagian mana saja yang dipreteli, disimpan di wadah (mis. plastik klip) untuk nanti saat dipasang kembali. Ghosting di sudut layar juga bisa karena kecerobohan teknisi—entah karena cara bukanya kasar, lem LCD yang belepotan, atau cara pasangnya dipaksakan. Untuk iP yang sudah tidak dapat update iOS terbaru sebaiknya reparasi jangan ke SC resmi deh.

    1
    2
  • 22 November 2023 - (11:01 WIB)
    Permalink

    Setau saya iPhone 6 sih sudah lewat masa baktinya, kemungkinan mesinnya bermasalah pasti tinggi sekali. CMIIW

  • 22 November 2023 - (19:39 WIB)
    Permalink

    iColor lagi wkwk, gua juga service lcd disana eh pas udah selesai dan sampai rumah malah speaker atas off

  • 23 November 2023 - (09:13 WIB)
    Permalink

    Semoga diberikan kemampuan untuk bisa beli iPhone Baru, minimal second iPhone 11 keatas.
    iPhone 6s udah hampir 10th sejak peluncurannya, berarti itu hp awet juga… atau yg pakai pintar ngerawat tuh hp.

  • 9 April 2024 - (20:40 WIB)
    Permalink

    Saya juga sempat servis unit Macbook air 2019 Intel Core. Pada saat itu, laptop saya terjadi kerusakan pada kedua port yang kondisinya tidak bisa dicas. Kemudian, saya bergegas untuk memperbaikinya dengan bayaran yang lebih rendah, maka saya bawa ke iColor karena bayarannya lebih murah daripada iBox.

    Lalu, saya bawalah ke iColor untuk memperbaikinya. Sampai disana, pelayan iColor berkata bahwa untuk menyetujui pengerjaan, saya harus meninggal unit Macbook dan membayar Rp. 3.000.000 untuk memperbaikinya, maka saya menyetujuinya.

    Setelah beberapa hari berjalan (sekitar 5 jam), pelayan iColor mengambarkan saya (via whatsapp) bahwa unitnya sudah bisa diambil. Di hari esoknya saya datang ke iColor untuk menerima laptop saya yang habis di servis, kemudian saya cek laptop nya jika port sudah berfungsi atau tidak dan ternyata berfungsi. Akan tetapi, setelah beberapa hari pemakaian, terdapat masalah lagi dan laptop nya tidak dapat dicas untuk kedua port. Kemudian, saya datang lagi untuk menyerviskannya, setelah beberapa hari pengerjaan, saya datang lagi ke iColor untuk menjemput unit saya dan ketika saya periksa laptopnya juga sudah berfungsi.

    Kemudian setelah beberapa hari pemakaian (pemakaian dengan benar), laptop saya terjadi kerusakan lagi pada kedua port dan tidak bisa dicas. Saya datang yang ketiga kalinya dan saya sudah merasa dipermainkan. Ketika saat itu saya telah berwanti – wanti jika saya ingin laptopnya diperbaiki dengan benar karena saya menggunakan laptopnya untuk sekolah dan tidak bisa mondar – mandir bolak – balik ke iColor untuk menyervisnya. Kemudian, saya mengembalikanlah unitnya dengan kondisi yang masih sama untuk dilanjutkan pengerjaan dan periksaan. Lalu, salah satu pelayan iColor di lantai dasar berkata bahwa terjadi kerusakan pada DC IO pada mesin dan saya harus membayarnya lagi dengan harga Rp. 2.500.000 karena terjadi permasalahan yang berbeda, kemudian saya bayarlah karena sudah tidak sabar untuk menggunakan device tersebut untuk bersekolah.

    Setelah beberapa hari pengerjaan, saya datang lagi untuk menjemput unitnya dan benar bahwa unitnya sudah benar – benar berfungsi. Namun, setelah beberapa hari pemakaian (mengecas laptop juga tidak semalaman), lalu saya mengalami masalah yang sama lagi selama sekitar 5 jam dan kemudian berfungsi kembali lalu berfungsi kembali dan seterusnya. Tapi ketika beberapa hari pemakain, masalah tersebut sudah tidak-lah terjadi lagi, akan tetapi sekarang masalahnya adalah kepada fisik laptop (penyok kecongkel di bagian dekat keybord) dan juga 1 baut laptop sudah hilang dari iColor, karena saya mendengar bunyi baut kurang kecang pada saat pengambilan unit di iColor.

    Hari ini, saya mengalami masalah baru dengan laptop, laptopnya jadi cepat overheat, baru dipakai 5 menit langsung overheat (buka aplikasi google chrome doang, buka 4 tab –> 2 google docs, artikel, google translate). Jadi feeling saya, pas laptop ditinggal di iColor, komponen laptopnya pasti udh diganti ganti semua dan mungkin saja komponen yang diambil dari laptop saya dijual dengan harga mahal, mungkin saja dia jual ke tokopedia atau ke aplikasi belanja online lainnya ya kan.

    Maka dari itu, saya merasa tertipu dan kecewa karena sudah mengeluarkan nominal uang yang tidak murah. Saya juga ingin menyarankan kalian untuk memperbaiki alat elektronik langsung di tempat resmi (“iBox atau “apple”) jika tidak maka kalian akan mengalami hal yang sama seperti saya. Harga servis iColor juga mirip – mirip sama harga iBox cuman bedanya iColor ga resmi jadi klo ada apa – apa mereka tidak akan bertanggung jawab, yang ada mereka akan terus mempermainkan kalian atau bisa saja mereka mengganti komponen lainnya tanpa sepengetahuan dari pemilik barang elektronik karena mereka sudah tahu jika kalian tidak mengerti mengenai cara perbaikan device atau barang elektronik. Sedangkan iBox adalah tempat yang resmi untuk memperbaiki device dan dijamin bahwa device akan benar kembali setelah diperbaiki. Tetapi, balik lagi ke kalian…………terserah mau mengikuti saran saya atau tidak, kalau ga mau ya ga usah ikutin saran saya.

    Saya disini hanya untuk membagi pengalaman saya ketika menyervis laptop saya di iColor dan tidak bermaksud untuk menjelek jelekan toko iColor. Sekali lagi, jika kalian tidak ingin mengikuti saran saya, ya juga gapapa, ga masalah.

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan iColor Apple Service Kelapa Gading, Jakarta Ut…

oleh Dimas dibaca dalam: 1 menit
14