Kecewa dengan Proses Pelunasan KPR BTN yang Lama

Pada tanggal 2 November 2023, saya datang ke Bank BTN Kantor Cabang Bogor di Jalan Pengadilan, Bogor. Niat saya adalah ingin melakukan pelunasan KPR. Beberapa hari sebelumnya saya ke BTN Cabang Dramaga (tempat akad kredit dilakukan), diberitahukan bahwa untuk “pelunasan KPR dipercepat”, harus datang ke Bank BTN KC Bogor.

Sesampainya di Bank BTN KC Bogor, saya diarahkan oleh security bank untuk ke bagian Loan Service. Saya diberitahu oleh petugas, bahwa untuk pelunasan KPR di atas Rp350 juta, harus membuat surat permohonan pelunasan ke pusat dan kemudian saya diminta menunggu 14 hari. Padahal sebelumnya saya tidak diberitahukan oleh Pihak Bank BTN cabang Dramaga, bahwa saya harus mengajukan permohonan tersebut. Baiklah, saya ikuti prosedur tersebut.

Beberapa kali saya konfirmasi ke Bank BTN KC Bogor, tetapi selalu dijawab bahwa belum ada jawaban dari kantor pusat. Bila sudah ada jawaban, maka CS akan segera menghubungi ke nomor HP saya. Sekarang sudah tanggal 27 November 2023 dan saya belum juga mendapat jawaban. Terus terang saya bingung bagaimana lagi, karena saya hanya diminta menunggu kabar saja.

Saya utarakan ke CS pada tanggal 2 November 2023, tolong dibantu agar saya bisa melunasi sebelum tanggal 8 November 2023, karena akan di-autodebet pada tanggal tersebut, tetapi ternyata harapan itu pupus. Sekarang saya berharap agar pelunasan bisa dilakukan ditanggal 1 Desember 2023 (pembayaran hanya bisa dilakukan setiap tanggal 1 s.d. 15 setiap bulannya). Apabila lewat dari tanggal itu lagi, maka saya akan lebih dirugikan.

Terima kasih,

Rochy Argento
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Kecewa dengan Proses Pelunasan KPR BTN yang Lama

    • 30 November 2023 - (21:06 WIB)
      Permalink

      Padahal nasabah ingin melunasi,, melunasi aja di persulit, giliran nasabah telat bayar 1 hari doang di wa dan di tlponin…

      Tolong dong Pihak BTN diperbaiki lagi prosedurnya. Jangan mempersulit dan merugikan nasabah.

      Btw aq jg mengalami, pelunasan dipercepat dan udh ke BTN sambil munggu RTGS nyampe, padahal masih jam buka teller, tp di tolak! Dengan alasan tellernya tutup, padahal gak ada transaksi uang tunai, cuma pemindah bukuan doang! Disangkanya semua nasabah awam, mereka ga inget sebagian nasabah ada jg yg kerja di perbankan. ( Maaf bu jd Ikut emosi di kolom komentar)

  • 30 November 2023 - (21:58 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama, sangat susah melakukan pelunasan dipercepat di BTN walau akhirnya berhasil juga.

    Saat mau melunasi saya beda kota, dimana pada saat akad di kota medan, dan saat akan melunasi di kota Singaraja Bali.

    Yang anehnya, saya disuruh harus ke medan untuk melakukan pelunasan, (jaman sekarang sudah canggih dan on-line kenapa harus ke tempat asal melakukan pelunasan)

    Setelah berdebat panjang lebar dengan CS loannya, saya minta dipertemukan dengan manajemen cabang nya, alasan pimpinan sibuk lah, rapat lah, baru keluar, dan setelah saya desak baru bisa bertemu dengan SPV atau selevel manajemen nya, baru diberikan waktu untuk berdiskusi, dan ternyata …..
    bisa dilakukan pelunasan walaupun bukan di cabang pada saat pembuatan akad.

    Masalah lain muncul pengambilan sertifikat HARUS kecabang asal pembuatan akad, dan kalau 14 hari tidak diambil akan dikenakan biaya simpan sertifikat 500 ribu per bulan.. ???

    Hal ini sangat berbeda sekali ketika saya melakukan pelunasan di bank CIMB NIAGA, dimana pun bisa melakukan pelunasan dipercepat dan yang sangat menarik dan kreeen, sertifikat bisa kita ambil pada cabag terdekat dari domisisli kita, tidak harus kita Pulang kampung ke tempat asal pada saat kita membuka akad..

    Ayoo dong Bank BTN berubah lah zaman sudah canggih apa iya pelunasan harus di bank asal dan sertifikat harus diambil di bank asal pembuka akad…???

    • 1 Desember 2023 - (07:01 WIB)
      Permalink

      masih mending surat sertipikat dah keluar bang, ada yg udah lunas kpr eh sertipikat belom jadi, ngeRI BAnget lah kprnya

  • 1 Desember 2023 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Saya telat KPR 2 bulan dan bulan berikutnya saya Lunasi memang itu kewajiban saya….,dan ketika di SLIK nama saya jelek sudah kol 2….,,saya berharap ada bantuan dari BTN……tapi jawabnya karena sistem….,saya harus nunggu 6 bulan ..dan saya tidak bisa mengajukan pinjaman di bank manapun…..,,program KPR sangat membantu rakyat kecil …sebagai Warga Negara indonesia yg blm memiliki rumah…bukan malah sebaliknya…

 Apa Komentar Anda mengenai KPR BTN?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Proses Pelunasan KPR BTN yang Lama

oleh Rochy Argento dibaca dalam: 1 menit
6