Lalamove Tidak Bertanggung Jawab atas Barang yang Rusak dalam Pengiriman

Saya pengguna dari aplikasi Lalamove, yang sudah sering menggunakan aplikasi ini untuk mengantar dan mengirimkan barang. Pada tanggal 19 Desember 2023, saya menggunakan aplikasi ini untuk mengangkat stand jualan saya. Driver datang sudah melihat barang saya untuk diangkut.

Saat barang saya sudah diangkut, dari daerah Cengkareng ke daerah Kembangan, lalu saya pisah dan menyampaikan untuk bertemu di titik penurunan. Setelah kurang lebih 1,5 jam (rutenya tidak terlalu jauh), barang saya datang dalam keadaan rusak pada bagian atas (foto terlampir).

Driver menyatakan barang terkena dahan yang di baliknya ada kabel listrik. Padahal dalam rute perjalanan seharusnya melalui jalan raya besar (lingkar luar barat dan Daan Mogot). Hal ini mungkin terjadi, karena memang kendaraan lewat jalan kecil. Saya sampaikan karena saya mengorder pesanan dengan tambahan orang, sehingga seharusnya sudah ada yang membantu melihat kondisi jalan.

Lalu saat barang sudah tiba, saya melakukan komplain melalui aplikasi, menyampaikan barang saya rusak. Ini bukan kali pertama saya bawa stand makanan dan pada umumnya tidak pernah ada masalah. Namun pihak Lalamove berlindung di balik syarat dan ketentuan, yang pada umumnya hanya menguntungkan pemilik aplikasi.

Saya merasa Lalamove berlindung di balik klausula baku, termasuk disampaikan bahwa ini tanggung jawab driver yang merupakan Partner. Padahal seluruh transaksi menggunakan aplikasi dari Lalamove, yang mana berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 5 tahun 2020 pada pasal 9 menyampaikan, PSE Privat harus menjalankan sistem elektronik secara bertanggung jawab.

Driver sampai bingung, kenapa dia yang bertanggung jawab? Saya sudah tanyakan apakah ada penyuluhan, dia menyampaikan bahwa pihak Lalamove tidak melakukan penyuluhan. Padahal pihak Lalamove memungut komisi dari penggunaan aplikasinya.

Tolong bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika bisa melakukan tindakan atas tindakan semena-mena dari Lalamove. Karena saya sebagai pengguna dirugikan, padahal saya dilindungi Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Yang mana seharusnya pelaku usaha bertanggung jawab penuh dan tidak melempar tanggung jawab. Seharusnya konsumen tidak dirugikan oleh pelaku usaha, yang menyatakan bahwa mereka tidak bertanggung jawab karena driver adalah partner. Ini adalah suatu tindakan yang sangat-sangat rendah.

Handyko
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Lalamove Tidak Bertanggung Jawab atas Barang yang Rusak dalam Pengiriman

    • 26 Desember 2023 - (16:05 WIB)
      Permalink

      Iya bro, memang cuman lagi cari foto saja langsung diakhiri. Ampun

  • 26 Desember 2023 - (22:40 WIB)
    Permalink

    Lalamove memang cuman aplikasi penyedia layanan sebagai penyambung antara driver dan konsumen, dan driver nya hanyalah partner bukan karyawan lalamove dimana jika ada apa apa itu tanggung jawab driver. Seharusnya driver tidak usah berpura-pura bingung kenapa dia yang harus bertanggung jawab karena itu tanggung jawab dia membawa barang konsumen.

    • 27 Desember 2023 - (19:03 WIB)
      Permalink

      Sebetulnya kalau sesuai SOP Lalamove dimensi dan berat barang yang dimuat ke armada, semuanya ada aturan ketentuan… (Saya melihat gambar diatas itu sudah melebihi dimensi barang yang dimuat)

      Mohon maaf apakah sudah mengecek ketentuan dimensi dan berat muatan karena, terkadang ada customer yang tidak mengetahui detail tentang dimensi dan berat barang yang dimuat??

      Kalau alasan supir tidak melewati jalan raya atau jalan besar dan memilih jalan kecil, kemungkinan dengan dimensi barang yang melebihi ketentuan aturan dishub,, mobil bisa di berhentikan dan bisa di denda karena, melanggar aturan dimensi

      Saya tau untuk lalamove itu ongkos antar dan muat barang itu sangat murah untuk customer dan untuk driver di kenakan potongan komisi yang variatif dengan komisi minimal di angka 20% bahkan sampai 30% dari total ongkos barang..

      kalau anda protes soal layanan lalamove, soal tanggung jawab driver,, sebaiknya pelajari terlebih dahulu untuk dimensi dan berat barang yang akan diantar karena, jika melebihi dimensi yang sudah ditentukan oleh aplikator maka, driver hanya punya pilihan cari jalan pintas untuk menghindari sanksi tilang atau customer mau berbaik hati untuk memberikan uang lebih jika dijalan pas antar barang anda selamat sampai tujuan dan driver pun tidak mengalami sanksi tilang petugas…dan otomatis ongkos ngga seberapa,, malah nombok bayar ke petugas dan cuma keringat yg diraih dan ucapan terimakasih

      Sekedar informasi utk dimensi barang yang dimuat untuk mobil pickup atau losbak itu Panjang: 2 Meter, Lebar: 1,6 Meter dan Tinggi : 1,2 Meter dari permukaan bak, bukan permukaan tanah ya tolak ukur..

      Salam satu aspal

      • 29 Desember 2023 - (09:38 WIB)
        Permalink

        Kalau dilihat ini orang lalamove nih, panjang lebar ngomong membela. Terima kasih ya atas tanggapannya, ini bagus tapi ada beberapa hal harus ditanyakan.

        – Apa anda mengerti atas volume? Dalam aplikasi adanya volume berarti ukuran dari bak jadi kalau barang lebih dari volume maka tidak bisa duangkut dalam bak. Sedangkan barang saya tidak lebih dari ukuran bak.
        – Masalah jalan, balik lagi ga mungkin tidak melewati jalan besar ya, lalu saya mengorder dengan tambahan orang jadi seharusnya bisa membantu mengawasi atas kabel atau dahan, apa betul?
        – Saya tidak menyalahkan driver untuk bertanggung jawab, sampai saya sudah sampaikan ke driver saya ga minta apa-apa sehingga driver sudah pergi, karena memang seperti anda samapaikan aplikasi memotong uang driver sehingga seharusnya memang aplikasi yang mendapatkan “keuntungan” dari orderan bertanggung jawab atas customer.
        – Kalau untuk ongkos, tidak bisa dikatakan murah karena saya membayar tambahan orang untuk mengangkat juga, jadi saya sesuai dengan ketentuannya. Apakah masih murah menurut anda?

  • 26 Desember 2023 - (22:42 WIB)
    Permalink

    Kalopun ada masalah paling aplikasi melihat nya dari rating ulasan yang di berikan konsumen kepada driver itu bisa di tindak oleh aplikasi,

  • 27 Desember 2023 - (06:54 WIB)
    Permalink

    Itu yaa murni tanggung jawab driver bos. Pihak aplikasi hanya sebagai penghubung antara itu dan anu.

  • 27 Desember 2023 - (07:06 WIB)
    Permalink

    Yg rusak bagian atas putih itu? Itu di las atau di baut? Kl di baut kenapa tidak dicopot dulu untuk amannya.

  • 27 Desember 2023 - (10:27 WIB)
    Permalink

    Salah satu resiko pakai jasa pengiriman ya barang rusak / hilang.
    Mau aman, ya bawa sendiri.

    • 29 Desember 2023 - (09:41 WIB)
      Permalink

      Saya doakan anda akan mengalami kerugian yang sama sehingga nanti anda inget pesan anda ini ya. Amien

  • 27 Desember 2023 - (12:46 WIB)
    Permalink

    Gw juga driver lalamove, kalo cust terlalu rewel, gak sabaran, dan banyak ngatur gw gak akan segan beri layanan asal-asalan . Tapi kalo cust sabar dan percaya pada driver, gw akan beri layanan sesuai SOP .

    • 29 Desember 2023 - (09:43 WIB)
      Permalink

      Semoga anda bisa mendapatkan balasan sesuai dengan yang anda lakukan kepada yang lain.

 Apa Komentar Anda mengenai Lalamove?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Lalamove Tidak Bertanggung Jawab atas Barang yang Rusak dalam Pengirim…

oleh Bapuk's Motor dibaca dalam: 1 menit
14