Keluhan Nasabah atas Indikasi Janji Palsu di Maybank Tidak Ditanggapi

Saya adalah nasabah Privilege Banking di Maybank, dan di awal bergabung kemudian mengikuti program “Worry Free”. Termasuk di dalam program ini, ada kesempatan untuk penempatan dana tambahan senilai Rp275 juta selama 12 bulan untuk mendapatkan fasilitas kartu kredit Mini atau BMW, dengan janji welcome bonus sebesar 60 ribu TREATS points. Penawaran ini dibuat tertulis oleh RM dengan nama Kevin Lidsya dari cabang STC Senayan pada saat pembukaan rekening.

Pada tanggal 16 Januari 2024 jam 14:38, saya menelpon CS Maybank di 1500611 untuk menanyakan kapan welcome bonus 60 ribu yang dijanjikan akan dikreditkan ke akun saya. Betapa terkejut ketika staf CS bernama Eta menginformasikan bahwa saya tidak eligible untuk program tersebut karena program welcome bonus hanya ditujukan untuk nasabah baru yang sama sekali belum pernah memiliki kartu kredit Maybank.

Saya jelaskan bahwa saya mengikuti program yang ditawarkan oleh RM, dengan persyaratan penempatan dana yang ditahan 12 bulan. Dan menurut CS ini adalah syarat untuk mendapatkan kartu kredit Mini/BMW, tetapi tetap tidak eligible untuk mendapatkan welcome bonus.

Informasi ini berbeda dengan keterangan yang diberikan RM saat pembukaan rekening dan pengajuan kartu kredit, sehingga kemudian saya mengajukan komplain dengan nomor pengaduan nasabah R041OI6. Sayangnya hingga saat ini CS Maybank tidak melakukan follow up sama sekali, padahal sempat diinfo sebelumnya bahwa saya akan dihubungi dalam waktu 5 hari kerja sejak laporan dibuat.

Keluhan ke RM juga belum membawa hasil. RM menyatakan welcome bonus sudah dikreditkan tapi ke akun kartu kredit yang lainnya. Saya menuntut penjelasan bagaimana hal ini bisa terjadi dan sekaligus meminta detail perhitungan TREATS point yang pernah dikreditkan hingga billing statement akhir Desember 2023.

Chat terakhir dengan RM pada tanggal 22 Januari 2024 jam 9:24 kemudian tidak diindahkan dan sama sekali belum dijawab sampai saat surat ini saya kirimkan ke Media Konsumen hari ini.

Apakah demikian buruk pelayanan Privilege Banking di Maybank? Setelah 7 hari kerja berlalu, baik CS dan RM menolak untuk melakukan follow up dan update kepada nasabah Privilege Banking, padahal nasabah dituntut melakukan penempatan dana yang tidak kecil untuk mendapatkan fasilitas yang dijanjikan.

Ini bukan kali pertama saya mengalami pengalaman buruk dengan pelayanan Maybank sejak pembukaan rekening di bulan Oktober 2023. Banyak sekali blunder yang terjadi terutama koordinasi di internal yang sangat buruk, yang kemudian membuat saya bertanya-tanya kualitas sumber daya manusia, proses internal, dan kesiapan Maybank untuk memberikan pelayanan nasabah, terutama di level Privilege Banking.

Saking kecewanya, suatu saat saya pernah mencoba menghubungi Head RM di STC Senayan dengan keluhan saya, sekaligus meminta penarikan dana tersimpan. Sayangnya alih-alih melakukan service recovery segera, dengan entengnya yang bersangkutan malah mengajari saya step by step cara menarik uang saya dari Maybank via M2U app, lengkap dengan foto step by step! Demikian terkejutnya dengan respon seorang pimpinan divisi seperti ini, chat yang bersangkutan saya abadikan sebagai jejak digital sampai akhir masa.

Semoga melalui surat pembaca ini, saya akhirnya dapat memperoleh penjelasan yang sepatutnya dan seharusnya.

Djunadi Satrio
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Keluhan Nasabah atas Indikasi Janji Palsu di Maybank Tidak Ditanggapi”

S.2024.006/PRESDIR.- Corporate & Brand Communications Jakarta, 15 Februari 2024 Kepada Yth. Penanggung Jawab Redaksi Mediakonsumen.com Perihal : Tanggapan atas pengaduan...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Keluhan Nasabah atas Indikasi Janji Palsu di Maybank Tidak Ditanggapi

    • 26 Januari 2024 - (18:39 WIB)
      Permalink

      Mungkin penjelasan saya di dalam surat kurang dibaca teliti.

      Saya sempat menyebutkan adanya dana yang ditahan selama 12 bulan. Apakah lalu dengan mudah bisa direlease supaya saya bisa pindah ke bank lain sesuai komen Anda?

      3
      1
        • 26 Januari 2024 - (19:00 WIB)
          Permalink

          cari duit susah2 kok buat bayar penalty?! hahaha cuan kagak, malah buntung. konsep dari mana itu?

          3
          1
          • 27 Januari 2024 - (06:58 WIB)
            Permalink

            ya konsep dari banknya lah, jamak itu di bank apapun, lu orang ikut program lock dana bisa keluar tuh duit sebelom waktunya, tapi bayar penalti,

            kan lu orang nanya ini toh “Apakah lalu dengan mudah bisa direlease”

            ah gimana dah bambang

            2
            2
    • 27 Januari 2024 - (06:04 WIB)
      Permalink

      betul banget, begitu terkesan dengan tanggapan mereka seolah ‘keluarin aja itu duit, gini loh caranya, gw tunjukin step by step dengan foto’. Baru sekali seumur hidup mengalami pelayanan nasabah modelan begitu. epic dan ga akan terlupakan!

  • 27 Januari 2024 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Gw tahun kmrn dapat 60rb point dari BMW dan 60rb lagi dari Mini.
    Meskipun yg mini awal2 ktnya ga eligible untuk dapat Wb yg 60 rb kedua tp setelah bikin pelaporan hanya 2 harian ud beres.

    Kl gw malah merasa keluhan di Maybank cepet bgt ditindaklanjuti.

    Ini pengalaman saya 😝

  • 28 Januari 2024 - (21:35 WIB)
    Permalink

    Sabar ya om, sementara saat ini menunggu hingga waktunya 12 bulan berlalu dan dana bisa diambil,

    Bank yang paling enak untuk nasabah privilege yaitu CIMB Preferred,

  • 31 Januari 2024 - (13:51 WIB)
    Permalink

    dari segi rate untung gak om di lock 12 bulan ? apa karena tergiur dapat pointnya aja

 Apa Komentar Anda mengenai Privilege Banking di Maybank?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Keluhan Nasabah atas Indikasi Janji Palsu di Maybank Tidak Ditanggapi…

oleh Djunadi dibaca dalam: 2 menit
13