Tawaran Potongan Harga oleh BBW Books Indonesia Tidak Sesuai Saat di Kasir

Yth. Media Konsumen,

Saya salah satu pembeli di Pekan Grosir Buku BBW Books Indonesia yang diadakan di ITC Kuningan. Pertama kali saya kesana pada saat pembukaan yaitu 21 Februari 2024 dan tidak ada masalah pada kasirnya, malah kasir saat itu sudah paham mana saja buku-buku yang diskon sesuai potongan harganya. Namun terdapat masalah pada saat saya kedua kalinya kesana yaitu pada tanggal 2 Maret 2024.

Saat itu BBW ada beberapa potongan harga yang diberi nama (Rendang, Opor, dan Ketupat). Namun yang bermasalah adalah Promo BANTAL (Harga Banting Malam) dimana pihak penyelenggara BBW mengiming-imingkan Beli 3 buku 100k. Berikut fotonya dilampirkan.

Saya berkunjung dari siang hingga malam hari karena saya ingin membeli buku dengan promo BANTAL. Sehingga bukan hanya kerugian materi saja tetapi juga rugi waktu serta kekecewaan karena merasa ditipu oleh BBW Books Indonesia.

Lalu setelah lelah saya selesai memenuhi keranjang belanjaan saya bergegas menuju kasir untuk membayar, tetapi saat itu kasir terlihat lengah karena terdapat beberapa kendala, saat perhitungan PERTAMA dan buku-buku sudah dimasukkan ke tas belanja, ternyata PC kasir bermasalah sehingga dilakukan perhitungan KEDUA kalinya dan meminta kami mengeluarkan lagi buku-buku dari tas untuk dihitung ulang. (Silahkan lihat CCTV jam 19:11 tgl 2 Maret 2024). Kemudian saya turut membantu perhitungan ulang kedua kalinya oleh kasir agar cepat selesai dan segera bergegas pulang.

Sesampainya dirumah saya mengecek buku-buku hasil belanja di BBW dan melihat bahwa PROMO BANTAL ternyata justru diberikan HARGA NORMAL oleh kasir. Bisa dilihat di Struk belanja yang saya lampirkan. Seharusnya produk yang saya beli di segmen BANTAL yaitu 3 buku (Starwars) mendapatkan harga Rp.100,000. Yang dimana 1 buku harganya menjadi sekitar Rp.33,333. Tetapi oleh kasir justru diberikan HARGA NORMAL (struk terlampir), yang berarti itu sama saja penipuan potongan harga.

Hal itu bisa termasuk terkena pasal 9 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Yang berisi bahwa: Pelaku usaha dilarang menawarkan, mempromosikan, atau mengiklankan suatu barang dan/atau jasa dengan cara menjanjikan pemberian hadiah berupa barang dan/atau jasa lain secara cuma-cuma dengan maksud tidak memberikannya atau memberikan tidak sebagaimana yang dijanjikannya.

Saya sudah menghubungi pihak penyelenggara BBW Books Indonesia melalui Instagram, namun tidak ada penyelesaian dari pihak. Kasirpun tidak ada penyelesaian.

Harap para konsumen berhati-hati saat hendak membayar di kasir harus benar-benar memperhatikan satu persatu barang dan harga belanja, apalagi terdapat potongan harga yang awalnya diimingkan oleh penyelenggara.

Terima kasih.

Descha
Kota Depok – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Tawaran Potongan Harga oleh BBW Books Indonesia Tidak Sesuai Saat di Kasir

  • 4 Maret 2024 - (19:53 WIB)
    Permalink

    mungkin sistem kasirnya belum update dengan promo tersebut, harusnya dicek struknya di lokasi lebih enak komplainnya.. semoga ada followup dari BBW

  • 4 Maret 2024 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Kalau promonya 100 ribu dapat 3 buku, jangan dihitung lagi berdasarkan harga satuan yang ada di struk. Itu hanya untuk pencatatan transaksi penjualan aja.
    Yang penting setiap 100 ribu yang kamu bayar, kamu dapat 3 buku.
    Kalau beli 12 buku berarti bayarnya 400 ribu, kalau cuma dapat 10 buku baru gak bener promonya.

  • 5 Maret 2024 - (09:45 WIB)
    Permalink

    sebenere ngitungnya kan gampang, kalo beli 3 = 100rb. beli 6 = 200rb. kalo ga sesuai bisa dikomplain di lokasi.

 Apa Komentar Anda?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Tawaran Potongan Harga oleh BBW Books Indonesia Tidak Sesuai Saat di K…

oleh Descha dibaca dalam: 2 menit
4