KTP Saya Dipalsukan Untuk Mengajukan Kredit HP ke AEON Credit

Saya butuh keterangan dari pihak AEON bahwa tidak ada kreditur atas nama Rusli Handreas. Karena saya memang tidak pernah mengajukan dan mengisi aplikasi kredit barang apapun di AEON. Tapi ada orang menemui istri saya di rumah mengaku dari AEON menagih tunggakan yang menurut pengakuanya sejak bulan April 2016. Dan orang tersebut sudah datang dua kali datang ke rumah saya di saat saya tugas luar dari kantor.

Saya mau ada keterangan dan penjelasan dari pihak AEON. Untuk saya berikan ke istri saya untuk ditunjukan ke orang yang mengaku dari AEON. Bila perlu saya akan ajukan ke pihak kepolisian untuk laporan orang yang mengaku dari AEON karena ada pemalsuan data yang memakai atas nama Rusli Handreas dan menggunakan scan foto KTP saya untuk meyakinkan orang di rumah saya. Kemarin tanggal 14 September 2016 datang seseorang mengaku dari bagian Penagihan kredit AEON ke rumah saya dan hanya menemui istri saya. Kebetulan saya sedang bekerja tugas luar.

Orang tersebut bilang ke istri saya bahwa saya kredit handphone dan belum bayar sejak April 2016. Sedangkan saya sendiri baru bekerja lagi mulai 1 Maret 2016, karena sejak Januari 2016 saya terkena PHK. Dan saya tidak pernah berhubungan atau isi aplikasi di kredit AEON. Saya tahu untuk kredit itu harus ada slip gaji dan minimal sudah bekerja 6 bulan. Tapi orang tersebut hanya menunjukan surat tagihan yang tidak diberikan ke istri saya dan menunjukan foto KTP saya di HP nya ke istri saya. Perlu AEON ketahui saya atas nama Rusli Handreas tidak pernah mengisi Aplikasi kredit ke AEON. Mohon pihak AEON dapat mengecek dan membalas email ini bahwa benar benar tidak ada kreditur di AEON atas nama Rusli Handreas dengan Alamat tersebut di atas.

Hari ini petugas penagihan mengaku dari AEON datang lagi ke rumah saya ini yang ketiga kalinya dia datang berarti ini bukan penipuan, tapi sepertinya pihak AEON yang justru tertipu seseorang yang mengaku diri saya dan bisa mengambil barang dengan cara kredit di AEON. Saya bertemu dengan petugasnya, dan menurut penuturannya saya katanya mengajukan kredit HP dan menurut petugas itu pengambilan barang berupa HP dilakukan di toko Botani Square Bogor.

Ini sangat aneh saya seumur-umur tidak pernah berhubungan, mendekati apalagi mengisi aplikasi kredit di AEON di manapun, tapi ada seseorang memakai data saya lalu ajukan kredit ke AEON dengan mudah disetujui dan membawa pulang sebuah HP. Wow sungguh AEON sudah kecolongan. Perlu pihak AEON ketahui saya tidak pernah mengajukan apalagi berhubungan dengan AEON. Karena untuk urusan KREDIT Barang elektronik atau apa saja saya lebih percaya melalui FIF atau Home Credit dan saya tidak pernah bermasalah. Karena sebelum kredit saya selalu searching di internet kredibilitas dan layanan dari perusahaan pembiayaan yang akan saya pakai jasanya.

Jika benar ada seseorang mengaku sebagai Rusli Handreas dengan menggunakan data KTP saya yang mungkin saja bisa tersebar data saya karena saat mengajukan Kartu kredit KTP saya di-scan oleh pihak Bank. Namun begitu lemahkah sistem di AEON sehingga orang yang menggunakan data palsu bisa ambil Barang? Saya diminta orang petugas penagihan dari AEON tersebut untuk datang ke cabang AEON di Jl.Pajajaran no 23 Bogor katanya untuk klarifikasi kalau benar saya tidak mengajukan kredit di AEON. Karena memang benar2 saya tidak pernah berurusan dengan AEON.

Sekali lagi saya minta klarifikasi dari pihak AEON kenapa ada orang lain bisa ambil atau mengajukan kredit HP atas nama saya dan pake SCAN KTP saya bisa di approved. Bukankah untuk pengajuan kredit itu butuh klarifikasi via telpon atau SMS ke istri dan saudara dekat rumah untuk memastikan kebenaran data. Dan sesuai syarat di website AEON untuk kredit itu karyawan harus sudah masa kerja 6 bulan dan slip gaji juga nomer telepon. Sedangkan orang yang bilang dari AEON pun bilang bahwa mengisi aplikasi kredit bilang katanya saya kerja di PT.ASKI di Jalan Mayor Oking dan PT ASKI itu adalah perusahaan suku cadang otomotif. Ini sangat aneh saya itu seumur-umur kerja di bidang garmen belum pernah saya kerja di bidang lain.

Tolong pihak AEON agar klarifikasi masalah ini karena saya sudah dirugikan saya dibuat malu, karena orang di sekitar rumah yang menganggap saya sudah menunggak kredit. Saya menunggu pihak AEON mengklarifikasi masalah ini secepatnya.

Rusli Handreas
Kampung Cikempong RT 02 RW 05
Cibinong Bogor

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai AEON Credit Service:
[Total:7    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan AEON Credit Service Indonesia untuk Bapak Rusli Handreas

Yth. Redaksi Mediakonsumen.com, Sehubungan dengan surat Bapak Rusli Handreas di mediakonsumen.com tertanggal 17 September 2016 dengan judul “KTP Saya Dipalsukan...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “KTP Saya Dipalsukan Untuk Mengajukan Kredit HP ke AEON Credit

  • 17 September 2016 - (18:36 WIB)
    Permalink

    Penyalahgunaan identitas orang lain, termasuk Penyalah gunaan KTP Orang lain untuk keuntungan Pribadi, adalah sebuah pelanggaran hukum , maka pidana yg mungkin dikenakan adalah pidana pemalsuan surat sebagaimana diatur dlm Pasal 263
    Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHP”), khususnya pada ketentuan ayat [2].

    Pasal tersebut berbunyi sebagai berikut:

    Pasal 263
    (1) Barang siapa membuat surat palsu atau memalsukan surat, yang dapat menerbitkan sesuatu hak, sesuatu perjanjian (kewajiban) atau sesuatu pembebasan utang, atau yang boleh dipergunakan sebagai keterangan bagi sesuatu perbuatan, dengan maksud akan menggunakan atau menyuruh orang lain menggunakan surat-surat itu seolah-olah surat itu asli dan tidak dipalsukan, maka kalau mempergunakannya dapat mendatangkan sesuatu kerugian dihukum karena pemalsuan surat, dengan hukuman penjara selama-lamanya enam tahun.
    (2) Dengan hukuman serupa itu juga dihukum, barangsiapa dengan sengaja menggunakan surat palsu atau yang dipalsukan itu seolah-olah surat itu asli dan tidak dipalsukan, kalau hal mempergunakan dapat mendatangkan sesuatu kerugian.

    Saya berharap Pihak AEON bisa menelusuri Siapa Orang yang telah pakai KTP saya dan memalsukan data data pribadi saya untuk mengajukan kredit barang di AEON dan ternyata dengan Mudah AEON meluluskan kreditnya. Semoga pihak AEON bisa berkoordinasi dengan Pihak KEPOLISIAN agar bisa menangkap pelaku Penipuan dan Pemalsuan Data KTP saya yang disalahgunakan oleh orang lain untuk menipu .

  • 21 September 2016 - (16:12 WIB)
    Permalink

    Terimakasih Untuk Pihak AEON yang segera menghubungi saya,
    saya sudah klarivikasi di cabang AEON Bogor , Jalan Pajajaran. ternyata setelah saya lihat di bukti pengisian applikasi kredit di situ banyak data yang tidak sama seperti tempat kerja, Nama ibu kandung, nomer HP dll, yang sama hanya data KTP, karena oknum tersebut memang menyalahgunakan KTP saya . saya sudah membuat surat sangkalan bermaterai bahwa saya disini juga AEON sebagai korban penyalah gunaan data oleh Oknum tidak bertanggung jawab. Semoga pihak AEON bisa belajar dari kejadian ini dan semoga pihak AEON bisa lebih teliti dalam meloloskan konsumen yang mengajukan kredit, apakah yang mengajukan itu datanya benar atau palsu. Saya juga minta maaf pada saudara ( Abas ) petugas penagih dari AEON yang datang ke rumah, karena ini ada salah paham. Harap maklum saat ini banyak oknum dan sindikat yang berpura pura jadi sales atau berpura pura menagih seakan akan sang suami punya hutang , disaat sang suami tidak ada di Rumah lalu masuk rumah dan terjadilah hal hal yang tidak diinginkan .
    Semoga Pelaku / oknum yang menyalahgunakan KTP saya segera di Tangkap POLISI .

  • 24 Desember 2016 - (21:16 WIB)
    Permalink

    Kepada Aeon. Hal yg terjadi pd bpk rusli, sekarang terjadi di saya.
    Jd pd tgl 22 desember 2016 org tua saya menerima tagihan dr aeon, sesampai saya dirumah pas dibuka ternyata tagihan aeon atas pembelian sebuah unit hp di giant kalibata.
    Tgl 24 des’16 hr ini sy ke kalibata utk memastikan lg, memang benar ada nomor ktp sy yg trx tgl 4 des, pdhal seumur hidup sy blm pernah ke giant kalibata kecuali tgl 24 des ini . Sudah saya emailkan surat pernyataan diatas materai dan ft copy ktp asli beserta tagihan nya pd tgl 23 des. Namun blm dpt tanggapan hingga saat ini. Mohon klarifikasi dan konfirmasi nya secepat mungkin krn sy dalam jangka dekat akan proses KPR, jgn sampe krn mslh ini KPR sy tidak cair.

    Dr penomor laporan aeon : 1612220811

    Thx

 Apa Komentar Anda mengenai AEON Credit Service?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

KTP Saya Dipalsukan Untuk Mengajukan Kredit HP ke AEON Credit

oleh Rusli Handreas dibaca dalam: 3 min
3