Bayar Kantong Plastik di Giant Pasaraya Manggarai

Selamat pagi dan salam cinta damai,

Seperti yang saya ketahui mulai 1 Oktober 2016 Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menghentikan program kantong plastik berbayar yang dijalankan toko ritel modern di seluruh Indonesia. Hal itu saya rasakan nyata setiap kali saya belanja di mini market seperti di Indomaret, Alfamidi, Alfamart dan Carefour yang sudah tidak memberlakukan lagi kantong plastik berbayar.

Namun saya mengalami kejanggalan saat belanja di Supermarket Giant di Pasar Raya Manggarai Jakarta Selatan, tepatnya saya belanja saat pulang kerja sekitar pukul 17.30 hari Selasa , 1 November 2016. Saat di kasir saya ditanya “mau pakai kantongan plastik ?” tentu saja saya jawab iya karena mana mungkin saya bawa belanjaan sebanyak itu tanpa kantong plastik. Namun saat sesampainya saya dirumah saya coba cek kembali belanjaan saya sesuai dengan yang ada di struk dimana saya temukan struk terdapat nominal Rp 200,- untuk 1 kantong plastik.

Bagi saya uang Rp 200 tidak menjadi masalah namun ini adalah kecurangan oleh Manajemen Giant kepada konsumen. Bayangkan saja berapa ratus konsumen yang dilayani dalam sehari dan berapa ratus kantong plastik yang berhasil mereka jual ke konsumen. Sayangnya struknya sudah saya buang tapi jika tidak percaya mungkin bisa langsung mencobanya untuk berbelanja di Giant tersebut untuk membuktikan kebenaran hasil laporan saya dan saya tidak tahu apakah hanya cabang Giant di Pasar raya Manggarai saja atau seluruh cabang giant masih memberlakukan kantong plastik berbayar.

Tolong tindaklanjut dari Manajemen Giant terhadap kecurangan tersebut sebelum hal ini menyebar lebih luas ke media.

Salam

Irli
Setiabudi
Jakarta Selatan 12970

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:2    Rata-Rata: 2/5]
Loading...

3 komentar untuk “Bayar Kantong Plastik di Giant Pasaraya Manggarai

  • 3 November 2016 - (10:04 WIB)
    Permalink

    Salah satu alasan Aprindo menghentikan program kantong plastik berbayar adalah karena belum adanya dasar hukum yang kuat yang mengatur masalah ini. Mungkin takut dibilang pungli..hehe ??

  • 7 November 2016 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Tapi saya juga masih suka menemukan kantong plastik berbayar selain di giant…di toko buku kl tidak salah

  • 21 Desember 2016 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya kantong plastik yang berbayar itu masih berlaku atau tidak ya?
    Saya terakhir belanja kemarin tanggal 19 Dec 2016 di Superindo Taman Surya,
    masih dikenakan biaya Rp 200/per kantongnya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Bayar Kantong Plastik di Giant Pasaraya Manggarai

oleh irli karmila dibaca dalam: 1 min
3