Tertipu Belanja Baterai Laptop Kualitas Rendah di Tokopedia

Nomor invoice INV/20160928/XVI/IX/51716754. Saya bingung di bagian help tidak bisa digunakan untuk komplain. Di pusat resolusi juga tidak bisa digunakan karena produk ini dibeli empat bulan yang lalu,

Kronologi kejadiannya sebagai berikut. Saya bertanya kepada penjual nova-shop (https://www.tokopedia.com/nova-shop) di Tokopedia, apakah benar produk baterai Lenovo x230 ini original? Dan dijawab original. Oke saya beli. Sewaktu barang sudah saya terima saya periksa dan tes, hasilnya saya menemukan adanya kejanggalan meskipun secara fisik mirip. Misalnya firmware tidak terdeteksi. Oke mungkin ada error pada firmware. Jadi saya putuskan untuk tetap menggunakannya karena urgen dan saya kira pemakaian masih normal meskipun waktu stand by-nya hanya 2-3 jam. Yang original sebelumnya 4-5 jam (pemakaian normal).

Karena saya ragu makanya saya menggunakan pusat resolusi di Tokopedia, tapi penjual tetap bersikukuh bahwa itu barang original terlepas yang katanya BM atau tidak. Yang saya tahu original ya original kualitasnya. Akhirnya saya tetap menggunakannya. Belum setahun, baru 4 bulan baterai sudah bermasalah, pemakaian hanya 2 jam dan dari 50% terjun bebas ke 6%. Aneh sekali. Terus saya selidiki baterainya. Ternyata memang kualitas cell dan firmware bukan original seperti pernyataan penjual yang katanya ori.

Saya minta Tokopedia memfasilitasi saya, untuk menukar produk yang terindikasi penipuan oleh penjual. Saya selaku pembeli, merasa dirugikan karena produk yang dikatakan original. Nyatanya tidak original. Saya mau hak-hak saya sebagai konsumen yang telah ditipu mentah-mentah oleh penjual dikembalikan.

Adam Muhammad
Sidoarjo

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Penilaian Rata-rata: 2.3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Tertipu Belanja Baterai Laptop Kualitas Rendah di Tokopedia

  • 3 Februari 2017 - (13:11 WIB)
    Penjual memang sering kali mengatakan barang mereka original. Seharusnya kita sebagai pembeli lebih jeli lagi melihat dari segi harga. Apabila barang yang di tawarkan harganya beda jauh dengan barang ori yang kita tahu maka kemungkinan barang tsb diragukan keasliannya. Saya pernah mau membeli babyliss. Di toko resmi harganya 3 juta. Tapi di tokopedia banyak yang menjual dengan harga bervariasi dari 200 ribu sampai 1,5juta. Saya menanyakan pada beberapa penjual jawaban mereka hampir sama bahwa barang mereka original. Malahan ada beberapa penjual yang marah di tanya seperti itu. Setelah saya mencari informasi ternyata benar barang yg saya mau itu aslinya buatan perancis. Sedangkan yg dr tokopedia itu barang buatan china. Serupa tapi tak sama. Semoga pengalaman saya dan anda membantu pembeli lainnya biar lebih teliti sebelum membeli
    • 12 Februari 2017 - (09:20 WIB)
      terima kasih atas saran dan masukannya, semoga dgn ini bisa membantu konsumen2 lainnya agar jeli kedepannya.
  • 12 Februari 2017 - (09:22 WIB)
    sampai saat ini, tokopedia msh belum meberikan solusi yg konkrit dan hanya melempar tanggung jawab, sbg e commerce yg besar pelayanan CS dan sistemnya sangat buruk dari pada kompetitornya,
    sangat kecewa !
  • 13 Februari 2017 - (11:19 WIB)
    Terima kasih gan atas informasi nya ini membantu saya agar lebih berhati-hati lagi berbelanja di toko pedia walaupun review produknya bagus tetapi belum tentu produk nya bagus pula. Semoga pengalaman pahit tidak terulang lagi bagi kita para konsumen haruslah tumbuh menjadi konsumen yang lebih cerdas serta lebih hati-hati.
    • 23 Februari 2017 - (11:54 WIB)
      konsumen harus cerdas dan kritis, semoga konsumen jgn tertipu lg seperti saya. jangan percaya deh embel2 original. kalo belum cek n ricek dulu.
  • 23 Februari 2017 - (11:52 WIB)
    update, sampai hari ini juga belum jelas. tokopedia belum memberikan kepastian kpd korban(saya). tokopedia juga belum menindak tegas seller( bukti2 untuk menguatkan argumen saya juga sdh saya kirim), tp tokopedia menurut sy tidak pro kepada korban tp pro dengan seller (terbukti dgn fakta2 yg ada, tokopedia belum menganalisis bukti2 yg saya kirimkan, tokopedia hanya menunggu penjelasan dr seller. tanda tanya (?) ). yang saya permasalahkan bukan garansi tp saya tertipu beli barang original dapatnya KW !.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Tertipu Belanja Baterai Laptop Kualitas Rendah di Tokopedia

Adam Muhammad 1 menit
6