Ketidakjelasan Keberadaan Paket Saya

Pada tanggal 11/10/2017 saya mengirimkan paket melalui JNE dari Bandung ke Baturaja (Sumatra Selatan). Oleh petugas JNE setempat (JNE Palasari) dikatakan paket akan sampai paling cepat 3 hari dan paling lambat 6 hari dari tanggal pengiriman. Asumsi saya, paket tersebut akan sampai maksimal tanggal 18/10/2017. Namun di tanggal 18/10/2017, paket saya belum diterima oleh penerima. Akhirnya saya mencoba konfirmasi by phone ke Care Center JNE Pusat 021-29278888. Melalui JNE Pusat, akan dibuatkan laporan untuk ditindaklanjuti.

Sampai “keluhan” ini saya tulis, paket tersebut belum diterima oleh penerima dan tidak diketahui sama sekali keberadaannya, namun jika saya coba cek resi melalui web cekresi.com, status pengiriman “Delivered” ke penerima. Sudah beberapa kali menghubungi Care Center JNE Pusat, alasan yang diberikan selalu “akan dikoordinasikan”, “masih dalam proses”, “akan dikonfirmasi kembali”, dll.

Mengingat pengiriman paket ke daerah tersebut (Baturaja) bukan kali pertama, dan pengiriman-pengiriman sebelumnya selalu bermasalah (barang harus diambil di loket, paket “nyasar”), maka harus dipertanyakan, apa yang salah dari JNE?

Jika alasannya pengiriman terkendala lokasi yang sulit dijangkau, oh come on, kita hidup di era digital, lokasi apa di bumi ini yang tidak bisa diakses melalui Google Map? Cara terakhir, di setiap pengiriman selalu menyertakan nomor telepon/handphone, saya rasa tidak sulit untuk melakukan konfirmasi (jika mau).

JNE adalah perusahan besar yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman logistik, haruskah tercemar hanya oleh SDM yang tidak kompeten dan tidak memiliki profesionalisme dalam bekerja? Alangkah baiknya jika keluhan tidak hanya sebatas masalah komplain belaka, tetapi sebagai bahan evaluasi JNE ke depannya.

Ria M
Bandung – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Penilaian Rata-rata: 0]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Ketidakjelasan Keberadaan Paket Saya

    • 26 Oktober 2017 - (11:41 WIB)
      Mohon maaf, kalau buat cek resi saja saya juga bisa mba. Resi juga sudah berkali-kali ditanyakan oleh Care Center JNE Pusat, tapi tidak ada progres apa-apa.
  • 31 Oktober 2017 - (19:40 WIB)
    Saya juga mengalami hal yang kurang lebih serupa mbak. Saya belanja online dan dikirim pada tanggal 24 Oktober 2017, setelah dapat no.resi saya selalu pantau update terus di web nya. Sampai tgl 30 Oktober kemarin paket saya belum sampai dan saya mencoba menghubungi JNE customer care pusat, dan CS mengatakan estimasi 3-5 hari kerja, kemungkinan sampai tgl 30 Oktober. Karena saat itu saya telp nya pagi, masih berbaik sangka akan sampai sore, ternyata belum. Hari ini (31 Okt) saya hubungi lagi CS nya, mereka mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan membantu membuat laporan untuk di monitor perjalanan paketnya. Malam ini saya cek lagi di web, ternyata status sudah berubah menjadi Delivered atas nama saya sebagai penerima pukul 12.20, namun barang masih belum saya terima padahal saya stand by di rumah dari pagi, dan siang saya cek ke agen jne tempat saya tinggal, dan belum ada paket saya di sana. Saya sungguh sangat kecewa dengan pelayanan JNE.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Ketidakjelasan Keberadaan Paket Saya

Ria M 1 menit
3