Pemblokiran Saldo Rekening Tabungan Secara Sepihak oleh Bank Mandiri

Dengan ini saya bernama Siti Hasanah ingin mengadukan keberatan terkait pemblokiran rekening tabungan secara sepihak oleh pihak Bank Mandiri. Ketika saya akan melakukan transaksi via ATM tiba-tiba saldo saya yang dapat digunakan Rp. 0,00. Lalu saya telepon ke call centre 14000, ternyata penyebabnya terkait dengan kartu kredit Mandiri saya.

Pada tanggal 26 Januari 2018 dan tanggal 05 Februari 2018 saya telah mendatangi Bank Mandiri cabang pembuka rekening (Bank Mandiri cabang Metro Lampung) untuk mengadukan hal tersebut namun sampai dengan hari ini belum ada tindakan apapun mengenai pemblokiran tersebut.

Jadi saya meminta untuk bagian kartu kredit pusat Bank Mandiri untuk lebih bijak mengatasi masalah ini, tidak sembarangan memblokir rekening nasabah secara sepihak karena hal tersebut telah melanggar undang-undang Perbankan. Dan apabila dalam waktu 24 jam tidak di buka blokir rekening, saya akan melapor ke OJK dan melakukan gugatan secara hukum. Karena sebelumnya pihak kartu kredit pun telah melakukan pendebetan saldo rekening saya sebesar Rp300.000,- secara sepihak.

Mohon tanggapan dari pihak Bank Mandiri untuk kasus ini agar segera diselesaikan, karena dana yang tertahan akibat proses pemblokiran bukanlah dana pribadi saya.

Siti Hasanah
Ganjar Asri,Metro Barat
Metro, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bank Mandiri:
[Penilaian Rata-rata: 2]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Pemblokiran Saldo Rekening Tabungan Secara Sepihak oleh Bank Mandiri

  • 13 Februari 2018 - (11:48 WIB)
    Hmm.. Ini sepertinya sudah jadi SOP mereka yah? Apakah tindakan seperti ini ada dasar hukumnya? 🤔
    • 13 Februari 2018 - (22:47 WIB)
      Demikian yang disebut dalam Pasal 12 ayat (1) Peraturan Bank Indonesia Nomor: 2/19/PBI/2000 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pemberian Perintah atau Izin Tertulis Membuka Rahasia Bank (“PBI 2/ 19 /PBI/2000”). Ada peraturannya pak,tidak sembarangan memblokir.Silahkan dipelajari lagi pasal hukumnya
  • 21 Februari 2018 - (12:21 WIB)
    Memblokir Rekening Nasabah merupakan kebiasaan Bank mandiri yg bisa dibilang sdh SOP mereka.Hal itu tdk boleh dilakukan.Seharusnya Bank memberikan keringanan untk nasabah sesuai peraturan Bank Indonesia nomor 14/15/PBI/2012 ttg Restrukturisasi Kredit.Padahal Bank mandiri bank pemerintah kenapa terkadang lbh berani melanggar peraturan yg ditetapkan Pemerintah sesuai dalam peraturan BI dan OJK.Kalau saya diperlakukan begitu pasti sdh langsung lapor OJK dan BI.Semakin banyak yg melaporkan maka OJK akan menindaklanjuti seperti halnya Team teman saya yg melaporkan First Travel ke OJK akhirnya diangkat oleh semua media dan pemerintah turun tangan.Akhirnya kamipun dipanggil ke beberapa media televisi.Ingat ancaman apapun harus di rekam baik berupa tulisan maupun suara terutama kalau sampai Debt collector melakukan kekerasan bisa langsung lapor ke polisi untuk dipidanakan.Jgn sampai Bank mandiri menggulangi kejadian Bank citibank yg membunuh nasabahnya.Bank mandiri harus lebih teliti dalam memberikan kredit kepada nasabahnya agar tdk terjadi kemacetan pembayaran.Saya bs bicara begini krn Kakak sepupu saya melupakan Korban yg dipecat sama bank mandiri saat menjabat sbg kepala cabang .Yg dipecat satu kantor tsb.Sepupu saya juga ada yg bekerja dibank indonesia dgn jabatn yg lumayan.Semoga Bermanfaat.
  • 25 Februari 2018 - (11:16 WIB)
    Selamat siang
    Sebaiknya langkah apa lg ya yang harus sy tempuh karena sampai dengan hari ini belum ada pemyelesaian dari pihak bank mandiri
    Terima kasih
  • 26 Februari 2018 - (13:17 WIB)
    Bu Siti.ebaiknya hal yang dilakukan bank mandiri dilaporkan ke OJK melalui email : konsumen@ojk.go.id.Saat lapor ke OJK sertakan semua bukti misal rekening d debit sepihak kasih fotocopy buku tabungan,pemblokiran kash bukti juga d blokir misal rekaman tlp call centre diblokir krn adanya hutang kartukredit.DalamPeraturan Bank Indonesia nomor 14/15/PBI/2012 tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum nasabah bisa mendapatkan keringanan dlm pembayaran kartukredit.Semakin banyak yg melaporkan bisa saja bank mandiri berubah gak asal memblokir atau mendebit uang nasabah sembarangan.Seperti halnya teman saya dan saya beramai-ramai berani melaporkan kasus first travel langsung mendatangi ke OJK akhirnya disorot publik.Semoga bank mandiri memilih perusahaan debt collector yg tahu prosedur peraturan bank indonesia dan OJK.Terimakasih.
  • 5 Maret 2018 - (23:29 WIB)
    kebetulan saya jga menjadi korban pemblokiran secara sepihak.. hari tgl 5 maret saldo saya menjadi 0.00 ..

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mandiri?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Pemblokiran Saldo Rekening Tabungan Secara Sepihak oleh Bank Mandiri

Siti Hasanah 1 menit
9