Bukalapak Tidak Mencairkan Remit Dana dan Membekukan BukaDompet Secara Sepihak

Melalui media komunikasi ini saya ingin melaporkan perihal dana BukaDompet saya yang dibekukan sepihak oleh Bukalapak (BL). Dana BukaDompet saya dibekukan sepihak oleh BL mulai tanggal 9 Maret 2018.

Kronologisnya sebagai berikut:

Kejadian pembekuan dompet ini awalnya ada 4 transaksi di mana barangnya sudah diterima pembeli namun remit dana belum diteruskan ke saya. Maka saya langsung email meminta BL meneruskan remit dana dari masing-masing transaksi. Dari email yang saya lakukan ada 2 yang akhirnya dananya berhasil dicairkan, dan 2 transaksi lagi masih belum dicairkan yaitu transaksi dengan no. 180696365790 senilai Rp1 juta dan transaksi no. 180696320790 senilai Rp150.000.

Maka saya melakukan email ulang beberapa kali untuk permintaan proses remit dana untuk 2 transaksi tersebut. Namun dari tim fraud BL membalas email saya dan berkata bahwa transaksi saya ini dianggap fiktif karena berasal dari 2 akun yang sama dan transaksi saya ini dianggap ada “indikasi gestun” (gesek tunai), sehingga remit dana tidak bisa diteruskan ke BukaDompet saya. Lalu BL meminta saya memberikan penjelasan terkait hal tersebut.

Lalu saya menjawab dan menjelaskan kembali kepada pihak BL dengan sebenar-benarnya bahwa saya sebagai penjual tidak tahu menahu mengenai transaksi gestun dan barang yang saya jual adalah benar dan bukan fiktif. Lalu setelah itu, tiba-tiba di tanggal 9 Maret 2018 BukaDompet saya dibekukan sepihak Oleh BL tanpa pemberitahuan. Dan saya pun langsung menghubungi BL kembali untuk membuka akun buka dompet saya.

Dalam hal ini BL sangat tidak fair hanya karena 1 transaksi yang terindikasi gestun, yang entah dari BL juga tidak memberikan bukti-bukti yang jelas, dan hanya merupakan kecurigaan dari tim BL atas transaksi tsb, BL langsung membekukan seluruh dana buka dompet saya. Jadi dalam hal ini saya dirugikan 2 kali.

1. Transaksi saya yang dicurigai tidak dicairkan remit-nya oleh BL sampai sekarang.
2. BL tiba-tiba membekukan seluruh uang buka dompet saya tanpa pemberitahuan.

Setelah kejadian BukaDompet saya dibekukan saya pun kembali menge-mail BL untuk permintaan agar BukaDompet saya dibuka kembali, karena saya sebagai pelapak memerlukan uang tsb untuk perputaran jual beli barang.

Saya sudah e-mail berkali-kali meminta bantuan dari tim BL, dan sudah memberikan keterangan dan bukti-bukti (seperti foto resi asli), namun jawaban dari BL tidak memuaskan dan seperti stuck tanpa ada solusi saya ini harus bagaimana lagi agar BukaDompet saya bisa dibuka. Jawaban dari BL seperti hanya dijawab oleh sistem dan terkesan diulang-ulang saja tanpa memberikan solusi apapun (Seperti: disuruh menunggu konfirmasi, transaksi saya dianggap fiktif, transaksi saya dianggap adalah transaksi gestun).

Saat ini total uang saya yang dibekukan oleh BL adalah 5.241.810 ,- Untuk saya yang baru mulai usaha di BL dana tersebut cukup besar nilainya.

Jika tim BL membaca surat saya mohon tim BL bisa lebih cepat merespon hal ini dan membantu memberikan solusi kepada saya dan para pelapak yang mungkin dananya juga dibekukan. Dalam hal ini BL sama sekali tidak berhak untuk membekukan dana tersebut secara sepihak . Karena uang tersebut adalah hak saya sebagai pelapak.

Terima kasih dan saya harap BL bisa secepatnya memproses pembukaan dana BukaDompet saya.

Maria Sulaeman
Lippo Cikarang
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:16    Rata-Rata: 3/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Ibu Maria Sulaeman

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “Bukalapak Tidak Mencairkan Remit Dana dan Membekukan BukaDompet Secara Sepihak

  • 27 April 2018 - (13:40 WIB)
    Permalink

    apakah akun anda sudah di aktifkan oleh bukalapak?
    saya mengalaminya juga hari ini, malahan saya sebagai buyer malah dibekukan akun saya secara sepihak, mana uang saya banyak amat dsana….. ini maksud BL apa, mau nipu padahal invest saya ada dsana juga..

  • 11 Juli 2018 - (19:00 WIB)
    Permalink

    bukan rahasia lagi klo bukalapak paling seenaknya membekukan bukadompet orang lain tanpa alasan yg jelas. Saya sendiri korbannya dan sangat sulit untuk komplain karena tidak pernah dijawab. Harusnya pemerintah yang turun tangan buat regulasi karena membekukan uang orang lain amenurut saya audah melanggar UU dan Hukum

  • 24 September 2019 - (05:59 WIB)
    Permalink

    DEAR BUKALAPAK.COM YANG TERHORMAT
    SAYA BUATKAN PUISI UNTUK MU
    23 juli 2019 TERHENYAK NAPASKU SAAT DIKALA BANGUN.
    TERCENGANG DIKALA KU MELIHAT TRANSAKSI YANG SUDAH SELASAI TIDAK BISA DI CAIRKAN.
    DAN TERTERA BUKADOMPET AKUN ANDA SEMANTARA DIBEKUKAN DEMI KEAMANAN?
    BERGEGASLAH SAYA RLPON CS BUKALAPAK YANG AMAT TIDAK ADA SATUKUTIPUN YG MENDEFINISIKAN (WHAY)
    DUA HARI SELANJUTNYA SAYA MENDAPATKAN EMAIL DARI YANG TERHORMAT POLICYBL SEAKAN AKAN MENJADI PENYELAMAT KARENA BUAYAN DAN KATAKATANYA YG MENGIURKAN.
    “KARENA LAPAK ANDA TERINDIKISI MEMANIPULASI DAN MENJUAL YG MELANGAR UNDANG UNDANG !!? WHATS
    -SEGERA KIRIM PERSYARATAN” DIBAWAH DAN KIRIMKAN KE ALAMAT YANG TERTERA

    DENGAN GAGAHNYA POLICYBUKALAPAK MNENGUTIPKAN
    ” KIRIMKAN PERSYARATAN DAN BERKAS KE ALAMAT YANG TERTERA AGAR PEMBEKUAN AKAN SEGERA DI PROSES PENCAIRAN SECARA MANUAL SETELAH BERKAS DI TERIMA OLEH PIHAK TIM KAMI”

    DENGAN SENANG HARI SAYA KIRIM LANGSUNG SMUA YG DIMINTA PADA TANGGAL 25/07/2019 dengan jasa JNE dengan resii 021810034281319 diterima oleh atas nama dwi.
    Namun sayang seribu sayang tiap waktu tiap hari saya menunggu dan menelepon cs bl tidak ada jawaban yg segnifikan.
    Jawabnya hanya mohon bersabar dan cek email secara berkala. Paling lambat 4x24jam akan sgera di proses.

    Saya menulis ini tanggal 24 september 2019

    Berarti sudah berapalama dibekukan.?
    1 apakah tim nya sedang liburan ke hongkong
    2. Kalo haji 1 bulan juga udah kelar
    3 apalagi umroh

    Sedangkan ini
    MENCENGANGKAN
    SALAH SATU YG SAYA TAHU BUKALAPAK ADALAH JUALBELI ONLINE TERNAMA DI INDONESIA
    NAMUN KENAPA KENDALA AEPERTI INI HINGGA BISA MEMAKAN WAKTU YG SANGAT LAMA
    AYOLAH BAPA/IBU YG TERHORMAT
    KAMI SAYA GARIS BAWAHI. KARENA BUKAN SAYA SAJA YG DIBEKUKAN TERNYATA?
    KAMI DENGAN SEGENAP SEPENUH HATI MEMOHON KEPADA TIM TERKAIT SETIDAKNYA PENJELASNYA MENGAPA DUIT DANA YANG SEHARUSNYA HAK KAMI DI CEKAL OLEH SEBELAH PIHAK.

    ((((((INGIN BERKATA KASAR)))))))

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Bukalapak Tidak Mencairkan Remit Dana dan Membekukan BukaDompet Secara…

oleh Maria Sulaeman dibaca dalam: 2 min
5