Proses Migrasi Speedy ke Indihome yang Rumit dan Pelayanan Plaza Telkom Tidak Memuaskan

Saya ke Plaza Telkom Kalbar Pontianak pada tanggal 28 Februari 2018. Saya ajukan pemasangan baru 2P (internet dan telepon rumah ) dan migrasi Speedy ke Indihome 3P (internet, TV dan telepon rumah) karena promo dengan harga Rp330 ribu+PPN 10% (sebenarnya saya takut sih untuk migrasi soalnya teman-teman atau di Google pada bilang prosesnya lama dan biayanya bisa dinaikan tidak sesuai dengan omongan di Plaza-nya, tapi saya memberanikan diri untuk migrasi sekalian bisa melihat dengan mata kepalaku sendiri apakah benar yang diomongin teman-teman dan di Google).

1.Keluhan Pertama: Pemasangan Baru

Saya ajukan pada tanggal 28 Februari 2018. Teknisinya datang pada tanggal 2 Maret 2018. Waktu pemasangan dikasih modem merek Nokia tapi saya anehnya kok tidak dikasih kabel LAN-nya. Setahu saya modem pasti ada kabel LAN-nya 1 m. Jadi kabel LAN-nya itu kemana kok tidak dikasih??

Waktu pemasangan baru saya tidak ada di rumah. Lalu saya menanyakan kapan aktivasinya dan bisa digunakan katanya sehari sudah selesai paling lambat besok berarti tanggal 3 mestinya sudah aktif. Tapi ujung-ujungnya masih belum aktif. Akhirnya saya telepon ke 147 sampai 3-4 kali baru masalahnya terselesaikan, aktif pada tanggal 7 Februari 2018. Jadi intinya perkataan mereka tidak bisa dipercaya. Pelayanannya mesti ditingkatkan lagi.

Waktu internetnya sudah aktif ternyata teleponnya belum bisa digunakan, kadang putus-putus lalu di telepon masuk juga gak bisa malahan tersambung ke 147. Kok bisa??? Itu pertnyaan besar banget. Ini saya baru tahu kalau telepon rumah belum bisa digunakan sepenuhnya, pemasangan kira-kira sudah 2 mingguaan. Sunguh kecewa banget sama pelanyanan Telkom. Sampai sekarang petugas belum datang sama sekali untuk penyelesaian masalah ini padahal saya sudah telepon ke 147.

2.Migrasi Speedy ke Indihome

Pertama saya menanyakan hargnya dulu sebelum pemasangan dan katanya untuk pelanggan lama dikasih harga promo sebesar Rp330 ribu+PPN 10% paket 3P, lalu saya menyetujuinya. Pada tanggal 28 Februari 2018 saya ajukan dan memberikan berkasnya.Anehnya pada saat ajukan migrasi saya tidak dikasih no tiket migrasi atau pengajuan konsumen sama sekali sama CS-nya!!! Jadi saya mau komplain ke mana misalnya belum dimigrasikan?? Apa mesti saya pergi ke Plaza Telkom setiap hari untuk menanyakan soal ini?? Kurang kerjaan apa? Antrian saja sudah berpuluh-puluh orang, waktu saya habis di situ gak mau lah. Saya cuma diberi fotokopi berkas pengajuan migrasinya. Akhirnya saya biarkan sajam toh saya tidak perlu-perlu amat soalnya jarang digunakan juga.

Biaya Speedy yang saya gunakan per bulan cuma Rp217 ribu sudah plus telepon rumah. Kalau saya pindah ke Indihome mesti nambah kisaran Rp100 ribuan, nambah banyak loh itu. Saya kira sudah tidak dimigrasikan lagi. Eh ujung-ujungnya pada tanggal 29 Maret 2018 teknisinya datang. Gila, bukan 1 bulan coi! Hahaha…

Sebelum pemasangan saya menanyakan lagi apakah benar dengan biaya tersebut Rp330 ribu + PPN 10% paket 3P tidak ada biaya lain lagi? Kalau benar saya baru migrasikan, teknisinya langsung menanyakan ke Admin Plazanya, katanya benar sesuai yang ditulis CS di kertas pengajuan migrasi tersebut. Akhirnya sudah selesai dipasang dan anehnya lagi tidak dikasih kabel LAN dari modemnya. Untuk modem TV nya belum dipasangkan, katanya tunggu aktif baru datang pasangkan. Kok gitu ya? Jadi mesti saya telepon terus lagi dong, capek kayak gitu terus mah, harus dicariin terus!!! Tidak lupa saya menanyakan kapan selesai dimigrasikan, petugasnya tak berani janjikan kapan selesai dimigrasikan. Kayaknya dia kurang paham juga soalnya dia cuma tukang pasang aja.

Ok, setelah selesai pemasangan Speedy saya mulai deh mengalami gangguan mati hidup terus. Dalam pikiran saya mungkin ini ada pengaruhnya dengan migrasi ke Indihome-nya. Lalu saya telepon lagi deh ke 147, lalu saya menanyakan apa yang ada di pikiran saya tersebut. Dengan jawaban ragu-ragu dari CS, katanya tidak pengaruh. Ya wes kalau gitu.

Besok jaringannya sudah stabil eh malah teleponnya yang gangguan. Ini problem disengaja atau bagaimana???Soalnya saya telepon terus kan ke 147 10 kali ada lah. Pusing saya kalau kayak gitu, mending tidak usah dimigrasikan deh, pikiran di sini terus. Kalau dibiarkan malah gak diurus.

Akhirnya internet Indihome-nya sudah aktif dan 147 pun dengan cepatnya menghubungi saya untuk input data saya. Maksudnya apa ya?? Jaringan saja belum stabil sudah main “input-input” saja, takut benar sih??? Aktif sehari besok mati, gila bukan??? Komplain telepon tidak bisa digunakan, sekali telepon sudah bisa digunakan, internet yang matiii???

Why…. pelayanan macam apa ini??? Kalau kayak gini terus saya ajukan pembatalan migrasi saja. Mohon Plaza Telkom tindaklanjuti keluhan saya. Saya sudah langganan Speedy 3 tahun lebih, asli kecewa sangat!

Tan Soi Phio
Pontianak, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Telkom Indonesia:

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “Proses Migrasi Speedy ke Indihome yang Rumit dan Pelayanan Plaza Telkom Tidak Memuaskan

  • 5 April 2018 - (11:47 WIB)
    Saya kecewa sama telkom. Karena utk migrasi dari tembaga ke fiber menunggu sudah 1 tahun blm ada solusi dari telkom..walaupun di lokasi kita sudah ada fiber optik..tapi alasan teknisinya belum aktif..
  • 9 April 2018 - (09:42 WIB)
    Pada tgl 6april saya mengajukan komplen lagi karena internet dan tlp rumah saya mati total dan tidak bisa digunakan sama sekali ini sudah hari ke4 tidak ada tanda” dari pihak indohome untuk menanganinya asli kecewa..apakah begitu pelanyanannya terhadap konsumen..begitu burukkah pelanyanan indohome ini???
  • 14 Mei 2018 - (22:19 WIB)
    saya rasa anda terlalu menggebu gebu untuk minta layanan migrasi… klo untuk di daerah saya sidoarjo malah ditawarin oleh petugas yg datang kerumah membawa surat tugasnya untuk melakukan pergantian jaringan dr tembaga ke optic, klo kita setuju langsung dimigrasikan hari itu juga, kalau soal aktivasi maklumin aja toh juga perpindahan dari tembaga ke optic via system punya telkom jadi step by step, 1 hari langsung aktif kok namun soal telpon keluar masuk memang agak bermasalah… tapi ketika kita komplain 147 dikarenakan routing perpindahan dari tembaga ke optic belum tuntas… jadu setelah semua selesai besyukur sampai saat ini optic memang lebih jernih sih… kelemahannya cuma makek listrik… kan optic pakek modem segala….

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indonesia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Proses Migrasi Speedy ke Indihome yang Rumit dan Pelayanan Plaza Telko…

oleh Siska Mei dibaca dalam: 3 min
3