Buruknya Sistem Pengiriman JNE dan CS yang Bersikap Pasif

Pembelian dari Tokopedia dengan penjual dari wilayah Bandung, dengan resi no 020100054068118 menggunakan kurir JNE dengan layanan YES (Yakin Esok Sampai), detail pengiriman sebagai berikut:

No. AWB Services Date Of Shipment Origin Destination: 020100054068118 YES15 04-04-2018 16:15 BANDUNG CENGKARENG ,JAKARTA BARAT. Shipper Consignee: TETRA COMPUTER RIADY. PT PROFESIONAL MACHINERY
History
04-04-2018 16:15 SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER AT [BANDUNG]
04-04-2018 16:44 SHIPMENT PICKED UP BY JNE COURIER [BANDUNG]
04-04-2018 23:14 RECEIVED AT SORTING CENTER [BANDUNG]
05-04-2018 00:54 PROCESSED AT SORTING CENTER [BANDUNG]
05-04-2018 03:28 DEPARTED FROM TRANSIT [GATEWAY, BANDUNG]
05-04-2018 05:17 RECEIVED AT WAREHOUSE [JAKARTA]
05-04-2018 10:27 WITH DELIVERY COURIER [JAKARTA]
06-04-2018 09:00 WITH DELIVERY COURIER [JAKARTA]

Update status sudah tidak diberikan lagi.

Terlihat tanggal 5 sudah ada di warehouse Jakarta dan di kurir. Terlihat tanggal 6 sudah di kurir tapi gagal dikirim.

Pada tanggal 6 April malam saya sudah mengajukan komplain ke CS JNE, dan meminta saya menunggu dan akan dihubungi dari pihak CS. Pada tanggal 7 April pukul 10 pagi saya menghubungi balik ke CS JNE dan jawabanya hanya bisa menerima laporan minta saya menunggu dan tunggu dihubungi dari pihak JNE. Pada tanggal 7 April pukul 2 pagi saya balik menghubungi JNE, Jawaban masih sama hanya bisa menunggu laporan dan minta saya menunggu lagi untuk dihubungi dari pihak JNE. Pada tanggal 7 April pukul 16.30 saya balik menghubungi pihak JNE jawaban masih sama suruh saya menunggu dan akan dihubungi balik oleh pihak JNE.

Pada tanggal 7 April pukul 22.15 saya menghubungi dan jawaban masih sama seperti di atas, JNE hanya memberikan informasi yang konsumen bisa mengetahui lewat JNE tracking tidak selebihnya. Setiap telepon hanya mengulang jawaban berdasarkan tracking. Jujur untuk konsumen sekarang tolong berikan jawaban yang konsumen tidak mengetahui bukan mengulang apa yang konsumen sudah ketahui.

Sampai sekarang tanggal 7 April pukul 22.46, belum ada satupun dari JNE mengabari status paket saya apakah hilang? Tidak terkirim? Jadi pihak konsumen dibuat atau di-setting menunggu jawaban yang tidak pasti, bantuan apa dari Pihak CS membantu konsumen? Tanggapan dari operasional selama itukah? Seharusnya konsumen sudah 5 kali menghubungi CS sudah seharusnya ditanggapi lebih cepat oleh pihak yang berkaitan.

Jadi bagaimana nasib paket saya? Tidak jelas, semua serba tidak jelas. Mungkin yang komplain masalah ini bukan saya saja, mungkin semua orang sudah tahu bahwa pengiriman sistem JNE buruknya seperti ini. Tapi apakah harus dibiarkan begitu saja. Sekali lagi sampai sekarang siapa pun dari pihak JNE belum menghubungi saya, dan HARUS saya yang menghubungi pihak JNE.

Saya rasa Anda baru kehilangan 1 customer, karena hal sepele, tidak memberikan rasa psikologis aman kepada konsumen, sudah pasti next pesanan online pilihan JNE akan ada di urutan terakhir buat saya. Dan jika sampai tidak ada kurir hanya JNE saja lebih baik saya pindah penjual daripada saya harus urusan dengan JNE.

Riady
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai YES JNE Express:
[Total:16    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

4 komentar untuk “Buruknya Sistem Pengiriman JNE dan CS yang Bersikap Pasif

    • 9 April 2018 - (08:58 WIB)
      Permalink

      Betul pada tanggal 8 Saya menerima paketnya, dalam ini kata2 DITERIMA artinya dan seharunya di antar ke Penerima.

      Dikarenakan tidak ada tanggapan sama sekali dari CS, maka pada hari minggu tanggal 8 saya mendatangi kantor JNE di Tomang. Di terima baik oleh CS setempat. Pertanyaan saya yang saya lontarkan sama sejak saya menelephone CS by tel, Dimana Paket saya. awal CS tersebut masih meninformaskan bahwa paket sedang dalam kurir, tapi setelah saya memaksa barang tersebut ada di mana biar saya ambil, baru CS tersebut meninformasikan bahwa ada di gudang Angke, dan akhirnya saya menuju kesana untuk ambil paket tersebut.

      Dari cerita ini memang paket sudah saya terima, tapi bukan di antar melainkan saya mengambil sendiri, dan jika saya tidak menginformasikan bahwa saya bersedia mengambil paketnya sendiri, dari Pihak JNE tidak memberikan Informasinya, seakan2 kita consumen yang harus menawarkan diri.

      Jika dari tanggal 7, saat saya menelephone berulang kali, menanyakan paket ada di lokasi mana, dan CS memberitahukan lokasinya, saya tidak perlu bolak balik ke JNE tomang hanya untuk mendapatkan informasi tersebut.

      Selama saya membuat laporan keluhan terhadap paket saya sejak tanggal 6 sampai tanggal 7 malam, tidak ada 1 pun CS dari pihak JNE yang konformasi kepada saya, Lucunya, setelah saya mengambil sendiri paket tersebut, sekitar jam 7 malam pada tanggal 8, CS JNE tel saya menayakan apakah paket sudah di terima?? menurut saya agak sedikit lucu menayakan sekarang, dan minta ijin untuk menutup laporan tersebut, terus terang saya menolak dan meminta untuk di lanjutkan masalah Ongkir yang menurut syarat dan ketentuan bahwa jika tidak sampai maka garansi uang kembali.

      Ongkir hanya Rp.15,000 saja, tapi menurut saya bukan nilai uang yang saya permasalahkan tapi JNE kekecewaan konsumen yang membuat ingin menagih janji JNE. Dan juga harus komit bahwa kesalahan ada di pihak JNE dan harus komitment untuk pengembalian Ongkir jika memang kesalahan terjadi dari pihak JNE.

      Dari cerita saya, semoga JNE mengerti permasalahan dan keluahan yang di alamai dari saya, bukan masalah paket yang pada tanggal 8 sudah terima, tapi saat customer memang butuh barang tersebut untuk di jual kembali atau memang kebutuhan dagang, maka kami selaku konsumen ingin komitment dari perusahaan JNE untuk melakukan delivery kepada konsumen dengan jadwal yang sudah di jadwalkan. Dari laporan konsumen pada tanggal 6 sampai tanggal 7 malam, maupun tanggal 8 pagi, tidak ada 1 pun dari pihak JNE konformasi kepada konsumen, hanya setelah konsumen mengambil paket sendiri ke gudang Angke, baru dengan tidak bersalah JNE konformasi kepada konsumen ingin konform bahwa barang tersebut udah terima, seakan konformasi bukan karena prihatin barang tersebut sampai atau tidak tapi self intrest ingin menutup laporan konsumen. Terakhir saya menginformaskan tidak bersedia untuk menutup laporan, tapi sepertinya saya di paksa untuk mengiyakan menutup laporan tersebut,

      Jadi komitment saya sampai hari ini sama, JIka penjual tidak ada kurir lain, lebih baik saya menganti penjual yang memiliki selain JNE. Mark my word.

  • 16 Juli 2018 - (06:36 WIB)
    Permalink

    Numpang curhat min…
    Masalah ini juga saya alami sya kirim paket dr batam ke malang pake yes
    Tgl 4juli 2018 namun sampek detik ini 16 juli tdk tahu nasib brg sya, sya tlp ke call center jkrt, katanya penerbangan dr batam terbatas, dan bea cukai melakukan seleksi ketat sehingga pihak jne tdk bisa memberikan kepastian kapan sampek, katanya maslah dr pihak bandara,la trz apa kita cuma digantungin gini, kan itu sudah tanggung jawab jne untuk trz mengejar kejelasan pengiriman,sya menilai terkesan lepas tangan, tgl 15 juli sy hubungi jne katanya brg maih di sby dan disuruh menunggu lagi.
    Sy kita mungkin ini mslh pengiriman dr batam aja , ternyata tdk
    Tgl 12juli 2018 sya kirim brg dr mlg ke jakarta pake yes no resi 410650006939518 sampek sekarang 16juli 2018 status masih di jkrta harusnya kan sudah sampek, buruk bgt ya pelayanan jne. Kita hanya bisa mengeluh, tp tindak lnjutnya sangt lamban dan mengecewakan

  • 1 Januari 2019 - (12:59 WIB)
    Permalink

    Sama sy juga begitu..
    Barang sy dikirim pelapak dari Magelang ke Manado pada tgl 24 Desember 2018.
    Tgl 26 Desember 2018 barangnya transit di Jakarta.
    Dari tanggal 26 desember 2018 sampai sekarang 1 Januari 2019 sy telpon ke cs JNE Uda 4 kali, dan jawabannya sy disuruh menunggu.
    Pertanyaan sy kenapa barang sy Uda satu Minggu belum jg dikirim ke Manado??
    padahal barangnya Uda di Jakarta.
    Sy kecewa dengan pelayanan seperti ini,
    Cs JNE gak bisa memberikan solusi..
    Sy bingung..
    Mau kemana lagi sy harus mengeluh.
    Kalo sy diamkan aja, barangnya mungkin bisa lebih lama dari satu Minggu utk dikirim.
    Tapi kalo sy telpon terus utk menanyakan kepastian barang, malah di suruh menunggu dengan tidak ada kepastian yg jelas.
    Sy harap para petinggi” JNE bisa membaca komentar sy ini dan semoga bisa menjadi pembelajaran untuk kedepannya kualitas JNE bisa di perbaiki lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai YES JNE Express?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Buruknya Sistem Pengiriman JNE dan CS yang Bersikap Pasif

oleh riady ang dibaca dalam: 2 min
4