Mengenal Dunia eSports di Indonesia (Bagian 2)

Sambungan dari Bagian 1.

Plus Minus Dunia eSports

eSports yang merupakan sebuah kompetisi game online di dunia elektronik yang sangat menarik, dan dalam ruang lingkup tertentu memang terlihat sangat menyenangkan. Tentu saja, siapa yang dapat menolak untuk dapat terus bermain game yang disukai plus menerima bayaran atau mendapatkan hadiah fantastis ketika memenangkan sebuah kompetisi game? Memang hal tersebut terlihat menggiurkan bagi siapapun, namun ternyata dunia eSports tidaklah semudah kelihatannya. Agar kita mengenal lebih jauh lagi potensi penghasilan fantastis yang dapat dihasilkan dari dunia eSports ini, berikut adalah plus minus yang terdapat didalamnya.

Kelebihan Dunia eSports

Mari kita lihat beberapa hal mengenai nilai Plus atau kelebihannya terlebih dahulu. Pada kenyataannya, dunia gaming online ini memiliki beberapa kelebihan yang bisa diperoleh oleh para pemain yang terlibat di dalamnya seperti:

  • Hadiah yang ditawarkan sangat menggiurkan dan bahkan sangat besar hanya untuk sekedar bermain sebuah permainan atau game. Hal inilah yang membuat banyak orang yang kemudian tertarik untuk berkecimpung lebih jauh di dalam dunia eSports.
  • Bermain game eSports tidak ubahnya seperti sebuah hobi dan kesenangan bagi sebagian besar orang. Menariknya, hobi tersebut dibayar dan mungkin pekerjaan seperti inilah yang diimpikan oleh banyak orang di dunia ini.
  • Dengan berkecimpung dan sukses di dunia eSports, maka seseorang akan mudah untuk menjadi terkenal dan memiliki kebanggaan tersendiri.
  • eSports ternyata juga mampu menjadi sumber penghasilan bagi seseorang ataupun komunitas yang terbentuk. Selain karena hadiah yang ditawarkan, para pemain tersebut dapat membuat live stream atau membuat private channel sendiri di Youtube yang pasti akan diikuti dan dilihat oleh banyak orang yang juga tertarik pada dunia ini.
AJ Gamming (kiri) dan MerryTori (kanan)
AJ Gamming (kiri) dan MerryTori (kanan)

Berbagai nilai Plus seperti itulah yang membuat eSports masih bertahan hingga kini karena semakin banyak orang yang penasaran dan mulai masuk ke dalamnya. Apakah anda mulai tertarik dan termasuk dalam orang orang tersebut?

Kekurangan atau Nilai Minus Dunia eSports

Sama seperti segala sesuatu hal yang ada didunia, bahwa segala sesuatu pasti memiliki nilai plus dan minus. Karena itulah, eSports pun memiliki beberapa kekurangan yang bisa kita sadari sebagai sebuah tantangan tersendiri seperti di bawah ini:

  • Untuk menjadi seorang atlit eSports professional diperlukan kerja keras. Hal ini berdasarkan data bahwa dari sekitar 100% pemain eSports keseluruhan, hanya ada sekitar 13% saja pemain yang bisa menjadi atlit eSports profesional.
  • eSports berbeda dengan olahraga pada umumnya karena lebih mengandalkan strategi, ketangkasan jari jemari dan banyak menguras pikiran dan otak daripada fisik. Karena itulah, kesehatan fisik harus benar benar dijaga dengan baik. Ada baiknya untuk tidak selalu duduk di depan komputer dan bermain game, namun selingi dengan olahraga dan pola hidup sehat.
  • Bermain eSports dapat menghabiskan banyak waktu bagi seseorang untuk hanya duduk di depan komputer mereka dan berkompetisi secara online. Karena itulah, pasti waktu untuk berkumpul bersama keluarga atau bersosialisasi dengan orang lain menjadi berkurang.
  • Butuh dana yang tak sedikit. Jika menjadi sebuah team yang diakui merupakan tujuan anda, maka team tersebut harus memiliki sponsor untuk menanggung dana yang tidak sedikit. Meskipun harus mengeluarkan banyak uang, biasanya sponsor tak akan keberatan jika secara hitung-hitungan bisnis, mereka pun akan memperoleh keuntungan yang besar pula. Intinya, mereka akan setuju jika ada timbal balik dan saling menguntungkan kedua belah pihak serta kejelasan antara pengeluaran dengan keuntungan yang akan didapatkan.

Sama seperti kebanyakan olahraga lainnya di jaman sekarang ini, eSports pun memiliki nilai plus dan minus. Semoga beberapa hal yang telah disampaikan diatas dapat membuat kita lebih mengenal dunia eSports, sehingga menambah wawasan kita yang baik tanpa harus menyakiti diri sendiri dan orang orang lain yang secara khusus terlibat secara langsung dengan dunia eSports.

Kualifikasi Komputer eSports yang Harus Diketahui

eSports merupakan sebuah kompetisi yang menggunakan game online atau video game. Biasanya, kompetisi ini terorganisir dengan baik dan memiliki banyak pemain yang ikut bertanding atau yang biasa disebut dengan multiplayer. Karena erat kaitannya dengan game yang dilakukan secara online, maka tentu komputer yang digunakan untuk eSports sebaiknya memiliki spesifikasi yang lebih daripada komputer pada umumnya. Lalu, apa saja yang sebaiknya dimiliki oleh komputer eSports? Berikut ulasannya.

Kualitas “Graphic Card”

Banyak gamers pasti setuju bahwa salah satu spesifikasi paling penting untuk komputer eSports adalah graphic card. ini merupakan sebuah alat yang akan mendukung tampilan grafis dari sebuah game. Artinya, semakin tinggi kualifikasi graphic card yang digunakan, mala semakin tinggi pula kemampuan komputer untuk menjalankan game dengan lancar. Untuk graphic card, ada beberapa merek yang digolongkan ke dalam kelas menengah dan kelas atas. Namun tentu ada pula yang dapat sesuai dengan budget terbatas namun tetap dengan kualitas yang cukup. Penggunaan “Graphic Card” yang tepat tentu akan memaksimalkan pengalaman spektakuler saat berada didalam sebuah permainan game online. Kecanggihan special effect yang tinggi dalam sebuah games akan terasa lebih nyata terakomodasi oleh keberadaan sebuah “Graphic Card” yang tepat.

Prosesor Berkualitas

Setelah Graphic Card, maka kualifikasi selanjutnya adalah prosesor. Jika diibaratkan, Prosesor layaknya otak dari komputer, termasuk komputer eSports. Jika otak yang digunakan semakin cerdas, maka ia akan semakin cepat dalam mengolah data dan memberikan pengalaman gaming yang terbaik. Karena itu, ada baiknya membeli prosesor yang baik. Sebab, graphic card berkualitas tinggi terkadang tak akan bekerja dengan baik dan maksimal jika prosesor yang digunakan tidak memiliki kualitas sebanding.

Lebih jauh lagi, fungsi dari prosesor adalah  untuk mengatur sinkronisasi antara tampilan visual game dengan suara. Hal ini akan mencegah berbagai hal yang tidak nyaman seperti gameplay yang lebih lambat daripada audio game itu sendiri.

Jangan Lupakan Storage

Untuk mendapatkan tampilan game yang lancar dengan kualitas terbaik, selain graphic card dan prosesor, storage adalah hal yang tak bisa dilupakan. SSD atau storage yang besar akan membuat sistem di dalam sebuah komputer berjalan dengan lebih leluasa dan membuat sistem dapat bekerja dengan lebih cepat. Ukuran SSD pun beragam dan biasanya semakin besar ukurannya maka semakin mahal harga yang harus dibayar. SSD memiliki fungsi untuk mempercepat waktu pada saat booting yang pastinya membosankan untuk semua gamers, mempercepat ketika game launching dan mempercepat waktu bangun dari sleep mode.

Bagaimana jika harga storage yang  besar terlalu mahal? Tenang, ada cara untuk mengakalinya yakni dengan mengkombinasikan SSD dengan hard drive. Contohnya adalah dengan memadukan SSD dengan ukuran 128 GB dengan hard drive yang memiliki ukuran 1TB. Storage tersebut dapat memberikan pengalaman gaming yang baik dan nyaman, selain itu, pilihan CPU pun harus diperhatikan. Hingga saat ini ada dua pilihan CPU yang populer yang mampu memberikan kualifikasi terbaik yang dapat dengan mudah dijumpai di pasaran.

Random Access Memory atau RAM

RAM yang terpasang dari waktu ke waktu pada masing masing komputer eSports atau gaming PC semakin bertambah untuk memenuhi kebutuhan pemakaiannya. Biasanya, beberapa game akan memiliki spesifikasi RAM yang diminta dan sebaiknya terpenuhi agar game tersebut dapat dijalankan dengan baik. Minimal RAM yang harus dimiliki untuk kegiatan eSports adalah 8GB, namun ada baiknya juga untuk mempertimbangkan menggunakan RAM yang lebih besar lagi.

Semoga rangkaian artikel eSports yang sudah dibagikan dapat menambah wawasan kita semua mengenai dunia eSports di Indonesia. Besar harapan saya melalui artikel ini, setiap orang yang terlibat dalam dunia eSports dapat melengkapi dan menyempurnakan keterbatasan artikel ini. Kontribusi semua pihak tentu sangat diharapkan guna kemajuan dan perkembangan dunia eSports di Indonesia. Semoga artikel ini melalui kolom komentarnya dapat menjadi suatu wadah komunikasi dan edukasi bagi rekan-rekan sesama konsumen lainnya guna memahami dunia eSports lebih luas lagi.

Salam Komunikasi, majulah dunia eSports Indonesia!

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 4.4]
Tentang Penulis
T. Joseph Dotulong  

Consumer Behavior Analist, Character Counselor, Mediator, Community Coach "Tim Solusi Dasyat"

2 komentar untuk “Mengenal Dunia eSports di Indonesia (Bagian 2)

  • 20 Mei 2018 - (00:28 WIB)
    mantap sekali artikelnya pak joseph
    pandangan yang di tulis sudah lengkap sekali, menambah wawasan saya.
    esports merupakan kegiatan yang sangat positive sekali, dimana dari hoby kearah prestasi dan manfaat yang baik.
    esport juga patut jadi wacana buat pemikiran orang tua dan beberapa pihak yang memberikan tanggapan mengenai “dampak game online” yang sering diangap buruk dan kurang baik.
    Perpaduan Game Online dengan komunitas sosial, dimana mereka juga dituntut melakukan komunikasi sosial secara langsung didalam sebuah komunitas game online, tidak selalu fokus atau ketergantungan di dunia maya saja. jadi esport sangat bermanfaat baik sekali untuk generasi muda pecinta game online indonesia.
  • 22 Mei 2018 - (16:49 WIB)
    Nice Artikel Pak Joseph,
    Saya lebih tertarik bahas spesifikasi yang diperlukan untuk E-sport,
    Prosesor sepengetahuan saya cuma ada 2 di dunia, mana yang terbaik untuk E-sport
    Jaman Now?

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Mengenal Dunia eSports di Indonesia (Bagian 2)

TJoseph Dotulong 5 menit
2