Dana Tertahan di Bukalapak dan Masalah Tak Kunjung Selesai

Saya merupakan pelapak di Bukalapak dengan akun ALLinOne Store. Saya memutuskan untuk menulis di Surat Pembaca Media Konsumen ini karena saya merasa Bukalapak sudah cukup lama tidak merespon masalah/keluhan saya, dan bila merespon pun responnya lambat dan selalu di ulang-ulang.

Awal permasalahannya adalah pada tanggal 29 April 2018, saya tidak bisa login account Bukalapak saya, baik dari HP maupun komputer saya. Lalu saya komplain ke BukaBantuan melalui email, dan hanya direspon oleh sistem otomatis. Setiap harinya selama seminggu pertama saya balas email dengan nomor tiket yang sama untuk menanyakan kabar, tapi tak kunjung ada jawaban.

Awal bulan Mei, saya kembali mengajukan komplain, dan mendapatkan nomor tiket baru. Lalu saya follow up via telepon, dan dijanjikan oleh Bukalapak bahwa keesokan hari pada pukul 12 akan di telepon, tapi tidak ada 1 pun telepon yang masuk dari pihak Bukalapak. Malam harinya, saya komplain lagi, dan masih akan dijanjikan telepon keesokan hari maksimal pukul 20.00. Lewat pukul 20.00, tidak ada telepon yang masuk juga. Saya kembali komplain via telp, dan saya bilang, sampai kapan saya harus menunggu janji dari Bukalapak yang akan telp saya, tapi tak kunjung telepon? Oh ya, dan selalu setelah saya komplain via telepon, saya diberikan tiket baru terus, wah pikir saya, ini nda bener nih,, masa tiap telepon harus nyebutin 2-3 nomor tiket. Akhirnya saya putuskan bilang ke CS-nya bahwa saya tidak ingin buat tiket baru, tolong hanya follow up di tiket terakhir saja.

Hari berlalu, tidak ada telepon yang masuk/email balasan yang saya terima. Saya sudah cukup lelah dan merasa rugi pulsa dan waktu bila harus terus menerus telepon pihak Bukalapak dan hanya mendapatkan janji yang tak bisa ditepati. Akhirnya, hanya saya follow up by email saja setiap harinya.

Sampai ketika kemarin 15 Mei 2018, saya menerima balasan dari Bukalapak yang mengatakan bahwa saya harus memberi penjelasan dan juga mengirimkan bukti resi fisik terhadap 7 transaksi yang terjadi di akun Bukalapak saya. Sudah saya berikan sesuai permintaan, lalu hari ini (16 Mei 2018) saya kembali menerima email dari Bukalapak yang berisi “BukaDompet Anda dibekukan terkait adanya transaksi-transaksi Anda yang terjaring dan terindikasi melakukan penyalahgunaan promo/voucher. Kami menemukan adanya kesamaan data antara pembeli dengan penjual. Keduanya adalah pihak yang sama.” Lalu dicantumkan sekitar 30-an nomor transaksi.

Posisi saya di sini sebagai penjual, dan saya tidak tahu menahu soal voucher/promo yang digunakan oleh pembeli saya. Saya menerima orderan, dan selalu saya kirimkan tidak pernah melebihi tenggat waktu. Barang yang saya kirimkan pun saya menggunakan fitur Bukalapak Resi Otomatis, sehingga saya tidak pernah lupa input nomor resi (karena sudah otomatis). Di mana letak salahnya saya sebagai penjual yang menyebabkan akun Bukalapak saya di non-aktifkan, sehingga saya tidak bisa berjualan dan mencairkan dana saya? Sudah hampir 1 bulan masalah ini tak kunjung selesai, uang saya yang harusnya bisa digunakan untuk kulakan pun tak bisa saya gunakan.

Tolong kejelasannya Bukalapak.

Terima kasih.

ALLinOne Store
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Penilaian Rata-rata: 2]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Dana Tertahan di Bukalapak dan Masalah Tak Kunjung Selesai

Anne T 2 menit
0