Pencurian Data dan Penyadapan Telepon Seluler oleh Pihak Pinjaman Online

Saya menulis di sini bukan mau menjelekkan oknum-oknum terkait. Saya di sini sebagai korban dari kejahatan cyber crime atau apalah namanya itu. Sejak saya mengajukan pinjaman di beberapa pinjaman online, saya merasa bahwa data saya disebarluaskan oleh oknum-oknum mereka bahkan hp saya pun disadap, termasuk lokasi saya berada pun mereka sadap dengan GPS.

Semua berawal saat saya sudah tidak sanggup lagi bayar tagihan yang bunganya tidak masuk akal. Saat itu semua orang yang ada di kontak saya dihubungi, ada yang ditelepon, di-SMS, bahkan di-WA. Padahal mereka semua tidak ada urusannya. Pihak collector tidak segan-segan membuat kita malu. Dan yang paling parah saya baru mengetahui bahwa data diri saya disalahgunakan untuk mengajukan kartu kredit yang saya merasa saya tidak pernah mengajukan kartu kredit ke pihak bank. Entah aplikasi online mana yang sudah menyalahgunakan data diri saya?

Bukankah apa yang pihak pinjaman online itu lakukan sudah melanggar hukum dengan menyadap hp kita, mencemarkan nama baik dan menyalahgunakan data kita. Bahkan debt collector mereka tidak segan-segan berkata kasar dan mengancam. Nyesel rasanya masuk ke dalam jebakan mereka.

Agnes Angelica
Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

167 komentar untuk “Pencurian Data dan Penyadapan Telepon Seluler oleh Pihak Pinjaman Online

  • 5 Juli 2018 - (01:05 WIB)
    Permalink

    Saya ikut join mbak.
    087 888 500 447

    Mbak kalau bisa ayok kita bikin grup keluhan pinjol sesuai lokasi dan kota.

  • 5 Juli 2018 - (12:14 WIB)
    Permalink

    Saya barusan dapet teror dari fintech UANG PLUS anehnya saya sdh ganti nomer tapi mereka bisa tau nomer baru saya ..
    Begitu WA langsung ,kirim KK saya , alamat rumah,alamat kantor dan beri iming2 lunas skrg langsung dpt pinjeman 4Jt..saya bilang saya ga sanggup bayar dan akan bayar di tgl saya gajian..tpi mereka tdk mau tau bahkan mengancam saya mau melaporkan saya ke OJK,terus mau blokir rekening saya,terus mau lapor ke BI kredit macet,mau samper saya ke rumah,samper saya ke kantor saya. hutang cuma 500rb dalam 4 hari bisa jadi 750rb..
    Dan debt collector itu menggunakan foto DANA RUPIAH..
    Dia bilang cara penagihan dia sudah sesuai SOP dari perusahaan UANG PLUS..
    Ada yg bisa kasih pendapat ??

    • 5 Juli 2018 - (13:21 WIB)
      Permalink

      Mba @agnes-angelica danaku/danarupiah/uang plus itu sama aja. Itu2 jg koq perusahaan nya. Pagi ini sy jg d tlp danaku diminta byr perpanjangan nanti dia ksh limit lg lbh besar katanya. Sy sih sbnr nya ga mau pinjem lg.. Galob tulob itu ga akan brs2 hutang sy. Sy minta bisa dibayar cicil aja.. Sy blm mutusin jg sampe skrg nih, msh bingung..
      Kriminal bgt ya mrk meretas, sampe2 bisa tau nmr baru kita

    • 5 Juli 2018 - (20:41 WIB)
      Permalink

      Saya juga kecewa sama dc tangbul sebelum lebaran kemarin sy suruh bayar perpanjangan 500 ribu. Ktnya akan mengurangi pinjaman sy. Sy transfer ke rek pribadi dc.sy minta bukti pembayaran tidak dikasih. Pdhal saat itu sy baru dapet kerjaan. Sy keluar dari kerjaan sy yang lama krn sy tidak tahan dgn malu krn semua kontak2 hp sy dibajak dan di tlp ke semua teman. Cust2 sy. Dan keluarga saya. Abis lebaran sy cek tagihan sy ditangbul makin bertambah. Dan uang yang sy bayarkan ke dc kemana larinya? Saya benar2 kecewa. Bahkan wa saya di blokir sama dept colector yg meneror sy setiap hari setelah sy transfer uang ke rek pribadi orang tsb. Sampai detik ini sy masih simpan bukti bayarnya. Saya trauma dgn aplikasi2 pinjol. Orang sudah hidup susah malah dibikin tambah susah. Jika ada wa sy ingin bergabung 081213624064

  • 5 Juli 2018 - (13:36 WIB)
    Permalink

    mbak telat jg didanaku? tagihanya brp? dan telat brp lama.. saya jg mengalami hal yg sama.. bagaimana penagihnya?

  • 7 Juli 2018 - (14:15 WIB)
    Permalink

    bukannya walaupun kita reset hp mereka tetap bisa hubungi kontak kita? krn pada saat pengajuan mereka ada notifikasi akses ijin kontak ya /tdk, kl tdk pinjolnya tdk akan diproses kynya, kl ya pada saat itu dia merekam smua kontak kita. sehingga walaupun sdh direset hp kita mrk masih bisa akses kontak kita dan msh tetap meneror kontak kita. itu setau saya

  • 9 Juli 2018 - (14:44 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga mengalami paitnya data saya di share ke semua kontak hp dan di wa secara broadcast oleh pinjol rupiah plus dan brengseknya mereka menghubungi kantor kakak saya yg tidak tau menau masalah ini. Yang saya bingungnya di dalam kontak saya tidak tercantum no telp kantornya….jadi mereka tau darimana? Benar2 sangat keterlaluan cara penagihannya.
    Semoga segera ditutup aplikasi pinjol biar tidak ada yg disengsarakan.

  • 8 Agustus 2018 - (23:37 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengajukan juga dan ditolak tapi mereka tetap bisa menelpon kontak dihape saya padahal saya ga pernah mencantumkan no kontak saya trsebut….
    Sampe neror dan mengancam
    Ini sudah penyalah gunaan data
    Mereka bisa bebas mengacak ngacak data kita
    Bisa bahaya….
    Tutup aja pak

  • 24 Agustus 2018 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Selamat pagi semuanya. Saya dari Bandung. Saya juga memiliki masalah yang sama seperti kalian. saya terjebak dibeberapa apk pinjol. saya dapet anceman via WA dari gorupiah katanya kalo tidak dibayarkan data saya semua akan disebarluaskan mau didatengin ke tempat kerja saya mau lacak kontak hp saya dsb. saya dari situ sangat takut saya minta keringanan tapi no respon. trus saya juga ada apk pinjam gampang dan dana rupiah telat beberapa hari tapi setiap hari saya dibikin tidak nyaman saya tidak tenang setiap pagi siang bahkan malam2pun dana rupiah masih menagih2. saya setres karena gabisa bayar bukan berarti saya kabur. tapi karena bunganya yang semakin hari semakin mencekik dam cara penagihan mereka yang sampe gak sopan kaya di rupiah plus saya dibentak. ketika meminjam kan di apk ada persetujuan data kita untuk diakses dan disitu tertulis akan melindungi data kita tapi kenapa kok bukannya dilindungi malah jadi disalah gunakan. tidak sesuai dengan apa yang tertera di apknya. saya setres setiap hari diteror saya takut dan ini sangat meresahkan masyarakat. Dengan adanya kejadian2 seperti itu masyarakat yang meminjam uang dipinjol bukannya terbantu malah dibikin buntu

  • 12 Oktober 2018 - (02:42 WIB)
    Permalink

    Selamat pagi ibu agnes…saya matthew dr tangerang…saya juga mengalami hal yg sama…boleh kan saya mohon ijin untuk beegabung dalam grup wa ibu?
    Ini no wa saya
    08111892444
    Saya mau lanjutkan ini ke meja hijau agar kaum2 yang terzolimi atau tersakiti bisa dilindungi oleh negara..karena negara kita adalah negara hukum.

  • 25 Oktober 2018 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Mohon bantuannya untuk masalah saya, semua pinjam online menghubungi semua kontak yg ada dihape saya, padahal saya tidak merasa memberikan data” kontak saya ke mereka, mohon bantuanya utk share masalah ini 081380128447

  • 5 November 2018 - (05:25 WIB)
    Permalink

    klo ada yg di tagih dengan kasar, udh gak usah di bayar.. sy aja 3 aplikasi sengaja sy gak bayar, mereka tlpn sy angkat tp sy tinggal kerja.. nah kalo dateng kerumah mau sy aja berantem deh. selama ini gak ada yg kerumah dan tlpn juga udh jarang2. padahal berharap bgt mereka mampir kerumah. inti nya mereka pengen bikin kita kesel, resah n gelas. tp klo kita cuekin itu mereka yg bakal kesel. nah klo ada yg tlpn ke kerabat/saudara, bilang aja sama mereka kalau kita juga punya utang sama kerabat/saudara yg d telepon, dijamin mereka gak bakal tlpn2 lagi.

  • 16 November 2018 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Hallo… Mohon di invite di group nya ya mas, mbak.. Sy ingin sharing mengenai permasalahan yg sma.
    0816642406 ,terima kasih.. ??

  • 16 November 2018 - (19:20 WIB)
    Permalink

    Halo semua… Tolong masukin grub WA dong 082234036696 saya mau sharing tentang permasalahan yang sama

  • 12 Desember 2018 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Sekedar saran aja….klo mau ngutang di pinjol usahakan pake hp cadangan jangan pake hp yanh dipake sehari2, bikin kontak fiktif sebanyak mungkin, bikin akun google baru, nomer baru…WA baru…jangan ada kontak keluarga, sodara dan temen kita. Selama ini saya pake cara itu tidak ada masalah, saat ada masalah keterlambatan kita fine aja, saat dimarahin DC deketin aja hp nya ke TV biar si DC nya ngobrol sama Tv. Tapi tetep namanya hutang wajib dibayar…karna saya selalu membayar hutang ke pinjol, setidak nya cara diatas bisa menghindarkan kita dari kejadian yang tidak kita inginkan.

  • 20 Desember 2018 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Saya jga ingin masuk grup mbak
    Sama saya jga

    087889939296
    Tolong masukan saya mbak ke grup

  • 22 Desember 2018 - (15:23 WIB)
    Permalink

    Masukin saya digrup juga donk..
    Saya dari bandung..saya memiliki masalah yg sama..hari ini sya jatuh tempo di pinjol Data selular..
    Dc wa saya dan mengirimkan foto” Saya serta kontak yg ada di hp saya…dia bilang mau menyebarkan nya..
    Saya merasa takut..apalagi ada bagian hrd saya dikontak itu…
    Bagaimana saya harus menghadapi ancaman itu??
    Tolong dibantu buat sarannya

  • 29 Desember 2018 - (04:12 WIB)
    Permalink

    Bisa masukkan saya di grup 082232626326. Saya mau share pengalaman saya tentang msalah ini.

  • 10 Januari 2019 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Tolong masukan saya di grup juga donk .., saya juga punya masalah yang sama dengan aplikasi pinjaman online.
    Ini no saya 081385033369.

 Apa Komentar Anda?

Ada 167 komentar sampai saat ini..

Pencurian Data dan Penyadapan Telepon Seluler oleh Pihak Pinjaman Onli…

oleh Agnes Angelica dibaca dalam: 1 menit
167