Marketing AIA di BCA Tidak Menjelaskan secara Transparan di Awal soal Produk Asuransi

5 tahun yang lalu saya mau buka rekening BCA, di Gondang Legi, Malang, Jatim. Dan saat itu semua nasabah harus melewati sebuah meja. Di situ sudah siap si marketing di mejanya dengan tumpukan lembaran formulir nasabah BCA Syariah, untuk meyakinkan saya, bahwa produk BCA Syariah itu bisa diambil 5 tahun, bahkan bisa melebihi jumlah pokok yang kita tabung” itu kata si marketing.

Saya pikir itu sebuah hal yang bagus, untuk tabungan jangka panjang, tanpa saya pikir panjang saya menandatangani, hari itu saya cuti dan harus balik ke luar negri. Setelah jalan 4 tahun, saya baru bisa cetak polis, karena saya sudah pindah alamat dan provinsi. Setelah cetak polis, baru tahu itu AIA, dan beberapa biaya penalti menurut ketentuan tahunnya.

Saya sangat kecewa pada AIA dan BCA, karena saya menganggap itu asuransi BCA Syariah dan bisa dicairkan sesuai jumlah pokok. Sebuah kebohongan yang sangat merugikan, bukankah sama dengan penipu? Penipuan marketing??? Penyelewengan oknum marketing, atau memang menghalalkan segala cara, tanpa menjelaskan BIAYA PENALTI, atau itulah cara menjaring nasabah?

Saya telah membaca banyak artikel, banyak juga orang-orang yang “tertipu” seperti saya, dan dengan berbagai modus. Kenapa diizinkan itu perusahaan si A itu ada di Indonesia, jika hanya untuk menipu dan merugikan masyarakat? Bukan AIA-nya penipu, tapi cara marketing dan krunya sengaja menipu demi mendapatkan nasabah, mirisnya? Adakah yang bisa menyelesaikan kasus seperti ini. Supaya tidak ada kasus serupa yang lain, dan tidak memakan korban yang lebih banyak. Saya hanya orang awam, bagaimana solusinya?

Sutrami
0858773000***
Purbalingga, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Asuransi AIA:
Tanggapan AIA atas Surat Pembaca Ibu Sutrami

Terkait dengan surat pembaca mengenai AIA di MediaKonsumen.com dengan judul “Marketing AIA di BCA Tidak Menjelaskan secara Transparan di Awal...
Baca Selengkapnya

Loading...

8 komentar untuk “Marketing AIA di BCA Tidak Menjelaskan secara Transparan di Awal soal Produk Asuransi

    • 21 Oktober 2019 - (15:51 WIB)
      Penipu, saya masuk rumah sakit pake asuransi AIA urusnya sampe 3 hari ga ada respon dari AIA untuk mengcover biaya saya, padahal saya udah ambil paket asuransi kesehatan tipe bronze, sampai2 saya ditahan di rumah sakit cukup lama, jangan berlangganan AIA
  • 1 Januari 2019 - (22:41 WIB)
    Sy mohon infonya…sy nasabah yg ikut program asuransi AIA syariah sejak 16desember 2013 dan tepat Desember kemarin 5 Thn dgn premi 400rb/bulan..yg sy ingin tanyakan apakah sy bisa mengambil uang saya seluruhnya…Krn kalo saya hitung total uang sy 24jt..sedangkan di lembaran hanya 11jt….sy TDK mengerti dgn asuransi ini..sy pikir ini buat tabungan ms depan…Krn sy butuh buat biaya anak sekolah…sy ibu rmh tangga biasa dgn penghasilan pun dr suami yg kerja sebagai krywn biasa…sy dgn mohon tlg uang sy di kembalikan pokonya…Krn skrg kondisi keuangan suami sy SGT minim….
  • 14 Juli 2019 - (16:01 WIB)
    Isteri saya juga mengalami hal demikian, 7 tahun lalu ikut karena ditawari terus menerus kalo ke Bca, dan saat itu hanya dijelaskan kalo hanya selama 7 tahun dan sudah selesai bisa diambil uangnya dengan keuntungan yg besar, tahun kemarin kami cari polisnya gak ada( kyknya belum dikirimkan pada kami, shgg untuk gampangnya kami buat laporan kehilangan spy bisa dapat polis lagi), ketika polis jadi kami kaget kog disana tercantum masanya bukan 7 tahun tapi jadi 45 tahun, tapi kami bersabar krn tahun depan nya (2019) sudah jatuh tempo. Kami baru teringat ttg asuransi ini lagi ketika teman sekantor isteri saya mengalami hal serupa dimana sdh jatuh tempo 7 tahun malah kena potongan 8 jutaan, akhirnya kami tersentak dan melihat polis kami tyt sudah jatuh tempo bulan maret, tapi ketika dicek ke BCA kog masih dipotong terus tiap bulannya, akhirnya kami urus ke BCA pusat dan disarankan urus ke Bca cabang tempat membuka asuransi dulu, dan akhirnya kami bernasib sama gak untung malah buntung hampir 7 juta, dan ketika pimpinan BCA nya kami lapori dia juga kaget gak mengira prakteknya kyk gitu, dmn kami sudah lama ikut beberapa asuransi dan kami paham klausul2 yg disepakati dari awal, tapi untuk yg ini kami dan beberapa orang lainnya kecolongan dimana dikatakan di awal hanya ” 7 tahun” tapi tanpa sepengetahuan kami di polis bisa ditulis puluhan tahun.
    • 23 Oktober 2019 - (13:15 WIB)
      saya jg sudah 2 bulan ikut asuransi AIA, saya mau membatalkan karna ga sesuai dgn apa yg di jelaskan oleh marketing di bank bca dan CS Aianya langsung saya ikut asuransi anak perbulan 300rb, tapi pihak CS aia bilang biayanya tdk 300rb tapi ada biaya admin dan embel”nya, dari bulan september saya sudah mau membatalkan sdh tlp CS Aia karna saya ingin membatalkan tapi pihak aia bilang jka ingin membatalkan harus mengembalikan polish ke KCP BCA, tetapi saya sudah berkali” ke KCP BCA alasannya marketing Aia sedang meeting selalu begitu alasannya
  • 19 Agustus 2019 - (17:40 WIB)
    Mendengar desas-desus negatif asuransi AIA..saya jadi takut mengenai asuransi AIA..padahal ini hari saya baru melakukan registrasi menggunakan asuransi ini di bank BCA..untuk pembatalan bagaimana caranya?
  • 7 November 2019 - (09:15 WIB)
    Halo saya nasabah AIA sejak 1 tahun lalu.
    Saya ikut aia di bca ponorogo.
    Waktu itu di tawari untuk kesehatan.
    Dan alhamdulillah merketernya menjelaskan semua dari tahun minimal sampai biaya-biaya yang nanti akan saya tanggung.
    Saya ikut kesehatan untuk bronze dan 2 kali saya masuk rs dengan tagihan pertama 15jt dan tagihan ke dua 6jt saya tidak dipungut biaya apapun.
    Menurut saya nasabah juga harus pinter” mengenai ansuransi. Karena mbak marketing yang mengikutkan saya bilang ansuransi itu untuk proteksi bukan untuk investasi.
    Jadi mbaknya menjelaskan pembayaran itu seumur hidup.
    Cuman minimal bisa di ambil dananya agar tida kena finalty itu 7 tahun.
    Saya tidak menyesal ikut ansuransi ini.
    Karena saya telah dibantu banyak untuk biaya rumahsakit.
    Dan memang ada potongan di tahun 1 untuk pengalihan resiko sebesar 70% tetapi akan di kembalikan di tahun ke 10,11,12 senilai total 75%
    Jadi menurutku ini ansuransi bagus banget untuk manfaatnya.
    Awalnya takut karena lihat isu” tapi ternyata memang pertanggungannya yang bagus dan claimnya tidak sulit untuk rawat jalan nya.
    Terimakasih
    • 7 November 2019 - (10:25 WIB)
      Ikut asuransi itu kata kuncinya ada 2:
      1. “mbak marketing nya menjelaskan …” ==> bagus kalau (a) sales nya menjelaskan dengan benar, lengkap, transparan, tidak ditutup-tutupi & menggiring nasabah untuk “pokoknya daftar”; & (b) konsumen (calon nasabah) sungguh-sungguh mengerti & sadar sepenuhnya ketika tanda tangan (punya asumsi2 yang tepat & benar apa produk yang ditanda-tangani).
      Permasalahannya: berapa % sales yang berkelakuan seperti di atas? Kemudian juga: berapa % konsumen yang seperti di atas?

      2. “pertanggungannya bagus & claim nya tidak sulit” ==> bagus bahwa Mbak nya lancar klaim nya.
      Permasalahannya: pengalaman Mbak nya tidak 100% mewakili apa yang dialami seluruh konsumen asuransi ybs bukan? Berapa % konsumen yang mengalami kesulitan dalam melakukan klaim (entah sulit syarat2nya, entah lama klaimnya, dll)?

      Kesimpulannya: bagus sekali Mbak nya dapat sales yang baik, Mbak nya mengerti dengan baik produk yang dimasuki, & bagus sekali bahwa pengalaman Mbak nya dalam melakukan klaim lancar jaya.
      Tapi pengalaman & testi yang baik2 tersebut tidak menjamin bahwa semua orang bakalan mengalami semua positif2 tersebut.

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi AIA?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Marketing AIA di BCA Tidak Menjelaskan secara Transparan di Awal soal …

Sutrami 1 menit
8