Pengalaman Terlilit Hutang Fintech Pinjaman Online dan Cara Penagihannya

Saya terjebak dalam hutang fintech pinjaman online. Awalnya saya hanya iseng mencoba, ternyata lolos. Kemudian dana saya coba putar, tapi belum bisa mencukupi untuk membayar. Kemudian saya buka fintech pinjaman online lain untuk menutup, gali lubang tutup lubang. Pada akhirnya sampai tagihan mencapai 30 jutaan, sampai saya pun sudah mencapai batasnya sehingga saya harus memasukkan aset saya ke finance.

Dana yang saya dapatkan dari finance pun belum cukup untuk menutup semuanya. Akhirnya dari yang tersisa harus membayar total 12 juta ke beberapa fintech pinjaman online. Oleh karena kebijakan fintech yang sempit dan denda harian yang besar kemudian menjadi 20 juta pada hari ini. Denda harian fintech pinjaman online bahkan ada yang mencapai 30 ribu per harinya.

Awal-awal saya masih bisa menghadapi telepon dan WA para penagih. Kemudian saya diamkan karena saya tidak tahu lagi bagaimana saya harus membayar, karena aset saya pun sudah habis-habisan. Dari pihak fintech pinjaman online pun tidak ada yang bisa memberikan solusi dengan penghentian denda atau bagaimana. Kalau ada pun hanya bisa memberikan supaya melunasi sejumlah sekian dalam sekian hari (tidak lebih dari 3 hari).

Bagaimana saya bisa melunasi kalau dana untuk melunasi saja tidak ada? Dana saya bahkan dalam kondisi nol sangat minim hari ini, tidak sampai 100 ribu oleh karena gaji habis untuk membayar finance dan perpanjangan fintech pinjaman online (dari fintech pinjaman online yang menyediakan fasilitas perpanjangan tanpa mengurangi jumlah hutang).

Saya bahkan tidak mempermalukan fintech2 ini kepada khalayak, sampai mereka kemudian yang mempermalukan saya dengan menghubungi kontak-kontak yang tidak berkaitan dengan kontak darurat yang saya berikan baik telepon maupun WA. Yah, saya bisa apa dengan hal ini, saya hanya bisa memohon kepada aparat OJK atau KOMINFO yang membaca tulisan ini untuk me-review kembali bahkan menindak pelanggaran-pelanggaran dari fintech pinjaman online kepada kami warga negara Indonesia terutama bagi fintech-fintech yang sama sekali tidak terdaftar secara legal.

Fintech-fintech yang mana saya terbelit hutangnya adalah Ayo Rupiah, Uang Cepat, Uang Plus, Cash Kilat, Ruang Tunai (Ranguang), Pinjam Duit, Pinjam Uang, Go Rupiah, KasBon, UTunai, Rupiah Plus, Pinjam Yuk, Kredit Pintar. Dari beberapa fintech pinjaman online itu telah melakukan sebar data dan menghubungi kontak-kontak yang tidak terkait, dengan dasar perjanjian kosong karena fintech yang bersangkutan tidak legal juga seperti Ayo Rupiah, KasBon, Uang Cepat dan entah fintech mana lagi yang akan melakukan perbuatan yang serupa. Bahkan menggunakan nomor tidak dikenal dan berasal dari negara lain yang bagi saya seperti menyamarkan lokasi pelaku penagih tapi sanggup berbahasa Indonesia dengan sangat lancar.

Berikut adalah lampiran contoh cara penagihan fintech uang cepat dengan cara sebar data kepada kontak yamg berada di HP saya. Blurring (menyamarkan) wajah dan nomor telepon dilakukan oleh saya (untuk melindungi privasi saya), jadi para pelaku pencemaran nama baik ini mengirimkan foto utuh tanpa blurring (menyamarkan) kepada kontak-kontak yang tidak terkait dari HP saya.

Saya mohon kebijakan dari OJK dan Kominfo terkait dengan hal ini.

Prasetya Gunakusumajati
Sukoharjo – Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 2.8]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Tentang Penulis
Prasetya Gunakusumajati  

Karyawan di Solo

208 komentar untuk “Pengalaman Terlilit Hutang Fintech Pinjaman Online dan Cara Penagihannya

  • 28 Maret 2019 - (19:50 WIB)
    Ini no wa saya 0878700799** tlong dibantu untuk bisa join ke grup kofin partner, terimakasih sebelumnya karena saya juga terjerat pinjol
  • 30 Maret 2019 - (12:17 WIB)
    Saya jugat terjerat pinjol ..tolong saya untuk bisa gabung dg kofin
    Klo ada yg tahu mohon hub no wa saya 081329640405
    Biar sama2 bisa terlepas dari lilitan pinjol terima kasih
    • 31 Maret 2019 - (23:46 WIB)
      tidak perlu panik atau takut.jika masih ada teror catat no tlp,rekam dan laporkan saja.sebagian besar pinjol selalu susah jika kita minta alamat kantor yg jelas bahkan call center yg susa untuk dihub.sebaiknya hati hati karena pinjol ibarat linta darat yg berdarah dingin.mereka mencari keuntungan seperti jual pulsa .hampir semua pinjol berkaitan dan tidak menutup kemungkinan mereka satu atap cuman beda nama.dan bisa dipastikan data kita tidak ada yg aman alias bocooooor.mari kita rapatkan barisan rapatkan barisan di komunitas korban pinjol.
  • 31 Maret 2019 - (17:53 WIB)
    Tolong makn sy digrup ..sy jg terlilit pinjaman online ini no wa sy 0821542616**
  • 6 April 2019 - (00:23 WIB)
    Sebelumnya saya mohon kepada teman-2 untuk tidak berlaku berlebihan dalam kepanikan. Saat ini kasus pinjol sudah menjadi hal yang sangat biasa. Hampir ratusan bahkan ribuan orang yang mengalami dengan berbagai risiko. Perlu Anda ketahui bahwa celah untuk melawan pinjol ini sangat lah banyak. Bahkan tidak menutup kemungkinan nantinya ada sekumpulan anak2 muda sedang melakukan sesuatu ( saya tidak sebutkan ) untuk menghancurkan aplikasi pinjol ini. Dan yang lebih penting lagi, para pinjol ini ibarat sedang membuat bom nuklir untuk menghancurkan diri nya sendiri dan kerabat-2 nya. Percayalah… dalam waktu dekat ini prediksi saya akan terjadi. Aturan OJK saja tidaklah cukup, harus ada UU Lex Specialis yang mengatur nya.
    Saran saya, kalau mau mengajukan pinjol, harus pakai strategi dan teknik IT yang mampu mengkamuflase. Saya dengar ada beberapa orang berhasil mendapatkan pinjaman dari pinjol hampir 50 lebih dan akan terus menambah. Karena mereka memiliki teknologi yang lebih canggih dari sekedar grant access di HP android kita.
    Lebih baik menjauhi riba daripada tertolak semua nilai ibadah kita selama ini hanya karena setitik uang riba.
    Untuk para provider pinjol, mohon Anda gunakan sisi kemanusiaan Anda kepada para nasabah yang terlilit oleh jerat jaring berkait Anda. Ingat, … Photoshop dapat menjadi RPG bagi Anda.
  • 6 April 2019 - (00:49 WIB)
    Apa yang harus saya lakukan supaya hutang saya bisa saya lunasi saya sudah tidak tau harus bagaimn lagi sedangkan sy sudah pinjam kmn2 tidak bisa saya putus asa apalgi sy baru kehilang org yg sy cintai papa saya dulu papa yg seting membantu sy ….skrg kmn sy harus minta bntuan tidak ada orang yang mau membantu saya…..stres sekali
  • 7 April 2019 - (05:44 WIB)
    Udh bisa masuk group nya pak???
    Klw bneran saya tolong masukin ke group nya pak
    Saya jg terjebak pinjol banyak
  • 9 April 2019 - (09:26 WIB)
    saya juga sama terjebak di lingkaran setan pinjol kira” bakalan ada yg datang kerumah atau ke tempat kerja nggak ya soalnya semua tagihan saya sudah jatuh tempo dan saya blm ada dana untuk membayarnya mohon info nya dong apa benar walaupun kita udah ganti semua nomer kita masih bisa di hubungi
  • 8 Mei 2019 - (13:48 WIB)
    Ssy juga terjebak,,tolong ini wa saya 0823668553**.mohon bantu saya jalan keluarnya. Terima kasih
  • 9 Mei 2019 - (04:02 WIB)
    Saya udah 13 aplikasi fintech, tolong masukon sya ke group wa 0819128570**, tolong bantu saya untuk penyelesaiannya
  • 9 Mei 2019 - (12:53 WIB)
    Tolong masukin saya grub WA ny dong.. Cerita nya hampir 2 mirip lah 0813198335**
  • 9 Mei 2019 - (13:16 WIB)
    Ass pak Prasetya… Saya mempunyai cerita yg mirip dengan saudara2 yg mengalami gali lubang tutup lubang ini yg ingin saya tanyakan apakah bisa mereka melaporkan kita ke polisi bedasarkan data pinjaman kita, karena waktu pertama kali pinjam tentu kita masih ingat, kadang2 ada aplikasi yg menginginkan tanda tangan basah kita,, kalo soal teror saya tdk tlalu pduli, yg saya tanyakan hukum yg melindungi mereka benar atau tidak. Terimakasih
  • 13 Mei 2019 - (17:27 WIB)
    Saya juga sma terlilit hutang pinjol..harus gali lubang ttup lubang untuk mengatasinya,,sya juga butuh solusi untuk penyelesaian mslah pinjol agar sya terbebas dr pinjol…saya mohon agar dimasukan ke grup wa agar sya bisa menemukan solusi masalah hutang pinjol saya…0855405865**
  • 17 Mei 2019 - (08:06 WIB)
    Saya bernasib sama.. Awalnya saya meminjam krn memang untuk modal usaha, namun tenor begitu singkat. Sehingga belum balik modal udah ditagih. Dan, masalahnya saya terjebak dg pinjol ilegal saat itu dan saya gak tau statusnya. Saat itu belum ada dana, diberikan solusi dg cari dana talangan sehingga terpaksa mengajukan aplikasi ke pinjol lainnya hingga 13 pinjol baik legal maupun ilegal hanya untuk gali lubang tutup lubang aja. Saya berniat mengembalikan hanya saja belum ada dananya. Sehingga mereka terus meneror keluarga dan teman saya. Awalnya saya ladenin setiap telpon mrk hingga saya lelah dan memilih mendiamkannya. Kalo pun ada komunitas konsumen korban pinjol, mohon saya digabungkan ke dalam grup WA. Makasih.
  • 21 Mei 2019 - (11:19 WIB)
    saya juga ini terlilit pinjol,
    awalnya pinjem buat nutup pinjaman elektronik,
    ntar bisa dibayar cicil, lama2 karna tenor cepat ,
    saya ajukan pinjol yg lain untuk gali lubang tutup lobang
    lama kelamaan bunga dan biaya admin memuncak sampe sekarang saya ga bisa lunasin.,
    gimana caranya untuk membayar, ini baru sehari telat tapi udah ratusan tlp masuk.
    mohon pencerahan nya

 Apa Komentar Anda?

Ada 208 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Terlilit Hutang Fintech Pinjaman Online dan Cara Penagihann…

Prasetya Gunakusumajati 2 menit
208