Terlilit Hutang Pinjaman Online dan Penagihan yang Meresahkan

Sedikit cerita tentang pengalaman yang saya hadapi saat ini mengenai pinjaman online.

Karena kemudahan dalam pengajuan pinjaman,membuat saya terjerat hutang oleh aplikasi pinjaman online. Awalnya pembayaran saya baik-baik saja. Pernah berpikir kayaknya ini semua salah, di mana gaji saya hanya digunakan untuk gali lubang tutup lubang. Ingin berhenti tapi bingung bagaimana caranya sedangkan pinjaman online yang saya gunakan lumayan cukup banyak. Bukan 1 atau 2 aplikasi, tapi sekitar 20 aplikasi. Dapat uang dari mana saya untuk melunasi semua pinjaman online itu?

Dan bagaikan bumerang saya harus mengalami hal yang tak mengenakkan, mulai dari terlilit hutang oleh pinjaman online, ditagih oleh tim DC pinjaman online tersebut, bunga perhari 3% karena telat bayar, sampai data saya disebarluaskan karena telat bayar. Yang lebih meresahkan lagi sampai telepon ke tempat saya bekerja. Bahkan mereka tidak segan-segan telepon atasan saya dan memberitahu mengenai keterlambatan saya bayar dalam pinjaman tersebut. Bahkan mereka sampai mengancam akan datang ke tempat saya bekerja. Sungguh meresahkan hati dan pikiran saya.

Bukan saya tidak ingin membayar pinjaman-pinjaman online tersebut tapi saya sendiri habis mengalami hal yang tidak mengenakkan. Di mana uang saya yang seharusnya saya gunakan untuk membayar sebagian dari pinjaman online tersebut. digunakan untuk membayar cicilan teman saya yang kredit barang di salah satu aplikasi kredit barang secara online menggunakan akun saya. Teman saya kabur tanpa melunasi pinjaman dan kredit barang tersebut. Dan lagi- lagi hutang saya bertambah makin banyak.

Tak kebayang seberapa resahnya saya mengalami problematika hutang yang kian hari kian banyak dengan bunga yang besar. Apalagi kalau mereka sampai benar datang ke tempat saya bekerja, bisa terancam pemecatan untuk saya. Bagaimana cara saya bayar dan melunasi semua pinjaman online saya kalau saya sampai dipecat dari pekerjaan saya karena ulah DC pinjaman-pinjaman online tersebut??

Tolong kepada OJK untuk menangani permasalahan perusahaan fintech yang menurut saya sebagai konsumen bukan membantu tapi malah membuat saya terlilit hutang. Dan ternyata banyak perusahaan perusahaan fintech yang tidak berizin (ilegal) dan dalam cara penagihan konsumen tidak sesuai dengan SOP

Mereka mengancam akan mendaftarkan nama saya ke SLIK karena permasalahan telat bayar pinjaman saya. Dan nama saya akan buruk di catatan OJK, terus bagaimana dengan perusahan-perusahaan fintech yang ilegal itu? Padahal mereka sendiri perusahaan yang tak berizin di OJK?

Susi Herwiyatin
Pamulang Barat, Tanggerang Selatan
Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

23 komentar untuk “Terlilit Hutang Pinjaman Online dan Penagihan yang Meresahkan

  • 9 Oktober 2018 - (09:31 WIB)
    Permalink

    habis meminjam puluhan tempat dapat puluh juta lalu membuat berita negatif tentang perusahaan tersebut enak sekali ya bu seakan lupa setiap mengajukan ada nama nya kontrak pinjaman yang tertera bunga, syarat ketentuan serta konsekuensinya, ibu susi itu pelaku utamanya jangan tampil sebagai korban tolong diubah mindsetnya.

    • 9 Oktober 2018 - (22:39 WIB)
      Permalink

      Maaf ia pa saya tau anda salah satu dc pinjol, saya bukan tidak mau bayar saya sedang berusaha melunasi’a. yg buat meresahkan saya adalah cara mereke membentak, bahkan menyebarkan data ke kontak yg bukan kontak darurat. Saya bicara baik mereka membentak nada tinggi dan kasar di jelaskan pun seperti tidak paham, saya telat bayar bukan karna saya tidak ingin bayar, wlwpn itu pinjol ilegal sekalipun. Tapi ada satu keadaan yg membuat saya seperti saat ini, Ia walaupun tidak semua dc sprt itu, saya tetap mencari solusi utk bisa bayar. Dan saya pun tidak menyebutkan nama dr perusahaan pinjol yg saya pinjam, karna di surat saya tidak saya sebutkan nama satu persatu pinjol yg saya pinjam. Saya bukan menyebarkan berita negatif tapi hanya sekeder share ini lah pengalaman saya yg harus terlilit hutang dan dampak negatif yg saya rasakan.

      • 11 Oktober 2018 - (09:52 WIB)
        Permalink

        saya rasa sangat tidak bijaksana selagi anda tidak dapat melunasi suatu hutang anda menjelekan si pemberi hutang sampai mengadukan ke pihak regulator bahkan membahas bunga yang sebelumnya anda setujui sebelum mengajukan, apakah ada penagihan jika anda tidak telat membayar? tentu tidak. karena hampir sebagian para penungak sampai akhir pun jurusnya ada 4 ,
        1.janji membayar nomor
        2.tidak diaktifkan
        3. mencari masa
        4. playing victim

      • 14 Desember 2018 - (09:17 WIB)
        Permalink

        bpak franz itu DC pinjol bu.. komennya pun tidak ada rasa simpati sama sekali terhadap orang yang sedang kesulitan. Saya pun sama sedang terjerat pinjaman online dan terus terusan di teror stiap hari smpe skrg. Bukan untuk menjelekan suatu perusahaan atau aplikasi pinjol. Intinya kita yg terjerat pinjol ingin berhenti dan lepas dari pinjol dan utang pinjol akan dibayar dengan cara mencicil sampe lunas tanpa bunga berjalan. bukan kabur dari tanggung jawab..

  • 9 Oktober 2018 - (13:29 WIB)
    Permalink

    gak usah di bayar bu, ilegal kan mereka, pasti takut klo trn ke rumah buat nagih, namax udah berbunga pasti ssh d byr, dan jangan juga kebiasaan ngutang buat gak bayar, kebiasaan arisan tp gak byr ato kebiasaan ngutang di warung sx gak byr2 hehehehe apalgi minjem di teman dan gak byr2 alias ilang ingatan, jdilah ibu2 yg gak laper mata, klo gn siapa yg byr, klo suami ibu manager ato direktur mah gmpang byrx, ato ibu jadi driver ojek online saja, lmyan klo dpt bonus bnyk , kan situ mau cr solusi buat byr.

  • 10 Oktober 2018 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Mba susi saya juga mengalami hal yg sama ky mba
    Awalnya kelilit pinjol gara temen kerja make aplikasi di hp saya ( 2 aplikasi) tadinya lancar ga tau ada masalah apa ditempat kerja temen saya di cut,saya yg kena imbasnya tagihan mulai telat saya yg ditelp”in trs sampe saya bingung bayarnya dr situlah saya mulai gali lubang tutup lubang buat bayar tu pinjol
    Sampe pd titik yg paling berat suami saya tau saya nalangin utang temen dgn cara gali lubang tutup lubang marah,kecewa sm saya dan menstop uang bulanan
    Jujur saya buat byr pinjol itu dr gaji saya ga cukup,skrg beberapa aplikasi udh pd telat tiap hari tanpa jeda diteror trs sm DC
    Di wa tiap menit dgn kata” kasar rasanya ga tenang ngjalani hari
    Tau bakal begini saya ga minjem aplikasi laknat itu

    • 10 Oktober 2018 - (14:39 WIB)
      Permalink

      Karna minim’a pengetahuan tentang pinjol kd gini mba, kena batunya sendiri.
      Dan parahnya lagi teman di baikin bukan’a bayar malah kabur. Ninggalin utang. Sekarang baik belum tentu d balas baik. Di jadiin pelajaran aja mba, nyesel pun sudah terlambat.

  • 11 Oktober 2018 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Ass. Sama senasip. di hitung semua hutang pinjaman online ku 6 jtaan lah api udah 2 minggu telat membayar. Mau membayar gak ada uang. Mohon masukan/Solusinya.

  • 12 Oktober 2018 - (07:12 WIB)
    Permalink

    Gak usah dibayar sekalian bu….
    Dibayar atau gak dibayar sama aja…nama kita jelek….
    Mending sekalian bu….
    Emang kalo dilunasin mereka mau beresin nama kita juga?
    Nggak kan…

    • 14 Oktober 2018 - (09:24 WIB)
      Permalink

      setuju banget, mba’. dibayar lunas pun, nama kita sudah tercemar. biarin saja. jika datang ke kantor atau ke rumah, DC main fisik lapor saja dg polisi. Bu Susy langsung minta perlindungan saja ke YLKI, Lapor ke OJK. itu paling solutif. percuma data dan foto sudah disebar, masih keluar uang. impact-nya buat kita tdk ada.untung di Fintech

  • 13 Oktober 2018 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Kalau ada yg bisa bantu minjamin uang skitar 5jtan. Bisa dicicil perbulannya. Buat nutup semua apk pinjol dihp, saya. Saya juga kerja permanen. Mohon bantuannnya.
    Jika bersedia membantu saya ini wa saya 089505333336

  • 14 Oktober 2018 - (10:27 WIB)
    Permalink

    Kalau ada yg bisa bantu minjamin uang skitar 5jtan. Bisa dicicil perbulannya. Buat nutup semua apk pinjol dihp, saya. Saya kerja sebagai grab . Mohon bantuannya ?
    Jika. Bersedia membantu saya ini wa 081294004007

  • 15 Oktober 2018 - (06:26 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami nasip seperti itu.. Saya bingung harus cari hutangan untuk melunasi
    Setiap hari saya diteror dan dikerja-kerja
    Mohon bantuannya ini nomer wa saya 08975936367

  • 20 Oktober 2018 - (17:45 WIB)
    Permalink

    Saya juga ada 15 aplikasi pinjol
    Tiap hari di telpin trus sama DC
    Hidup saya ga tenang jantung rasanya mau copot
    Tolong klu ada yg mau bantu
    20 juta utang saya
    No telp 081808282509
    Secepatnya

  • 25 Oktober 2018 - (14:29 WIB)
    Permalink

    Saya juga di ada pinjaman di beberapa pinjol atas nama saya tetapi yg memakai uang adalah teman saya,sekarang tmn saya kabur dan saya yang harus bertanggung jawab..
    Tolong solusinya saya bisa join di groub pinjol 081350484842

  • 17 Desember 2018 - (06:03 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama, saya pusing dan stres ngadepinnya bukan gamau bayar atau lari dr utang, krna ini lama2 utang saya jd numpuk krna berusaha buat nutupin pinjol saya . Tolong bantu cari solusinya

  • 22 Januari 2019 - (13:38 WIB)
    Permalink

    Awalnya saya pinjam jg karena untuk biaya rs ibu saya dan ayah saya jg sering sakit2an, awalnya saya lancar terus bayar sampai bulan ini saya udah gak sanggup bayar lagi karena sudah gak punya dana lagi. bagi yg senasib bisa masukkin ke group wa dong buat sharing, ini no saya 085268097777

    • 14 Mei 2019 - (09:00 WIB)
      Permalink

      Selamat pagi kkak, saya mau tanya apakah ada solusi untuk mengatasi pinjol yang tidak resmi di OJK?, tiap hari tiap waktu saya ditagih melalui telfon,sms,maupun Whatsapp ,saya juga tidak punya dana lagi kak untuk membayar semua aplikasi pinjol sya, aplikasi sya juga lumayan bnyak, saya bngung sya hrus apa kak, apakah saya ganti nomer atau bagaimana kak?, mhon saran dan bantuannya kak, terima kasih.

  • 29 Januari 2019 - (10:11 WIB)
    Permalink

    Kantong darurat, sekarang ganti kantong pintar saya jadi bingung tiba nelpon ke teman saya, nagih, padahal di bisa di bicarakan baik baik, jangan ujug nlpon kontak yang gak pernah saya cantumkan…..

  • 28 Maret 2019 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Kita senasib, Adanya fintech bukan untuk kesejahteraan masyarakat namun membuat ekonomi dan kesejahteraan kita hancur. Bagaimana nasib kita, bagaimana nasib anak anak dan keturunan kita, coba perhatikan disaat kita sedang terlilit hutang pinjol, disaat kita tertekan karena banyak teror dan ancaman. Kita tatap anak anak kita, sangat menyedihkan… Tolong pemerintah jgn tutuo mata, dengarkan aspirasi kami. Bagaimana kita selamatkan nasib anak anak kita, jika hal ini terus menerus dibiarkan dan menjamur. Fintech ilegal ataupun legal sama saja tidak membuat sejahtera kita. Yg ada membuta kita terpuruk kedalam jurang nista dan riba

 Apa Komentar Anda?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Terlilit Hutang Pinjaman Online dan Penagihan yang Meresahkan

oleh Susi Herwiyatin dibaca dalam: 1 menit
23