Blibli Memblokir Kartu Kredit Konsumen Tanpa Dasar yang Jelas

Blibli Memblokir Kartu Kredit Konsumen Tanpa Dasar yang Jelas dan Tanggapan CS yang Konyol

Saya Djuwanda, pemilik akun Bllibli dengan email terdaftar h*****77@gmail.com dan nomor HP terverifikasi 085*******028

Sejak tanggal 16 November 2018, kartu kredit BCA saya tidak bisa dipakai untuk transaksi produk digital di Blibli.com, dengan pesan error “transaksi anda telah melampaui batas maksimum yang telah ditentukan”

Saya sudah komplain berulang kali di live chat dan twitter Blibli, menanyakan peraturan pembatasannya bagaimana? Benarkah kartu saya melanggar ketentuan tersebut?

Sempat ada informasi dari CS Blibli bahwa jumlah maksimum transaksi produk digital per 1 kartu kredit adalah 40 transaksi dalam 30 hari. Kartu saya baru melakukan 25 transaksi dalam 30 hari terakhir (17 Oktober s.d. 16 November 2018) Jadi batasan maksimum apa yang saya lampaui? Tidak ada jawaban/penjelasan.

Selain itu kartu kredit BCA saya masih bisa saya pakai transaksi belanja di produk Bliblimart maupun transaksi toko online lain. Jadi jelas bukan kartu kredit saya atau pihak bank yang bermasalah.

Karena ketidakjelasan tersebut maka saya mempertanyakan lagi, tapi semua jawaban CS Blibli sangat konyol, dari yang tidak menguasai materi sampai dengan yang paling parah di Twitter menuduh pihak bank BCA yang memblokir kartu saya. Jawaban Experience Resolution pun tidak kalah konyol, mereka cuma sms dengan menulis ulang pesan error di atas.

Sehingga tanggal 23 November 2018 pukul 08:55 pagi ada telepon dari pihak Blibli. Akhirnya ada seorang CS Blibli yang cukup rasional dan mengakui bahwa pemblokiran kartu tersebut memang dilakukan oleh sistem Blibli dengan alasan keamanan. Sayangnya CS tersebut juga tidak tahu dan tidak bisa menjelaskan bagaimana aturan atau batasan yang diperbolehkan oleh sistem.

Ok, sekarang untuk solusinya bagaimana, Blibli hendak memblokir kartu saya sampai kapan?? Bagaimana cara buka blokirnya?? Jika benar untuk keamanan dan melindungi konsumen, seharusnya ada proses konfirmasi-verifikasi bahwa transaksi benar dilakukan oleh pemilik sah kartu kredit, sehingga konsumen bisa membuka blokir dan memakai kembali kartu kreditnya. (alasan “keamanan” inipun sebenarnya tidak logis juga, mengingat kartu kredit saya masih bisa dipakai transaksi pada produk Bliblimart)

CS tersebut belum bisa menjawab karena harus koordinasi dengan pihak terkait dan berjanji menghubungi saya kembali, tapi sampai saat ini tanggal 02 Desember 2018 masih belum ada kabar.

Tanggal 30 November 2018 sempat saya sampaikan lagi via email dan jawaban CS Blibli kembali simpang siur, antara tersirat diblokir selamanya atau sedang diproses oleh team terkait, tanpa ada kejelasan dan estimasi waktu. Tidak logis, masa untuk buka blokir kartu kredit saja butuh waktu 1 minggu lebih dan tetap tidak ada kejelasan estimasi waktu??

Lebih aneh lagi, masa Blibli hendak memblokir kartu kredit pelanggan selamanya karena pelanggan tersebut terlalu sering transaksi di Blibli???

Saya sebagai konsumen sangat kecewa terhadap Blibli atas pemblokiran kartu kredit saya yang semena-mena dan proses penyelesaiannya yang simpang siur dan berlarut-larut.

Djuwanda
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Blibli.com:
[Penilaian Rata-rata: 3.2]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Blibli Memblokir Kartu Kredit Konsumen Tanpa Dasar yang Jelas

    • 2 Desember 2018 - (22:53 WIB)
      Coba untuk dibaca dulu secara lengkap surat pembaca dari sdr djuwanda tsb diatas ☝️☝️☝️
    • 3 Desember 2018 - (18:31 WIB)
      terima kasih rekan2 & KKPUNasional yang sdh membantu follow up keluhan saya.

      Siang ini 03 des 2018 pukul 13:44 WIB, Bapak Lotar dari pihak Blibli menghubungi saya untuk memberi informasi bahwa kartu kredit BCA saya diblokir oleh sistem karena transaksi kartu kredit BCA saya pada produk digital dinyatakan tidak wajar alias TERLALU BANYAK.
      Tidak ada penjelasan batasan wajar, tidak ada kepastian untuk pembukaan blokir kartu kredit BCA saya. Silahkan pakai kartu/pembayaran lain.
      Sudah. Selesai. Tidak terima sanggahan. Konsumen harap paham/mengerti.

      Wajar atau tidak wajar, banyak atau sedikit adalah hal subyektif.
      Blibli punya promo murah, konsumen beli banyak ternyata juga salah.
      Jika menerapkan kebijakan subyektif seperti itu maka percuma saja konsumen mengeluh. Sangat mengecewakan.

      Terima kasih Media Konsumen.

  • 3 Desember 2018 - (13:10 WIB)
    saya juga mengalaim hal yg sama d CC BNI, waktu transaksi d Tokopedia, sering sich transaksi yg besar2 , puncakx tiba2 gak bisa di pakai, coba transaksi di traveloka bisa ama buka lapak,, so ini lah yg aneh dan menjengkelkan, mungkin mereka mau kita transaksi pake toko cash ato saldo yg serupa di buka lapak, spya kita gak transaksi pake CC, klo d bli2 ada gak toko cash mrp di tokopedia ato buka lapak, bisa jdi itu sengaja di blokir ,agar kita pinddah cara transaksi saja heheheheh.
    • 3 Desember 2018 - (22:53 WIB)
      bisa jadi begitu 😊
      beda dgn toko sebelah sih.. lagian kasus saya sdh divonis murni krn terlalu banyak bertransaksi.
      lucu khan? 😁😁

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli.com?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Blibli Memblokir Kartu Kredit Konsumen Tanpa Dasar yang Jelas

Djuwanda 2 menit
8