Permasalahan Annual Fee Maybank Dilimpahkan ke Pihak Ketiga Penagihan

Di mana Humanity Jasa Keuangan Kartu Kredit Maybank?

Atas nama L. Mery, sebagai pemegang kartu kredit tipe Gold dari BII Maybank dengan dengan no. 5452 9900 5662 xxxx menyampaikan keluhan kepada pihak Maybank sebagai penerbit kartu kredit dengan kondisi sebagai berikut:

  1. 4 Desember 2018 malam, saya menerima sms dari pihak bank, bahwa Maybank secara sepihak telah mengalihkan tagihan KK saya ke pihak Debt Collector “Collectius”.
  2. 5 Desember 2018 antara pukul 11.40 sampai 11.50, karena saya sama sekali tidak tahu ada kartu kredit yang aktif, saya hubungi call center Maybank untuk konfirmasi mengenai SMS. 2a. Telepon pertama ke Maybank customer service, sama sekali tidak memberikan bantuan, semua dialihkan ke debt collector Collectius. 2b. Saya telpon lagi kedua kali, kali ini dengan orang yang berbeda, diberikan informasi bahwa tagihan berupa kartu kredit annual membership, dan saya diberikan no pengaduan #R02WVL6 tentang penghapusan annual fee.
  3. 20 Desember 2018 antara pukul 11.25 sampai dengan 11.35 ,
    3a. Telepon ketiga kali, ke call canter Maybank untuk follow up pengaduan no #R02WVL6, permohonan ditolak, lagi-lagi dialihkan ke debt collector Collectius. 3b. Telepon keempat kali ke call center untuk mencari penyelesaian dari pihak Maybank sebagai penerbit kartu kredit, karena kartu debit ini sudah tidak aktif lama sekali, juga sama sekali tidak ada penggunaan satu transaksipun dari tahun 2013, 2014, 2015, 2015, 2016, 2017, 2018 diberi lagi no pengaduan #I00KXQF bahwa kartu telah saya ajukan penutupan.
  4. 24 Desember 2018 antara 13.45 sampai 13.55 .
    Telepon kelima kali ke call center Maybank untuk follow up no pengaduan #I00KXQF. Namun masih dalam proses. Dari pembicaraan selama 11 menit, ada fakta yang disampaikan Maybank kepada saya adalah;
    a. Ada kesalahan pencatatan, karena yang di-record adalah keberatan karena saya sudah membayar, padahal keberatan yang saya ajukan adalah saya sudah melakukan penutupan KK pada tahun 2014.
    b. Diberitahu kepada saya, bahwa Maybank tidak mempunyai wewenang tentang negosiasi tagihan annual fee. Di sini saya sampai bengong, karena muncul pertanyaan kebijakan KK Maybank ditentukan oleh Maybank, atau ditentukan oleh pihak debt collector?
    c. Maybank tanpa persetujuan saya mengalihkan tagihan serta data informasi diri saya pada Pihak Rekanan Luar yaitu debt collector “Collectius”.

Saya sebagai konsumen pada saat mendengar ulang isi pembicaraan saya dengan CS call center Maybank merasa prihatin dengan nama Maybank, karena saya tahu dan mengerti betapa sulit membangun branding dan menjaga nama baik apalagi Maybank termasuk perusahaan Tbk.

Apakah pihak Maybank manusiawi, setiap saya telepon mau menyelesaikan permasalahan annual fee saja, seluruhnya dilemparkan ke debt collector. Cara berpikir logis saja debt collector itu income-nya kan berdasarkan seberapa besar tagihan yang bisa mereka collect, makin besar makin baik, jadi seberapa besar mereka mempunyai itikad untuk membantu saya. Kalau saya ada menggunakan KK Maybank, istilahnya pakai uang Maybank untuk melakukan pembayaran masih bisa dimengerti, ini cuma annual fee setahun.

Catatan penting:

  • Sampai detik ini saya mengirimkan surat ke Media Konsumen, pihak Maybank lalai memberikan informasi tagihan KK annual fee ke saya (informasi tagihan tidak pernah dikirim ke saya), selain itu juga tidak ada surat peringatan satu, dua atau tiga. Juga Maybank melalui call center-nya tidak mampu memberikan informasi apapun tentang tagihan saya, selain bahwa merupakan annual fee Rp250.000,- annual fee berasal dari tahun berapa, juga tidak bisa dijelaskan. Rincian tagihan annual fee yang membengkak 3 kali lipat menjadi Rp764.000,- juga tidak mampu diberikan pada saya.
  • Dari data informasi pemegang KK dapat diketahui bahwa pemegang kartu kredit adalah seorang nenek yang berusia hampir 75 tahun, saya informasikan bahwa beliau gampang stress, darah tinggi dan ada riwayat serangan jantung. Maka dengan itikad baik, saya harap Pihak Maybank dapat langsung menghubungi saya, karena saya mengkhawatirkan kesehatan ibu saya saat beliau dihubungi oleh pihak debt collector.

Saya harap pihak “ Representative dari Maybank” sebagai pihak di mana saya bekerja sama untuk KK , dapat menghubungi saya untuk menyelesaikan keluhan tentang KK annual fee, bukan malah dialihkan ke debt collector.

Saya tunggu pembuktian dari motto Maybank – Do you really capable of bringing Humanities to financial services? atau ini cuma motto di bibir saja.

Gaby (Putri dari Ibu Mery)
0821-2283-40**
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Maybank:
[Total:25    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan Maybank Indonesia atas Surat Ibu Gaby

Dengan hormat, Menanggapi pengaduan yang disampaikan Ibu Gaby melalui MediaKonsumen.com pada tanggal 24 Desember 2018 berjudul ”Permasalahan Annual Fee Maybank...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Maybank?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Permasalahan Annual Fee Maybank Dilimpahkan ke Pihak Ketiga Penagihan…

oleh Gaby dibaca dalam: 3 min
0