Saya Terlilit Hutang di 20 Aplikasi Pinjol

Assalamualaikum,

Semoga dengan saya menulis artikel ini saya bisa mendapat solusi dengan masalah pinjol saya. Singkat cerita 3 bulan yang lalu suami saya berhenti kerja. Sementara kebutuhan sehari-hari harus tetap berjalan dengan 4 orang anak sudah pasti berat biaya sehari-hari untuk kami, ditambah biaya kuliah anak pertama kami.

Tanpa sengaja buka-buka hp kok ada pinjaman yang memberikan tanpa jaminan apa pun hanya butuh KTP bisa pinjam. Di situlah awal petaka pinjol melilit saya, karena banyak kebutuhan saya jadi sering pinjam, tapi dulu bayar tepat waktu walaupun harus gali lubang tutup lubang. Dan makin ke sini tak terasa pinjaman saya makin berat dan seolah tak  pernah ada putusnya. Sampai-sampai saya dan suami saya sering bertengkar karena masalah ini. Pernah suatu hari hutang saya dilunasi semua sama suami saya dengan total Rp19 juta hari itu bayar di berapa aplikasi pinjol, tapi karena suami belum bekerja lagi saya kembali pinjam pinjol tersebut,sampai di 20 aplikasi pinjol.

Saya tak pernah sekalipun telat bayar, tapi sekarang saya benar-benar putus asa dengan bunga-bunga pinjol yang melambung setinggi gunung. Tepat tanggal 17 Desember 2018 saya mulai tidak bisa bayar, dan pinjol selalu telepon harus bayar sekarang, kalau tidak mereka bilang akan menyebarkan data saya, dan akan menagih semua kontak saya.

Pada saat saya minta perpanjangan waktu mereka tetap menolaknya, mereka tagih ke semua kontak saya dengan cara SMS. Yang benar-benar bikin saya saya syok mereka menelepon anak saya yang pada waktu itu anak saya masih jam kuliah. Selama ini saya susah payah menyembunyikan masalah ini dengan anak-anak dengan tujuan agar mereka tetap fokus pada belajarnya, tapi perbuatan DC sungguh kejam.

Saya sudah berjanji akan membayar seluruh hutang-hutang saya setelah rumah tinggal saya terjual, karena jalan satu-satu untuk melunasi hutang pinjol saya yang sudah Rp40 jutaan sangat berat untuk suami saya yang belum bekerja lagi. Saya benar-benar tobat, setelah rumah saya terjual seluruhnya saya akan bayar pinjol dan sisanya insya Allah untuk modal usaha suami.

Semoga dengan saya menulis ini akan ada yang memberi solusi dengan menyetop bunga-bunga pinjol yang kian hari makin tinggi seperti Gunung Himalaya. Saya benar-benar berharap akan ada yang membantu masalah saya ini. Terima kasih.

Jakarta, 24-12-2018

Wasallam,

Turi Meriana
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Penilaian Rata-rata: 2.5]

92 komentar untuk “Saya Terlilit Hutang di 20 Aplikasi Pinjol

  • 24 Desember 2018 - (13:12 WIB)
    Alhamdulillah saya sudah dibantu KoFin Law & Partner dan masih dalam tahap proses, kalau mba mau bisa datang langsung ke kantor nya buat konsultasi, lokasi kantor KoFin di Kemang JakSel. Alamat lengkap nya bisa browsing di Google… Insyaallah KoFin bisa membantu jalan keluarnya.
    Yang penting sudah bertobat.
    Kita juga nggak bakal lari dari hutang, sampai matipun yg namanya hutang tetap jadi beban yg harus dibayar.
    Jangan lupa slalu berdoa dan berusaha supaya Allah SWT membuka jalan supaya bisa segera keluar dari masalah pinjaman rentenir online.
    Stop berhutang jangan melakukan nya lagi, karena sama dengan menyiksa hidup diri sendiri.
    Sekarang mending uang sedikit ditabung dan jangan meminjam bila ingin membeli sesuatu… Nabung saja, ada uang baru beli.
    • 24 Desember 2018 - (13:27 WIB)
      Terimakasih atas masukan dan nasehatnya,insya Allah secepatnya sy akan datang ke login agar dapat membantu menyelesaikan masalah sy ini.sungguh sangat tidak nyaman hidup dikejar diteror DC,sy BKN mau lari dari kenyataan.sampe dimana pun sy akan byr hutang” sy tersebut,dan sy hanya ingin diringankan dari bunga yg begitu tinggi.benar” sangat menyiksa..
      • 10 Mei 2019 - (12:10 WIB)
        BenarN konfilaw bisa bantu??? Saya juga terjerat pinjol. Untuk sementara mSih gali lobang tutup lobang, tp saya tidak mau seperti ini terus, semua uang habis buat bayar pinjol.
        Mohon bantuannya
      • 16 Juni 2019 - (08:18 WIB)
        Bisa kita sharing mb..sy jg terkena 28 apksi.boleh minta wanya?
        Atau wa sy 0822268875**
    • 10 Januari 2019 - (17:01 WIB)
      selamat sore
      apakah saya boleh minta bantuan juga
      saya ada beberapa pinjaman online dan tidak bisa saya bayar karena bunga besar.saya juga di tlp berkali2 dan di sms berkali2 dan mereka sms dan tlp teman2 saya.saya bener2 bertobat tidak akan terulang lagi.
      Mohon bantuan nya pak saya sudah putus asa
      • 17 Juni 2019 - (22:17 WIB)
        Kalo hp kita gakbbisa dihubungi apa bisa kena pasal dari mereka ya?karna hp saya sudah hilang..saya bukan gak mau bayar..tetapi saya sangat stress dengan bunga yang sangat tinggi..mohon bantuannya apabila ada info
        • 17 Juni 2019 - (23:10 WIB)
          Yaallah mba sama denngan saya semua kontak saya ditelpon smpai skrg saya terlilit 19 pinjol yang ditotal hampir 30 juta saya tidak tahu lgi gimana cara membayarnya karna untuk saat ini saya msih belum bisa membayar saya meminta tenggang rasa dan perpanjangan tidak bisa , tolong jika ada yang tau solusinya bantu saya .
          • 18 Juni 2019 - (11:03 WIB)
            Mb sharing yuk..sy jg.
            08222688 tuju lima satu delapan
    • 12 Maret 2019 - (14:44 WIB)
      Mba beneran ini kofin bisa menyelesaikan permasalahan kita? serius mba?? sy sedang mengalami ini bahkan sudah hampir putus asa, ingin bunuh diri tapi anak2 saya masih butuh saya mba, tolong infonya mba biar saya bisa seperti mba.
    • 9 Juni 2019 - (20:05 WIB)
      Hallo ka,perkenalkan nama saya herlinsan silaban,saya ingin bertanya apa benar kk sudah terbantu oleh kofin?brpa lama waktunya ka,saya jg sedang terjerat di pinjol ka,saya mau join di kofin tapi dana saya blm ada,mohon pencerahannya ya ka
      terimakasih
  • 24 Desember 2018 - (13:41 WIB)
    Kalau alamt saya jauh apa bisa by email yaa…??? Mohon bantuan infonya. Saya juga sudah tidak nyaman. Ingin segera lepas dari pinjol.
  • 24 Desember 2018 - (14:01 WIB)
    saya juga sama terlilit pinjol yang bunganya sangat tinggi. berat sekali untuk melunasinya. harta sudah habis tapi hutang tak kunjung selesai
  • 25 Desember 2018 - (22:42 WIB)
    KoFin Law & Partner melayani seluruh Indonesia, untuk luarkota akan dibantu secara online. Utk informasi lebih lengkapnya bisa langsung ditanyakan ke CS 2 yg saat ini available contacts dengan ibu Dian Ekayanti di no 0895-1051-9000. Sekedar informasi saja kalau kantor KoFin saat itu masih libur akhir tahun sampai tanggal 4 Jan 2019, tapi buat pendaftaran keanggotaan dan konsultasi bisa dibantu oleh CS.
    Untuk status progress yang sudah dibantu KoFin saat ini adalah proses negosiasi ke pinjol2 saya.
    Saya minta doa dan dukungan nya, semoga masalah saya dengan pinjol2 ini bisa segera segera terselesaikan… AMIN YRA.
    Saya sangat bersyukur sekali kepada Allah SWT karena pada akhirnya saya bisa menemukan KoFin Law & Partner yang mau menolong saya untuk bisa keluar dari jeratan pinjaman/rentenir online. Saya bilang rentenir karena mereka memang iblis yg tidak peduli kondisi org terlilit hutang, inti nya tiap x nagih nyerocoss maksa buat bayar dijam/hari yg mereka mau. Menghentikan bunga dan denda nya juga tidak, karena itu tujuan utama supaya dapat untung besar dari hasil memeras org yg sudah terjerat hutang. Bagi yang tidak tahu hukum gampang sekali dibodohi oleh ancaman2 yg sampai membuat orang mau bunuh diri, sakit, dipecat dan yg lebih parah sada beberapa keluarga nya yang diteror sampai meninggal karena jantungan dimaki maki.
    Indonesia negara hukum jadi semua ada aturan.
    Misal mengalami ancaman atau teror penagihan diluar batas aturan bisa langsung laporkan ke OJK dan Depkominfo atau bisa juga ke pengaduan KoFin dengan disertai bukti2.
    Utk wacana https://kominfo.go.id/content/detail/15732/kominfo-blokir-738-fintech-ilegal-sepanjang-2018/0/sorotan_media
    Dan silahkan terus update informasi mengenai pinjaman online sebagai tambahan wawasan.

    Terimakasih.

  • 27 Desember 2018 - (17:37 WIB)
    Halo semua,
    Saya setuju bahwa pinjol itu harus banget dihentikan. Baik yg sudah dalam pengawasan OJK karena cara menagih beberapa dr pinjol tsb sama aja dng yg tdk dibawah pengawasan OJK. Jadi seperti semuanya juga. Tidak ada yg mau juga berurusan dengan rentenir. Tetapi jika memang ada keadaan yg darurat,kita tdk bs berpikir jernih apalgi sdh tdk ada yg ditoleh. Saya jg salah satu korban. Tp pd akhirmya ttp saya bayar wlpn sudah dengan denda yg membengkak. Saya berpikir yaa anggap saja bayaran untk kebodohan saya berurusan dng rentenir. Krn jika tdk dibayarpun tetap akan dikejar. Minta keringananpun percuma, minta pertolongan OJK, keminfo dan cyberpolri jg gak membntu krn mereka ttp muncul dn nantangin. Yahh sy sih bayar full krn sdh gak mau mau lagi aja berada dlm lingkaran setan ini. Selain itu jg gak ada faedahnya ngomong dng kolektor yg beraninya cm teriak2. Sy malah membayar lebih dl yg kolektorny Baikk.

    Jd intinya. Emang harus dibayar aja. Klo dikasih keringanan denda ya alhdulilah klo engga dikasih anggap aja saya membayar kebodohan sy dan sekarang jd pembelajaran.

    Thank youu

  • 28 Desember 2018 - (01:35 WIB)
    Bismillah saya juga sedang proses dengan Kofin, mskpn msh tahap stlah jd anggota belum tahap negosiasi dengan pinjol krn kena hari libur di kntor kofin. Smoga dengan niatan baik dari kita smua dapat lepas dr pinjol2 ini. Saya sgt setuju kalau OJK harus mengevaluasi semua pinjol baik legal/ilegal karena mereka semua saja membebankan bunga tinggi dan peneroran. Seperti yg saya alami hari ini dengan apk mesin uang/uang box, baru telat sehari tetapi data sudah diblast. Pinjam 720 rb yg dibayar 1 jt karena telat sehari bunga 60 rb jd 1.060.000. Pinjam hanya beberapa ratus ribu tetapi yang didapat mskpn telat sehari, sudah disebar data seolah-olah punya utang ratusan juta.

    Minggu lalu saya mendatangi kantor tangbull/Danaq di tangerang, meminta mereka mengklarifikasi ke nomor2 yg sdh diblast padahal saya sudah membayar hanya karena sistem mereka yg tdk update. Pegawai2 nya rata-rata masih sangat muda, bisa dikatakan hanya lulusan SMA/SMK.Sempat saya berfikir ini anak-anak yang menyebarkan data orang2 apa tidak berfikir ya kalau semisal kejadian blast ini menimpa orang tua mereka. Pihak tangbull memang sdh mengklarifikasi dn DC Alvino sdh meminta maaf. Tetapi proses hukum tetap sy jalankan. Dan hari ini blast data dilakukan kembali sm mereka. Bismillah dengan niatan baik kita semua yang terjerat dr pinjol dapat segera keluar dr lingkaran setan ini dan bs hidup normal lg, Aamiin

  • 29 Desember 2018 - (17:05 WIB)
    Saya juga sedang terjerat pinjol dg 12 aplikasi. Sama seperti kisah mbak, saya juga gali lubang tutup lubang untuk melunasinya. Semoga Allah SWT dan para pembaca mau membantu mengatasi masalah ini agar tdk ada lagi org yg pinjol
      • 30 Desember 2018 - (13:47 WIB)
        Coba ke Kofin law & patner aja…sy jg LG proses di Kofin law,semoga bisa dapat dana talangan dari Kofin law,
          • 27 Mei 2019 - (09:04 WIB)
            Sy jg skrg sdg trjrt pinjol saya bingung skrg kluarga saya hancur berantakan krn pinjol tolong bantu sy dan kasih sy solusi
    • 31 Desember 2018 - (05:44 WIB)
      Saya 4 aja stres mbak… Ada satu yg udah telat 2 hari tapi ya ALLAH bunganya gede bgt.. Mohon pemerintah memberikan solusi yg terbaik dengan cara kita bisa meminjam uang ? melunasi tapi bisa di cicil tiap bulan bunganya rendah… Amiin
  • 30 Desember 2018 - (09:23 WIB)
    Iya samaa, saya sudah putus asa bagaimana membayarnya..
    Saya takut di telp ni seluruh kontak, ada aplikasi satu sudah telat 1 minggu dan 3 aplikasi telat berhari2 gak tau deh gimana,
    • 30 Desember 2018 - (11:43 WIB)
      Coba ke Kofin law&, patner MB,sy jg LG minta bantuan dana talangan semoga dgn ada nya Kofin law banyak masyarakat yg terbantu dan terlepas dari jeratan pinjol!!
        • 30 Desember 2018 - (19:14 WIB)
          Bisa langsung ke cs Kofin law 0895-1051-9000 untuk diskusi,Krn untuk saat ini kantor Kofin sdg tutup kemungkinan sampe awal THN baru buka kembali…
          • 2 Januari 2019 - (07:10 WIB)
            Saya juga ada 3 pinjol,..gmna caranya mbak,
          • 8 Januari 2019 - (07:48 WIB)
            Untuk nomor CSnya ada wa atau bisa di sms kh
          • 30 Desember 2018 - (19:01 WIB)
            Mbak maaf kalau nanaye trs, cara daftarnya gimana ya mbak mohon dibantu terima kasih
          • 12 Maret 2019 - (14:49 WIB)
            Mba beneran ini kofin bisa menyelesaikan permasalahan kita? serius mba?? sy sedang mengalami ini bahkan sudah hampir putus asa, ingin bunuh diri tapi anak2 saya masih butuh saya mba, tolong infonya mba biar saya bisa seperti mba.
  • 30 Desember 2018 - (11:36 WIB)
    gimana cara pengaduannya ya??? saya tiap hari di terror D, kontak” saya juga di sms, whatsapp, di tlp semua. saya tetap akan bayar tidak akan melarikan diri. tetapi pingin pengertiannya jangan paksa” ancam” kita. mohon bantuan pencerahannya
  • 30 Desember 2018 - (23:06 WIB)
    Saya juga terlilit lebih dari 10 pinjol dan saya bingung gmn harus byrnya sekrang. Dan sudah jatuh tempo semuanya. Sya takut mereka dtang kerumah dan kantor saya. Gmn ya…ada yg bisa kasi solusi?
    • 31 Desember 2018 - (06:17 WIB)
      Coba diskusikan masalah ini dgn mba Dian cs Kofin law&patner mudah” bisa dibantu masalah nya,krna sy sendri sdg mencoba ke Kofin law,mudah”an ada dana talangan
  • 31 Desember 2018 - (11:12 WIB)
    Saya juga mengalami hal serupa. Dan skrang pihak aplikasi scara terus menerus mengirim sms ke smua kontak dihp saya. Apakaha kakak2 sekalian bisa memberikan pencerahan kepada saya.
    Mohon masukkan saya ke grup . 089665778806
  • 2 Januari 2019 - (02:16 WIB)
    Sy juga sama terjerat hutang di pinjol, sy sangat2 depresi dan putus asa,bahkan sampai mau nekat saking bingungnya, rumah tangga pun jadi berantakan, kepada siapa sy memohon bantuan,sy benar2 bingung :'(
  • 7 Januari 2019 - (21:23 WIB)
    Sya juga terlilit dengan pinjol..3 hari lgi pinjol saya jatuh tempo smw ..ad 6 aplikasi pinjol..saya sudah mediasi dengan kofin low melalu email dan daftar komunitas kofin low
  • 19 Januari 2019 - (23:15 WIB)
    Klo domisili Bandung, apa bisa minta bantuan ke kofin law jg mba, sy jg sama terjerat pinjol, mohon pencerahan nya, sy udah stress.
    • 20 Januari 2019 - (16:00 WIB)
      Semua yg terjerat dgn pinjol pasti stres mba,tpi tdk ada slhnya cri solusi disni krna sdikit bnyk pasti ada manfaatnya
      • 27 Januari 2019 - (12:13 WIB)
        Mbak tury….. Sy sudah wa kofin and law tp blm ada tanggapan….
        Kan wa nya ada yg bisa melayani Hari sabtu Dan minggu….
        Sy terjerat byk app pinjol… Smp sekarang blm sy byrkn krn biaya jg g ada….
      • 25 Februari 2019 - (12:26 WIB)
        Mba tury . Gmna ap sdh dpat dana tlang dri kofin low. Soalny sy mo ikut gbung kofin .. Udh pusing jg ..
        • 25 Februari 2019 - (14:05 WIB)
          Sebelum sy dapat dana talangan dari kofin.sy sdh lbh dulu dapat mba,hasil jual rumah sya bayar kan kepinjol.alhmdllh skrg sdh tenang..
      • 28 Mei 2019 - (11:02 WIB)
        Assalaualaikum…
        Sama saya juga terjerat pinjol 6 aplikasi dan suami saya tidak tahu karna saya benar kepepet jd sya nekat pinjol… 1x bisa bayar tp pas kejadian menimpa saya dan anak” saya, disitu saya tidak bisa bayar pinjol,, jangankan untuk bayar pinjol,untuk makan saja sekarng saya benar” kesulitan, yg saya takutkan DC datangkerumah mertua saya.. dengan tlpon dan sms yg sedikit mengancam saja saya sudah putus asa hampir mau bunuh diri apa lagi kalo datang kermah mertua… Tolong bantu saya untuk bisa keluar dr masalah ini
  • 22 Januari 2019 - (02:15 WIB)
    Saya juga mb Tury Meriana, saya ingin sekali lepas dari jeratan pinjol yang membuat hati2 saya tidak tenang. Saya udah susah di tambahin susah karena ulah DC yang tiap hari menagih dan maksain suruh bayar. Saya ndak tau lagi mb harus gimana…😟
  • 22 Januari 2019 - (21:13 WIB)
    Saya terjerat… Tapi saya tanggapi dengan santai aja…
    Dari awal memang hp dalam keadaan habis wipe..
    Contact kosong…
    Waktu mengisi nomer contat saya kasih nomer yg mereka tidak kenal saya…
  • 25 Februari 2019 - (13:32 WIB)
    Bener..ini sy juga lagi bingung..baru saja di telpon DC trus maksa suruh bayar..pdhl sy cm pny uang 800rb sj di rekening..
    • 25 Februari 2019 - (14:09 WIB)
      Dijawab aja mba,klo mmng blm pnya mau diapakan yg pting jgn sampe mba pinjam apk lain hanya untuk byr apk jg.nti terjebak bnyk.klo di ancam bukti ancaman simpan mba,intinya kita gk lari dari hutang .jgn tkt di intimidasi dc semua ada jlr hukumnya kok.berusaha ttp tenang ya mba jgn panik apa pun itu pasti ada jln keluarnya
      • 25 Februari 2019 - (14:21 WIB)
        Iya tapi ini sy bingung..sdh ada hampir 30 apk..ini sy sdh berhasil menghubungi Kofin..
        Tp utk mendaftar dan bergabung jd anggota jg di kenakan biaya..

        Pdhl sy jg sdh tidak pny saldo..

  • 25 Februari 2019 - (14:30 WIB)
    Iya benar dikenakan biays partisipasi 300 ribu untuk yg reguler dan 1 juta untuk yg khusus klo tdk slh.dulu sy sempat mendaftar dan mentranfr 1 jt ke kofin.tpi seblm sy prosez sy sdh dpt uang dri hasil jual rumah
  • 25 Februari 2019 - (17:21 WIB)
    mba tury meriana kalo boleh tau, waktu pelunasan sesuai jumlah tagihan skrg atau sesuai jumlah yg di pinjam di awal? mksdnya bayar tanpa denda keterlambatan
  • 25 Februari 2019 - (17:27 WIB)
    Bayar sesuai pinjaman awal.jadi dende keterlambatan yg sampe berhari tdk di itung.ada jg apk yg mau dibayar pokok nya aja tanpa bunga sama sekali
  • 4 Maret 2019 - (10:04 WIB)
    waduhh parah jg ya sampai 20 Aplikasi, kadang manusia tidak belajar dari kesalahan, padahal yg sebelumnya udah dilunasin sampai 19 Aplikasi. pinjol bunganya lebih mencekik drpd CC bu. mudah2an diberi jalan agar pinjamannya segera lunas bu.. AMIINNN
  • 5 Maret 2019 - (10:31 WIB)
    Saya juga terjerat dalam dunia riba.. Hampir puluhan aplikasi… Awal lancar… Tiba2 mandek aja gtu… Gak da dana lg buat bayar.. Gajipun hbis… Nth kmna danbunga pinjaman trus berjalan.. Sehri paling besar denda 135rb…ada beberapa aplikasi saya telat.. Saya tdk ingin menambah aplikasi lg maka saya biarkan saja. Saya stres depresi… Bahkan sempat cari2 tempat untuk bunuh diri. Niat saya mau melunasi semuanya karena hutang dibawa mati.. Tpi, dana blmlah ada.. Mau diapakan… Maka dri itu saya abaikan smua tlp yg masuk… Sms dan WA… Mereka trus memaksa hrus segera dilunaskan. Tpi apa daya dana tdak ada…
    Data disebar= lunas… Toh dibayr nama baik dan reputasi tdk kembali.. Biarkan saja…klo trus dipikirkan tkut bunuh diri ujung2nya..
    • 12 Juni 2019 - (10:55 WIB)
      Mbk di biarkan seperti itu apa mereka berhenti sendiri apa masih TLP sama wa terus sampai sekarang?
  • 9 Maret 2019 - (22:07 WIB)
    Ass.
    Perkenalkan nama saya Nia, sy jg mengalami hal yg sama, semua kontak di Hp sy sdh dihub DC, lalu apa yg bisa dilakukan? Karna uang tuk membayar pun belum ada, dan hidup ini seakan tak tenang.
  • 31 Maret 2019 - (14:07 WIB)
    DC cash cepat udah makin berani… Datang ke rumah saya terus… Dia tanya mau bayar kapan.. Dia yg maksa saya berjanji padahal saya benar2 gak punya uang.. Terpaksa saya janji giliran saya gak tepati janji dia marah2… Dia trz2an ke rumah saya dan marah2…
  • 10 Mei 2019 - (14:21 WIB)
    Saya sdh bingung punya utang di pinjol gmn cara nya supaya hati tenang sambil cari uang.dan gmn cara nya gabung di kofin
  • 13 Mei 2019 - (12:51 WIB)
    Siang mba sya jga pnya hal yg sm pnya hutang dngan 16 aplikasi
    Dan tuk saat nie sya bner2 ga bsa karna mlah mkin sulit cri solusinya menurut mba sya hrus bagaimana yah no. Wa sya 0813881055**
    Tlong masukin no. Wa sya di grup
  • 12 Juni 2019 - (12:03 WIB)
    Dear Konsumen,

    “URGENSI PERLINDUNGAN KONSUMEN”

    Pada hakikatnya, kedudukan pelaku usaha dan konsumen sejak semula tidak seimbang. Pelaku usaha memiliki kemampuan pengetahuan tentang seluk beluk produksi barang dan pemberian jasa yang melebihi tingkat pengetahuan konsumen dan juga kemampuan akan permodalan dan posisi tawar yang lebih tinggi. Ketidakseimbangan terjadi dalam hubungan kontraktual antara konsumen dan pelaku usaha yang ditandai dengan perjanjian-perjanjian sepihak yang sangat memberatkan konsumen. Perjanjian tidak seimbang menciptakan situasi dimana konsumen harus menerima begitu saja perjanjian yang telah disiapkan oleh pelaku usaha, atau jika tidak menerima konsumen tak akan mendapatkan barang dan/atau jasa yang dibutuhkan (take it or leave it).

    Sesuai konstitusi, negara berkewajiban melindungi segenap warganya, menciptakan kesejahteraan umum, serta masyarakat yang adil dan makmur. Salah satu wujud perlindungan itu adalah pembentukan UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Guna menjamin tujuan tersebut tercapai, Negara melakukan intervensi terhadap hubungan kontraktual antara konsumen dan pelaku usaha yang tidak lain bertujuan untuk menciptakan hubungan seimbang antara konsumen dan pelaku usaha. Selain itu, UUPK juga bertujuan meningkatkan harkat dan martabat konsumen dengan menumbuhkembangkan kesadaran, pengetahuan dan kepedulian konsumen untuk melindungi dirinya. Pada akhirnya lahirlah apa yang disebut konsumen cerdas. Melalui UUPK diharapkan pelaku usaha semakin bertanggung jawab. Artinya pelaku usaha tidak lagi memandang konsumen secara sebelah mata, melainkan semakin jujur dalam memproduksi dan memasarkan barang dan atau jasa.

    Untuk memperkuat konsumen dan melahirkan konsumen cerdas, bersama ini perkenankan kami menyampaikan perkenalan dan undangan bergabung dengan Indonesia Consumer Protection (@proteksikonsumenindonesia), sebagai berikut :

    (I) Indonesia Consumer Protection (@proteksikonsumenindonesia) selanjutnya disebut “ICP” adalah komunitas konsumen secara terbuka yang bersifat nirlaba dan independen untuk membantu dan membela para konsumen Indonesia di Telegram.

    (II) Keberadaan ICP diarahkan pada usaha menerima laporan dan pengaduan atas pelanggaran hak-hak konsumen, meningkatkan kepedulian kritis konsumen atas hak dan kewajibannya, dalam upaya melindungi dirinya sendiri, keluarga, serta lingkungannya.

    (III) Visi ICP : Menguatnya posisi tawar konsumen untuk mengontrol pelaku usaha dan negara serta turut serta dalam keputusan untuk mewujudkan perlindungan konsumen yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen.

    (IV) Misi ICP : memberdayakan konsumen dalam:

    1. Memperjuangkan terwujudnya sistem politik, hukum, ekonomi, dan birokrasi yang berlandaskan perlindungan konsumen.
    2. Memperkuat partisipasi konsumen dalam proses pengambilan dan pengawasan kebijakan publik dalam perlindungan konsumen.

    (V) Dalam menjalankan misi tersebut, ICP mengambil peran sebagai berikut:

    1. Memfasilitasi penyadaran dan pengorganisasian konsumen di bidang perlindungan konsumen.
    2. Memfasilitasi penguatan kapasitas konsumen dalam proses pengambilan dan pengawasan kebijakan perlindungan konsumen.
    3. Mendorong inisiatif konsumen untuk membongkar kasus-kasus anti perlindungan konsumen yang terjadi dan melaporkan pelakunya kepada penegak hukum serta ke masyarakat luas untuk diadili dan mendapatkan sanksi sosial.
    4. Memfasilitasi peningkatan kapasitas konsumen dalam penyelidikan dan pengawasan perlindungan konsumen.
    5. Menggalang kampanye publik guna mendesakkan reformasi hukum, politik, dan birokrasi yang kondusif bagi perlindungan konsumen.

    (VI) Kerja-Kerja ICP :

    1. Kampanye Publik Perlindungan Konsumen

    ICP memiliki strategi komunikasi yang tepat sehingga pandangan-pandangan ICP secara lembaga terhadap perubahan perlindungan konsumen secara politik, sosial, dan hukum di Indonesia dapat dipublikasikan dan juga mampu dipahami oleh konsumen baik itu secara offline maupun online.

    2. Investigasi Perlindungan Konsumen

    Tugas utama investigasi perlindungan konsumen adalah mengelola kasus perlindungan konsumen yang dilaporkan konsumen dan memberikan panduan bagi konsumen agar laporan kasus tersebut bisa dilanjutkan kepada penegak hukum dan lembaga terkait. Selain itu memberikan kajian berupa penilaian kinerja aparat penegak hukum dan lembaga terkait yang dilakukan setiap semester berupa hasil tren perlindungan konsumen.

    3. Riset Perlindungan Konsumen

    Negara sering tidak berpihak kepada Konsumen. ICP melakukan pemantauan dan advokasi terkait kebijakan negara atas perlindungan konsumen. ICP mendorong pembuatan peraturan-peraturan yang berpihak dan melindungi konsumen.

    4. Hukum dan Monitoring Peradilan

    Penegakan hukum di Indonesia belum sepenuhnya bekerja dengan baik bagi keadilan konsumen, praktek peradilan yang korup juga sering terjadi di ruang-ruang pengadilan. ICP menjalankan tugas pengawasan terhadap berbagai lembaga penegak hukum, hingga mengawal berbagai produk hukum yang relevan dengan perlindungan konsumen.

    5. Penggalangan Dana Donasi Konsumen

    ICP adalah sebuah komunitas konsumen. Untuk menjaga independensi sekaligus meningkatkan rasa kepemilikan konsumen dan menjaga keberlangsungan program, ICP membuka peluang donasi konsumen. Dengan memberi bantuan finansial kepada ICP, konsumen dapat turut serta dalam kerja-kerja perlindungan konsumen.

    Agar komunitas tetap membantu dan ramah, semua anggota harus mengikuti aturan ini:

    Aturan umum:
    ~ Tidak ada promosi
    ~ Bersikaplah hormat dan jangan saling menghina.
    ~ Jangan teruskan dari saluran lain
    ~ Jangan mengirim tautan saluran / grup di luar jaringan ICP.
    ~ Hanya terkait dengan topik grup.
    ~ Jangan mengirim pesan ke admin secara pribadi kecuali itu terkait dengan mengelola grup.

    Bergabung dengan ICP di Telegram:
    https://t.me/proteksikonsumenindonesia

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 92 komentar sampai saat ini..

Saya Terlilit Hutang di 20 Aplikasi Pinjol

Tury Meriana 1 menit
92