Saya Terlilit Hutang di 20 Aplikasi Pinjol

Assalamualaikum,

Semoga dengan saya menulis artikel ini saya bisa mendapat solusi dengan masalah pinjol saya. Singkat cerita 3 bulan yang lalu suami saya berhenti kerja. Sementara kebutuhan sehari-hari harus tetap berjalan dengan 4 orang anak sudah pasti berat biaya sehari-hari untuk kami, ditambah biaya kuliah anak pertama kami.

Tanpa sengaja buka-buka hp kok ada pinjaman yang memberikan tanpa jaminan apa pun hanya butuh KTP bisa pinjam. Di situlah awal petaka pinjol melilit saya, karena banyak kebutuhan saya jadi sering pinjam, tapi dulu bayar tepat waktu walaupun harus gali lubang tutup lubang. Dan makin ke sini tak terasa pinjaman saya makin berat dan seolah tak  pernah ada putusnya. Sampai-sampai saya dan suami saya sering bertengkar karena masalah ini. Pernah suatu hari hutang saya dilunasi semua sama suami saya dengan total Rp19 juta hari itu bayar di berapa aplikasi pinjol, tapi karena suami belum bekerja lagi saya kembali pinjam pinjol tersebut,sampai di 20 aplikasi pinjol.

Saya tak pernah sekalipun telat bayar, tapi sekarang saya benar-benar putus asa dengan bunga-bunga pinjol yang melambung setinggi gunung. Tepat tanggal 17 Desember 2018 saya mulai tidak bisa bayar, dan pinjol selalu telepon harus bayar sekarang, kalau tidak mereka bilang akan menyebarkan data saya, dan akan menagih semua kontak saya.

Pada saat saya minta perpanjangan waktu mereka tetap menolaknya, mereka tagih ke semua kontak saya dengan cara SMS. Yang benar-benar bikin saya saya syok mereka menelepon anak saya yang pada waktu itu anak saya masih jam kuliah. Selama ini saya susah payah menyembunyikan masalah ini dengan anak-anak dengan tujuan agar mereka tetap fokus pada belajarnya, tapi perbuatan DC sungguh kejam.

Saya sudah berjanji akan membayar seluruh hutang-hutang saya setelah rumah tinggal saya terjual, karena jalan satu-satu untuk melunasi hutang pinjol saya yang sudah Rp40 jutaan sangat berat untuk suami saya yang belum bekerja lagi. Saya benar-benar tobat, setelah rumah saya terjual seluruhnya saya akan bayar pinjol dan sisanya insya Allah untuk modal usaha suami.

Semoga dengan saya menulis ini akan ada yang memberi solusi dengan menyetop bunga-bunga pinjol yang kian hari makin tinggi seperti Gunung Himalaya. Saya benar-benar berharap akan ada yang membantu masalah saya ini. Terima kasih.

Jakarta, 24-12-2018

Wasallam,

Turi Meriana
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

268 komentar untuk “Saya Terlilit Hutang di 20 Aplikasi Pinjol

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 268 komentar sampai saat ini..

Saya Terlilit Hutang di 20 Aplikasi Pinjol

oleh Tury Meriana dibaca dalam: 1 menit
268