Kritik dan Saran untuk Layanan Pengiriman di Bukalapak

Pada tanggal 7 Desember 2018, saya pernah menuliskan keluhan yang ditujukan kepada Bukalapak dan JNE karena barang saya yang tidak bisa sampai tepat waktu dan juga opsi pengiriman express yang tidak tersedia pada sistem Bukalapak. Saya kecewa dengan respon dari kedua belah pihak karena tidak adanya perbaikan pelayanan yang jelas dan itikad baik untuk menyelesaikan keluhan secara tuntas.

Pihak JNE mengatakan akan me-refund uang ongkos kirim secara penuh. Nyatanya pihak JNE hanya mengembalikan 50% dari uang biaya kirim yang saya bayarkan pada sistem Bukalapak. Selain itu sampai hari ini saya tidak mendengar satupun penjelasan dari pihak Bukalapak terhadap pengawasan sistem mereka kepada penyedia jasa kurir yang tidak menepati janji seperti JNE.

Selain itu saya masih tidak bisa menerima kenapa pihak Bukalapak hanya menyediakan beberapa jenis jasa pengiriman, padahal jelas-jelas sebenarnya saya tidak ingin sama sekali menggunakan JNE karena saya sudah kapok dan trauma terhadap pelayanan mereka yang tidak bisa menepati janji sama sekali. Selain itu kenapa pihak Bukalapak mempersulit refund uang ongkos kirim jika pihak kurir tidak mampu mengirimkan barang sesuai waktu yang dijanjikan pada sistem? Padahal saya bayar ongkos kirim melalui sistem Bukalapak, bukan kepada jasa kurir.

Saya juga dari awal mengatakan bahwa ongkos kirim bukan menjadi masalah untuk saya, karena barang tersebut sifatnya sangat urgent untuk saya yang sedang terbaring sakit. Saya rela bayar kurir mahal asalkan barang saya bisa sampai cepat dan sesuai dengan janji serta harga ongkos kirim tersebut juga masuk akal. Sampai hari ini pun komplain saya melalui aplikasi Bukalapak tidak terdapat feedback sama sekali dari pihak Bukalapak.

Hal seperti ini sudah membuat saya kapok untuk berbelanja secara daring di Indonesia. Saya sudah tidak bisa percaya lagi dengan pelayanan toko daring yang tidak bisa melindungi hak konsumennya, serta sudah tidak bisa percaya dengan jasa kurir seperti JNE yang hanya bisa mengobral janji.

I Made Mahendra Budhiastra
Jimbaran, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Layanan Pengiriman di Bukalapak:
[Total:2    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak I Made Mahendra

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Layanan Pengiriman di Bukalapak?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kritik dan Saran untuk Layanan Pengiriman di Bukalapak

oleh Made Mahendra B dibaca dalam: 1 min
0