Peretasan Akun Akulaku Mengatasnamakan CS Akulaku di Instagram

Saya adalah korban penyalahgunaan akun Akulaku. Kronologinya, di sore hari sepulang sekolah saya ada rencana untuk menutup layanan aplikasi Akulaku dengan cara mengirim pesan ke CS Akulaku di instagram. Setelah beberapa saat CS Akulaku meminta screen shoot kredit poin saya. lalu saya kirim. Beberapa lama kemudian ada yang menelpon mengatasnamakan Akulaku ke nomor saya. Lalu saya jawab, seperti biasa menanyakan nama dan no KTP, setelah dijawab pihak yang menelpon itu akan mengirimkan kode OTP ke nomor saya sebanyak 3 kali. Benar saja, ada kode OTP masuk. Lalu saya sebutkan semuanya, kemudian dia bilang akun saya sudah dinonaktifkan lalu saya tutup panggilan,

Keesokan harinya saya buka Instagram lalu saya kaget bukti chat saya dengan CS Akulaku kok nggak ada. Lalu saya telepon CS Akulaku di nomor 1500920. Setelah itu saya kaget loh kok nomor saya tidak terdaftar di Akulaku. Lalu csnya minta no KTP ternyata akun saya terdapat pinjaman KTA sebesar Rp1.359.000 yang terjadi pada tanggal 27 Januari 2019, padahal pada saat itu saya tidak melakukan transaksi itu. Setelah saya ingat-ingat pada tanggal itu saya chat sama CS Akulaku di IG yang dihapus itu ternyata akun palsu dan membobol akun saya.

Sampai sekarang akun saya belum bisa diakses dan tagihannya dibebankan kepada saya. Apa yang harus saya lakukan. Mohon info dari pihak terkait, baik dari pemerintah atau pihak Akulaku.

Dedi Mulyana
082319641**
Dawuan, Subang
Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • saya turut prihatin...semoga akulaku segera memberikan tanggapan secara profesional atas kasusnya gan.

  • yg saya heran akulaku nggan memberikan no rekening yg di pakai untuk pencairan dana yg di pake penipu

  • Sama gan saya juga baru kena persis kya agan.truas kelanjutanya gimana gan?agan mau bayar tagihanya gak?

  • nggk akan saya bayar biarkn saja al nanggung kerugiannya, saya udh konsultasi sama polisi karena al menilak memberikan no rekening yg di pake peretas untuk pencairan dana kta

    • Siap gan saya juga gak akan bayar.orang kita gak makan uangnya buat apa kita bayar.saya curiga gan ini permainan orang dalem akulaku soalnya pihak akulaku tidak kasih tau no rek si pelaku cuman ngasih nama banknya saja yaitu BANK PERMATA

      • Ternyata banyak ya yang mengalami kejadian seperti ini, dan itu terjadi d bulan yang sama, saya juga sama seperti itu,,

  • oke gan buat ajh laporan polisi nanti klo ada org al surug urus tuh aplikasinya jgn sampe bug ini merugikan lbh banyak pihak, saya yakin ini ada kebocoran data dan permainan org dalam kita ajh susah buat ganti no,pasword, harus pake poto ktp eh itu peretas dgn mudahnya melakukan itu tanpa verifikasi,

  • untung saja baca postingan ini hampir saja saya kemarin tgl 4 maret 2019 jadi korban oleh pihak yang mengaku2 sebagai cs akulaku. awalnya sya cm kirim pesan ke IG akulaku_id tentang kenaikan limit KTA tp tiba2 ada yg follow IG sya dan sy fikir itu adalah CS dri pihak akulaku.untung baru sya kirim screenshoot limit kredit akulaku sy.nah awalnya meyakinkan akan membantu sy naikan limit KTA sy.dengan cara cek dlu limit dan sya akan di telpon.nah pas sy di telpon dri pihak yg mengaku2 dri CS akulaku.dri nomer telpon saja sudah nomer HP bukan nomer call center trus bahasanya ( nada dri si penelpon persis bgt dengan penipu yg suka tiba2 nelpon mengatas namakan dpt hadiah dll.) dri situ sy mulai curiga wah ga beres ini.dri penipu minta foto atm sama foto ktp .sy tidak kasih karena sy yakin ini pasti penipuan.

    • Saya juga sama, niat saya kemarin meminta penangguhan pembayaran karena tempat saya bekerja di tutup karena pandemi corona, saya folow ig.akulaku_id, terus ada yang ke follow saya akulaku.ojk, lalu saya folback,tiba tiba dia nge dm saya,saya orang awam,saya fikir dia memang di kirim pihak AL untuk membalas saya, saya di minta no HP untuk di hubungi saya kasih,dia menelpon saya di hari yang sama, waktu itu hari kamis 30 april 2020. Pukul 20.30 mungkin,pokonya sehabis sholat traweh, dia bilang akan menangguhkan pembayaran saya sampai bulan mei 2021 sesuai kbijakan pemrintah, saya percaya saja, dia menanyakan tagihan saya disana berapa saya bilang 365rb dan tagihan saya sampai bulan oktober 2020,nanti jadi berapa, terus prosedur nya kata dia saya untuk saat ini saya harus membayar 300, awam nya saya,saya jujur saja bilang kalo saya cuma punya 250. Maka dia bilang baik saya bantu dengan nominal diatas, terus saya di suruh kirim uang nya lewat briva, nanti akan muncul penangguhan aku laku,saya memang tinggal di kampung selama pandemi ini jadi untuk ke atm atau alfamart indomart itu cukup jauh, tapi ada link di desa saya ini,jadi saya kesana akhirnya membayarkan 250 itu, sambil di telpon kembali oleh pihak AL abal2 itu, dia bilang sedang di proses tapi harus masuk briva lagi nanti akan ada penyelesaian penangguhan akulaku, saya mengikuti instruksi nya dengan tetap menggunakan atm agen,pas masuk ada pembayaran 1juta saya tanya ko begitu, dia bilang itu uang nya ngga ke potong ko, agen saya bilang tapi sudah tidak ada limit nya, agen saya di suruh menaikkan limit nya,agen link akhirnya mencoba nya dengan 500 ribu, tapi uang di atm agen link ke potong, terus dia tanya ko bisa mana kita tau, terus si AL abal2 ini meyakinkan lagi,pokonya saya di suru coba masukin lagi kode briva nanti uang yang 500 itu kmbali, bukan nya kembali malah keambil lagi 500, nah dari situ age saya berfikir ini penipuan, saya udah berdebat panjang sama si AL abal2 ini. Saya minta di kembalikan uangnya, dia bilang sedang di proses takut ini membeku saya disuruh mencoba nya lagi sampai dia bilang dia akan bertanggung jawab, dia memang tidak menutup telpon nga,dia bilang juga akan mengganti kerugian ini,tapi saya harus ikuti prosedur, sampai yang terakhir saya disuruh lagi kirim satu juta saya bilang ini penipuan, dia bilang kalo saya tipu saya sudah kabur dan menutup telpon nya. Dia meyakin kan saya sampai saya kembali terpengaruh dan akhirnya saya bilang saldo nya tinggal 50 rb namanya dikampung 20 rb aja udah berharga banget, tolong lah jangan permainkan saya gitu, terus dia kekeh bilang gak bisa sampai akhirnya setuju dengan 100 rb, fia bilang kalo ternyata ini tidak bisa saya janji akan memgembalikan semua uangnya yang 1.100..saya coba berharap omongn nya gak bohong, tapi ttp tidak kembali malah trpotong 100 rb, krna namanya briva ya untuk pembayaran, dari situ saya sudah stress bukan nya aku laku nya ada penangguhan malah saya nambah hutang ke agen 1.100, akhirnya saya pulang saja karena si AL abal2 juga ngga nelpon lagi dan juga udah bukan di jam kerja waktu itu udah pukul 23.11 menitan. Singkat cerita saya tidak cerita apa2 pada orang tua saya, saya cuma bilang sudah beres. Malam itu bener2 saya gak bisa tidur belum hutang ke aku laku belum hutang ke agen, hutang ke aku laku yang tinggal 2.555 rb, ditambah hutang ke agen 1.100. Tau gitu saya bayarin yang 1.100 ke akulaku aja.. Udah stres bgt si AL. Abal2 ini nelpon lagi, minta maf ktnya yang 100 rb itu ternyata disistemnya blom ada dan terverifikasi, terus dia bilang seperti yang pertama kali kalo mau uangnya kembali semua saya harua menaikan limit lagi, sata udah nangis2 saya ngga punya duit lagi, saya ceritain semua nya boro2 untuk bayar buat makan aja ngga ada,dan semuanya, eh dia bilang kalo gitu biar dari saya bayar 900 rb aja biar dibantu dari pihaknya itu yang tadi 200 rb nya itu, saya bilang kesiapa saya pinjm orang kaga ada lgi uang nya, dia nyuru saya yakinin agen nya kasih jaminan agen nya, ya mau gimana kasih jaminan orang gak punya apa2.terus waktu itu sampai pukul 02.00 pagi nelpon(kaya orang baru pacaran) dia menutup telpon nya dia bilang nanti jam 6 pagi dia telpon lagi. Esok harinya jam 6 gk ada telpon, saya biarkan, terua dia nelpon di jam 11 pagi tapi sampai saat ini saya tidak merespon lagi, saya sudah yakin bahwa ini penipuan, saya sudah bingung hutabg tinggalah hutang.

  • Ini no hp akulaku abal2. Gak tau masi aktif apa ngga saya berharap keluhan semuanya di drngar dan di lihat oleh pihak AL atau yang berwajib . +628127810292*