Data Pribadi Disalahgunakan oleh Sales Bank untuk Pinjaman Online

Semua ini berawal dari penawaran KTA khusus karyawan yang saya terima dari suatu bank swasta yang kemudian meminta semua data dalam bentuk asli seperti slip gaji dan surat keterangan kerja. Bahkan KTP dan KK tidak mau copy-an melainkan harus difoto oleh sales bank tersebut dan saya juga diminta berfoto selfie 3x dengan hp-nya. Karena memang saya perlu pinjaman, jadi ya saya penuhi semua persyaratan dengan iming-iming pencairan minimal 2 minggu.

Saya tunggu sampai sebulan lebih tidak ada kabar, bahkan WA saya diblokir oleh sales tersebut. Saya telepon ke pihak bank katanya belum disetujui. Saya hanya berpikir okelah kalau begitu. Namun 2 minggu kemudian saya mendapat SMS dari Rupiah Cepat untuk mengembalikan pinjaman sebesar 1,4 juta. Sontak saya bingung, ditelepon berkali-kali sempat saya ladeni tapi kata-katanya benar-benar kasar. Berhubung saya hamil saya malas untuk mikirin itu biar gak stress.

Semenjak itu setiap hari saya terima SMS berupa tawaran pinjaman yang sempat gak sengaja diklik anak saya. Dan sekarang giliran pinjaman online “Kantong Darurat/Super/Cepat” yang SMS terus bahkan ke semua kontak di hp saya, berupa penagihan hutang aats nama saya. Bahkan mereka mengaku dari JNE yang akan mengirim barang, tapi saya belum bayar dan teman saya dipaksa untuk transfer sejumlah uang. Sangat tidak mungkin saya belanja online pake nomor hp orang lain.

Ke mana saya harus melaporkan hal ini? Karena saya benar-benar malu dan merasa terganggu.

Ayu Arista Dewi
Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Penilaian Rata-rata: 3]

5 komentar untuk “Data Pribadi Disalahgunakan oleh Sales Bank untuk Pinjaman Online

  • 13 Februari 2019 - (11:48 WIB)
    Waduh sales bank apa itu mbak? Harus segera dilaporkan ke bank yg bersangkutan dan kepolisian. Itu kategorinya sudah pidana. Data pribadi mbak berupa foto KTP dan selfie sambil pegang KTP itu disalahgunakan buat pinjaman online sama dia. Kalo dibiarin, dia bisa pake data mbak buat pinjam ke puluhan bahkan ratusan pinjaman online lainnya, dan mbak yang bakal kena getahnya nanti.

    Buat teman2 yg lain, hati2 kalo ada pihak2 yg meminta data2 pribadi seperti foto KTP dan foto selfie sambil pegang KTP seperti ini. Bank tidak pernah meminta data2 pribadi dengan cara seperti ini.

    Semoga pemerintah dan DPR segera membuat Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi agar kejadian seperti ini tidak marak terjadi.

  • 13 Februari 2019 - (11:51 WIB)
    Sepertinya anda telah menjadi korban penipuan dan pencurian identitas oleh oknum sales KTA tersebut. Hal ini berdasarkan keterangan anda bahwa anda melakukan selfie dengan hp milik sales tadi. yang bisa dilakukan melaporkan pada polisi mengenai penipuan ini, serta mencari tahu ke pihak bank, mengenai data identitas sales tadi (jika memang benar sales tersebut memiliki hubungan dengan bank tempat anda mengajukan KTA).
  • 13 Februari 2019 - (11:57 WIB)
    Lapor ke OJK & BI termasuk pihak Bank termasuk kepolisian.
    Kalau mba masih punya kontak personnya lampirkan sebagai bukti.
  • 22 Februari 2019 - (20:40 WIB)
    jika ada permasalahan dengan pinjaman online (pinjol) silahkan hubungi 081977090818 (enda) jika ingin berkonsultasi masalah pinjaman online.
  • 22 Februari 2019 - (21:00 WIB)
    Banyak permasalahan pinjol yang berawal dari ketidak tahuan bagaimana mengelola hutang jangka pendek ,hampir 1500 laporan melalui chat dan email mengawali dengan kata terpaksa meminjam dan ada juga yang iseng lalu “ketagihan”,sampai akhirnya “meledak”
    Solusi awal dalam menghadapi masalah ini adalah kejujuran dan keterbukaan kepada orang2 terdekat anda ,istri kepada suami,anak kepada orang tua,bawahan kepada atasan,APAPUN RESIKONYA

    Masalah anda sekalipun belum selesai akan terasa jauh lebih ringan dalam menjalaninya dan anda bisa terfokus kepada penyelesaian dan bukan masalahnya

    Kepada rekan rekan yang membutuhkan saran ,curhat dan konsultasi GRATIS silakan menghubungi rekan CS kami melalui WA :

    WA 0819-7709-0818 ( Enda )

    Semoga kami bisa membantu meringankan beban mitra yang membutuhkan teman bicara

    Salam KoFin
    KOFIN CONSULTING LAW PARTNER
    JL Kemang 1 no 11.Bangka ,Mampang
    Jakarta Selatan

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!

Data Pribadi Disalahgunakan oleh Sales Bank untuk Pinjaman Online

Aiiuu Theywee 1 menit
5