Terjebak Promo Kartu Kredit CIMB Niaga

Berawal dari pesan singkat (sms) pada bulan Januari mengenai promo cashback sebesar 5% dari transaksi maks Rp300 ribu dengan mengubah transaksi menjadi cicilan S&K hub 14041. Awalnya saya abaikan karena sudah hampir 4 tahun saya tidak menggunakan kartu kredit CIMB Niaga (menutup/blokir dengan alasan kartu kredit yang BARU dikirim sudah langsung aktif tanpa pemilik melakukan pengaktifan dengan maksud kecewa karena bisa saja disalahgunakan jika kartu saya belum diterima).

Lalu pada bulan Februari saya terima sms kembali dan kebetulan saya ingin membeli barang. Saya coba hubungi call centre dengan menanyakan S&K seperti apa. Dapatlah si CS yang tidak menjelaskan sejelas-jelasnya, saya tanya ini transaksi full payment diubah menjadi cicilan, dia jawab YA, atau bisa gak saya transaksi cicilan langsung dan dapat cashback dia jawab juga YA. Tanpa menyebutkan syarat-syarat yang lain. Karena saya sudah konfirmasi by phone, saya coba transaksi via ecommerce (Tokopedia). Begitu transaksi sukses dengan total Rp19.7 juta sekian, saya coba menghubungi kembali CS agar transaksi diubah menjadi cicilan dengan maksud dapat promo cashback tsb. Katanya TIDAK BISA karena tagihan saya OVERLIMIT.

Yang sangat saya sayangkan, mengapa over limit masih bisa transaksi?? Mereka bilang kompensasi or toleransi, jika memang begitu, mengapa dikenakan biaya overlimit sebesar Rp200 ribu jika memang itu kompensasi atau toleransi???? Jika memang TERDAPAT biaya overlimit, ada baiknya pihak bank tidak langsung mengIYAkan transaksi yang melebihi limit, jikalau itu perlu/kepepet, user PASTI akan menghubungi call centre or bank agar diberikan kelebihan limit sekian persen dengan biaya sekian. Jangan main tagih biaya overlimit seenaknya sedangkan si user saja TIDAK TAHU ada toleransi seperti itu!

Ini jelas merugikan loh, artinya saya terjebak karena promo cashback tsb,

1. Menggunakan kartu kredit dan melakukan pembelian via Tokopedia terdapat biaya layanan sebesar sekian persen dari transaksi dan biaya yang saya dapati hampir Rp300 ribu yang dikenakan Tokopedia,saya pikir dengan cashback dari CIMB Niaga biaya tsb tertutupi dan saya bisa membayar tagihan dengan mencicil walaupun sebenarnya saya bisa bayar cash melalui transfer bank di Tokopedia yang mana tidak akan dikenakan Rp300 ribu tsb.

2. Sudah jatuh tertimpa tangga, biaya overlimit 200 ribu yang katanya toleransi tapi ada biayanya, saya bingung dengan toleransi or kompensasi berbiaya itu. Saya lebih setuju TRANSAKSI TIDAK BERHASIL dan USER yang MENGHUBUNGI CIMB NIAGA JIKA MEMANG PERLU DITAMBAHKAN LIMIT, agar sama-sama enak, bank memberikan limit dengan biayanya, user bisa transaksi karena mungkin “kepepet” agar bisa bertransaksi dan SETUJU/MENGETAHUI BIAYA OVERLIMIT tsb.

Jika dari awal saya tahu ada biaya yang merubah transaksi full payment menjadi cicilan yang mana cicilan 6/12 bulan berbeda-beda biayanya JELAS saya tidak akan menggunakan pembayaran dengan kartu kredit CIMB Niaga dan saya tidak akan dikenakan biaya oleh Tokopedia sebesar hampir Rp300 ribu karena saya bayar langsung transfer dari ATM saya. Sebelumnya saya sudah melakukan laporan dan dibuatkan 3 laporan dan no 53734/C/47002A/KP/02/19, 66723/C/47002A/KP/02/19 dan terakhir FF01188X.

Laporan pertama digantung, kedua declined tanpa alasan, ketiga masih diproses. Saya pemegang kartu kredit selain CIMB Niaga, tapi tidak pernah mendapatkan CS yang minim pengetahuannya soal program dan promo atau apapun yang berhubungan dengannya. Karena jujur, bank lain via twitter sekedar tanya limit, pembayaran berhasil tidaknya BISA melalui twitter tanpa harus buang-buang pulsa dan waktu untuk berbicara via telepon.

Semoga pihak CIMB Niaga bisa mempertimbangkan mengenai penghapusan biaya overlimit yang dibebankan ke saya. Terima kasih.

Sherly
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit CIMB Niaga:
[Penilaian Rata-rata: 2]
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Ibu Sherly

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Sherly yang berjudul: “Terjebak Promo Kartu Kredit CIMB Niaga” (MediaKonsumen.com, 8 Maret 2019), dengan...
Baca Selengkapnya

Loading...

11 komentar untuk “Terjebak Promo Kartu Kredit CIMB Niaga

  • 9 Maret 2019 - (10:39 WIB)
    Yang jadi bingung juga koq bisa mbak anda tidak tahu berapa jumlah limit kartu kredit anda sendiri.
    Saya punya 2 kartu kredit dari 2 bank yang berbeda tapi saya tahu semua jumlah limit kartu kredit saya.
    • 9 Maret 2019 - (12:15 WIB)
      Sblmnya sy pernah freeze/blokir krn alasan kecewa dgn dikirimkn kartu baru dan langsung aktif itu kejadian 3 or 4 thn lalu, sy telp tanya limit via call centre pun mrk ktanya tidak ada kewenangan memberitahukan limit, berbeda dgn bank lain melalui call centre sy bs tahu limit. Krn alasan promo cashback sy aktifkan kembali kartu kredit cimb niaga yg sblmnya jg sy telp call centre dan bilang transaksi sy cukup besar. Sy disuruh buka web untuk cek limit, dan sy tidak kedapatan untuk itu. Buat tahu limit aja ribet bgt ga spt bank lain yg sy gunakan spt bank lain via twitter sj bisa tahu limit, berhasil tidaknya pembayaran kartu kredit sy sdh jatuh tempo via ecommerce, dan semuanya tdk bisa dilakukan oleh account twitter cimb niaga
      • 9 Maret 2019 - (19:40 WIB)
        Setiap bank memang mempunyai kebijakan dan aturan masing-masing,mungkin memang informasi limit kartu kredit termasuk data yang sensitif,kenapa mbak ga cek limit lewat internet banking saja,setahu saya kartu kredit cimb niaga sudah online lewat internet banking.
        • 10 Maret 2019 - (00:25 WIB)
          Sy bukan lg nasabah dr bank ini sudah lama, dan krn itu tadi sudah sgt lama sy freeze/blokir kartu ini dan akhirnya aktifkan kembali. Jenis krtu sy platinum, salah satu jenis kartu sy dr bank lain jg sm platinum dan limitnya lebih dr 60jt, memang tiap bank berbeda limitnya, tp kata platinum itu cukup tinggi harusnya limitnya. Mnrt sy jika sy tanya limit via call centre itu wajar yah, sblmnya mrk sudah tanya data yg lebih sensitif spt tgl lahir, nama ibu kandung, no hp. Sy cm ga setuju aja kompensasi yg mrk maksud itu, klopun misal overlimit, harusnya transaksi dibatalkan, jk memang sy BUTUH agar transaksi berhasil toh pasti sy hub call centre solusi nya gmn agar sy bs transaksi, artinya sy tau ada biaya tsb dan sy setuju, itu lbh fair. Ini mnrt sy ya, mgk pendapat org berbeda thx
  • 10 Maret 2019 - (02:38 WIB)
    hmmm…..smua CC itu klo over yah kena biaya sich heheheheh, mnrt gw lmyan bgt dpt transaksi ampe 19 juta hehhehe, gw juga mau..tp mau byr pake apa coba, nasabah laen pasti oke2 saja biar byr biaya over, kan transaksi ampe 19 juta bisa lho, gw cb nich..tp takut juga byr klo udah sbnyk itu, kec mau pake dagang yah…pastilah ini merugikan kena biaya ampe 600rb, klo kss ini buat dagang dr awal jgn pake CC, pasti kena biaya dan ada bunga klo gak byr full, klo ini belanja buat pake sendiri, hrsx udah tau dong ada biaya over limit, dr jenis kartu kita bisa tau …misal Gold, pasti limit 5 ampe 10 juta, klo di atas Gold pasti bisa lebih ampe 20 juta misal, klo Gold bisa belanja 19 juta and cm kena 300rb, itu beruntung bgt, cb minjem di Pinjol hahahaha mana ada cair 19 juta, ato gadai di pegadaian mana ada bw 19 juta, klo gak bw BPKB mobil lunas and cicil 36x hehehehe
    • 10 Maret 2019 - (10:07 WIB)
      Ksis ini sy pakai untuk belanja bukan untuk dagang dan jenis kartu sy platinum setau sy lebih tinggi dr gold. Anda sendiri bilang diatas gold bisa untuk 20jt, nah kartu sy harusnya lebih dr 20jt donk ya. Itu logika kita sbg org awam krn dlm kasus ini sy tekankan kembali kartu sy sblm nya sudah lma di sy blokir dan baru diaktifkan kembali krn promo cashback tsb. Mengenai pinjol dan pegadaian sy tdk tahu krn tdk berniat melakukan itu. Terimaksih
      • 10 Maret 2019 - (12:13 WIB)
        Mbak sherly dan mas randi sangat tidak bijak klu hanya menebak-nebak limit kartu kredit cuma dari jenis gold atau platinum karena temen saya ada yang punya kartu kredit jenis platinum dari bank ternama di indonesia limitnya cuma 7jt,lebih baik cek limit kartu kredit langsung ke bank nya atau pun lewat internet banking.
        • 10 Maret 2019 - (22:26 WIB)
          Mgk memang benar, standard tiap bank berbeda. Jk kasus ini sy sbg org awam dan sy jg memiliki salh satu jenis kartu yg lebih rendah dr platinum dr bank lain dgn limit di atas 20jt, apa logika sy yg salah jk krtu sy pasti lebih dr 20jt? Sy bukan nasabah bank cimb niaga, dan sy sdh telp call centre nya jg sblmnya, sgt disayangkan ketika sy tanya limit dia tidak memberitahu. Apa salahnya, jika memang OVERLIMIT agar transaksi tdk berhasil, toh sy sering blnja di toko jk overlimit ksirnya blg MAAF ADA KARTU LAIN, KARTU ANDA SDH OVERLIMIT. Toh klo sy kepepet mau pakai krtunya bisa telp call centre bank tsb untuk minta nambah limit dgn biayanya jg. Krn masalah spt ini TIDAK semua org tau, gunakanlah cs sesuai dgn SOP, guna nya cs tuh menjelaskan/memberitahukan sedetailnya yg user tanyakn kan? Pihak bank pun pasti punya record pembicaraan sy dgn cs wkt itu.
  • 25 Maret 2019 - (14:50 WIB)
    Penghapusan biaya overlimit sudah dikabulkn pihak cimb niaga namun ketika bulan berikutnya (maret) menerima tagihan, muncul kembali tagihan biaya overlimit yg mana ketika sy tanyakan krn sistem saldo pembuka masih overlimit, pdhl tidak ada transaksi pemakaian krtu kredit sebelumnya. Sayang sekali, saldo pembukanya awal bulan maret pdhl jatuh tempo tagihan bilan sebelumnya aja tgl 10. Knp ga ada penyesuain tgl saldo pembuka dgn tgl jatuh tempo.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit CIMB Niaga?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Terjebak Promo Kartu Kredit CIMB Niaga

Sherly Ey 2 menit
11