Kartu Kredit BCA yang Belum Diaktifkan Dibobol

Kepada BCA credit card,

Dengan ini saya ingin menyampaikan keluhan saya sebagai pengguna kartu kredit BCA. Pada tanggal 29 Desember 2018, kartu kredit saya (bukan kartu kredit BCA) dibobol. Pada saat itu juga saya langsung menghubungi call center (termasuk kartu kredit BCA saya) agar segera diblokir dengan nomor laporan 2106051999 dan tidak ada pemakaian pada saat itu. Surat penutupan kartu kredit saya juga sudah diemailkan oleh BCA tanggal 8 Januari 2019.

Pada tanggal 10 Januari 2019, saya mendapatkan kartu kredit baru yang dikirimkan BCA kepada saya sebagai kartu pengganti untuk kartu yang saya blokir. Kartu saya terima, saya belum membuka dari amplop dan tidak saya akifkan. Bagian belakang amplop tertulis segera aktifkan kartu kredit dan PIN Anda (asumsi saya berarti kartu belum aktif).

Pada tanggal 23 Februari 2019, saya mendapat tagihan dari BCA via email, saya buka ternyata ada tagihan saya senilai Rp1.441.000,- biaya keterlambatan Rp43.230,- dan biaya bunga Rp40.174,-. Saya waktu itu kaget, koq bisa ada pemakaian padahal kartu sudah saya blokir per tanggal 29 Desember 2019.

Kembali saya telpon call center BCA menanyakan tagihan pemakaian tersebut di mana oleh call center BCA katanya ada pemakaian pada tanggal 10 Januari 2019. Saya kaget karena tagihan Januari juga saya belum terima via email, maka oleh call center BCA akan diemail ulang untuk tagihan Januari.

Pada tanggal 24 Januari 2019 saya menerima email yang dikirimkan ulang untuk tagihan Januari saya. Ternyata pemakaiannya untuk belanja online yang bukan pemakaian saya. Kembali saya menelepon call center BCA dan mengatakan bahwa kartu kredit saya sudah saya blokir per tanggal 29 Desember 2019, tetapi kata call center BCA pemakaiannya pada kartu kredit pengganti saya. Dan itu membuat saya lebih kaget lagi karena kartu kredit saya yang baru belum saya buka dalam amplop sampai sekarang dan koq bisa ada yang pakai untuk belanja online?

Saya tidak habis pikir untuk kartu kredit pengganti yang barusan saya terima tanggal 10 Januari 2019 itu ada pemakaian tanggal 10 Januari 2019. Kartunya juga masih dalam amplop dan belum saya buka sampai sekarang. Logikanya orang yang pakai kartu kredit untuk belanja online itu harus mengisi nomor kartu kredit, masa berlaku kartu dan 3 angka kode CVV pada belakang kartu, sementara saya sendiri pun sampai saat ini belum mengetahui nomor tersebut karena belum saya buka dalam amplop.

Tolong untuk BCA credit card bisa menghubungi saya mengenai ini karena sampai saat ini masalah saya belum selesai dan di Makassar tidak ada dari BCA yang berwenang masalah kartu kredit. Nomor laporan penyanggahan saya yang lama 2104406375 dan nomor laporan penyanggahan saya yang baru 2103871847.

Tolong agar masalah ini agar dapat cepat selesai dan tidak berlarut-larut. Terima kasih.

Wie Fo
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Kartu Kredit BCA:
[Penilaian Rata-rata: 3.3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Kartu Kredit BCA yang Belum Diaktifkan Dibobol

  • 19 Maret 2019 - (19:48 WIB)
    Kok ngeri ya, perincian data yang tercetak di fisik KK bisa diketahui & digunakan oleh orang yang tidak berhak/berkepentingan.
    Jangan-jangan bener ada sindikat pemalsuan/pembobolan data KK seperti yang hari-hari ini sedang viral di Twitter.

    Yang kejadian pertama kali di bulan Desember, ketahuannya dari mana, datang SMS kode OTP ya?
    Btw itu ada salah ketik ya, 24 Feb untuk pengiriman ulang tagihan Jan.
    Payah juga nih bank-nya, e-statement gak kekirim, akibatnya nasabah jadi terkena denda. Benar-benar ketidak-sengajaan kah?

  • 19 Maret 2019 - (20:16 WIB)
    Pasti yg melakukan itu orang pintar. Sindikat boleh jadi ada keterlibatan org dalam. Karena mereka lebih tahu data nasabah. Tidak menjamin keamanan data nasabah telah dibobol untuk kepentingan memperkaya diri srndiri Ngeri..
    • 19 Maret 2019 - (21:48 WIB)
      Ia, kartu yang belum saya buka sampai sekarang dari amplop udah bisa dipakai orang tidak bertanggung jawab. Kejadian pertama kali bilan desember bukan di kartu kredit bca, tetapi pada saat itu juga saya blokir kartu kredit saya termasuk bca dan yang dibobol itu kartu kredit pengganti yang dikirimkan.

      Ia benar gan untuk tanggal 24 februari 2019 sy terima email pengiriman ulang tagihan bulan januari yg tidak saya dapatkan dan ditagihan tersebut yang terdapat pemakaian yg bukan pemakaian saya.

  • 20 Maret 2019 - (07:46 WIB)
    Lho kok bisa? 🤔 Terus gimana kelanjutannya gimana gan? Seharusnya kan ada mekanisme sanggahan transaksi untuk konsumen yg menjadi korban fraud. Dulu pernah kena fraud waktu pake kartu kredit Citibank. Setelah kita telepon call center, mereka langsung blokir dan mengirimkan formulir sanggahan transaksi. Nanti mereka akan investigasi. Kalo terbukti benar transaksi tsb adalah fraud, pihak bank penerbit kartu kredit akan charge back ke pihak merchant dan mengembalikan dana kita ke limit kartu kredit. Begitu SOP-nya.
  • 24 Maret 2019 - (21:17 WIB)
    Iya benar. SOP nya begitu. Sama jga dengan BNI. Tetapi memperingati jga kalau ternyata tidak betul apa yg disanggahkan siap-siap membayar biaya sanggahan. Ini seperti pengadikan saja. Bagi saya hukum seperti ini tidak adil.

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Kartu Kredit BCA?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!

Kartu Kredit BCA yang Belum Diaktifkan Dibobol

Wie fo 2 menit
5