Respon Positif dan Cepat PT JayaTerra atas Permasalahan Pengembalian Uang Muka Pembelian Kavling Perumahan Sun Garden Sidoarjo

Sebagaimana tertuang dalam surat saya yang berjudul “Pengembang Sun Garden dan Sun Village Sidoarjo Tolong Kembalikan Uang Kami” kami memberikan apresiasi positif atas kesigapan dan respon positif jajaran manajemen PT Jaya Terra untuk menuntaskan keluhan pelanggannya.

Bahkan sebelum surat saya dimuat dalam situs Media Konsumen ini, manajemen PT Jaya Terra telah berinisiatif untuk bertemu dengan kami, untuk melakukan klarifikasi atas permasalahan tersebut. Kami mengirim surat pembaca ini via Media Konsumen pada hari Sabtu pagi tanggal 20 April 2019. Setelah melengkapi berkas yang dipersyaratkan, kami diharuskan menunggu beberapa waktu sampai moderasi atas artikel dilakukan untuk layak muat. Sambil menunggu verifikasi tersebut, kami berinisiatif untuk mengirim permasalahan kami tersebut melalui situs olx.

Tidak menunggu lama, begitu situs olx ditayangkan pada hari itu juga Sabtu 20 April 2019, manajemen PT Jaya Terra (dalam hal ini diwakii oleh Sdr.Ag** Nas****) berinisiatif mengundang kami untuk meminta kejelasan duduk permasalahannya.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Sdr.Riz** selaku marketing single fighter, Sdr.Ag** Nas**** selaku pimpinan PT Jaya Terra mengungkapkan tidak pernah mengeluarkan kebijakan untuk menahan uang konsumen, yang karena kesalahan prosedur ataupun oleh sebab lain harus dikembalikan pada konsumen. Informasi yang disampaikan kepada kami bahwa pencairan uang baru dapat dilakukan dua bulan lagi (15 April 2019) karena kebijakan pimpinan PT Jaya Terra adalah tidak benar dan sepenuhnya inisiatif Sdr.Riz** untuk mendapatkan keuntungan ekonomis berupa komisi atas penjualan unit rumah. Sedangkan pengembalian atas uang kami akan dicarikan dari pembayaran uang muka konsumen baru.

Sdr.Ag** Nas**** juga menyampaikan bahwa Sdr.Riz** menginformasikan kepada dirinya bahwa kami bisa menerima pengembalian uang muka dalam tenggang waktu 2 bulan per 15 April 2019. Penjelasan yang mengagetkan kami. Karena kami tidak pernah menyetujui dan menerima penundaan pengembalian uang kami. Hal ini terlihat dari komunikasi via WhatsAp antara kami dengan Sdr.Riz**. Dalam pertemuan itu, Sdr.Ag** Nas**** meminta agar publikasi kami di olx dihapus. Kami menyanggupi.

Pertemuan kami pada Sabtu 20 April 2019 pukul 15.00 WIB berakhir positif. Sdr.Ag** Nas**** selaku pimpinan PT Jaya Terra berkenan untuk mengembalikan uang yang menjadi hak kami dan menuangkannya dalam surat pernyataan bermeterai berisi kesanggupan untuk mengembalikan uang kami sebesar Rp.200 juta pada hari Kamis 25 April 2019. Pernyataan terlampir.

Namun pada hari Minggu 21 April 2019 pukul 22.41, surat keluhan yang kami kirim via Media Konsumen diterbitkan. Kami sangat memahami jika manajemen PT Jaya Terra melalui pimpinannya Sdr.Ag** Nas**** menyampaikan keberatannya. Oleh karena itu didorong niat baik untuk menuntaskan permasalahan ini dan menyadari bahwa PT Jaya Terra juga memiliki semangat yang sama untuk mengutamakan kepuasan konsumennya, kami sampaikan klarifikasi tertulis kami kepada publik melalui surat pembaca situs Media Konsumen pada hari ini Selasa 23 April 2019, bahwa kami tidak memiliki maksud apapun dengan terbitnya keluhan kami di Media Konsumen. Hal ini terjadi semata-mata penerapan prosedur yang diberlakukan secara ketat di Media Konsumen.

Akhir kata,kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Sdr.Ag** Nas**** selaku pimpinan PT Jaya Terra yang telah bertindak cepat untuk menuntaskan permasalahan ini. Saya yakin orientasi manajemen PT Jaya Terra pada pemenuhan hak-hak konsumen dan penghormatan yang tinggi atas nilai-nilai kemanusiaan akan membawa PT Jaya Terra terus bertahan sebagai developer papan atas yang bukan hanya produk-produknya yang berkualitas tapi juga kemampuannya menumbuhkan rasa aman dan kepercayaan yang tinggi dihati konsumen atas setiap transaksi yang dilakukannya.

Sebagai apresiasi kami atas semangat PT Jaya Terra melayani konsumen dengan hati dan agar kejadian serupa ini tidak terulang di masa depan, kami bersedia memberikan rekomendasi perbaikan sistem pembelian rumah. Insya Alloh Gratis Pak Agus..!

Tak lupa kami juga menyampaikan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah mengabdikan dirinya sebagai pejuang pelindung konsumen, yang rela mengorbankan waktu, tenaga dan biayanya hanya agar konsumen mendapatkan hak-haknya kembali. Terima kasih, telah bersedia menerima curhatan kami.

Toeng Hadi
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai PT Jaya Terra Group:
[Penilaian Rata-rata: 4.3]
Tentang Penulis
Toeng Hadi  

Seorang ayah yg mencoba menafkahi keluarganya dgn kerja keras.

 Apa Komentar Anda mengenai PT Jaya Terra Group?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Respon Positif dan Cepat PT JayaTerra atas Permasalahan Pengembalian U…

Toeng Hadi 2 menit
0