Dear Home Credit yang Terhormat

Hari ini tanggal 25 Mei 2019, saya ingin menyampaikan rasa kekecewaan yang sangat besar kepada Home Credit Indonesia (HCI). Awal mula saya ditawari Flexifast pinjaman multiguna dengan besaran Rp23juta selama 31 bulan dan cicilan perbulannya Rp1.365.600 ribu. Belum juga cicilan lunas, sudah ada tawaran baru dengan program yang sama tetapi dengan nilai yang lebih besar. Dengan tanpa pikir panjang dan kebodohan saya, sayapun coba-coba.

Namun tanpa diduga saya mengalami musibah, saya mengalami kesulitan ekonomi sehingga saya pun mengalami kesulitan dengan cicilan HCI. Saya mengalami keterlambatan bayar cicilan, sampai-sampai setiap hari saya ditelepon oleh pihak HCI dengan nada kasar dan seenaknya sendiri. Di situ saya merasa mulai tidak nyaman dengan pihak HCI, saya setiap jam ditelpon dari pukul 7 pagi sampai 9 malam tidak tahu waktu. Saya pikir ini sangat mengganggu sekali dan lebih parahnya lagi telepon-telepon itu isinya cuma miscall doang.

Selama ini saya sudah bayar 11 kali cicilan, dengan total Rp15.021.600 ribu. Dan kemarin saya telepon CS Home Credit Indonesia, saya tanya berapa sisa hutang saya tapi hanya dijawab sisa pembayaran kurang 20 kali. Saya tanya lagi jika saya melunasi saya harus bayar berapa? CS bilang “jika bayar lunas ibu harus bayar 21 juta”, saya terkejut dong dengarnya. Jadi selama ini saya bayar Rp15 juta itu hanya bisa bayar pokoknya Rp3 juta saja, dan sisanya itu adalah saya bayar bunga dan administrasi.

Sampai akhirnya HCI menghubungi ibu saya dan bilang ke ibu saya bahwa saya tidak kooperatif saat ditelepon, tidak pernah diangkat padahal semalam ini saya angkat dan selalu miscall dari pihak HCI. Sangat disayangkan sekali perusahaan seperti HCI memiliki sistem yang BURUK! ditambah lagi dengan dengar kabar itu ibu saya langsung masuk RUMAH SAKIT karena kaget!!!!

Saya selama ini memang telat dalam pembayaran, Tidak pernah sampai menunggak berbulan-bulan, sebulanpun tak ada. Buat apa track record baik di HCI? Tak ada guna juga kalau pelayanannya begitu. Saya sudah paham konsekuensi saya yang telat, dendanya pun saya sudah tahu besarannya. Toh saya telat juga bayar dengan dendanya, tidak perlu kasar sampe mengintimidasi, dll. Di kontrakpun juga tidak ada tulisan sampai debt collector yang menagih. Toh saya juga bayar selalu menggunakan bunga yang telah ditetapkan. Rasanya saya seperti MALING yang membawa banyak uang orang dan kabur tanpa membayar!!!

Tolong pihak HCI perbaiki kualitas CS dan sistemnya. Jangan menagih dengan cara yang kasar tidak beretika. Perbaiki juga sistem kalian, menelepon pagi-pagi buta dari pukul 7 isinya cuma miscall, giliran tak diangkat malah disebut tidak kooperatif. Saya orang yang bekerja tidak selalu pegang HP, jadi ya buat apa juga saya angkat telepon kalau isinya cuma miscall. Saya juga tak lepas tanggung jawab saya bayar tagihan-tagihan saya. Walau telat, toh sudah ada sanksi denda juga kalau telat, tak perlu pake kata-kasar, mengintimidasi.

Terima kasih

Eka Febriantika
0896863048**
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Dear Home Credit yang Terhormat

    • 25 Mei 2019 - (14:57 WIB)
      Permalink

      Belom ada solusi, dan tidak hanya saya saja yg kena dampak home credit, teman2 saya juga banyak yg kena dampak sperti ini, saya tidak tahu klau bakalan seperti ini

      • 19 November 2019 - (15:59 WIB)
        Permalink

        teman2 ibu kena dampak seperti apa ya, cb ibu konsultasikan dgn pengacara, nanti bisa diarahkan pengajuan gugatan dipengadilan atas tindakan yg dilakukan home kredit, prosedur pun mrk telah melanggar krn ketentuannya dr pukul 08.00 s/d 20.00 wib

        • 24 Juli 2020 - (08:57 WIB)
          Permalink

          Maaf bu saya mau nanya.. kalo telat 3 bulan terus dpat sms akan di tindak hukum dan agen penagihan apa benar orng nya akan datang ke rumah???

    • 25 Mei 2019 - (15:43 WIB)
      Permalink

      Saya juga begitu, bisa gila gara2 home credit, ibu saya sakit, belom lagi penagihnya yg kasar dan tak beretika. Ditanya gak tau apa. Harusnya pinjaman online itu di blokir aja. Menyesatkan

  • 25 Mei 2019 - (19:09 WIB)
    Permalink

    Maaf sa’at ini saya memang belum dapat membayar angsuran selama tiga bulan disebabkan Karena saya kehilangan kerja bukan saya tidak punya itikad baik tapi saya akan berusaha untuk membayar. Dan saya sudah berusaha merespon semua SMS Dari Debt Collector tapi jawaban yang saya dapat Kan semacam Satu ancaman.

  • 11 Juni 2019 - (22:15 WIB)
    Permalink

    DC nya nongol tuh ikut komen…wkwkwkwkwk
    kebanyakan lowker jadi DC di Indonesia itu tidak selektif, yg penting punya motor, tau lokasi target, siap kerja dibawah tekanan, orientasi pada target…dll, tidak ada pembekalan etika cara penagihan

    So…DC sopan kita ngobrol baik baik,
    DC sebar sebar info pribadi ke sosmed = pinjaman langsung auto LUNAS, DC main ancam…SIKAT BALIK !!! (main cantik saja, banyak LBH yg mau bantu…tapi ingat, sesuai aturan OJK)

    Ekonomi seseorang itu beda beda, ada yg mulus ada yg naik turun…bahkan ada yg turun terus…

  • 26 Juni 2019 - (08:48 WIB)
    Permalink

    tepat tanggal 25 bulan ini saya melakukan pelunasan dana multiguna, sebesar 15jt, dimana angsuran saya sudah berjalan selama 20x dengan cicilan 1,3jt, pinjaman saya hanya 25jt, saya sangat menyesal dengan kebodohan saya yang sudah berpinjam ke HCI, menurutku draf kontrak dll hanyalah jebakan untuk konsumen saaja,
    saya melakukan pelunasan dikarenakan saya sangat amat terganggu dengan tlpn dari HCI untuk penawaran top up pinjaman yg di lakukan bisa lebih dr 5x dalam sehari, baik pagi sampai malam jam 10, wtf, penawaran demi penawaran dilakukan tp tdk melihat konsumen nyaman atau tidak.
    dan 1 hal lagi, pelusan saya terkesan di halang halangi oleh pihak HCI, dimana di bulan mei saya menelpon CS untuk mengaktivasi kontrak saya agar dapat dilakukan pelunasan, dr cs di oper ke bagian lain, mereka melakukan handling kpd saya agar tdk melakukan pelunasan, dan hci menyatakan akan di hub lagi maksimal 1x 24 untuk aktivasi, tapi 10 hari berlalu tdk ada feedback dr hci, hingga akhirnya di tgl 24 saya menelpon hci lagi, dan memaksa untuk segera di aktivasi prihal pelusanan, dan barulah saya bsa melakukan pelunasan.

    jujur awal adanya HCI ini saya terbantu saat kredit HP di tahun 2015, tp mejadi beban saat penawaran multiguna ada dan bunga yang teramat tinggi.

  • 24 Juli 2019 - (15:21 WIB)
    Permalink

    HCI emang gtu,mau d lunasin malah bunganya 100%. D sruh tlpon csnya gak prnah ada solusi jdi percuma aja nlpon. Dcnya jg gak ada etika ngomong asal aja, main ancam mau blokir atm,bpjs,ktp, emang anda pemerintah main blokir aja d kiranya kita org bdoh kali d ancem2 gtu. Sy jg ada tunggakan d hci mau d lunasin tpi mreka kenain denda 100% gak mau nego,kan kita udh ada itilad baik mau lnasim tpi pihak hci mlah ribet bnget

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Dear Home Credit yang Terhormat

oleh Echa Febry dibaca dalam: 2 menit
11