Masalah Privasi Data Pelanggan di Shopee

Pada tanggal 10 Juli 2019, sekitar pukul 09 malam, saya membuka aplikasi Shopee dan melihat notifikasi di akun saya tertera begitu banyak notifikasi yang masuk. Saya penasaran dan membukanya. Ternyata pada notifikasi di Shopee tersebut muncul semua data dari phonebook yang ada di HP saya (bukti terlampir).

Malam itu juga saya segera mengirimkan email kepada pihak Shopee, untuk menanyakan perihal tersebut. Dua hari kemudian pihak Shopee memberikan jawaban yang sangat mengejutkan yang menyatakan, bahwa saya telah memilih salah satu fitur menu yang mengakibatkan phonebook saya terbaca di notifikasi Shopee.

Terus terang, saya tidak pernah memilih/mengklik fitur di Shopee untuk membuka daftar kontak dan saya juga tidak mengetahui di mana posisi fitur tersebut berada. Jawaban pihak Shopee tidak masuk akal dan sangat ganjil. Sangat tidak mungkin bila saya sengaja membuka fitur data kontak pada phonebook di HP saya untuk bisa dibaca di notifikasi Shopee.

Pertanyaan saya, untuk apa & apa gunanya phonebook pribadi muncul di notifikasi Shopee? Mengapa pihak Shopee menyediakan fitur yang membahayakan keamanan data konsumen? Sekarang sudah terjadi hal seperti ini (data phonebook saya di HP telah dicuri oleh pihak Shopee) tanggung jawab Shopee bagaimana?

Liana
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Shopee:
[Penilaian Rata-rata: 1.8]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “Masalah Privasi Data Pelanggan di Shopee

  • 13 Juli 2019 - (15:30 WIB)
    Anda mengatakan, bahwa masalah sedang ditangani oleh team terkait tetapi mengapa hari Jumat tanggal 12 Juli 2019, saya menerima email dari Shopee, sbb:

    Terkait laporan Anda, hal tersebut terjadi karena Anda mengaktifkan salah satu fitur diakun Anda yang ada pada aplikasi Shopee. Berikut kami informasikan cara menonaktifkan fitur tersebut:
    -Klik menu Saya
    -Klik menu Pengaturan Akun
    -Klik menu Pengaturan Privasi
    -Pilih menu “Tidak terlihat oleh kontak” geser/aktifkan menu tersebut
    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.
    Salam Hangat,
    Chintya

    Bila saya membaca isi email dari Sdri.Chintya (Shopee) seolah saya yang telah mengaktifkan fitur untuk membuka / terlihat kontak (phone book), tetapi yang lucunya lagi Sdri.Chyntya pun memberikan panduan untuk menonaktifkan fitur. Maksudnya ini apa? Apakah pihak Shopee menganggap hal sepele perihal phone book saya yang telah terbuka di notifikasi Shopee? Perlu Anda ketahui, bahwa phone book yang telah di jebol di HP saya adalah ratusan (Pada kolom surat saya ini hanya dilampirkan bagian depan notifikasi saja mengingat pada phone book tersebut terdapat nama, no telpon & alamat email yang semuanya bersifat pribadi & rahasia). Saya sangat takut bila phone book tersebut dipakai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab (oknum yang telah menjebol data phone book di HP saya) untuk melakukan aksi/modus kejahatan. Sungguh sangat mengerikan membuka akun di Shopee yang ternyata sangat tidak aman bagi konsumen!

  • 15 Juli 2019 - (18:45 WIB)
    Pada tanggal 15 Juli 2019, Customer Service Shopee, yang bernama Yus, menghubungi ke no HP saya sebanyak dua kali. Beliau pada intinya menjelaskan, bahwa:
    A. Fitur Shopee sudah seperti itu.
    Tanggapan saya: Pihak Shopee tidak memikirkan keamanan & kenyamanan konsumen, (Shopee telah melanggar UU Perlindungan Konsumen). Artimya Shopee melakukan kesengajaan,karena Shopee sendiri telah mengetahui & mengakui bila fitur tersebut memang disediakan oleh pihak Shopee.

    B. Tujuannya untuk memudahkan antara pembeli dan penjual berinteraksi.
    Tanggapan saya: Penjelasan Shopee tidak masuk akal & sangat mengada-ngada.Bukankah untuk berinterakshi antara pembeli dengan penjual sudah ada fitu chatt?. Mengapa harus menjebol/mencuri data phone book pribadi saya?

    C. Menurut Sdr.Yus, dari awal saya menginstal aplikasi Shopee, sudah ada permintaan izin untuk masalah data kontak.
    Tanggapan saya: Hampir semua aplikasi selalu meminta izin untuk hal tersebut, tetapi mereka semua tidak menyalah gunakan izin yang diberikan oleh pihak pengunduh aplikasi hanya pihak Shopee saja yang memakai kesempatan dalam kesempitan. Izin pada aplikasi disalah artikan tujuannya untuk melakukan penyalahgunaan izin.

    Dari serangkaian penjelasan yang diberikan oleh pihak Shopee, sudah sangat jelas bila pihak Shopee mencoba melepas tanggung jawab dengan memberikan alasan yang tidak masuk akal, pihak Shopee sebagai platform shopping online hanya mencari keuntungan semata meskipun harus melanggar UU Perlindungan Konsumen. Kiranya kasus ini menjadi perhatian para pihak terkait.

    LIANA

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Shopee?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Masalah Privasi Data Pelanggan di Shopee

Liana Therandhana 1 menit
3