Penanganan Pelapak Nakal di Bukalapak

Saya termasuk pengguna baru di olshop Bukalapak. Transaksi yang saya lakukan juga belum banyak, tapi itu sudah cukup untuk membuat saya trauma untuk kembali belanja di olshop tersebut. Tanggal 23 Juni 2019 saya membeli sepatu di lapak Pier Dev Bukalapak dengan nomor transaksi 192177260916, setelah terbayar beberapa hari saya lihat status transaksi saya, barang menunggu penjemputan dari pihak expedisi JnT.

Tiba-tiba saya dapat chat dari pelapak kalau barang yang saya pesan tidak tersedia, pelapak menawari ganti model atau ganti warna. Saya memilih ganti model saja dengan size yang sama. Esoknya status transaksi saya berubah dengan keterangan barang dikirim. Saya langsung chat pelapak dengan menanyakan apakah barang yang dikirim sesuai dengan pesanan saya. Mereka minta nomor transaksi, dan bilang akan dicek, tapi tidak ada konfirmasi lagi dari pelapak tentang kebenaran kiriman tsb.

Sampai akhirnya barang datang dan memang betul tidak sesuai dengan pesanan saya. Saya tidak mengklik barang diterima, karena saya pikir ini transaksi bermasalah. Saya langsung kirim email ke CS Bukalapak, email saya dalam antrian, dan belum ada tanggapan sama sekali. Sampai saya dapat pesan bahwa transaksi saya telah selesai oleh sistem, pihak Bukalapak tidak bisa menahan dana yang saya setor. Saya disarankan berhubungan langsung dengan pelapak.

Di sini masalah bermula, semula disepakati kalau saya harus mengirim barang yang salah ke pelapak, dan itu yang saya sudah lakukan. Ternyata pelapak ini termasuk pelapak yang nakal, karena dia sangat berbelit-belit dalam penggantian barang. Pelapak bilang sudah kirim barang retur tapi ketika saya tanya mana resinya, dia tidak bisa memberikan karena dikirim manual oleh expedisi JnT, hingga resinya otomatis tidak terpegang oleh pelapak. Saya tahu ini akal-akalan pelapak aja, masa iya hari gini kita percaya kirim barang tanpa dikasih resi.

Sampai melewati estimasi pengiriman, saya minta untuk refund aja pelapak juga menyanggupi, katanya sudah transfer. Kembali saya tanyakan bukti transfer, mereka tidak menjawab, dan memang belum ada uang masuk di rekening. Masalah ini sudah saya sampaikan ke CS Bukalapak, app review, live chat. Dan semua tanpa hasil, pihak Bukalapak tidak mau menekan pelapaknya agar bertanggung jawab terhadap buyer.

Saya punya akun di beberapa olshop, pernah juga bermasalah soal kiriman salah di olshop yang lain, tapi pihak olshop sangat melindungi hak saya sebagai buyer. Baru di Bukalapak saya merasa diacuhkan, hak saya sebagai buyer tidak ada perlindungan sama sekali. Harusnya pihak Bukalapak belajar dari rivalnya yang lain yg kini bisa menjadi besar. Harusnya malu pakai bintang iklan brand ambassador kalau kinerja olshopnya buruk.

Memang uang saya tidak seberapa, tapi harusnya pihak Bukalapak memperhatikan kekecewaan saya. Karena 1 orang yang kecewa akan berbagi kekecewaannya kepada orang yang lain, dan begitu seterusnya. Saya betul-betul sangat kecewa dan trauma untuk bertransaksi di Bukalapak. Masalah ini sudah 1 bulan lebih dan tidak ada titik terang penyelesaiannya, di olshop lain paling lama 1 minggu sudah terselesaikan masalah seperti ini. Saya sarankan kepada pembaca untuk berfikir ulang ketika mau belanja di pelapak nakal seperti Pier Dev maupun di Bukalapak.

Fenty Hidayani
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Mediasi Dispute di Bukalapak:
[Total:1    Rata-Rata: 3/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Ibu Fenty Hidayani

Jakarta, 6 Agustus 2019 Kepada Yth Pengelola Rubrik Surat Pembaca MediaKonsumen.com Perihal: Tanggapan Surat Pembaca yang berjudul Penanganan Pelapak Nakal...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai Mediasi Dispute di Bukalapak?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Penanganan Pelapak Nakal di Bukalapak

oleh Bunda Sabilfa dibaca dalam: 2 menit
0