Sulitnya Menutup Kartu Kredit UOB

Nama saya Frengky, pemegang kartu kredit UOB One dengan nomor 4219-2020-71**-**86. Awal dari pengajuan kartu kredit ini pun hanya niat membantu marketing dan pada waktu itu diberitahukan kalau tidak diaktivasi selama 3 bulan, kartu akan otomatis tertutup sendiri. Sungguh ajaib kartu tersebut bisa aktivasi sendiri dan akhirnya pada bulan Juli 2018, saya telepon ke call center untuk menutup kartu kredit karena sudah dikenakan biaya tahunan yang cukup besar Rp550.000 dan kartu tersebut tidak pernah saya gunakan. Pada saat itu dijawab tidak bisa, karena sudah ditagihkan iuran tahunan. Padahal sebelumnya saya pernah tutup kartu kredit bank lain karena sudah ditagihkan iuran tahunan dan itu tidak masalah, bisa langsung diproses dan ditutup pada hari itu juga.

Solusi yang ditawarkan penghapusan iuran dengan transaksi minimal 3 kali, dan saya tolak, dan ditawarkan lagi minimal 1 kali transaksi, kembali saya tolak, dan akhirnya penghapusan dengan syarat tidak boleh ditutup sampai akhir Juli 2019. Dan pada saat itu juga saya tanyakan, kalau tidak boleh ditutup sampai akhir Juli 2019, kapan saya bisa ajukan penutupan kartu, apa tanggal 1 Agustus 2019? dan dijawab iya tanggal 1 agustus. Akhirnya saya terima penghapusan tersebut sambil menunggu 1 tahun (sudah pasang reminder di kalender).

Sebelum bulan Agustus 2019, saya pernah coba telepon ke call center untuk menutup kartu kredit tetapi dijawab tidak bisa karena saya ikut program penghapusan iuran tahunan dengan syarat tidak boleh menutup kartu hingga akhir Juli 2019.

Pada tanggal 1 Agustus 2019, kembali saya telepon ke call center untuk menutup kartu kredit tersebut dan akhirnya diterima oleh Amelia dari bagian penutupan kartu, dan jawaban yang saya terima kembali adalah tidak bisa, karena sudah ditagihkan iuran tahunan. Padahal saya belum menerima lembar tagihan dan solusi yang ditawarkan adalah penghapusan iuran tahunan dengan transaksi 1 kali, kemudian baru bisa ditutup. Setelah kembali melakukan debat panjang bahwa saya sudah ingin melakukan penutupan sejak 2018 dan seterusnya tetap tidak bisa, akhirnya karena sudah lelah bicara panjang tanpa solusi yang memuaskan, saya jawab “ya sudahlah”.

Setelah itu langsung saya mengirimkan email customer care (UOBCare@uob.co.id) menjelaskan masalah dari 2018 hingga 1 Agustus 2019 ini, dengan harapan bisa mendapat jawaban yang berbeda, tetapi ternyata jawaban yang saya dapat hanya saya telah setuju dengan program penghapusan iuran tahunan kartu kredit dengan melakukan satu(1) kali transaksi sampai dengan akhir bulan.

Mohon tanggapan dari management UOB, kenapa sesulit ini untuk menutup kartu kredit yang tidak pernah saya aktivasikan (aktivasi sendiri) dan tidak pernah saya gunakan?

Frengky Budiman
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank UOB Indonesia:
[Total:8    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Bank UOB Indonesia atas Surat Bapak Frengky Budiman

Menanggapi surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Frengky Budiman yang dimuat dalam rubrik Surat Pembaca Mediakonsumen.com pada tanggal 02 Agustus...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Sulitnya Menutup Kartu Kredit UOB

  • 5 Agustus 2019 - (11:17 WIB)
    Permalink

    Per tanggal 5 Agustus 2019, saya dihubungi oleh UOB menanyakan perihal masalah ini dan setelah bincang-bincang sedikit, eskalasi ke bagian atas, akhirnya menginfokan kartu akan di tutup dalam waktu 2 hari ini. Semoga benar-benar ditutup dan tidak ada lagi masalah kedepan.

  • 7 Agustus 2019 - (15:22 WIB)
    Permalink

    Pada hari selasa, 6 Agustus 2019, saya menerima email dari UOB menanggapi surat pembaca yang saya muat di mediakonsumen.com yang menyatakan kalau kartu kredit saya telah dilakukan penutupan pada tanggal 5 Agustus 2019.

    Terima kasih mediakonsumen.com dan UOB.

  • 15 April 2020 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Malam pak frenky, sepertinya saya agak takut juga nih menggunakan kartu kredit uob. Saya ditawarkan pinjaman saya mau kembalikan uangnya dan sudah saya lunaskan. Lalu saya minta pelunasan dipercepat namun csnya bilang yg ibu bayarkan percuma. Waduh pusing saya kaya gini nih.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank UOB Indonesia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Menutup Kartu Kredit UOB

oleh Frengky dibaca dalam: 2 menit
3