Komplain Mengenai Collection CIMB Niaga yang Berulang Terus Setiap Bulan

Yth. Bank CIMB Niaga dan Media Konsumen,

Saya harap surat ini dapat diperhatikan benar oleh CIMB Niaga terutama dengan bagian collection-nya. Saya pemegang kartu no. 428416******6990 dan 528919******3890. Ini bukan pertama kali saya komplain dan menjelaskan keadaan saya kenapa saya ada tunggakan. Saya terkena PHK sejak akhir April dan baru mulai bekerja lagi akhir Agustus ini, yang otomatis selama tidak ada penghasilan saya ada beberapa tunggakan termasuk CIMB. Walaupun seperti itu saya tetap ada pembayaran ke salah satu kartu walaupun jumlahnya tidak besar, tapi sebisa mungkin saya cicil karena memang saya mau bayar hutang.

Semenjak menunggak sudah lumayan sering saya menerima telepon yang tidak menyenangkan dari collection CIMB; mulai dari menyuruh saya gadai barang, ancam collection datang ke rumah untuk tagih seluruh tagihan sampai bentak-bentak saya di telepon.

Bulan Agustus saya ada terhubung dengan pihak collection untuk membicarakan reschedule, di mana program yang diberikan saat itu masih memberatkan saya yaitu dengan DP 2 bulan atau paling kecil sekitar Rp3,7 juta. Terus terang saya tidak ada dana sebanyak itu. Namun dari pihak CIMB menginfokan jika DP tersebut tidak terpenuhi, maka collection seperti biasa terpenuhi.

Hal ini sempat saya laporkan ke media ini, memang setelah dilaporkan ada yang langsung menghubungi dan menjelaskan bahwa mereka mengerti akan keadaan saya dan meminta saya untuk membayar Rp2.5 juta di akhir Bulan September dimana saya TELAH MEMENUHINYA dan saya pun diminta bikin surat pernyataan untuk masalah ini.

Saya pikir setelah ini CIMB sudah mengerti keadaan saya namun ternyata tidak, hal ini hanya berlaku di Bulan September. Di Bulan Oktober ini collection CIMB berlaku SAMA SAJA seperti sebelumnya. Pada tanggal 3 Oktober ada collection menghubungi dengan no. 081183967**, di mana bapak itu tidak menyebutkan namanya. Awalnya dia menanyakan kapan pembayaran kartu kredit saya, saya jawab tanggal 25 Oktober. Beliau tanya, kenapa jauh sekali? Saya infokan karena nunggu gajian. Lalu dia tanya “gajian yang bulan lalu kemana?”Apakah collection ini tidak cek ya saya sudah ada pembayaran sesuai janji saya?

Kemudian dia infokan bahwa billing saya besar, saya jelaskan itu terjadi karena saya tidak ada penghasilan sejak Bulan April dan jumlah itu pastinya akumulasi minimum payment selama 5 bulan. Saya bilang keadaan keuangan saya tidak memungkinkan untuk saya lunasi. Collection jawab “semua juga selalu bilang keadaan seperti itu, tapi itu bukan urusan kita”. Ya saya tahu memang bukan urusan CIMB, untuk CIMB yang penting pembayaran masuk tidak peduli uang itu dari mana begitu kan?

Jujur saya tidak tahu harus meminta bantuan kemana, mungkin teman-teman di media ini dapat membantu. Apakah saya harus minta lapor dan minta mediasi ke OJK/Bank Indonesia? Karena kalau saya dipaksa membayar Rp11 juta ditanggal 25 Oktober seperti yang diminta oleh collection tadi tidak mungkin. Saya tidak mau CIMB menghubungi saya hanya untuk penyelesaian di bulan ini lalu nanti bulan berikutnya memperlakukan saya sama lagi.

Terima kasih jika ada teman-teman di sini yang bisa bantu.

Salam,

Elena S.
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Ibu Elena S

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Elena S yang berjudul: “Komplain Mengenai Collection CIMB Niaga yang Berulang Terus Setiap Bulan”...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Komplain Mengenai Collection CIMB Niaga yang Berulang Terus Setiap Bulan

  • 15 Oktober 2019 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Saya ada tagihan cimb niaga ,sy juga sudah jelaskan belum bisa bayar,dan sekarang telpon kantor sya terus telat 2 minggu bos saya marah marah sama saya,sy pasrah jika di keluarin gara gara dc telpon tiap hari,bank mega apalgi mba teror terus tiap hari ,wa sms bisa 6x

 Apa Komentar Anda mengenai Penagihan Kartu Kredit CIMB Niaga?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Komplain Mengenai Collection CIMB Niaga yang Berulang Terus Setiap Bul…

oleh Elena S dibaca dalam: 2 menit
1