Sudah 12 Hari Paket Kiriman melalui JNE Tertahan di Sorting Center

Pada tanggal 15 Oktober 2019, saya membeli barang di sebuah situs jual beli online. Barang dikirim melalui JNE reguler, nomor resi: 3363715690001 dengan estimasi kedatangan tanggal 17 Oktober 2019. Barang dikirim dari Surabaya tujuan Malang (jarak dua jam lebih perjalanan darat).

Pada tanggal 18 oktober 2019, saya menanyakan melalui email apakah cek resi di situs JNE sedang gangguan? Karena statusnya tidak berubah sejak tanggal 16 Oktober (PROCESSED AT SORTING CENTER [SURABAYA]). Saya menanyakan itu karena paket saya yang lain yang dikirim dari kota yang sama (Malang) statusnya pun tidak berubah. Tapi tiba-tiba saja sudah ada di rumah.

Di tanggal yang sama saya mendapatkan balasan yang mengatakan bahwa sudah ada penjadwalan pemberangkatan ke kota tujuan dan saya diminta menunggu. Tidak masalah bagi saya karena saya pikir sedang menunggu antrian.

Tanggal 19 Oktober 2019 saya menayakan lagi melalui email karena status barang masih saja tidak berubah. Tertahan di sorting center. CS mengatakan sedang dibuatkan laporan untuk masalah ini dan saya diminta untuk kembali menunggu. Estimasi waktu untuk penyelesaian laporan selama 6 hari. Saya pun kembali menunggu.

Enam hari kemudian, tanggal 25 Oktober 2019, saya menanyakan lagi status barang saya melalui email yang masih saja tertahan di sorting center Surabaya. Saya mengatakan melalui email, bahwa barang yang saya beli akan dipergunakan besok tanggal 26 Oktober 2019. Jawaban dari CS masih tetap sama dengan email-email sebelumnya yaitu masih sedang ditangani dan diminta menunggu. Saya sungguh menginginkan kejelasan dengan status barang saya apakah karena sedang antri (overload), misroute, atau hilang. Di email pertama CS mengatakan sudah ada penjadwalan pemberangkatan.

Di hari saat surat ini ditulis, tanggal 28 Oktober 2019 (12 hari sejak barang di kirim), statusnya masih tidak berubah. Tanggal 26 Oktober, hari dimana barang ini akan dipergunakan sudah lewat. Saya sangat kecewa tentunya. Antisipasi saya dengan membeli barang jauh-jauh hari yaitu 10 hari sebelum digunakan, dengan rute pengiriman Surabaya-Malang (jarak dua jam lebih perjalanan darat) terlewati juga akhirnya.

Melalui surat pembaca inilah saya mencoba untuk mendapatkan tanggapan yang lebih memuaskan dari pihak JNE. Saya apresiasi bahwa CS JNE cukup responsif dalam membalas email-email saya. Tapi Sesungguhnya saya merasa tak yakin apakah email-email keluhan saya tersebut ditanggapi dengan sungguh-sungguh oleh mereka karena jawabannya selalu sama. Sampai kapan saya harus menunggu?

Terima kasih untuk Media Konsumen atas di muatnya keluhan saya ini.

Aji Subhan
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:32    Rata-Rata: 1.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

6 komentar untuk “Sudah 12 Hari Paket Kiriman melalui JNE Tertahan di Sorting Center

  • 28 Oktober 2019 - (17:28 WIB)
    Permalink

    Ya ampun parah bener mas.
    Saya juga beberapa x ada keterlambatan pengiriman reg dari Sby ke Mlg, sementara yang oke dari Jawa Tengah saja pernah datang duluan.
    Tapi kalau kasusnya sampe berminggu-minggu begini, bisa jadi hilang tuh.
    Semoga nilainya gak terlalu gede.
    & yang tambah bikin kesel pancen itu CS yang ngasal aja ngasih jawaban. Kalau saya sih masih lebih mending dikasih jawaban: gak tahu saya cek dulu daripada dijawab ngasal.

    Salam arema.

    • 4 November 2019 - (13:39 WIB)
      Permalink

      Tanggal 29 Okt yang lalu dinyatakan hilang oleh JNE sam. Karena barang diasuransikan, sekarang urusannya pindak ke bukalapak. Lagi-lagi disuruh menunggu, dan belum ada kejelasan sampai kapan harus menunggunya 🙂

      Sasaji

  • 12 November 2020 - (20:31 WIB)
    Permalink

    Waduh….jd ikutan deg deg ser nih, kebetulan saya jg lagi nunggu orderan online yg dikirim melalui JNE JTR, dan status hari ini 12 November 2020 masih ada di sortir center area Sby, padahal penjual sudah dikirim ke jne kemarin, semoga besok sabtu udah sampai. Aamiin

  • 7 Mei 2021 - (13:13 WIB)
    Permalink

    Saya saat ini juga mengalami kendala yang sama, dari tanggal 3 Mei 2021 s/d 7 Mei 2021 paket tertahan di sorting center jakarta, karena saya merasa ada yang tidak beres di pengiriman saya segera mengirimkan email ke CS JNE, saat di email hanya diminta menunggu karena paket sedang dalam pengiriman, itu semua oong kosong hanya jawaban diplomatis dari pihak JNE, untungnya komplai ke pihak OLSHOP masih memungkinkan pembatalan otomatis apabila paket tidak terkirimkan sampai dengan tanggal yagn ditentukan.
    Ini artinya pihak JNE tidak ada perubahan kinerja dari 2019 s/d 2021. Sekelas JNE kalah saing dengan kurir ekspedisi lain yang masih seumur jagung??

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Sudah 12 Hari Paket Kiriman melalui JNE Tertahan di Sorting Center

oleh Aji Subhan dibaca dalam: 1 min
6