Tugas Debt Collector Pinjol Seharusnya Jangan Hanya Menagih

Saya mungkin salah satu dari sekian banyak masyarakat pengguna pinjol baik yang legal mau ilegal. Dalam kesempatan ini saya ingin bertanya apakah tugas seorang DC hanya diajarkan menagih saja kepada nasabah suatu perusahaan fintech, setelah itu sudah akan terselesaikan masalah. Kalau menurut saya seharusnya DC itu bukan hanya menagih via telepon/datang ke rumah saja, seharusnya DC itu menjadi jalur komunikasi antara si nasabah dan si pemilik perusahaan apk (aplikasi)  tersebut dengan membantu memberikan penjelasan kepada si pemilik apk tersebut bahwa si nasabah tersebut/pengguna apk tersebut tidak bisa untuk membayar karena tidak adanya lagi penghasilan atau karena hal lain. Terutama masyarakat kecil dengan memberikan potongan dari total tagihan dengan dicicil bukan memberikan keringanan dengan membayar keseluruhan dengan dicicil.

Dengan ini saya menghimbau kepada OJK & pemilik fintech legal untuk bisa memahami yang saya maksud kalau yang ilegal nasi sudah jadi bubur biarlah malu kepada keluarga, teman, kerabat yang satu per satu hilang, maupun pekerjaan dari kehidupan saya atas perbuatan mereka. Tapi kalau bisa hilangkanlah pinjol yang meresahkan, saya juga beterima kasih kepada OJK, Kemenkominfo, AFPII beserta Bareskrim yang sudah memberantas pinjol ilegal dan menangkap DC pinjol ilegal untuk diadili.

Hanya itu yang saya sampaikan disini semoga mendapat perhatian khusus dari OJK dan Kemnkominfo.

Adhie
Kebon Jeruk – Jakarta Barat 11550

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian Anda!
Loading...

5 komentar untuk “Tugas Debt Collector Pinjol Seharusnya Jangan Hanya Menagih

  • 11 November 2019 - (09:41 WIB)
    dari jaman dulu, namanya debt kolektor ya kerjaannya nagih hutang. dia dibayar kalo berhasil memenuhi target penagihan yang sudah disepakati dengan perusahaan tempatnya bekerja.
  • 11 November 2019 - (10:28 WIB)
    Kalau job description-nya seperti itu, itu sudah seperti sales/marketing executive macam seperti agen asuransi. Hal semacam ini tingkat/level jabatannya jauh dibanding tingkat/level “jabatan” DC.
    Tingkat/level jabatan terkait dengan kualifikasi (tingkat pendidikan dll, bukan melulu cari bentuk fisik yang model preman), & yang terutama pasti berhubungan dengan besarnya gaji.
    & jelas pinjol gak bakalan punya anggaran untuk itu.

    Lagian, kalau memang benar pinjol begitu “baik hatinya”, seharusnya edukasi & pendampingan itu dilaksanakan SEBELUM TRANSAKSI PEMINJAMAN UANG, supaya jelas clear transparan kemampuan ekonomi dari yang mau pinjam, mampu di angka berapa bayar bulanan (terkait besarnya pendapatan & pengeluaran rutin sehari-hari).

  • 11 November 2019 - (19:43 WIB)
    Debdcollector pinjol memang ngawur tapi pengecut, bisanya hanya main teror dan ancaman. Seharusnya mereka memberikan solusi atau masukan dulu, jangan asal main teror dan gertakan ancaman. Dan mau lapor ke polisi katanya mau dipidanakan. Datang aja kerumah temui yang bersangkutan setelah main teror, berani gak ?? Jujur saja…saya g oernah berurusan sama pinjol, tau” nomer saya saya jadi emergency call dansering mendapatkan tagihan kepada konsumen yang bersangkutan, dan konsumen itu sendiri saya juga g tau siapa….
    Berrti ini ada unsur kesengajaan untuk kredit fiktif dan amergency call secara acak berdasarkan aplikasi yang membaca data kita di smartphone. Atas ijin siapa itu kok lancang sekali…..
    Terimaksih, itu sedikit ocehan saya
  • 12 November 2019 - (00:43 WIB)
    Saya heran knp ada org yg gak sanggup byr utang,jual sana,jual sini,ada yg sakit mikirin utang,bahkan ada yg bunuh diri,DASAR GO****, Ngapain di bayar,ilegal aja kok.klo dtg DC nya ke rumah laporin aja ke polisi biar ditangkap &hutang anda lunas,klo pake kekerasan DC nya,ya gebukin aja,bila perlu di masa kan aja,.mau sebar no hp kita,ya ngapain harus malu,negara ini aja utang nya banyak x,ngutang itu lebih baik daripada nyolong,
  • 20 November 2019 - (21:09 WIB)
    Sy korban pinjol ilegal blm bayar karna dana blm ada….mau bernegosiasi bayar pokok sj TPI di tolak…tiap hari neror…untuk teman2 semua korban pinjol ilegal unistal wa anda sruh mereka by email sj mereka tak akan mau….masukin sy di group 0821125385**

 Apa Komentar Anda?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Tugas Debt Collector Pinjol Seharusnya Jangan Hanya Menagih

adhie_adi 1 menit
5