JD.ID, Entah Apa yang Merasukimu, Mengecewakan!

Permasalahan ini bermula pada saat saya melakukan pembelian gadget di JD.ID pada tanggal 30 November 2019 dengan nomor pesanan: 1011574673. Semua berjalan normal sampai email verifikasi pembayaran diterima. Saya konfirmasi ke pihak JD.ID di hari yang sama, pesanan akan diproses 2×24 jam.

Pada tanggal 2 Desember 2019, saya kembali menghubungi pihak JD.ID menanyakan pesanan saya yang belum juga berubah status, masih menunggu konfirmasi. CS mengatakan hari tersebut merupakan batas terakhir untuk proses pesanan agar dikirim dan diharapkan esok hari status sudah berubah menjadi pengemasan dan bisa dikirim. CS juga menghimbau untuk menghubungi JD.ID kembali apabila status pesanan tidak berubah.

Keesokan hari, 3 Desember 2019 saya mendapati status pesanan tetap tidak ada progress, sehingga saya menghubungi JD.ID kembali dan CS mengatakan akan mengkonfirmasi terkait permasalahan saya. Siang hari yang sama, saya menghubungi JD.ID lagi, dan kali ini jawaban CS mengejutkan saya, ybs mengatakan bahwa pesanan saya masih dalam proses pengadaan. Dan saya disuruh menunggu 2×24 jam paling lambat akan dikonfirmasi pihak JD.ID. Sore hari saya menerima email dari JD.ID bahwa barang yang saya pesan akan masuk dalam minggu ini tapi tidak tahu tanggal pastinya. Hal ini aneh menurut saya, kok bisa sekelas e-commerce tidak bisa memastikan kapan barang akan masuk?

Hari ini, tanggal 4 Desember 2019 saya kembali menghubungi pihak JD.ID. Kali ini saya ingat nama CS nya yaitu Sherly. CS mengatakan pesanan akan masuk minggu depan tapi tidak tahu tanggal pastinya. Saya makin terkejut lagi. Ini apa maksudnya?? Saya minta kepastian minggu depan tanggal berapa akan masuk, ybs tidak bisa menjawab dan tiba-tiba mengatakan pesanan akan masuk dan dikirim minggu ini tapi tetap tidak tahu tanggal pastinya. Saya diminta sabar menunggu, lagi.

Saya tidak bisa berkata apa apa lagi disini selain SANGAT KECEWA.

Poin-poin keanehan yang saya alami bertransaksi di JD.ID:

1. Tanggal 30 November 2019 barang ready dan saya lakukan pembayaran serta telah terkonfirmasi bahwa pembayaran berhasil.

2. Barang dikatakan proses pengadaan dan baru minggu ini akan masuk, sedangkan di aplikasi JD. ID tanggal 1 Desember 2019 barang ready stock.

3. Di kolom diskusi produk tanggal 2 Desember 2019 pihak JD.ID mengatakan bahwa barang ready, bisa di-order.

Apakah seperti ini sistem di JD.ID? Menunggu pembayaran dari customer terlebih dahulu, baru setelahnya barang dilakukan pengadaan? Itu pun tidak pasti kapan barang ada. Atau memang saya yang salah dalam memahami sistem kerja e-commerce. Saya selaku orang awam merasa kalau barang sudah saya bayar, ya harus segera dikirim, bukannya baru akan dicari dan disiapkan kecuali barang pre order.

Demikian sedikit permasalahan ini saya sampaikan. Semoga pihak JD.ID membaca dan dapat menindaklanjuti permasalahan saya ini. Terima kasih Media Konsumen atas bantuan menyediakan wadah kepada kami para konsumen untuk mengeluhkan apa yang kami alami.

Ardiansyah
Musi Banyuasin, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:2    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Ardiansyah Sitorus

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh Ardiansyah Sitorus pada hari Kamis, 5 Desember 2019 lalu di halaman ini,...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

JD.ID, Entah Apa yang Merasukimu, Mengecewakan!

oleh Ardiansyah Sitorus dibaca dalam: 2 min
0