Transaksi Menggunakan Jenius di Luar Negeri Tidak Aman?

Transaksi gagal, tapi diklaim berhasil oleh Jenius tanpa mau memberikan bukti. Berikut ini kronologinya:

  1. Pada tanggal 30 Oktober 2019, saya melakukan transaksi tarik tunai di mesin ATM ICE (Jaringan Visa) di Victoria Station, London, Inggris. Karena kurs yang ditawarkan terlalu tinggi dari kurs rata-rata, saya decline transaksi tersebut, sehingga saya tidak menerima cash dari transaksi tersebut. Namun saya mendapatkan notifikasi dari aplikasi Jenius saya, kalau transaksi berhasil dan saldo saya berkurang.
  2. Pada tanggal 31 Oktober 2019, saya mengirim laporan mengenai masalah tersebut melalui email Jenius yang terdaftar dengan nomor laporan CAS-19-DJ5174.
  3. Pada tanggal 14 November 2019, di mutasi rekening saya terdapat transaksi masuk sejumlah dana terpotong yang bermasalah, namun saldo saya tidak bertambah. Saya melakukan laporan melalui telepon ke call center Jenius. Pada percakapan tersebut, saya diinformasikan bahwa laporan sebelumnya dengan nomor CAS-19-DJ5174 telah selesai dengan konfirmasi dari pihak VISA bahwa transaksi gagal dan uang di-refund ke rekening saya. Perihal saldo refund dari VISA yang di-hold oleh Jenius, laporan terdaftar dengan nomor CAS-19-2235.
  4. Pada tanggal 29 November 2019, saldo on-hold tersebut ditarik kembali oleh Jenius secara sepihak tanpa ada konfirmasi.
  5. Tanggal 2 Desember 2019, saya melakukan laporan mengenai penarikan secara sepihak. Pihak Jenius klaim bahwa transaksi saya pada tanggal 30 Oktober 2019 berhasil, dan menuduh saya menerima uang cash dari transaksi tersebut, padahal saya tidak menerima uang cash sama sekali.
  6. Melalui korespondensi email, saya mempertanyakan bukti-bukti yang menyatakan bahwa transaksi berhasil. Karena sebelumnya, pihak Jenius sendiri yang menginformasikan bahwa VISA menyatakan transaksi gagal.
  7. Karena tidak ada tanggapan, saya melakukan laporan melalui telepon tanggal 3 Desember 2019, laporan terdaftar dengan nomor CAS-19-8342. Jenius kembali menjanjikan penyelesaian masalah tersebut dalam waktu 6 hari.
  8. Sampai saat ini tanggal 12 Desember 2019, Jenius tidak kunjung menyelesaikan permasalahan ini. Saya meminta bukti-bukti yang menyatakan bahwa transaksi berhasil, tapi pihak Jenius tidak berhasil memberikan bukti. Saya kirim email ke Jenius untuk meminta bukti-bukti tersebut tetapi hanya dibalas dengan email template ”sedang dalam proses penyelesaian”.

Saya harap Jenius segera menyelesaikan permasalahan ini. Saya pengguna Jenius sejak 2016 dan pada awalnya sangat mengagumi terobosan dari Jenius, terutama untuk transaksi di luar negeri. Tapi, dari kejadian ini, saya menghimbau kepada pengguna Jenius untuk berhati-hati dalam menggunakan Jenius di luar negeri karena penyelesaian masalah dari Jenius tidak transparan, sehingga customer dirugikan.

Endang Ghani Ashfiya
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jenius:
[Total:16    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

7 komentar untuk “Transaksi Menggunakan Jenius di Luar Negeri Tidak Aman?

  • 14 Desember 2019 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Wah, sudah cukup lama yah jadi nasabahnya…
    Saya baru mulai masuk bulan Maret, & s.d. sekarang sudah cukup banyak membaca berbagai keluhan tentang kendala2 yang kadang2 dialami, sehingga s.d sekarang saya masih *tidak yakin/percaya* untuk pakai kartunya di LN.
    Tidak peduli dengan segala berita dari para buzzer maupun influencer-nya, tidak peduli dengan segala “potensi kenyamanannya” yang banyak diberitakan/dipromosikan, saya lebih concern dengan potensi *ketidak-nyamanan* yang bisa terjadi, baik duit nyangkut (seperti yang di SP-kan ini) ataupun hal2 error yang lain (yang tidak mustahil bisa terjadi).

    Berhubungan dengan CS pun saya pernah, padahal hanya soal “remeh” saya bayar tagihan pascabayar via app di mana duit terdebet tapi pembayaran tidak masuk (di mana kemudian saya buktikan dengan bayar via internet banking bank merk lain & berhasil sukses). Nah, masalah seperti ini saja saya sampe dapat SMS minta perpanjangan waktu untuk pengecekan lho HAHAHA. Jadi saya sudah dapat SMS deadline-nya entah berapa hari kerja gitu, sudah kelewat & kemudian dapat SMS yang kedua tersebut.

    Walaupun akhirnya memang duit di-refund, saya gak kebayang berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengecek trouble yang terjadi di jaringan internasional, karena ngecek trouble di app sendiri saja mereka nampak cukup kesulitan & butuh waktu lama.

    Kalau saya sih makan hati nunggu penyelesaian kasus sampe berbulan-bulan. Jadi mending pake yang pasti2 & aman2 saja.

    Semoga bisa segera ada jalan keluar. Mungkin hikmah yang bisa dipetik: lain x kalau harus terpaksa ambil di ATM LN, masukin nominal yang paling kecil dulu sembari ngecek kurs nya hehehe.

  • 16 Desember 2019 - (03:24 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami pelayanan buruk dari Bank ini, ketika melakukan transaksi deposit apartment di luar negri menggunakan debit card Jenius, setelah checkout dari apartment, transaksi deposit saya direfund oleh apartment tsb ke rek Jenius saya, info dari pihak apartment, dana refund akan masuknke rek Jenius saya 7 hari kerja.
    Namun setelah 7 hari kerja, saya msh belum menerima refund yg di maksud (ada 5 transaksi). Saya tanyakan ke pihak apartment via whatsup, mereka menyatakan proses pengembalian berhasil dan mereka kirim ke saya recipt nya.
    Saya disarankan ngecek ke bank rek tujuan.
    Akhirnya saya telp ke CS Jenius, mereka minta bukti settlement refund apartment, dan saya kirim via email sesuai instruksi mereka. Namun berhari2 saya nga dapat info apa2 atas 5 transaksi refund. Akhirnya sya telp CS Jenius kembali, dan jawaban mereka “masih dalam pengecekan”. Proses seperti itu berlangsung selama 5 bulan. Saya baru terima dana refund tersebut. Sejak itu saya kapok pake jenius untuk transaksi diluar negri, Jenius BTPN tidak seperti namanya, padahal aslinya kebalikannya, karena kejadian kaya gini nga terjadi di kartu saya yg lain. Dan layanan CS mereka useless. Standard prosedur mereka jauh lebih rendah dari CS perbankan lain.

    • 16 Desember 2019 - (11:49 WIB)
      Permalink

      Dari yang saya baca2, ditambah lagi dengan komen Anda, saya diyakinkan bahwa bank yang 1 ini “idiot” dalam hal menerima refund.
      Padahal prosedur “refund” itu sendiri sangat reliable & bahkan otomatis dari jaringan internasional (Visa & Master) nya, di KK saya pernah terima refund baik dalam Rp, USD, SGD dll, & semuanya lancar selesai dalam hitungan hari, tanpa saya perlu melakukan apa pun, & apalagi perlu komplen + ngemis2 ke CS.
      Jadi entah bagaimana cara si “idiot” ini sehingga bisa membuat proses yang harusnya simpel jadi kompleks & ruwet berbulan-bulan bahkan sampai tahunan. Kecurigaan saya sih compliance dia terhadap prosedur Visa tidak 100% atau bisa jadi lebih ruwet/ribet ketimbang KK Visa pada umumnya.

      • 21 Desember 2019 - (04:50 WIB)
        Permalink

        Belum menggunakan sudah bilang idiot haha, hanya percaya dengan thread tolong banget nih ya sama2 nasabah, dan saya sekeluarga ke Singapore Malaysia menggunakan Jenius aman2 saja tidak ada terkendala sama sekali, dan satu lagi komenan anda menunjukkan siapa diri anda

        • 21 Desember 2019 - (18:05 WIB)
          Permalink

          Jelas saya gak akan menggunakan, karena saya gak bersedia duit saya dipinjam paksa oleh bank ini. Bayar tagihan di dalam negeri aja error & butuh berminggu-minggu buat refund, entar kalau dollar saya error emang Anda mau nalangin?
          Komen saya & SP saya yang sudah banyak tayang di sini memang menunjukkan siapa diri saya, & bahkan saya sudah verifikasi identitas pula.

          Bagaimana dengan Anda, apakah Anda mewakili Jenius? Kalau iya, kenapa tidak menanggapi & merespon problem yang di-SP-kan ini, & malah nanggapin komen saya?

          • 21 Desember 2019 - (18:22 WIB)
            Permalink

            Kalo tidak bersedia kenapa harus berkoar2 jika anda sendiri saja tidak menggunakan dan dengan bermodalkan KATANYA sungguh lucu sekali, mau verifikasi saya juga diverifikasi, saya pengguna Jenius dan sudah mencoba tranksasi di dalam negeri maupun luar negeri, statement anda lemah jika diurus anda yang rugi

 Apa Komentar Anda mengenai Jenius?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Transaksi Menggunakan Jenius di Luar Negeri Tidak Aman?

oleh Endang Ashfiya dibaca dalam: 1 min
7