Data Nasabah Kartu Kredit BCA Bocor

Kronologis

Saya pernah mengajukan kenaikan limit kartu kredit 455633xxxx5605 pada bulan November 2019 tetapi tidak di-approve oleh pihak BCA. Pada tanggal 10/11/2019 pukul 15:10 ada yang menelepon dari no telepon 021-29182980 mengaku dari pihak BCA tim Analis. Lalu dia menyebutkan data-data nasabah sampai menyebutkan nama ibu kandung, lalu memberitahu kenaikan limit Kartu Kredit BCA telah di-approve 20 juta. Kemudian untuk limit naik akan dikirim kode OTP ke ponsel saya dan saya hanya cukup menyebutkan. Kemudian ada SMS OTP lalu saya menyebutkannya.

Tanggal 10/10/2019 hanya beda 2 menit saya langsung cek limit kartu kredit tetapi masih tetap tidak naik. Kemudian saya cek email ada tagihan belanja di Bukalapak.com Rp4.171.650. Kemudian saya telepon Halo BCA soal belanja fiktif dan saya diarahkan untuk membuat surat pernyataan blokir kartu kredit. Lalu saya diarahkan membuat surat pernyataan saya tidak melakukan transaksi beli di Bukalapak.com saya disuruh menunggu karena laporan masih dalam investigasi pihak BCA.

Mengapa data nasabah bisa bocor sampai nama ibu kandung diketahui, dimana keamanan untuk nasabah BCA??

No laporan 2095026565 dalam investigasi pihak BCA dan no laporan Bukalapak.com no tiket#18420393. Saya dikirimkan kartu kredit yang baru dengan limit yang sama tetapi tagihan di Bukalapak.com sudah ada. Kenapa keamanan data nasabah bisa bocor?

Ernita Elfrida Sibuea
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Keamanan Data Nasabah BCA:
[Total:28    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

28 komentar untuk “Data Nasabah Kartu Kredit BCA Bocor

    • 27 Desember 2019 - (14:37 WIB)
      Permalink

      OTP tidak akan terjadi bila data saya tidak bocor.. usut siapa pelakunya biar nasabah aman dan nyaman..

  • 22 Desember 2019 - (10:51 WIB)
    Permalink

    kenapa mau ngasih OTP, kan sudah banyak informasi bahwa kode OTP itu rahasia. jangan pernah memberikan kepada siapapun, termasuk karyawan BCA sekalipun.

    • 23 Desember 2019 - (14:30 WIB)
      Permalink

      Otp kode… Transaksinya diverifikasi via email.. Saya lngsng respon call hallo BCA blokir CC pihak BCA dalam investigasi tetapi dibilang sukses walau sudah lapor.. Kalau sukses buat apa saya lapor hallo BCA CC toh limitnya sudah habis

  • 22 Desember 2019 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Bagaimana ada OTP terkirim karena data saya bocor dimana keamanan data untuk nasabah ??

  • 22 Desember 2019 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Harusnya BCA kejar pelakunya, mumpung ada jejak nomor telepon pelaku dan data transaksi di Bukalapak. Kalo enggak, ya bakal beraksi terus tuh penjahat. ?

    • 23 Desember 2019 - (14:14 WIB)
      Permalink

      sy rasa alamat pembeli no telpon pembeli dan penjual adalah pihak yg sama.smua nomor telp penjual pembeli jg sama..ibarat transaksi fiktif..smua suda terencana matang..bener2 marketplace dimanfaatkan untuk masalah ini ya

  • 22 Desember 2019 - (11:27 WIB)
    Permalink

    Iya pak selalu yang dirugikan nasabah, note: BCA konsumen Bukan Angka

    • 23 Desember 2019 - (14:16 WIB)
      Permalink

      kak..otp nya berisi tentang pembayaran bukalapak dengan nilai sekian atau gimana ya?

  • 22 Desember 2019 - (11:50 WIB)
    Permalink

    OTP Ada aturan UU pasal dari Visa. Kebocoran data nasabah dilindungi UU, OTP tidak terjadi jika data nasabah tidak bocor.. Konsumen bukan Angka

    • 22 Desember 2019 - (14:55 WIB)
      Permalink

      Sy menduga kuat pihak bank ada yang membocorkan data pribadi nasabah. Karena mereka yg paling tahu data tentang nasabah ketimbang pihak lain. Boleh jdi mereka menyalahgunakan atau menjualnya kpada orng lain.
      Harus hati-hati jika ada orng menanyakan kode otp yg dikirim ke HP kita. Hanya ada 2 untuk login akun atau untuk byr transaksi. Jelas harus ditolak karena itu pihak lain (Penipu) bukan kita

      • 11 Januari 2020 - (21:41 WIB)
        Permalink

        Sangat benar pak.. Karena pihak Bank harus bertanggung jawab harus proposional, karena konsumen bukan angka

  • 23 Desember 2019 - (11:51 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama ketika saya mengajukan KK tambahan. Dan setelah saya terima saya ditelp mengaku dari bagian analisis kk bca. Data 2 yang dia sebutkan dari data pribadi dan no kartu sama semua. Dan dijuga menyebutlan nomor awal OTP yang yang dibelakang kartu itu sama persis kecuali no otp yang 3 angka dia tidak tahu dan dia minta kita sebutkan. Dan untungnya sampai disitu saya baru sadar kalau ini pasti penipuan. Saya sebutkan no otp asal2an dan dia bilang mau ngecek dulu dan akan telp kembali. Beberapa menit kemudian benar saja dia telp kembali tetapi saya tidak angkat. Mungkin dia mau konfirmasi lagi no otp yang saya berikan ternyata salah tidak sesuai dengan no kartu saya. Jadi kepada nasabah harap hati2 penipuan zaman sekarang canggih2. Dan saya harap pihak BCA mengusut tuntas masalah ini karena akan banyak merugikan nasabah bila hal ini di abaikan berlarut larut.

    • 23 Desember 2019 - (13:23 WIB)
      Permalink

      Benar usut dari saya sewaktu mengajukkan limit CC BCA.. Usut dari no tlp 021-2xxxxxx. Pihak yang telphone mengaku tim Analis pihak BCA

    • 27 Desember 2019 - (14:26 WIB)
      Permalink

      Otp tidak akan terjadi bila data-data nasabah tidak bocor.. Usut donk pihak BCA utamakan kualitas bukan kuantitas.. Konsumen bukan angka

  • 23 Desember 2019 - (12:02 WIB)
    Permalink

    saya ga punya cc bca, punya nya cimb..
    kalo di cimb, setiap ada transaksi yg minta kode otp,pasti akan disertai keterangan belanja di mana dengan nominal berapa, jadi kalo ada yg mau nipu pasti ketauan..
    saya ga ngerti sih dengan cc yg lain, harusnya semua cc ada keterangan nya pada saat permintaan otp, supaya nasabah bs ngecek otp itu untuk transaksi apa, jadi ga dirugikan

    • 23 Desember 2019 - (12:15 WIB)
      Permalink

      Di BCA juga ada: otp 123 transaksi xyz sejumlah abc
      Plus kata2: jangan beritahu kode ini kepada siapapun termasuk yang mengaku BCA.
      Tapi kan sudah *kebiasaan,* apalagi kalau sudah sering terima otp2 begitu (misalnya sering transaksi online), bahwa yang dibaca cuma angka 123 nya doang wkwkwk.

      Tapi yang di SP ini lebih parah tuh, karena juga tahu data-data nasabahnya.

      Cuma kalau saya bilang sih belum tentu 100% kebocoran dari bank. Karena ada kemungkinan lain (SEBERAPA KECILNYA SEKALIPUN), misalnya kebocoran fotokopi KK, kebocoran foto/gambar KTP, kebocoran bisa mengakses database kependudukan sehingga dari NIK bisa tahu nama ibu kandung dll.

      • 23 Desember 2019 - (13:24 WIB)
        Permalink

        Kalau dukcapil pastinya tidak mengatahui data no CC dan no belakang kartu CC

        • 30 Desember 2019 - (11:53 WIB)
          Permalink

          Pihak BCA mengacu kepada OTP tidak ditindak lanjutkan dalam laporan saya korban pemegang CC diwaktu blokir dan menggagalkan transaksi bodong dibukalapak.com jadi sia-sia saya menelphon hallo BCA hasilnya tidak ada.. Saya dibebankan untuk membayar transaksi bodong. Dimanakah kerahasian data Nasabah BCA

  • 23 Desember 2019 - (12:31 WIB)
    Permalink

    nah, kebiasaan itu yg harus diubah.. harusnya langsung curiga pas terima otp dengan tulisan belanja di xyz dengan nominal sekian..
    dan bukan rahasia lagi klo di dunia perbankan n asuransi, jika data kita di”bagi” ke pihak ketiga yg bekerjasama.. biasanya ada di form pengajuan

    • 23 Desember 2019 - (12:35 WIB)
      Permalink

      Data dibagi sih iya.
      Tapi kalau nama ibu kandung itu harusnya gak termasuk yang bisa di-bagi2kan.

    • 23 Desember 2019 - (13:19 WIB)
      Permalink

      Saya langsung respon disaat terima email berlanja fiktip,saya tlp hallo BCA untuk blokir CC dan meng cancel belanja fiktip dibukalapak.. Laporannya akan dikerjakan investigasi mengapa nasabah laporan gak bisa dicancel belanjanya ?? Otp sudah syah belanja walau orang lain mempergunakannya.. Saya lapor kehallo BCA apa gunanya..

    • 23 Desember 2019 - (13:28 WIB)
      Permalink

      Saya sudah curiga dan merespon setelah otp dan tagihannya saya langang tlp hallo BCA untuk memblokir CC dan cancel belanja.

  • 23 Desember 2019 - (13:25 WIB)
    Permalink

    Padahal saya tidak mempunyai akun bukalapak.com dan tidak pernah belanja dibuka lapak.com

  • 11 Februari 2020 - (11:13 WIB)
    Permalink

    TidaK ada tanggapan dari pihak BCA dan tim identifikasi bekarja mengenai data bocor,mengapa tidak di selidiki no telphone yang melephone saya. Apakah cuci tangan dari kejadian ini ?? Halo BCA

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan Data Nasabah BCA?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Data Nasabah Kartu Kredit BCA Bocor

oleh Nitaa dibaca dalam: 1 min
28