Transaksi Gagal, Saldo Jenius Terdebit namun Saldo Tidak Masuk ke Rekening Penerima

Yth. Tim media konsumen dan Tim Jenius,

Saya melakukan transfer via Jenius App sebesar Rp 39.000.000 ke rekening pribadi saya (Mandiri) pada tanggal 06 Januari 2020 pukul 00.33, namun terdapat notifikasi gagal. Setelah itu saya melakukan back aplikasi saya dan mengecek in & out pada aplikasi saya dan ditemukan receipt transaksi tersebut dan saldo saya terdebit.

Kemudian saya cek rekening pribadi saya di Mandiri, dan tidak ada saldo yang masuk. Selang beberapa saat, saya menelpon CS Jenius dan mereka mengatakan mereka tidak dapat mengakses data saya dikarenakan sedang adanya proses penarikan data pada sistem mereka dan dia meminta saya untuk telepon kembali setelah pukul 7 pagi.

Kemudian saya berinisiatif untuk menghubungi Bank Mandiri (penerima) dan mereka menyatakan bahwa bank penerima sifatnya pasif dan mereka meminta saya untuk menghubungi bank pengirim. Kemudian pada pada pagi hari, (sekitar pukul 8) saya menelpon kembali CS Jenius dan mereka meminta saya membuat laporan (No. Laporan saya CAS-20-ab7878) dan mengatakan akan dilakukan proses pengecekan tim terkait dan membutuhkan waktu 8 hari kerja.

Yang saya sayangkan adalah, mereka tidak bisa memberikan KEPASTIAN terhadap pengembalian dana saya yang terdebit. Saya terus menghubungi CS Jenius via chat app dan menelpon meminta agar laporan saya menjadi prioritas dan respon mereka hanyalah “SEDANG DILAKUKAN PROSES PENGECEKAN TIM TERKAIT” dan jawabannya pun hanyalah jawaban yang sangat TEMPLATE.

Jujur saya membutuhkan uang tersebut untuk acara dalam waktu dekat, uang tersebut bukan uang yang sedikit dan ini semua memecah fokus saya DAN SANGAT MENGGANGGU SAYA dalam kegiatan sehari-hari. Saya sebagai konsumen produk perbankan sangat merasa TIDAK SECURE dan tidak puas dengan pelayanan BTPN Jenius, ini bukan kesalahan saya namun saya yang menerima kerugian.

Mohon Tim Jenius dapat melakukan kepastian lebih cepat lagi, 8 hari kerja adalah waktu yang sangat amat lama untuk nasabah yang mungkin sangat amat membutuhkan uangnya. semoga surat ini dapat menjadi perhatian tim jenius.jika tim jenius membutuhkan bukti dari saya silahkan untuk hubungi saya. dan mohon juga maksimalkan layanan CS Jenius, sehingga bisa menjawab KERESAHAN NASABAH dengan kepastian dan tidak hanya dengan jawaban template.

Terima kasih.

Euis Oktavianti
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

20 komentar untuk “Transaksi Gagal, Saldo Jenius Terdebit namun Saldo Tidak Masuk ke Rekening Penerima

  • 8 Januari 2020 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Terima kasih tim jenius. Keluhan saya sudah ditangani dengan baik. Dan dana sudah dikembalikan ke rekening jenius saya.

    • 8 Januari 2020 - (20:41 WIB)
      Permalink

      Pada dunia perbankan ada dikenal istilah EOD( End of Day). Biasanya tiap bank menerapkan proses ini pada dekat tengah malam atau setelah tengah malam. Fungsinya akan melakukan pembukuan akhir hari terhadap semua transaksi di hari tersebut. Sehingga jika ada transaksi terjadi pada jam tersebut biasanya akan masuk proses antrian setelah hal di atas dilakukan. Jika gagal, maka akan terjadi proses pengembalian(akan tercatat di transaksi history). Jika berhasil makan dana akan terkirim ke rekening tujuan. Disarankan untuk tidak transfer di jam-jam tersebut untuk menghindari hal di atas apalagi dengan jumlah transaksi besar. Semoga membantu

      • 8 Januari 2020 - (22:08 WIB)
        Permalink

        Terima kasih banyak untuk saran dari Bapak erik. Semoga menjadi pelajaran dan edukasi kedepannya sehingga kasus yang sama tidak akan kembali terjadi.

    • 6 Juni 2020 - (19:33 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal seperti itu Sabtu, 6 Juni 2020 jam 10:01 saya transfer ke rekening BCA sebesar 4.172.400 Saya dari rekening Bank BTPN keterangan berhasil tetapi dana tidak masuk ke Rek BCA. Sudah tlp cs BTPN selalu dibuatkan pelaporan tetapi respon sangat amat lambat dalam mengambil tindakan.

      Dan tiba-tiba rekening Bank BTPN berkurang sebanyak 5.200.000, diketerangan tersebut ada transaksi TOP UP WALLET pertama 1.500.000 transaksi kedua 1.500.000, ketiga 1.500.000 dan 700.000 sementara saya tidak melakukan transaksi tersebut, bukannya setiap kita transfer transaksi menggunakan Bank BTPN ada notifikasi bila tidak melakukan transaksi tersebut harap menghubungi nomer cs Bank BTPN, seharusnya sudah saya komplain tentang masalah ini ditangani dengan segera tetapi responnya sangat lambat.

      Total dana saya yg belum masuk di bca 4.172.400 dan 5.200.000 belum ada yg masuk ke rekening saya

      Saya sangat menunggu untuk pengembalian uang saya karena sangat berarti bagi saya dalam kondisi seperti ini

    • 3 Maret 2024 - (09:59 WIB)
      Permalink

      Saya mengalami hal yang sama saldo terdebit di saldo jenius namun tidak masuk ke rek tujuan dan parahnya lagi sya sedang tidak berada di indonesia . Saat sya kembali me indonesia saya melakukan laporan namun tanggapan dr cs tidak menjawab masalah yang saya alami

  • 8 Januari 2020 - (19:50 WIB)
    Permalink

    Kok tergolong cukup cepat ya penyelesaiannya, apa ada faktor gara2 tayang di MK ini kah?

    Dulu saya gagal bayar tagihan 25 ribu (sudah terdebet tapi tagihan masih tidak terbayar) aja butuh beberapa minggu baru balik duitnya. Padahal bukti juga sudah jelas & nyata, karena kemudian saya bayarkan pake bank sebelah sukses (tagihan terbayar). Bukti transaksi yang gagal maupun yang sukses pasti lah juga sudah disampaikan.

    SOP nya gak standar nih tabungan yang 1 ini.

  • 8 Januari 2020 - (20:41 WIB)
    Permalink

    Pada dunia perbankan ada dikenal istilah EOD( End of Day). Biasanya tiap bank menerapkan proses ini pada dekat tengah malam atau setelah tengah malam. Fungsinya akan melakukan pembukuan akhir hari terhadap semua transaksi di hari tersebut. Sehingga jika ada transaksi terjadi pada jam tersebut biasanya akan masuk proses antrian setelah hal di atas dilakukan. Jika gagal, maka akan terjadi proses pengembalian(akan tercatat di transaksi history). Jika berhasil makan dana akan terkirim ke rekening tujuan. Disarankan untuk tidak transfer di jam-jam tersebut untuk menghindari hal di atas apalagi dengan jumlah transaksi besar. Semoga membantu.

  • 8 Januari 2020 - (21:59 WIB)
    Permalink

    Setuju dengan agan Erik.

    End of Day di setiap Bank selalu dilakukan setiap hari pada malam hari. Baik menjelang pergantian hari, ataupun setelah pergantian hari. Dan nasabah yg terkena dampak juga RANDOM. Jadi kalo ada yg bilang di Bank A gak pernah kendala transaksi di malam hari, bisa jadi proses EOD nya dilakukan sebelum/setelah anda transaksi. Atau mungkin anda lagi beruntung bisa merasakan kendala karena EOD, bisa juga tidak terkena dampak EOD nya. Dan proses EOD nya pun memakan durasi waktu yang berbeda² tergantung tim IT dari Bank tersebut.

    Dampaknya transaksi akan bermasalah. Bisa jadi error/gagal dan saldo berkurang/tetap utuh, bisa juga berhasil tapi pending ke rekening tujuan.

    Apalagi kalo kondisinya transfer antar Bank yang berbeda dan dua Bank tersebut sama² sedang EOD. Pastinya akan berkendala banget dan kalo saldo sudah berkurang tapi belum masuk ke rekening tujuan, maka harus dilakukan pengecekkan ke pihak jaringan transfernya (biasanya pihak jaringan prima/bersama). Dan itu butuh waktu lebih banyak (berhari-hari) karna butuh proses validasi dan lain².

    Intinya adalah, hindari transaksi financial yg beresiko di malam hari. Lebih baik tidur nyenyak dan transaksi lagi di esok hari. Toh masih ada hari esok buat transaksi kok. Jujur, kalo saya sih pilih tidur/melakukan hal lain saja daripada transaksi tengah malam.

    Semoga informasinya bermanfaat. Terima kasih.

  • 8 Januari 2020 - (22:58 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama. Pada tgl 4 Januari 2020 pukul 23:36 saya tf dr jenius ke salah satu e-wallet saya. Bagi saya yang mahasiswa nominal itu cukup tinggi. Kemudian, saya menghubungi cs via chat online jenius dan cs nya bilang saat itu sedang ada kendala jadi diharapkan untuk menghubungi kembali pukul 7 pagi, tapi disaat itu cs nya langsung membuat nomor pengaduan saya dan csnya juga mengatakan kalau itu membutuhkan max 8 hari kerja. Setelah pukul 07:04 wib (5 Januari) saya mengeluhkan permasalahan saya via e-mail jenius. Jenius pun merespon email saya dan mengklaim bahwa nomor pengaduan saya sedang di proses. Dihari selanjutnya (6 Januari) saya menghubungi via email dan dibalas bahwa itu masih sedang di proses. 7 Januari saya tidak ada menghubungi jenius via email lagi karena saya yakin pasti balasannya masih tetap sama seperti sebelumnya. Pada saat tgl 8 Januari pukul 08:00 saya cek app jenius saya dan Alhamdulillah saldo saya telah kembali.

    Sebagai pelajaran buat saya dan teman2 yang lain, hindari transaksi di jam 23:00 – 01:00 karena biasanya di jam itu memang waktu perawatan server hampir setiap start up, atau perusahaan digital.

    Semoga pengalaman saya bisa membantu.

    • 13 Januari 2020 - (09:02 WIB)
      Permalink

      Iyaa sayaa juga Sama mengalami seperti,sya transfer dri BNI ke BCA, pada pukul 02.22 , transfer sya gagal, tpi saldo berkurang, dan sya sudah hub ke ccr nya, kata nya nunggu 14 hari kerja, mana sya orang yg sya transfer LG butuh banget uang nya, tlong agar di tindak lanjutin di percepat masalah nya, terima kasih

    • 17 Juni 2020 - (00:04 WIB)
      Permalink

      ini jadinya 4hari ya baliknya?
      ini saya juga lg deg2an nunggu karena saya habis top up e wallet saya dan juga tidak masuk sudah 2hari, sudah ke cs jenius ya spt biasa jawaban hanya template suruh nunggu.
      lalu saya tanya ke cs ewallet tujuan saya katanya blm ada dana masuk di sistem mereka, alias dana nya ya masih muter aja di dlm sistem jenius.

      ditambah saya baca komplain an di twitter jenius yg isinya hampir sama semua, top up ewallet dan tidak pernah masuk dananya, bahkan ada yg sampe berbulan2 dan tidak kembali, lalu transfer ke bank lain dll pun sama.
      intinya uang keluar dr jenius, selalu sistem penerima (entah bank atau ewallet atau pembayaran dll) belum menerima tp saldo jenius telah terpotong, alias dana kita masih diputerin dimana tauk sm jenius dan tidak diteruskan ke sistem pihak penerima.

      sebenarnya saya jd penasaran ada apa dgn jenius karena komplain semua hampir serupa. apa memang dananya di hold sm jenius..

  • 24 Juli 2020 - (12:59 WIB)
    Permalink

    hari ini pun dana saya sudah terdebet 10.000.000 tapi dana tersebut tidak langsung masuk ke rek BCA saya . tlp CS hanya di minta menunggu 1×24 jam karna sedang pemeliharaan sistem. klo belum masuk juga harus menunggu pelaporan. padahal uangnya dibutuhkan saat seperti ini . tapi pelayanan nya GAK BAGUS Banget.

    • 24 Juli 2020 - (15:22 WIB)
      Permalink

      Jadi si J sudah mengakui bahwa sedang ada pemeliharaan sistem?
      Dari jadul memang sudah biasa dia maintenance entah (1) gak ngomong2 & app masih bisa dipakai sehingga user “tertipu” melakukan transaksi yang kemudian “pending” kalau gak malah langsung error (masih mendingan langsung error sih); atau (2) gak ngomong2 tapi app gak bisa dipake, sehingga bikin user emosi di medsos; atau (3) ngomong ada maintenance, tapi gak beres2 atau sudah lewat waktu yang dibilang, ternyata tetap belum beres, sehingga menyulitkan user yang mau transaksi keuangan.

      Sebagai user J juga, saran saya sih:
      1. Jangan jadikan J sebagai tabungan utama, pake bank yang sudah ada nama besar, yang mungkin ada biaya2 admin dll, tapi saya yakin biaya2 tersebut BERPENGARUH sehingga sistem mereka lebih maintenance-free maupun kalau maintenance tidak lama2 & juga tidak di jam kerja.
      2. Gunakan J persis seperti yang sering “dijadikan keunggulan mereka” yaitu gratis transfer (s & k berlaku) termasuk isi dompet elektronik. Jadi diisi seperlunya aja.
      3. Memang sih ada yang bunganya besar. Ya kalau mau dimanfaatkan, duitnya pakai duit nganggur aja, bukan yang perlu buat dipakai rutin sehari-hari buat belanja ataupun bayar tagihan.
      4. Setiap x mau transaksi, jangan lupa cek medsos dulu, lagi rame banyak yang komplen atau sepi2 aja hehehe.
      5. Kalau ternyata butuh buat fasilitas Visa nya, yah saya gak bisa ngomong dah karena kalau saya sih ada alternatif lain

    • 28 November 2021 - (20:06 WIB)
      Permalink

      Hai mba, saya mau tau dong ini kasusnya gimana endingnya? Saya baru saja mengalami hal serupa, trf dari jenius ke bca dan bri, keduanya berhasil, saldo terdebit tapi di bank penerima dananya tidak masuk. Sudah 3 hari nih saya masih menanti kepastian belum ada follow up dari pihak jenius

    • 28 November 2021 - (20:07 WIB)
      Permalink

      Hai mba, saya mau tau dong ini kasusnya gimana endingnya? Saya baru saja mengalami hal serupa, trf dari jenius ke bca dan bri, keduanya berhasil, saldo terdebit tapi di bank penerima dananya tidak masuk. Sudah 3 hari nih saya masih menanti kepastian belum ada follow up dari pihak jenius sedih

  • 27 Juli 2020 - (15:34 WIB)
    Permalink

    TGL 24 Jul 2020 saya transaksi 2x , : pertama via jenius aplikasi dan ke 2 menggunakan ATM , saldo berkurang , kedua nya tecatat pada mutasi rekening dan berhasil terkirim ke rekening tujuan . namun cek rekening tujuan dimana rekening tersebut atas nama saya pribadi juga belum menerima . sudah membuat laporan ke CS dengan tenggang waktu 5 hari kerja maksimal . saya harapkan bisa lebih cepat karena dana saya dibutuhkan

  • 12 Februari 2021 - (22:53 WIB)
    Permalink

    hal serupa juga menimpa saya pada siang hari, kamis 28 januari 2020. saya telah melakukan transaksi 5x dengan atm jenius. Transaksi yang ke 4 ternyata mengalami kegagalan, sedangkan uangnya terdebit ke rekening jenius saya. Namun sesudah 8 hari kerja sejak pelaporan kendala itu, uang tersebut belum juga kembali ke rekening saya. Mohon untuk ditindak lanjuti dari tim btpn yang terkait.

  • 26 November 2021 - (08:20 WIB)
    Permalink

    Kapok dah transfer melalui jenius ke bank lain, sukses berhasil tapi tidak masuk ke rek tujuan. Untuk pembayaran virtual aj sekarang sy pakai jenius transfer ke bank lain mending engak, 5 hari kerja trus jawaban nya

  • 20 November 2023 - (15:23 WIB)
    Permalink

    Kecewa sih,
    kalau orang yang tidak mampu bagaimana dananya ditahan, sementara yang menerima minta di bayar juga.
    gila si jadi trauma pakai jenius
    kirain aman ternyata2 meleset
    klau tfr sikit2 masuk ya, klau tfr bnyk gk masuk.
    dananya di pakai kali ya.
    kecewa

 Apa Komentar Anda mengenai Jenius BTPN?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Transaksi Gagal, Saldo Jenius Terdebit namun Saldo Tidak Masuk ke Reke…

oleh Euis Oktavianti dibaca dalam: 1 menit
20