Transaksi Gagal, Saldo Jenius Terdebit namun Saldo Tidak Masuk ke Rekening Penerima

Yth. Tim media konsumen dan Tim Jenius,

Saya melakukan transfer via Jenius App sebesar Rp 39.000.000 ke rekening pribadi saya (Mandiri) pada tanggal 06 Januari 2020 pukul 00.33, namun terdapat notifikasi gagal. Setelah itu saya melakukan back aplikasi saya dan mengecek in & out pada aplikasi saya dan ditemukan receipt transaksi tersebut dan saldo saya terdebit.

Kemudian saya cek rekening pribadi saya di Mandiri, dan tidak ada saldo yang masuk. Selang beberapa saat, saya menelpon CS Jenius dan mereka mengatakan mereka tidak dapat mengakses data saya dikarenakan sedang adanya proses penarikan data pada sistem mereka dan dia meminta saya untuk telepon kembali setelah pukul 7 pagi.

Kemudian saya berinisiatif untuk menghubungi Bank Mandiri (penerima) dan mereka menyatakan bahwa bank penerima sifatnya pasif dan mereka meminta saya untuk menghubungi bank pengirim. Kemudian pada pada pagi hari, (sekitar pukul 8) saya menelpon kembali CS Jenius dan mereka meminta saya membuat laporan (No. Laporan saya CAS-20-ab7878) dan mengatakan akan dilakukan proses pengecekan tim terkait dan membutuhkan waktu 8 hari kerja.

Yang saya sayangkan adalah, mereka tidak bisa memberikan KEPASTIAN terhadap pengembalian dana saya yang terdebit. Saya terus menghubungi CS Jenius via chat app dan menelpon meminta agar laporan saya menjadi prioritas dan respon mereka hanyalah “SEDANG DILAKUKAN PROSES PENGECEKAN TIM TERKAIT” dan jawabannya pun hanyalah jawaban yang sangat TEMPLATE.

Jujur saya membutuhkan uang tersebut untuk acara dalam waktu dekat, uang tersebut bukan uang yang sedikit dan ini semua memecah fokus saya DAN SANGAT MENGGANGGU SAYA dalam kegiatan sehari-hari. Saya sebagai konsumen produk perbankan sangat merasa TIDAK SECURE dan tidak puas dengan pelayanan BTPN Jenius, ini bukan kesalahan saya namun saya yang menerima kerugian.

Mohon Tim Jenius dapat melakukan kepastian lebih cepat lagi, 8 hari kerja adalah waktu yang sangat amat lama untuk nasabah yang mungkin sangat amat membutuhkan uangnya. semoga surat ini dapat menjadi perhatian tim jenius.jika tim jenius membutuhkan bukti dari saya silahkan untuk hubungi saya. dan mohon juga maksimalkan layanan CS Jenius, sehingga bisa menjawab KERESAHAN NASABAH dengan kepastian dan tidak hanya dengan jawaban template.

Terima kasih.

Euis Oktavianti
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jenius BTPN:
[Total:30    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

8 komentar untuk “Transaksi Gagal, Saldo Jenius Terdebit namun Saldo Tidak Masuk ke Rekening Penerima

  • 8 Januari 2020 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Terima kasih tim jenius. Keluhan saya sudah ditangani dengan baik. Dan dana sudah dikembalikan ke rekening jenius saya.

    • 8 Januari 2020 - (20:41 WIB)
      Permalink

      Pada dunia perbankan ada dikenal istilah EOD( End of Day). Biasanya tiap bank menerapkan proses ini pada dekat tengah malam atau setelah tengah malam. Fungsinya akan melakukan pembukuan akhir hari terhadap semua transaksi di hari tersebut. Sehingga jika ada transaksi terjadi pada jam tersebut biasanya akan masuk proses antrian setelah hal di atas dilakukan. Jika gagal, maka akan terjadi proses pengembalian(akan tercatat di transaksi history). Jika berhasil makan dana akan terkirim ke rekening tujuan. Disarankan untuk tidak transfer di jam-jam tersebut untuk menghindari hal di atas apalagi dengan jumlah transaksi besar. Semoga membantu

      • 8 Januari 2020 - (22:08 WIB)
        Permalink

        Terima kasih banyak untuk saran dari Bapak erik. Semoga menjadi pelajaran dan edukasi kedepannya sehingga kasus yang sama tidak akan kembali terjadi.

  • 8 Januari 2020 - (19:50 WIB)
    Permalink

    Kok tergolong cukup cepat ya penyelesaiannya, apa ada faktor gara2 tayang di MK ini kah?

    Dulu saya gagal bayar tagihan 25 ribu (sudah terdebet tapi tagihan masih tidak terbayar) aja butuh beberapa minggu baru balik duitnya. Padahal bukti juga sudah jelas & nyata, karena kemudian saya bayarkan pake bank sebelah sukses (tagihan terbayar). Bukti transaksi yang gagal maupun yang sukses pasti lah juga sudah disampaikan.

    SOP nya gak standar nih tabungan yang 1 ini.

  • 8 Januari 2020 - (20:41 WIB)
    Permalink

    Pada dunia perbankan ada dikenal istilah EOD( End of Day). Biasanya tiap bank menerapkan proses ini pada dekat tengah malam atau setelah tengah malam. Fungsinya akan melakukan pembukuan akhir hari terhadap semua transaksi di hari tersebut. Sehingga jika ada transaksi terjadi pada jam tersebut biasanya akan masuk proses antrian setelah hal di atas dilakukan. Jika gagal, maka akan terjadi proses pengembalian(akan tercatat di transaksi history). Jika berhasil makan dana akan terkirim ke rekening tujuan. Disarankan untuk tidak transfer di jam-jam tersebut untuk menghindari hal di atas apalagi dengan jumlah transaksi besar. Semoga membantu.

  • 8 Januari 2020 - (21:59 WIB)
    Permalink

    Setuju dengan agan Erik.

    End of Day di setiap Bank selalu dilakukan setiap hari pada malam hari. Baik menjelang pergantian hari, ataupun setelah pergantian hari. Dan nasabah yg terkena dampak juga RANDOM. Jadi kalo ada yg bilang di Bank A gak pernah kendala transaksi di malam hari, bisa jadi proses EOD nya dilakukan sebelum/setelah anda transaksi. Atau mungkin anda lagi beruntung bisa merasakan kendala karena EOD, bisa juga tidak terkena dampak EOD nya. Dan proses EOD nya pun memakan durasi waktu yang berbeda² tergantung tim IT dari Bank tersebut.

    Dampaknya transaksi akan bermasalah. Bisa jadi error/gagal dan saldo berkurang/tetap utuh, bisa juga berhasil tapi pending ke rekening tujuan.

    Apalagi kalo kondisinya transfer antar Bank yang berbeda dan dua Bank tersebut sama² sedang EOD. Pastinya akan berkendala banget dan kalo saldo sudah berkurang tapi belum masuk ke rekening tujuan, maka harus dilakukan pengecekkan ke pihak jaringan transfernya (biasanya pihak jaringan prima/bersama). Dan itu butuh waktu lebih banyak (berhari-hari) karna butuh proses validasi dan lain².

    Intinya adalah, hindari transaksi financial yg beresiko di malam hari. Lebih baik tidur nyenyak dan transaksi lagi di esok hari. Toh masih ada hari esok buat transaksi kok. Jujur, kalo saya sih pilih tidur/melakukan hal lain saja daripada transaksi tengah malam.

    Semoga informasinya bermanfaat. Terima kasih.

  • 8 Januari 2020 - (22:58 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama. Pada tgl 4 Januari 2020 pukul 23:36 saya tf dr jenius ke salah satu e-wallet saya. Bagi saya yang mahasiswa nominal itu cukup tinggi. Kemudian, saya menghubungi cs via chat online jenius dan cs nya bilang saat itu sedang ada kendala jadi diharapkan untuk menghubungi kembali pukul 7 pagi, tapi disaat itu cs nya langsung membuat nomor pengaduan saya dan csnya juga mengatakan kalau itu membutuhkan max 8 hari kerja. Setelah pukul 07:04 wib (5 Januari) saya mengeluhkan permasalahan saya via e-mail jenius. Jenius pun merespon email saya dan mengklaim bahwa nomor pengaduan saya sedang di proses. Dihari selanjutnya (6 Januari) saya menghubungi via email dan dibalas bahwa itu masih sedang di proses. 7 Januari saya tidak ada menghubungi jenius via email lagi karena saya yakin pasti balasannya masih tetap sama seperti sebelumnya. Pada saat tgl 8 Januari pukul 08:00 saya cek app jenius saya dan Alhamdulillah saldo saya telah kembali.

    Sebagai pelajaran buat saya dan teman2 yang lain, hindari transaksi di jam 23:00 – 01:00 karena biasanya di jam itu memang waktu perawatan server hampir setiap start up, atau perusahaan digital.

    Semoga pengalaman saya bisa membantu.

    • 13 Januari 2020 - (09:02 WIB)
      Permalink

      Iyaa sayaa juga Sama mengalami seperti,sya transfer dri BNI ke BCA, pada pukul 02.22 , transfer sya gagal, tpi saldo berkurang, dan sya sudah hub ke ccr nya, kata nya nunggu 14 hari kerja, mana sya orang yg sya transfer LG butuh banget uang nya, tlong agar di tindak lanjutin di percepat masalah nya, terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Jenius BTPN?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Transaksi Gagal, Saldo Jenius Terdebit namun Saldo Tidak Masuk ke Reke…

oleh Euis Oktavianti dibaca dalam: 1 min
8