Dengan Alasan Kehilangan Data Nasabah, Deposito di Bank Rakyat Indonesia Tidak Kunjung Cair

Sudah 2 bulan lamanya kami telah memproses pencairan dana deposito atas nama ibu Rachmawati. Namun sampai sekarang nasib kami seperti dipingpong antara BRI unit Kebon Baru, BRI cabang Otista, dan BRI Pusat di Jakarta. Semua memberi kesan mencuci tangan dari kewajiban membayar uang dan hak nasabah atas deposito.

Kami sudah mengikuti semua prosedur yang diminta oleh BRI bahkan termasuk sampai survei domisili kami oleh team BRI cabang Otista dan kanwilnya. Namun sampai sekarang deposito kami tidak cair-cair juga. Nomor pelaporan kami 25348201 secara resmi dibuat pada tanggal 6 November 2019 yang lalu. Apa gunanya kalau nasabah menaruh duit di bank sekian lama untuk berjaga-jaga dan ketika diperlukan malah dipersulit oleh pihak Bank?

Setiap kami dipanggil lagi ke kantor BRI baik itu yang di cabang maupun yang di pusat, kami hanya buang-buang waktu dikarenakan dari PIC yang memanggil kami tidak juga dapat memberikan penjelasan dan titik terang yang jelas tentang pencairan dana kami. Masak alasannya tidak masuk akal: bahwa BRI kehilangan data nasabah seperti kami, yang sudah menjadi nasabah lebih dari 20 tahun?

Bagaimana kami bisa percaya lagi dengan institusi keuangan seperti Bank BRI yang katanya bank pemerintah yang paling besar di Indonesia? Apakah nasib kami akan menjadi salah satu contoh seperti yang terjadi di institusi lain seperti asuransi Jiwasraya, tapi kali ini dari institusi perbankan sebesar BRI?

Rachmawati Syahrir
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Rakyat Indonesia:
[Total:69    Rata-Rata: 2.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

11 komentar untuk “Dengan Alasan Kehilangan Data Nasabah, Deposito di Bank Rakyat Indonesia Tidak Kunjung Cair

    • 15 Januari 2020 - (19:19 WIB)
      Permalink

      mungkin karna kebetulan sedang ada kendala kak, saya sudah lama jadi nasabah bank BUMN termasuk bank BRI tapi sejauh ini alhamdulillah aman aman saja.

    • 15 Januari 2020 - (18:05 WIB)
      Permalink

      Maaf ya mbak kontak CS BRI. Ini proses sudah berjalan 2 bulan. Hasil laporan belum dikordinasikan ke saya tuh? Di tweet Anda ke saya hanya mengatakan : “Selamat malam kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu alami. Kami masih menindaklanjuti laporan Ibu, mohon kesediaan Ibu menunggu.”

      Itu mah bukan mengkordinasi hasil laporan tuh.

      • 15 Januari 2020 - (19:22 WIB)
        Permalink

        biasanya kalo sudah sampai ke pusat akan lebih cepat di prosesnya bu, semoga cepat selesai ya.

        • 19 Januari 2020 - (00:16 WIB)
          Permalink

          Kok tahu kalau sudah sampai ke pusat? Mas ini orang BRI ya? FYI aja, ini sudah sampai ke pusat dari bulan November 2019, setelah berkali-kali saya ke BRI Unit Kebon Baru tidak ada kejelasan dan melempar saya ke pusat. Buktinya sampai sekarang dari “PUSAT” ngak ada tindak lanjutnya. Kalau sampai konsumen curhat di sosmed dan di media artinya channel yang normal yang sesuai prosedur tidak direspon oleh pihak bersangkutan.

  • 15 Januari 2020 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Saya ikut merasakan bagaimana rasanya ada diposisi ibu rachmawati karna keluarga saya pernah mengalami hal yang sama. Waktu itu kelaurga saya juga mau mencairkan deposit dan memang memakan waktu yang agak lama karna ada sedikit kendala tapi pihak bank selalu mengkomunikasikan dengan baik bahwa memang ada prosedur dan alur yang harus dilalui. Alhamdulillah selang beberapa watu masalahnya selesai dan uang depositnya cair, saya juga yakin terkait kausus ibu pihak bank pasti akan bertanggung jawab terlebih lagi laporan ibu sudah sampai ke kantor pusat. Semoga hal ini juga menjadi bahan evaluasi untuk pihak BRI dan semoga cepat ditindaklanjuti ya bu laporannya serta proses pencairan depositnya dipercepat.

  • 24 Januari 2020 - (18:36 WIB)
    Permalink

    Update per tanggal 24 Jan 2020:
    Setelah 2 bulan 3 minggu tepatnya, dipingpong tanpa kejelasan oleh pihak BRI, per hari ini pihak BRI baru mengembalikan modal deposito saya dengan hanya 1 bulan bunga. Alasannya lebih ke kesalahan sistem lagi dan masih data nomor bilyet nya yang belum ditemukan. Walau dari pihak mereka sudah mengkonfirmasi keaslian tandatangan, design bilyetnya, materainya dll. Lucu ya. Menyimpan duit di deposito selama 20 thn tapi hanya baru dikembalikan dengan 1 bulan bunga. Tadinya malah dari BRI Unit Kebon Baru mengusulkan hanya mengembalikan modal doang. Ck ck ck ck… Keterlaluan memang, BRI.

    Langkah lanjut :
    Pihak BRI sedang menyampaikan ke Pusat tentang keberatan kami yang hanya menginginkan hak murni kami dibayar selama 20 thn kami menyimpan deposito kami di BRI.

    Tunggu update berikutnya ya, supaya semua pembaca dapat melihat dan mengikuti proses BRI sebenarnya. Saya akan poskan sampai mana perkembangannya.

    • 24 Januari 2020 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Wow itu serius Deposito 20 tahun hanya dikasih bunga 1 bulan? 🙀 Lha nilai uang 20 tahun yg lalu sama sekarang aja depresiasinya berapa persen? 🤔☹️ Itu deposito atas nama sendiri atau gimana?

  • 26 Februari 2020 - (01:05 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna deposito Bri. Pengajuan 3bln setiap bulan saya mendapatkan bunga yang masuk ke rekening saya. Sampai 20th bunga cuma 1bln ? Emmm mungkin 20 hari ya terus Bri genapin 1bln wkwkw

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Rakyat Indonesia?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Dengan Alasan Kehilangan Data Nasabah, Deposito di Bank Rakyat Indones…

oleh Nonie dibaca dalam: 1 min
11