MAP Gift Voucher Mengubah Ketentuan Kedaluwarsa tanpa Menghubungi Konsumen

Selamat siang admin,

Melalui surat ini, saya sebagai salah satu konsumen dari MAP (Mitra Adiperkasa) ingin menyampaikan pengaduan terhadap MAPgiftvoucher. Kronologis kejadian sebagai berikut:

Saya telah lama membeli voucher yang dijual oleh pihak MAP. Voucher MAP yang saya beli tersebut tidak memiliki expired date, sehingga saya simpan. Saya pikir akan bisa saya pakai kapan saja kedepannya apabila saya ke Jakarta (saya berdomisili di Pekanbaru) karena di Jakarta terdapat lebih banyak merchant yang bekerja sama dengan MAP. Sehingga saya pikir pilihan untuk menggunakan voucher tersebut akan lebih bagus.

Tepat pada tanggal 7 February 2020 yang lalu saya berangkat ke Jakarta dan saya melakukan purchase di Pull&Bear di Central Park Mall Jakarta menggunakan voucher MAP tanpa expiry date tersebut dan voucher tersebut ditolak oleh pihak store, alasannya karena voucher saya tidak dapat digunakan lagi. Mereka mengatakan bahwa voucher saya edisi lama dan harus ditukarkan dengan edisi terbaru. Saya disarankan untuk melakukan penukaran di MAPgiftvoucher. Ketika itu saya mencari info, dengan coba mencari tahu tentang website MAP, dan social media MAP.

Setelah itu saya akhirnya mendapatkan info bahwa voucher edisi lama harus ditukarkan dengan voucher edisi terbaru dengan expired date, dan voucher edisi lama sudah tidak bisa digunakan lagi per tanggal 31 Desember 2019.
Dan batas penukaran paling akhir voucher edisi lama ke edisi terbaru adalah 31 Desember 2019, yang akhirnya diperpanjang ke 31 Januari 2020, karena banyak yang komplain tidak tahu tentang penukaran voucher tersebut (saya baca di social media MAP).

Di sini saya sebagai salah satu konsumen yang baru tahu tentang info tersebut setelah batas akhir tanggal penukaran voucher 31 Januari 2020 sangat merasa terkejut dan dirugikan. Saya mencoba menghubungi call center MAP, tetapi tidak dijawab. Menghubungi melalui socmed MAP dan akhirnya ditanggapi dan saya diminta untuk melakukan permohonan melalui email. Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya email saya ditanggapi oleh MAP, dan mereka mengatakan bahwa tidak ada toleransi dari mereka untuk melakukan penukaran voucher lagi setelah batas waktu yang telah ditentukan tersebut. Hanya memberikan ucapan permohonan maaf. Mereka juga mengatakan telah memberikan informasi melalui media cetak yang terbit di tanggal sekian (balasan email akan saya lampirkan). Seolah olah ini murni 100% karena kesalahan konsumen.


Saya sebagai salah satu konsumen merasa sangat kecewa, karena pihak MAP bisa merubah syarat & ketentuan seperti itu terhadap voucher mereka (tidak ada penjelasan di voucher bahwa pihak MAP berhak merubah syarat & ketentuan seperti itu). Dan bagaimana bisa mereka memastikan dengan cara memberikan info seperti yang mereka sebutkan (media cetak, website MAP, socmed MAP, dan merchant merchant yang bekerja sama dengan MAP) bahwa konsumen mereka akan 100% tahu mengenai informasi perubahan syarat & ketentuan voucher tanpa expiry date tersebut dan info penukaran voucher.

Alasan kami yakni;

  • Saya bukan orang yang setiap hari membaca koran, bahkan saya tidak pernah membaca koran sama sekali. Saya mendapatkan informasi melalu media elektronik.
  • Saya tidak follow socmed MAP sama sekali, saya bukan tipe orang yang aktif main socmed
  • Selama masa waktu yang diberitahukan tersebut diatas, saya tidak mengunjungi store yang bekerja sama dengan MAP sama sekali. Saya mengunjungi store Pull&Bear di Jakarta tepat pada tanggal 7 Debruari 2020, dan ketika itu saya baru tahu bahwa voucher tidak bisa digunakan. Ketika itu juga saya baru mencari informasi mengenai penukaran voucher sesuai yang dijelaskan oleh pihak dari store. Saya juga baru tahu tentang website MAP, IG dan twitter MAP. Sebelumnya saya tidak tahu sama sekali. yang saya tahu hanya satu, bahwa voucher MAP yang saya beli dan saya simpan “NO EXPIRY DATE”
  • Pihak MAP juga memiliki email/no hp beberapa member, tetapi tidak memberikan informasi secara personal ke masing-masing member mereka.

Setelah saya baca di socmed mereka, ternyata banyak yang bernasib sama dengan saya. Kami merasa sangat dikecewakan dan dirugikan. Berapa banyak total kerugian kami (total keuntungan yang didapatkan pihak MAP secara cuma-cuma dengan menggugurkan voucher tanpa expired date yang mereka terbitkan sendiri). Saya sendiri memiliki total voucher sebesar 3,7 juta rupiah.

Terima kasih atas perhatiannya, semoga bisa membantu kami para konsumen yang telah merasa dirugikan secara sepihak oleh pihak MAP.

Rudy Halim
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

91 komentar untuk “MAP Gift Voucher Mengubah Ketentuan Kedaluwarsa tanpa Menghubungi Konsumen

  • 11 Agustus 2020 - (09:42 WIB)
    Permalink

    saya juga baru tahu 6 Agustus 2020 ketika mau menggunakan voucher MAP di food hall, bulan juli setelah masuk kantor lagi barulah ke mall dan rencana menggunakan voucher MAP tsb namun terdapat gangguan system sehingga tidak dapat digunakan, ketika agustus ke foodhall untuk mencoba lagi taunya ga bisa dipake, sebenarnya itu aja mau pake karena mau habis2in aja daripada nyimpen voucher terus, eeeh taunya ga bisa dipake, dan udah nyobain tlp, email, chat sana sini hasilnya nihil. semuanya hanya kasi tau kalau ga bisa ditukarkan dan tidak bisa digunakan lagi, intinya si HANGUS dan yang untung MAP. ternyata banyak yg jadi korban. MAP untung banyak dari penjualan voucher tapi VOUCHER TANPA EXPIRED DATE menjadi tidak bisa digunakan. mendingan vouchernya diberi expired date supaya konsumen lebih aware dan pakai sebelum expired date daripada dikecewakan. belum lagi jumlah totalnya ga sedikit juga.
    tahun lalu sempet pake dan baru inget ketika bayar ke cashier ada petugas yg bilang sedang penarikan voucher tapi kode voucher yg saya pakai tidak termasuk yg ditarik, dan ketika payment pun tidak kelihatan ada info banner atau apa di toko. banyak yang dirugikan juga ternyata…. MAP yg merupakan PT besar dan bahkan uda TBK ckckck….

  • 11 Agustus 2020 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Saya juga barusan mengalami hal yang sama, voucher tidak bisa dipakai….. cuma voucher ini memang ini sifantya pemberian dari orang… gak beli sendiri…cuma kan sayang…
    kita mana tahu kalau ini expired dan lain sbginya…. bisa-bisanya MAP…
    trus bgmn dengan voucher yg ada ini?

    • 12 Agustus 2020 - (09:04 WIB)
      Permalink

      ga bisa diapapain ci, sy uda tlp kantor pusat ga diangkat, tlp mapgift voucher call center tidak bisa diapapain, WA juga hanya bilang keputusan direksi, email (ga dibales). hanya bisa direlakan aja karena mau diapapain juga uda ga bisa ci. banyak yg bermasalah spt itu dan baru tahu krn ada teman saya blg hanya ada stand kecil di kasir untuk info voucher yang tidak berlaku lagi. jadi pasti banyak yg gatahu juga

      • 12 Agustus 2020 - (09:26 WIB)
        Permalink

        heheheh nasib ya @rizu shinn… alasan keputusan direksi memang paling enak disampaikan ke umum…..

        ya semoga MAP bisa memperbaiki diri ke depannya aja, itu harapan kita orang kecil…

        • 12 Agustus 2020 - (09:32 WIB)
          Permalink

          iya, karena keputusan direksi yg dirugikan konsumen, di atas banyak yg nominalnya sampe jutaan kl dijumlahin lumayan juga. tapi konsumen di sni memang posisi lemah, kl mau dilaporin gada yg mau keluar uang lebih juga, mendingan direlain daripada di kasus in yg kemungkinan bisa habisin duit lebih banyak.
          pelajaran aja lain x ada voucher apapun walaupun gada expired date, tetep dipake secepetnya. lebih baik pegang duit cash daripada duit maenan (voucher) hahaha

  • 7 September 2020 - (14:06 WIB)
    Permalink

    Saya juga kecewa sama MAP, kemarin mau pakai voucher-nya di Food Hall ternyata katanya sudah tidak berlaku lagi. Padahal disimpen2 krn sayang dipakenya pikir mau dipakai saat lagi krisis keuangan buat beli makanan krn tdk ada expired date tapi malah MAP merubah ketentuan seenaknya sendiri dan tidak memberitahukan melalui email. Kecewa sekali dengan kinerja MAP ini, di email juga tidak dibalas. Harusnya kalau kayak gini kan dari awal aja mereka ngeluarin voucher dengan expired date, ga usah menipu konsumen kyk gini juga.

  • 8 September 2020 - (16:29 WIB)
    Permalink

    Saya punya beberapa lembar voucher juga tidak bisa dipakai.
    Voucher adalah surat bukti pengganti pembayaran yang diterbitkan oleh PT MAP, untuk dipakai pada tempat tertentu, pada nilai tertentu dan disepakati kedua belah pihak.

    PT MAP menerbitkan voucher tanpa keterangan expired date, maka PT MAP berkewajiban untuk menunaikan transaksi atas voucher yang telah diterbitkan.
    Keputusan sepihak adalah penyalahgunaan hukum dan tindakan yang mengarah pada penipuan konsumen.

    Jika dengan keputusan sepihak dan pengumuman sepihak saja, mari semua orang bisa beramai ramai menjual voucher dengan masa satu tahun, lalu diumumkan di media bahwa masa berlaku berubah menjadi 1 bulan.
    Setelah itu ditambah lagi 1 bulan, lalu disebut bahwa penerbit voucher sudah ‘bermurah hati’ memberikan perpanjangan 1 bulan tambahan.

    Pemerintah harus mengambil tindakan menangani kasus yang jelas merugikan konsumen ini. Ditelaah apakah mengarah ke penipuan, penggelapan dan pencucian uang.

  • 18 September 2020 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Saya malah baru tahu skrg dari teman. Teman saya masih ada 2,5jt, saya sisa 500. Padahal voucher ga ada exp date nya. Perusahaan MAP harusnya bijak dalam menyikapi hal ini. Biarkan voucher lama berjalan. Karna dia akan sendirinya habis terpakai. Kalau hal ini dibiarkan dan tidak diviralkan, ini akan menjadi kebiasaan dan tidak menutup kemungkinan akan berbuat hal yg akan merugikan konsumen. MOHON PIHAK MAP BERIKAN SOLUSI TERBAIK, karna banyak sekali yang dirugikan termasuk saya, wlpun 500rb, itu ttp berharga. Apalagi dalam masa2 seperti sekarang ini. Sy yakin pasti masih banyak yang tidak tahu mengenai hal ini.

    Buat pembaca yang sekiranya dirugikan juga, dan mengerti hukum, tolonglah bantu kumpulkan orang2 yg dirugikan supaya dapat diproses secara hukum yg ada. Teman2 pengacara atau siapapun yg mengerti hukum mohon dibantu, pasti akan bnyk korban yg akan sangat terbantu. Dan akan bermunculan korban2 yg dirugikan. Smoga masalah ini segera diberikan solusi / kebijakan spy voucher lama ttp bisa digunakan. Thanks

  • 22 September 2020 - (13:39 WIB)
    Permalink

    Untuk para konsumen yang telah menyampaikan keluhannya disini, apakah ada yang berhasil menukar?

    Saya sendiri baru pengalaman voucher ditolak hari ini. Kaget karena voucher MAP seharusnya tidak memiliki kadaluwarsa. Saya sudah tanyakan hal ini via WhatsApp, namun jawabannya tidak membantu sama sekali. Admin menyatakan bahwa voucher sudah hangus dan tidak bisa ditukar, karena menurut kebijakan manajemen, penukaran voucher sudah berakhir di akhir Januari 2020. Bagi saya, kebijakan ini tidak bijak karena merugikan banyak konsumen.

    Kemudian kalau dibilang info penukaran voucher lama ke yang baru sudah diinfokan melalui media sosial ataupun ada pengumuman di toko-toko MAP, sangatlah tidak tepat ataupun adil. Pemilik voucher tidak memiliki kewajiban untuk mengikuti media sosial MAP voucher manapun, ataupun selalu mencari berita/pengumuman yang ada di toko-toko MAP. Lagi, bagi saya, alasan ini tidak masuk akal.

    Kecewa dan merugi sekali dengan kejadian ini.

  • 4 Oktober 2020 - (21:01 WIB)
    Permalink

    Sama, saya baru tau setelah di tolak dari kasur sogo, dan sangat kecewa dgn perlakuan map yg semen mena, voucher msh sy simpan sebagai bukti

  • 8 Oktober 2020 - (23:27 WIB)
    Permalink

    Klo mau fair, MAP tbk yg sepihak mengubah policy terpenting ttg Masa expired voucher, seharusnya MAP tbk harus memastikan semua konsumen termasuk di pelosok pun tahu ttg ini. Bkn malah mengharuskan konsumen yg mencari berita di Koran , soc med. Karena kan saat beli voucher tidak Ada wanti wanti hrs pantau terus, tidak Ada disclaimer di fisik voucher bahwa Masa expired voucher bisa berubah… Ini jelas sangat tidak etis. Mereka menjual /mempromosikan nilai “secure” dmn konsumen dibuai janji voucher Aman disimpan buat warisan sekalipun. Anehnya kok para Garda pembela konsumen kyk YLKI diam saja ?????

  • 15 Oktober 2020 - (22:19 WIB)
    Permalink

    Wah saya baru tau ini..kenapa gak bisa di tukarkan lagi ya?saya pikir tidak ada tanggal expired bisa disimpan dulu..ketika mau pake,malah dibilang sudah tidak bisa dipakai lagi..mohon kebijaksanan dari MAP dong buat hal ini..saya minta bisa di tukarkan kembalii dengan voucher yang baru..tolong lah!!!

  • 16 Oktober 2020 - (15:19 WIB)
    Permalink

    saya juga baru mengalami nya belum lama dan ada voucher senilai 2 juta. dan ada 1 jutaan dapat dari femina group dibulan december 2019. saat mau dpakai dibilang sudah tidak berlaku. jujur sangat kecewa dengan pihak MAP DAN FEMINA. saya dapan vouchernya juga tidak ada expirednya.. smoga MAP ,perusahaan yg begitu besar bisa menangani dengan bijak.jujur ini sangat mengecewakan.

  • 18 Oktober 2020 - (23:00 WIB)
    Permalink

    Apakah sudah ada yang lewat jalur hukum?
    Kalau ada, saya juga bersedia ikut melaporkan. Ternyata banyak sekali konsumen yang dirugikan ya. Saya benar2 kecewa sekali dengan MAP. Sama saja ini penipuan

  • 26 Oktober 2020 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Hai para konsumen,
    Sepertinya saya senasib nih dengan kalian semua.
    Voucher saya ditolak saat transaksi di dominos.

    Saya transaksi di dominos pertengahan Juli 20.
    Pada saat itu kasir bilang ” seri voucher nya sudah exp harus diganti di kantor MAP” saya sempat berdebat karena setau saya voucher ini tidak ada masa expired nya, namun kasir dominos menjelaskan bahwa voucher ini tidak hangus hanya perlu di tukar dengan seri yang baru. Pada saat itu kasir tidak menjelaskan tentang batasan waktu penukaran.

    Mengingat psbb sudah berakhir, jadi hari ini saya berniat ke kantor MAP untuk menukarkan voucher tersebut. Sebelum pergi saya Googling dlu alamat kantor MAP ternyata hasil Googling saya membawa saya ke halaman media konsumen ini dan membaca semua keluhan para konsumen lain tentang MAP yang menyatakan menutup masa penukaran voucher hanya sampai akhir Januari 20.

    Sepertinya MAP harus diviralkan nih, korbannya sudah banyak begini, sementara mereka merasa mereka sudah menginformasikan melalui medsos dan merchant nya. Kalo memang mereka sudah menginformasikan ke merchant kenapa pas saya ke kasir Dominos kasir nya bilang bisa ditukarkan dikantor (sementara dibilang close di bulan Januari dan kasir itu ngomong pas saya transaksi di bulan Juli)

    Disitu jelas merchant mereka sendiri juga tidak terinformasi dengan baik, lantas mereka menganggap telah menginformasikan dengan baik kepada seluruh masyarakat dengan sosmed.

    Bagaimana kalo kita buat petisi,
    Agar MAP tidak seenaknya saya bertindak sepihak kepada kita para konsumen.
    Padahal apa ruginya yah bagi MAP untuk mengganti saja semua voucher yang lama dengan yang baru sama aja kayak kita nuker uang lama ke uang baru di BI kan.

    • 14 Mei 2021 - (20:39 WIB)
      Permalink

      Saya juga baru tahu awal Mei 2021 ini. Sungguh kecewa sekali yaaa.
      Saya juga sudah menyampaikan komplain melalui BPKN. Bagaimana yang lain? Apakah sudah mencoba komplain melalui BPKN juga?

    • 14 Mei 2021 - (20:41 WIB)
      Permalink

      Setuju untuk buat petisi. Tidak seharusnya MAP membatalkan sepihak.
      Walaupun dia sudah mengeluarkan pengumuman secara publik, tapi pengumuman itu terlalu dekat waktunya, sehingga banyak konsumen yang dirugikan.

  • 1 November 2020 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Wah, saya sudah didepan kasir nih, lalu bilang voucher saya sudah deactive. Loh, didepan padahal sudah dikasih tau vouchernya bisa dipake disini.
    Katanya sudah diberitahukan ke konsumen??

    Padahal bulan Desember saya ketoko yang sama dan pakai Voucher untuk belanja masih bisa.
    Saya punya voucher lebih dan akan saya simpan untuk belanja berikutnya. Karna toh juga ga ada expirednya voucher itu.

    Setelah belanja itu, ga ada informasi yang saya terima dari tokonya kalo voucher akan deactivate di akhir bulan tersebut.

    Sekarang pihak toko tidak tahu solusi. Dan dari BPKN juga ga ada solusi. Dari MAP apalagi. Hilang sudah kepercayaan saya dengan grup MAP. Perusahaan saya juga ga tahu kalau voucher yang saya pegang sudah tidak bisa digunakan.
    Padahal sepengetahuan saya, perusahaan dengan PT. MAP adalah mitra bisnis. Semua penghargaan di perusahaan menggunakan voucher MAP.

    • 1 November 2020 - (20:00 WIB)
      Permalink

      Oh iya, saya tambahkan sedikit. Ini juga karrna awal2 corona bulan Januari 2020 rencana belanja saya batal dan harus mendekam dirumah. Baru bulan ini bisa pergi2 belanja ke Mall besar lagi

  • 8 November 2020 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Sama dengan semua case nya,
    Harus ikhlas tapi tetap saja belum rela saat diberitahu sudah tidak berlaku voucher MAP yg saya miliki,apalagi batas penukarannya hanya sekejap dan seolah tanpa usaha pengumumannya ke konsumen di media yg tidak semua memakainya.
    Jika memang mau memberikan solusi dan membeli kepercayaan konsumen kembali,berikan win win solution misal tetap diterima dengan pengurangan 20-30% dari nilai voucher atau perpanjangan sampai akhir 2020 serta pengumuman permintaan maaf dalam durasi maksimal 6bulan penukaran nya.

  • 8 November 2020 - (19:44 WIB)
    Permalink

    Lah belakangan ini malah di app marketplace ijo bolak balik keluar iklan jualan voucher ini.
    Ngeri ah beli nya, jangan2 entar kena kejadian macam begini.

  • 9 November 2020 - (11:54 WIB)
    Permalink

    Sama, saya jg sejak pandemik tdk pernah ke mall, bulan kmrn cb jalan2 ke mall setelah sekian lama, dan krn mulai olah raga, saya dan istri membeli celana untuk jogging, dan alangkah kagetnya krn ketika membayar dengan voucher MAP ditolak, dgn alasan expire, pdhl di voucher tidak ada tanggal expirenya…

    adakah yg mengerti hukum disini, krn menurut saya itu adalah hak kita, uang yg sdh kita bayarkan dan juga tidak ada tanggal expirenya….

    ayo kita cari jalan keluarnya, kita toh tidak menuntut banyak hanya pergantian voucher yg kita miliki saja, yg nota bene HAK kita

  • 9 November 2020 - (11:56 WIB)
    Permalink

    tambahan, saya membeli voucher ini dengan menggunakan member, harusnya mereka berusaha menghubungi setiap member juga, menyatakan adanya batas waktu penukaran voucher…

  • 9 November 2020 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Saya juga kak kemaren baru saja dpt info kl kode voucer nya expired. Sebaiknya pihak map tidak sepihak memberikan expired date ini. Karena memang tidak ada tulisan expired date nya.
    Saya merasa sangat di rugikan!

  • 16 November 2020 - (08:06 WIB)
    Permalink

    Saya juga merasakan hal yang sama. Sebenarnya waktu pihak MAP mengeluarkan voucher mereka telah mencatat nomer nomer voucher yang keluar itu dan semua voucher yang sudah mereka keluarkan mereka bisa tahu apakah sudah balik atau sudah digunakan atau belum. Jadi harusnya mereka bertanggung jawab pada saat mengeluarkan voucher tanpa ada masa berlakunya. Selama semua voucher yang tanpa tgl masa berlaku belum balik ke mereka harusnya tidak bisa dibatalkan secara sepihak. Karena sebenarnya pihak MAP sudah menerima uang dari penjualan voucher tsb dan mereka bisa hitung nilai semua voucher voucher yang sudah keluar dan belum kembali ke mereka. Dan mereka harus mengembalikan uang pembeliwn voucher tsb karena sudah menjadi resiko mereka pada saat berani mengeluarkan voucher tanpa masa berlaku.

  • 18 November 2020 - (07:06 WIB)
    Permalink

    ternyata tidak sendiri disini… voucher saya kurang lebih ada 20 lembar juga tidak bisa digunakan… baru tau ada expired date buatan itu tepat kemarin malam.. apakah ada yg mendapat solusi… mungkin ditukarkan atau bisa digunakan dengan pemotongan nominal begitu?

  • 27 November 2020 - (17:33 WIB)
    Permalink

    mau diikhlasin kok gak ikhlas ya… ayo dong ada orang YLKI or orang Hukum, gak bisa MAP seenaknya membatalkan voucher yg mereka jual, mereka udah terima uangnya kok, dr situ aja udah jelas mrk untung krn bisa muterin yang masuk, eh sekarang tambah untung dengan menghanguskan sekian banyak voucher…..

  • 5 Januari 2021 - (11:40 WIB)
    Permalink

    Saya sangat kecewa sekali dengan MAP, kenapa gak dari awal aja dibuat expired date? Saya tinggal diluar Jakarta mana saya tahu itu expired, tiba tiba juga, saya juga jarang ke Jakarta, pas mau belanja ternyata ditolak?
    saya merasa sangat dirugikan !

  • 21 Januari 2021 - (19:38 WIB)
    Permalink

    sy baru tau ada expired sepihak, punya saya kode M18L…
    hari ini mo di gunakan unt beli keperluan baju imlek malah gk bisa.
    gk disangka MAP parah juga ya. makin banyak tumbang di masa pandemi.

  • 28 Februari 2021 - (15:10 WIB)
    Permalink

    Saya juga kecewa sama MAP, kemarin mau pakai voucher-nya di burger king ternyata katanya sudah tidak berlaku lagi. Padahal disimpen2 krn sayang dipakenya pikir mau dipakai saat lagi krisis keuangan dan lagi pandemi befinibbuat beli makanan krn tdk ada expired date tapi malah MAP merubah ketentuan seenaknya sendiri dan tidak memberitahukan melalui email. Kecewa sekali dengan kinerja MAP ini, di email juga tidak dibalas. Harusnya kalau kayak gini kan dari awal aja mereka ngeluarin voucher dengan expired date, ga usah menipu konsumen kyk gini juga.pleaseee tolong jangan tipu kami pleaseee berikan solusi

  • 28 Februari 2021 - (16:57 WIB)
    Permalink

    saya malah baru tahu tadi d kids stasion..beli mainan untuk anak…ktnya sdh kadaluarsa..sdh keliwat brp lama ini..saya kmarin huga cari2 exp tdk ada..haiyaa

 Apa Komentar Anda mengenai MAP Gift Voucher?

Ada 91 komentar sampai saat ini..

MAP Gift Voucher Mengubah Ketentuan Kedaluwarsa tanpa Menghubungi Kons…

oleh rudy halim dibaca dalam: 3 menit
91