MAP Gift Voucher Mengubah Ketentuan Kedaluwarsa tanpa Menghubungi Konsumen

Selamat siang admin,

Melalui surat ini, saya sebagai salah satu konsumen dari MAP (Mitra Adiperkasa) ingin menyampaikan pengaduan terhadap MAPgiftvoucher. Kronologis kejadian sebagai berikut:

Saya telah lama membeli voucher yang dijual oleh pihak MAP. Voucher MAP yang saya beli tersebut tidak memiliki expired date, sehingga saya simpan. Saya pikir akan bisa saya pakai kapan saja kedepannya apabila saya ke Jakarta (saya berdomisili di Pekanbaru) karena di Jakarta terdapat lebih banyak merchant yang bekerja sama dengan MAP. Sehingga saya pikir pilihan untuk menggunakan voucher tersebut akan lebih bagus.

Tepat pada tanggal 7 February 2020 yang lalu saya berangkat ke Jakarta dan saya melakukan purchase di Pull&Bear di Central Park Mall Jakarta menggunakan voucher MAP tanpa expiry date tersebut dan voucher tersebut ditolak oleh pihak store, alasannya karena voucher saya tidak dapat digunakan lagi. Mereka mengatakan bahwa voucher saya edisi lama dan harus ditukarkan dengan edisi terbaru. Saya disarankan untuk melakukan penukaran di MAPgiftvoucher. Ketika itu saya mencari info, dengan coba mencari tahu tentang website MAP, dan social media MAP.

Setelah itu saya akhirnya mendapatkan info bahwa voucher edisi lama harus ditukarkan dengan voucher edisi terbaru dengan expired date, dan voucher edisi lama sudah tidak bisa digunakan lagi per tanggal 31 Desember 2019.
Dan batas penukaran paling akhir voucher edisi lama ke edisi terbaru adalah 31 Desember 2019, yang akhirnya diperpanjang ke 31 Januari 2020, karena banyak yang komplain tidak tahu tentang penukaran voucher tersebut (saya baca di social media MAP).

Di sini saya sebagai salah satu konsumen yang baru tahu tentang info tersebut setelah batas akhir tanggal penukaran voucher 31 Januari 2020 sangat merasa terkejut dan dirugikan. Saya mencoba menghubungi call center MAP, tetapi tidak dijawab. Menghubungi melalui socmed MAP dan akhirnya ditanggapi dan saya diminta untuk melakukan permohonan melalui email. Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya email saya ditanggapi oleh MAP, dan mereka mengatakan bahwa tidak ada toleransi dari mereka untuk melakukan penukaran voucher lagi setelah batas waktu yang telah ditentukan tersebut. Hanya memberikan ucapan permohonan maaf. Mereka juga mengatakan telah memberikan informasi melalui media cetak yang terbit di tanggal sekian (balasan email akan saya lampirkan). Seolah olah ini murni 100% karena kesalahan konsumen.


Saya sebagai salah satu konsumen merasa sangat kecewa, karena pihak MAP bisa merubah syarat & ketentuan seperti itu terhadap voucher mereka (tidak ada penjelasan di voucher bahwa pihak MAP berhak merubah syarat & ketentuan seperti itu). Dan bagaimana bisa mereka memastikan dengan cara memberikan info seperti yang mereka sebutkan (media cetak, website MAP, socmed MAP, dan merchant merchant yang bekerja sama dengan MAP) bahwa konsumen mereka akan 100% tahu mengenai informasi perubahan syarat & ketentuan voucher tanpa expiry date tersebut dan info penukaran voucher.

Alasan kami yakni;

  • Saya bukan orang yang setiap hari membaca koran, bahkan saya tidak pernah membaca koran sama sekali. Saya mendapatkan informasi melalu media elektronik.
  • Saya tidak follow socmed MAP sama sekali, saya bukan tipe orang yang aktif main socmed
  • Selama masa waktu yang diberitahukan tersebut diatas, saya tidak mengunjungi store yang bekerja sama dengan MAP sama sekali. Saya mengunjungi store Pull&Bear di Jakarta tepat pada tanggal 7 Debruari 2020, dan ketika itu saya baru tahu bahwa voucher tidak bisa digunakan. Ketika itu juga saya baru mencari informasi mengenai penukaran voucher sesuai yang dijelaskan oleh pihak dari store. Saya juga baru tahu tentang website MAP, IG dan twitter MAP. Sebelumnya saya tidak tahu sama sekali. yang saya tahu hanya satu, bahwa voucher MAP yang saya beli dan saya simpan “NO EXPIRY DATE”
  • Pihak MAP juga memiliki email/no hp beberapa member, tetapi tidak memberikan informasi secara personal ke masing-masing member mereka.

Setelah saya baca di socmed mereka, ternyata banyak yang bernasib sama dengan saya. Kami merasa sangat dikecewakan dan dirugikan. Berapa banyak total kerugian kami (total keuntungan yang didapatkan pihak MAP secara cuma-cuma dengan menggugurkan voucher tanpa expired date yang mereka terbitkan sendiri). Saya sendiri memiliki total voucher sebesar 3,7 juta rupiah.

Terima kasih atas perhatiannya, semoga bisa membantu kami para konsumen yang telah merasa dirugikan secara sepihak oleh pihak MAP.

Rudy Halim
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai MAP Gift Voucher:
[Total:69    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

66 komentar untuk “MAP Gift Voucher Mengubah Ketentuan Kedaluwarsa tanpa Menghubungi Konsumen

  • 19 Maret 2021 - (09:57 WIB)
    Permalink

    saya juga dirugikan masih punya 7 lembar voucher. Di voucher memang tidak tertera expired date. Sehubungan covid jg kan memang jarang banget ke mall … pas mau dipakai kok ga bisa katanya sudah lama tidak bisa digunakan

  • 3 April 2021 - (19:33 WIB)
    Permalink

    Selamat malam,
    Saya baru tau, jika voucher MAP yang daya dapat juga tidak dapat ditukarkan di merchant MAP dengan alasan kedaluwarsa.
    Saya baru tahu bahwa tenggat waktu berakhir penukaran voucher setelah lebih dari satu tahun dua bulan berlalu.
    Saya ada 5 voucher dengan nominal 100 rb.
    Mohon informasinya rekan2 apakah hal ini tetap bisa diperjuangkan ?

 Apa Komentar Anda mengenai MAP Gift Voucher?

Ada 66 komentar sampai saat ini..

MAP Gift Voucher Mengubah Ketentuan Kedaluwarsa tanpa Menghubungi Kons…

oleh rudy halim dibaca dalam: 3 min
66