Asuransi Primajaga 100 Bank Danamon Manulife Financial Ditutup akibat Gagal Debit

Saya adalah nasabah Bank Danamon yang telah mengambil produk Primajaga100, yaitu asuransi dengan sistem menabung sebesar Rp100.000/bulan. Saya sudah ikut (tanggal masuknya) adalah 29 November 2011, padahal saat itu saya tidak terlalu aktif lagi di rekening Danamon. Namun ketika sedang di kantor cabang Jl. Abdul Muis Jakarta Pusat, saya ditawari produk tsb oleh sales/CS di cabang tsb. Saat itu, sebenarnya saya sudah malas nambah-nambah asuransi lagi, tapi karena preminya ringan hanya Rp100.000/bulan dan janjinya bisa cair 100% di akhir periode jika tidak pernah ada klaim.

Akhirnya saya ambil produk Primajaga 100 tsb dengan masa perlindungan 8 tahun, yang pembayarannya di-autodebit dari rekening Danamon. Sebenarnya rekening ini juga hampir gak aktif, tapi saya pertahankan untuk diisi uangnya secara berkala supaya bisa di-autodebit Primajaga.

Sertifikat Asuransi Primajaga

Setelah berjalan sekian tahun, saya akhirnya buka-buka dokumen di rumah dan mendapati sertifikat asuransi Primajaga tsb, dan baru menyadari kalau akhir waktu perlindungannya adalah tanggal 29 November 2019. Tapi setelah saya cek di email dan saya telusuri ternyata sejak Januari 2019 Danamon sudah tidak melakukan autodebit untuk Primajaga lagi. Memang di Januari tsb saldo saya ternyata tinggal bersisa Rp148 ribuan. Dan tidak ada email dari Danamon tentang pemberitahuan/notifikasi gagal pendebitan Primajaga.

Akhirnya saya buka-buka lagi email dari Danamon setiap bulannya hanyalah laporan rekening dan tawaran2 produknya, tak ada satupun email tentang notifikasi akun Primajaga selama keikutsertaan saya.

Berikut ringkasan laporan rekening Danamon saya:

  • Desember 2018: Masih debit Primajaga
  • Januari 2019: Tidak debit Primajaga, saldo 148.318
  • Februari 2019: Tidak debit Primajaga, saldo 133.318
  • Maret 2019: Tidak debit Primajaga, saldo 118.318
  • April 2019: Tidak debit Primajaga, saldo 103.318
  • Mei 2019: Tidak debit Primajaga, saldo 88.318
  • Juni 2019: Tidak debit Primajaga, saya isi saldo 600.000
  • Juli – Nov 2019: Tidak debit Primajaga

Hari ini saya telepon CS Danamon di nomor 1-500-090 dan mendapatkan informasi bahwa Primajaga saya sudah CLOSED karena gagal debit selama 3 bulan berturut-turut dan premi yang sudah dibayarkan TIDAK DAPAT DiKEMBALIKAN.

Saking jengkel dan menyesal, akhirnya saya menulis artikel ini, dengan harapan bahwa premi saya bisa dipulihkan kembali, mengingat tinggal 11 bulan lagi saat itu untuk menuju akhir waktu perlindungan, yang artinya 11 bulan lagi lah harusnya saya mendapatkan pengembalian premi 100%.

Mulai gagal debit adalah Januari 2019, dan akhir waktu perlindungan adalah 29 November 2019. Masa masalah begini harus nasabah yang jadi korban? Sementara Danamon tidak pernah mengirimkan email notifikasi, atau boro-boro telepon saya untuk mengingatkan gagal pendebitan tersebut. Sementara itu kalau telat bayar kartu kredit pasti dapat telepon dari bank.

Inilah akibatnya kalau punya asuransi bermacam-macam, lebih dari 3 produk, dari perusahaan yang berbeda-beda pula. Makanya saya sudah berkomitmen pada diri sendiri untuk tidak akan menambah-nambah lagi produk asuransi, tapi teruuus aja ditelponin dari macam-macam bank dan asuransi untuk nawarin produknya. Hadeeuuhh…

Mohon pihak Danamon dapat membantu saya untuk permasalahan ini, mengingat ada nasabah lain dari Bogor yang sudah berjalan Primajaganya selama 5,5 tahun dan rekeningnya juga tiba-tiba auto CLOSED dan akhirnya oleh Danamon bisa dipulihkan kembali dan akhirnya beliau melanjutkan premi Primajaganya. Ini saya kan hanya tinggal bersisa 11 bulan untuk mendapatkan pengembalian premi 100%! Jika Danamon menghubungi saya, Insha Allah sisa premi yang tertunggak 11 bulan tsb akan langsung saya lunasi.

Terima kasih.

Danawiryya Silaksanti
Jakarta Timur 13620

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Asuransi Primajaga 100:
[Total:3    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Bank Danamon atas Surat Ibu Danawiryya

Sehubungan dengan pengaduan yang disampaikan oleh Ibu Danawiryya Silaksanti melalui redaksi mediakonsumen.com pada tanggal 20 Maret 2020 dengan judul “Asuransi...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Primajaga 100?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Asuransi Primajaga 100 Bank Danamon Manulife Financial Ditutup akibat …

oleh Danawiryya dibaca dalam: 2 min
0