Kecepatan Internet MNC Play Tidak Bisa Diandalkan untuk Game Online

Saya adalah pelanggan MNC Play dengan nomor 1000057545 dengan paket kecepatan 30Mbps, posisi berada di Malang, Jawa Timur. Saya di sini ingin menyampaikan rasa capek dan lelah saya menghadapi sangat buruknya CS MNC dalam menangani masalah konsumen dan betapa buruknya koneksi internet MNC Play yang terjadi setiap malam (benar-benar setiap malam, bukan kiasan). Ini sudah terjadi sejak 3 tahun terakhir, khususnya saat digunakan untuk bermain game online dan dalam kasus saya adalah PS4 (Playstation 4).

Dulu pertama kali menggunakan MNC Play (sekitar 6 atau 7 tahun lalu) seminggu sekali selalu diblok oleh Sony karena dianggap ‘IP’ yang digunakan itu “kotor” atau dikatakan oleh pihak Sony ada “bot-bot” yang melakukan penyerangan terhadap server Sony Playstation. Singkat cerita, masalah ini (entah bagaimana) berhenti sekitar 3 atau 4 tahun lalu. Tapi masalah lain muncul.

Secara tidak diduga-duga, sejak 3 tahun yang lalu setiap malam koneksi MNC ‘drop’ secara tidak wajar, terutama akan sangat terasa sekali penurunannya saat bermain game online. Beberapa kali berpengaruh ke instagram dan youtube, lambat dan bahkan pernah tidak bisa ‘load’ Youtube sama sekali.

Setiap malam, apabila saya cek melalui aplikasi/web site speedtest – untuk kecepatan lokal kemungkinan tidak terlalu bermasalah dan bahkan masih bisa full speed. Tapi apabila saya arahkan ke server Singapura maka 95% hanya mendapat 1-10Mbps saja bahkan kecenderungan di kisaran 6-8Mbps saja. Mungkin satu atau dua server Singapura saja yang bagus dan kalau saya komplain selalu dijawab bahwa koneksi MNC ini up to (shared) – ini adalah alasan klasik untuk membungkam konsumen, sedangkan kalau pagi/siang selalu full speed.

Hal ini membuat pengalaman bermain game online seperti mimpi buruk yang tak berakhir, performa game yang tersendat-sendat (lag) membuat bermain game sangat tidak nyaman dan membuat tidak bisa bersaing dengan pemain lainnya yang mana banyak sekali orang luar negeri dengan internet yang jauh lebih stabil dan cepat ketimbang internet di negara Indonesia ini.

Baru-baru ini muncul game baru yang bernama Call of Duty Warzone. Saya yang sudah capek bermain game Apex Legends. Salah satunya juga karena lag tiap malam dan semakin memperburuk serta makin mempersulit permainan. Saya sangat berharap Warzone bisa menjadi pengganti game Apex Legends, karena saya sangat menyukainya dan akan cukup sering merekam videonya untuk diunggah ke youtube.

Tetapi saya semakin dikecewakan karena setiap malam untuk masuk atau tersambung ke servernya saja tidak bisa, selalu gagal. Selalu dimulai sekitar pkl. 19.00 bahkan bisa sebelum jam itu. Sama sekali tidak bisa login ke game di jam sore-malam (pagi/siang hari sangat lancar, jadi bukan masalah server game tersebut). Kalau Apex Legends masih bisa masuk/login walaupun dengan kondisi lag parah dan beberapa kali time out. Ini begitu memalukan saat bermain dengan teman-teman saya karena hanya saya yang mengalami gangguan separah ini setiap malam, di mana setiap malam saya selalu bermain dengan mereka.

Hal ini sudah saya sampaikan berkali-kali kepada pihak MNC, tetapi rupa-rupanya selama 3 tahun ini tidak ada perubahan sama sekali. Begitu amat kesalnya sehingga saya sudah beberapa kali marah-marah melalui e-mail dan fitur chat yang ada di website MNC Play. Tapi mereka hanya bisa mengatakan bahwa itu adalah “peak time” atau bisa dikatakan lagi ramai ramainya jalur internet (traffic). Masalahnya di sini adalah, kalau ISP lain saja tidak ada masalah lalu mengapa MNC Play sebegitu parahnya?? Teman-teman saya sampai berkata “iya bro, lo parah banget”. Nah di sini lah saya mulai merasa dipermainkan oleh pihak MNC.

Berikut adalah balasan e-mail MNC yang selalu sama tanpa ada niatan untuk memperbaiki sama sekali dan seakan berkata “terima aja lah bro”:

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami.

Menanggapi keluhan yang Bapak sampaikan, kami informasikan setelah dilakukan pengecekan oleh team technical support bahwa jaringan kami saat ini sedang mengalami kepadatan jaringan sehingga berdampak pada penurunan kualitas layanan MNC Play khususnya pada jam traffic penggunaan, yaitu antara pukul 17:00 sampai dengan 23:00 WIB.”

Perlu diketahui, biaya bulanan yang saya bayar itu lebih mahal dari teman saya. Sedangkan teman saya yang lebih murah ini kecepatannya adalah 35Mbps atau lebih cepat 5Mbps dari koneksi saya. Dia sama sekali tidak pernah mengalami gangguan separah yang saya alami. Perlu diingat kembali, gangguan yang saya alami ini SETIAP MALAM. Saya benar-benar malu sendiri.

Saya minta untuk diturunkan harganya karena saya tidak bisa menikmati speed dengan seharusnya tapi selama 7 tahunan berlangganan hanya mendapat sekitar 2 atau 3 kali kompensasi yang tidak berarti (hanya dikurangi sekitar Rp.8.000 saja). Mungkin karena begitu seringnya saya komplain, akhirnya muncul juga arogansi MNC dengan cara tidak mempedulikan keluhan saya tetapi malah mengirimkan lagi e-mail tagihan kepada saya yang lagi-lagi kesannya seperti berkata “kalau anda tidak mau bayar, ya sudah nanti kami akan putus”.

MNC sama sekali tidak mau memperbaiki masalah ini karena ada kemungkinan ini masalah bandwidth atau jalur yang padat dan untuk memperlebar jalur ini diperlukan biaya. Saya juga mendengar masalah ini dari teknisi dan staf-staf MNC Malang di mana mereka juga sudah meminta kepada pusat untuk menambah bandwidth tersebut, namun pusat selalu menolak dan mengatakan kalau jalurnya masih cukup. Dari sini saja kita semua bisa menilai betapa pelitnya MNC. Bukan sekedar pelit, tapi bagaikan mafia yang hanya ingin menerima keuntungan sebanyak-banyaknya dengan pengeluaran sekecil mungkin, bagi mereka tidak masalah walau itu sampai merugikan konsumen.

Di tempat saya hanya ada 2 provider, MNC dan Indihome namun keduanya sangat tidak kompeten bila dipakai untuk bermain game online(saya yakin para gamer mengerti maksud saya). Apalagi beberapa waktu terakhir ini saya ingin berkecimpung dan sedang berusaha di dunia youtube dengan serius, mengingat saya juga adalah gamer dan ingin menyalurkan hobi sekaligus berharap mendapatkan pemasukan. Tetapi saya dibuat stress dan kebingungan dengan hal ini.

Intinya di sini adalah dengan harga yang saya bayarkan tiap bulan, saya rasa itu sangat tidak sesuai dengan layanan serta kualitas yang diberikan. Padahal kalau kita lihat beberapa ISP lain banyak yang menurunkan harga atau setidaknya meskipun harga tetap (atau ada kenaikan) tapi kecepatan-nya pun dinaikkan, seperti itu. Saya merasa “dirampok secara halus”. Posisi saya benar-benar terjepit karena saya memang membutuhkan kecepatan download dan upload yang tinggi serta kestabilan, namun saya tidak ada pilihan (MNC 1:1, sedangkan Indihome tidak) dan sepertinya kesempatan ini dimanfaatkan oleh pihak MNC.

Saya di sini meminta kepada MNC untuk berkata jujur kepada konsumen bahwa MNC memang sangat tidak cocok untuk bermain game online dan sering ‘RTO’ (Request Timed Out) yaitu gagalnya terhubung dengan suatu server dan tidak mau/bersedia memperbaiki. Apalagi hari-hari ini banyak sekali orang bekerja di rumah dan anak-anak sekolah diliburkan dikarenakan pandemi covid-19. Tampaknya ini juga dimanfaatkan dan dijadikan alasan oleh pihak MNC Play untuk menutupi kelemahan mereka (atau niat buruk mereka), yang padahal, kualitas mereka sudah tidak bagus dan selalu padat setiap malam bahkan sebelum adanya pandemi ini.

Customer Service (CS) MNC berbicara layaknya robot yang sudah diatur mengikuti prosedur yang ada. Mereka hanya ‘copy-paste’ saja, jadi saya hanya membaca atau mendengar jawaban itu-itu saja. Tidak ada solusi sama sekali.

Jangan memanfaatkan keadaan dan memberikan iklan palsu yang seakan mengatakan koneksi kalian bagus untuk bermain game online, semuanya adalah bohong belaka. Paket-paket baru yang ditawarkan pun makin menekan konsumen dan diatur sedemikian rupa agar konsumen membayar lebih mahal. Tidak ada inovasi atau kreativitas dalam membuat paket-paket menarik, tetapi yang ada dalam pikirannya adalah bagaimana mengeruk uang sebesar-besarnya dari konsumen tanpa perlu memberikan peningkatan dalam kualitas.

Catatan dari saya: apabila ada pembaca yang mengalami hal yang sama, mohon dukungannya untuk komen dan menyebarkan artikel ini.

Michael Octavianus
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan MNC Play atas Surat Bapak Michael Octavianus

Menanggapi surat pembaca yang ditulis oleh Bapak Michael Octavianus melalui mediakonsumen.com yang tayang pada Jumat (29/03/2020), perkenankan kami menyampaikan tanggapan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Sama Halnya dengan cerita Dari Bang Oktavianus. Saya juga mengalami hal tersebut. Koneksi internet sangat lemot. Sudah hampir setahun. Tiap mau Maen Game Online. Log in pun susah. Kadang buka ig.twit tidak bisa reload. . terkadang saya mau naikan speed limit mnc play. Takutnya sama juga masih lemot.

    • Daerah mana kak? Saya lagi cari juga provider buat main game online (dlm hal ini ps4). Selama ini pake Smartfren sama aja lost connecting terus.

      • Saya sendiri di Malang. Kl untuk main game online jangan pk smartfren bro. Ini aja yang pk salah satu ISP besar msh gk ngatasin. Coba aja firstmedia/biznet gt..

    • Mending tahan dulu kalau mau upgrade speed. Betul memang, bisa percuma kl kondisinya masih sprt ini. Bnyk yg bilang mng kl MNC suka RTO, google aja pasti ketemu kog.

  • logika saya menanyakan jika memang seperti itu kendalanya apalagi abang2 mas2 di atas adalah konsumen lama kenapa tidak berhenti dari dulu? mncplay tidak menerapkan sistem penalti dan sistem pembayaran juga prabayar dan kalo berhenti tidak ada denda berjalan..kok dibikin ribet mas? masih banyak provider lain tuh😁
    ayo beralih ke indihome

    • Saya jg sdh sampaikan di atas, indihome dgn FUP dan upload speed rendah masih nggk bisa. Sudah mondar mandir mnc - indihome dan sudah saya banding-bandingkan, terpaksa pilih MNC. Kl ada pilihan lain sy udah pasti pindah.

    • maaf mau manambahi, mnc menerapkan sistim pembayaran dimuka juga, seperti yg saya lakukan pula.

  • Pertama coba di cek dulu speed internet nya (donload & upload) melalui speedtest.Pastikan apakah speed nya sdh sesuai dengan paket layanan yg dipakai.Misal, anda berlangganan dgn paket 30mbps, pastikan speed nya sesuai.Apabila setelah di speedtest ternyata speed tidak sesuai (lebih kecil dari paket layanan yg terdaftar), baiknya hubungi CS dan informasikan supaya dilakukan perbaikan.Untuk masalah slow speed biasanya bisa terpengaruh dari kondisi perangkat (ONT / ROUTER), mungkin krna usia pakai yg sdh cukup lama sehingga mempengaruhi kecepatan koneksinya.Bisa juga terpengaruh dari output di FAT / Terminal fiber optic nya.Karena output power yg terlalu besar, bisa menyebabkan koneksi internet menjadi lambat bahkan bisa lost connect.
    Pada saat menghubungi CS infokan saja supaya minta didatangkan teknisi untuk dilakukan pengecekan karena speed internet slow.

    • Semua yang anda sebutkan sudah dilakukan. Kalau memang karena usia perangkat, lalu mengapa hanya malam saja? Mohon dicermati lagi artikel di atas. Teknisi yang datangpun tidak bisa melakukan perbaikan apa-apa. Pihak MNC juga sudah mengakui kalau jalur mereka padat.

  • saya juga mengalami sama persis. mau main online tidak bisa connect ke servernya terutama main GTA5 tidak bisa masuk ke servernya rockstar, yg main gta pasti paham.
    misal Mbps nya sama dengan operator lain tetapi yg mnc selalu tidak bisa masuk sedangkan operator lain bisa lancar sudah banyak saya tanya ke gamers2 yg lain juga.

    sy sudah email berkali2 ke mnc jawabannya sama persis dengan apa yg dialami abang ini. lagi jam ramai lah. siang dan pagi pun sama aja saya tidak bisa main online. misal bisa online paling berapa menit aaja udah putus.

    kalau tidak ada perbaikan pasti sy pindah, walopun udah terlanjur bayar setaun langganannya.