Permohonan Relaksasi atau Penangguhan Pembayaran Kredivo

Sehubungan dengan wabah Covid-19. Saya mengajukan permohonan relaksasi ke pihak Kredivo, untuk bulan depan sampai situasi normal kembali, karena sudah dipastikan hotel tempat saya bekerja akan tutup sementara. Berulang kali saya sampaikan meminta petunjuk dan prosedur teknis cara pengajuannya melalui chat aplikasi tapi seakan tidak dihiraukan. Jawaban pihak Kredivo hanya menyarankan untuk tetap bayar seperti biasa sebelum jatuh tempo untuk menghindari biaya keterlambatan 4% dan bunga sebesar 6%. Kalau begitu seakan tidak peduli akan situasi saat ini.

Sebagai catatan saya tidak pernah telat bayar tapi kembali saya sampaikan ini himbauan dari pemerintah jadi hotel saya bekerja tutup sementara. Lalu mau bayar dari mana? Sedangkan gaji sudah dipastikan tidak akan mencukupi untuk bulan depan.

Mohon tanggapi ini dan berikan solusi, saya selaku warga negara yang baik ikut anjuran pemerintah dan pihak Kredivo sudah sepatutnya ikut peduli Akan situasi seperti ini, tidak dda yang menginginkan situasi ini terjadi.

Muhammad Ikbalul Khoer
Cibeureum, Cimahi Selatan
Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Muhammad Ikbalul Khoer

Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh Bapak Muhammad Ikbalul Khoer di Media Konsumen tanggal 3 April 2020 yang berjudul “Permohonan...
Baca Selengkapnya

66 komentar untuk “Permohonan Relaksasi atau Penangguhan Pembayaran Kredivo

  • 24 April 2020 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Sya sdh mengajukan Reschedule, di 2 cicilan sya pd Kredivo via email namun tidak digubris dan harus tetap membayar disaat ini, pdhl sdh sya lampirkan surat pemberitahuan penutupan operasi mall utk 1 bulan (mall) sbg langkah pencegahan dampak covid19, sehingga sya TDK bisa mendapatan dana utk membayar cicilan dimksd. Malah DC Kredivo yg “SOPAN” menyuruh mencari pinjaman/dana talangan dan mengungkit pendapatan sya pd saat pengajuan ( kan pendapatan sya pd waktu kondisi normal…oon lu). Mereka gak mau tau akhirnya sya ambil kesimpulan percuma jawab telp mereka, wong mereka gak akan mau menerima kesusahan org lain…kapok ambil barang via KREDIVO. Semoga kondisi cepat pulih kembali dan sya akan membayar dan menutup akun sya di Kredivo.

  • 26 April 2020 - (15:03 WIB)
    Permalink

    saya pun sama seperti kalian sudah minta konpensasi sama kredivo tp tetap d tuntut bayar tepat waktu, lah kita mau bayar pake apa ya kita kan korban phk pandemi corona. gmna kita tlvn ojk aja nomornya 157 biar kita mnta toleransi kan kredivo dibawah pengawasan ojk. Sdgkn kredivo termasuk multifinance

  • 28 April 2020 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Kalau saya di uangme,, saya sdh mengajukan perpanjangan waktu pelunasan pinjaman tetapi pihak uangme menyuruh cari pinjaman,, mau cari kemana karena situasi sdg pademi,, buat mkn aj ssh,,. Saya Smpe blg ksh kelonggaran wktu sampai bln depan ttpi cs tetap menyuruh cari pinjaman,, setiap saat di telepon

  • 29 April 2020 - (11:48 WIB)
    Permalink

    perlu di up kredivo ini biar ga kebablasan,.. bahkan ditutup jika menyalahi aturan pemerintah.. mungkin yg sudah diteror2 atau sudah di chat bisa disharing ke medsos OJK/Lambeturah/lainya.. biar mereka ga punya penghasilan juga sama dengan kami yg berdampak covid-19 ini.

    • 30 April 2020 - (14:10 WIB)
      Permalink

      Betul kak.. keluarga saya sdh diteror ?.. telat baru 10 hari. Tp nerorrnya udah kemana2. Alamat kita juga kan ada ya mereka. Napa g datengin langsung aja cb drpd nelponin orang lain. Apa emang itu SOP lembaga yg dinaungi ojk?

      • 2 Mei 2020 - (09:54 WIB)
        Permalink

        Apakah media konsumen ini dibaca oleh pihak kredivo Dan ojk KenApa tidal Ada respon untuk Hal ini disini ya ini sudah meresahkan , pihak kredivo memang fintech peer to peer tapi pasti Ada penyokong dananya yang bisa di stimulus untuk proses relaksasi ,kalo pihak kredivo masih bisa sewenang wenang dalam kondisi covid seperti ini Dan jika meneror rekan/ saudara Kita itu bisa masuk ke dalam pencurian data pengguna bisa kena pasal dari ojk, mohon win win solusi nya tanggapi ini sebelum menjadi keresahan yang berujung pada Hal Hal yang tidak baik.

  • 5 Mei 2020 - (12:33 WIB)
    Permalink

    sepertinya media konsumen ini tidak dibaca oleh pihak kredivo maupun OJK.
    karena baru saja saya ditelp oleh pihak kredivo terkait keterlambatan pembayaran yang masuk di hari ke 5.
    “jika sampai malam ini saya tidak membayar, akun kredivo saya akan dinon-aktifkan dan tidak dapat melakukan pinjaman lagi, hanya dapat membayar saja.”

    kalau memang sampai pihak kredivo meneror keluarga atau teman-teman yang berada di contact ponsel saya, saya akan melanjutkan perkara ini ke ranah hukum.
    saya sudah 2 tahun menggunakan kredivo dan tidak pernah terlambat sedikit pun, bahkan lebih banyak pembayaran saya lebih cepat 1 bulan.

  • 5 Mei 2020 - (14:52 WIB)
    Permalink

    jika dilihat dari informasi yang OJK berikan di :
    https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Documents/Pages/Pengumuman-Restrukturisasi-atau-Keringanan-bagi-Debitur-Perbankan-dan-Perusahaan-Pembiayaan-yang-Terkena-Dampak-Covid-19/OJK%20Update%2031%20Maret%20Perusahaan%20Pembiayaan-.pdf

    kredivo tidak memberikan informasi ikut dalam program pemerintah, kalaupun diwakili oleh APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia), tidak ada informasi restrukturisasi pada website resmi kredivo seperti yang diinformasikan oleh APPI.

    • 7 Mei 2020 - (07:47 WIB)
      Permalink

      Iyaa.. sya juga di teror sm yg mengats nama kan kredivo.. merka ga sms saya
      Tp meraka sma dan tlp langsung ke kaka dan tmn” sayaa… Bkin malu org , Sedangkan saat saya daftr kredivo ga ada sya cantumkan nama mereka.. saya pikir it bukan dr kredivo nya langsung , tp data kita yg jebol ke penipu”.
      Krna di tnya brapa tagihan nya meraka ga bsa jwb…
      Ada juga satu nmr whatsup saya..
      Saya bilang saya ga bsa byr , ga ada uang.
      Trs dia tau saya ambil tv di kredivo
      Dia malah nganjurin bwt di gadein trs bwt bayar kredivo..
      Laah brrti sama aja saya nambah utang donk.
      Saya jwb aja udh di jual bwt kebutuhan sehari” ..
      Eehh saya malah di amcem mau di laporin polisi..
      Saya jwb aja situ yg ga mikir org lg bgni di malah nagih nya udh kya utang sma rentenir. .. kredivo it kan aplikasi resmi yg trcantum di ojk..
      Msa bgtu sikap org lapangan nya..
      Kaya org preman pasar yg di rekrut kerja….

  • 5 Mei 2020 - (15:18 WIB)
    Permalink

    Untuk pengaduan terkait cara penagihan debt Collector kami sarankan Bapak/Ibu menyampaikan pengaduan nya kepada pihak pinjolnya langsung ya. Dan juga silahkan mengirimkan email ke alamat email kami di email:
    konsumen@ojk.go.id dan ke pengaduan@afpi.or.id dengan menyertakan bukti atau Screenshot terkait cara penagihan debt Collector tersebut agar menjadi bahan pengaturan dan pengawasan kami ke depannya untuk perusahaan Fintech tersebut. Sebelumnya Terimakasih Bapak/Ibu atas laporannya ke OJK

    yang merasa terganggu akan cara penagihan debt collectornya kredivo, yuks kita laporkan ke OJK..

  • 8 Mei 2020 - (10:05 WIB)
    Permalink

    barusan dapat telpon dari cs kredivo perempuan dgn mengaku nama And*ea. belum ke inti nada bicaranya bikin emosi.. lah intinya cs tuh nelpon mau apa? APA mau bikin emosi , yang Saya Akan perkarakan dia bAwa nama Muha**ad maksudnya apa? tolong jangan bawa nama sperti itu bisa masuk isu Sara nantinya

  • 29 Mei 2020 - (11:58 WIB)
    Permalink

    Saya baru beberapa menit yang lalu di tlpn di takut2in ada yang nanti datang ke rumah sama polisi …ya ampun udah kyk hutang miliaran padahal ak udah jelasin aku karyawan yg kena dampak covid 19 ini saya akan tetap berusaha untuk membayar tapi selama Corona ini kami cuma bisa cari uang untuk makan aja tapi mereka bilang bodoh amat itu urusan ibu katanya,saya bilang ini bencana dunia bukan cuma saya tolong di mengerti orangnya tetap pancing saya supaya saya emosi dan akhirnya saya sampe sumpahin dia semoga saya di ampuni ….tolong kredivo jangan gak pake hati kayak gitu semua kena dampaknya loh ini kenapa ya gak bisa ada kebijakan supaya kita juga tetap percaya sama kredivo.kejam banget gak manusiawi menurut saya …. Aku sampe gak abIs pikir koq ada orang2 kayak gini ya…klo ada di sini yg bisa beri saya solusi tolong.. saya juga gak mau klo sengaja hutang dan tidak bayar atau saya di anggap tidak bertanggup jawab tapi ini kita semua lagi dalam bencana ….maaf sedikit meluap2 karna masih merasa emosi sama kredivo

  • 31 Mei 2020 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Kredivo itu gak punya toleransi ditengah wabah COVID19,LBH parah di banding lesing motor,
    Kami sebagai nasabah merasakan kecewa,

  • 3 Juni 2020 - (15:41 WIB)
    Permalink

    Dear All,

    Baca ini baik2 yaa… selama pinjaman yang tidak ada agunan. CUT LOSS semua, tidak usah bayar sama sekali. utamakan untuk kebutuhan sehari2 seperti makan dan primer lain nya. hanya kuatkan mental ditagih2 debt collector. mereka hanya bisa memaki. secara hukum mereka tidak boleh menyita barang, kontak fisik, bahkan sampai masuk ke rumah pun tidak boleh. Kerugian kita apa kalau cut loss?? hanya Black list BI Checking, dan akibat dari itu, efek nya hanya TIDAK BISA MEMINJAM/HUTANG. hanya itu saja, tidak ada tindak pidana apa pun. jadi jangan mau di takut2i oleh mereka. sabar….

    • 1 Juli 2020 - (10:41 WIB)
      Permalink

      Betul , smga smuaa bebas dari jeratan hutang .
      Dan tidk ada lgi yg meminjam ke lmbga pembiayaan atau pun bank.

    • 5 Januari 2021 - (18:36 WIB)
      Permalink

      Apakah benar ini om? Boleh saya minta WA om nya?, Data saya terhack dan 17jt dari 20jt limitnya di ambil pihak ga bertanggung jawab…

  • 24 Agustus 2020 - (20:40 WIB)
    Permalink

    Barusan saya dapet WA yg intinya meminta untuk segera dibayarkan karena management sudah tidak bisa memberikan toleransi waktu lagi.
    Ancamannya harus bayar 2 bulan cicilan atau langsung pelunasan. Lha bayar 1 bulan aja udah kesusahan, ini malah disuruh pelunasan.
    Udah mau tutup apa ya perusahaannya?

 Apa Komentar Anda?

Ada 66 komentar sampai saat ini..

Permohonan Relaksasi atau Penangguhan Pembayaran Kredivo

oleh muhammad khoer dibaca dalam: 1 menit
66