Penangguhan Hutang ACC di Era Pandemi Covid-19 yang Memberatkan

Nama: Romphi Marcolla
Produk Kredit: ACC
No konsumen: 7100102003679889
Periode cicilan: 16 Februari 2019 s/d 16 Februari 2024 (5 tahun)

Alasan: Mengajukan penundaan bayar selama 2 bulan kedepan (Mei dan Juni 2020) karena bisnis rental kendaraan terkena dampak pandemic covid19 (sejak Maret 2020 s/d saat ini)

Lalu ditawarkan oleh pihak ACC untuk mendapatkan penangguhan/keringanan, dengan rincian sebai berikut:

1. Cicilan bulan April 2020 hanya membayar Rp 2,300,000 .
Biaya ini terdiri dari:
Administrasi Rp 300,000
Cicilan angsuran Rp 2,000,000

2. Cicilan bulan Mei 2020 DITANGGUHKAN/tidak mampu membayar (senilai Rp 6,350,000)

3. Periode cicilan diperpanjang menjadi s/d April 2024

4. Cicilan periode Juni 2020 s/d Maret 2024 cicilan normal Rp 6,350,000 (46x cicilan) (normalnya cicilan berakhir di Feb 2024)

5. Cicilan terakhir (April 2024) dibayar Rp 10,700,000

Penangguhan yang diberikan value-nya adalah: 2 bulan x Rp 6,350,000 = Rp 12,700,000

“keringanan” yang “memberatkan” versi ACC

Namun mengapa oleh pihak ACC di akhir periode pembayaran cicilan (yang jadwalnya selesai Febuari 2024, namun diperpanjang 2 bulan lagi, TOTAL SAYA DIHARUSKAN MEMBAYAR:

Maret 2024 Rp 6,350,000
April 2024 Rp 10,350,000
—————————————- +
Subtotal Rp 16,700,000

April 2020 Rp 2,300,000
—————————————- +
Total Rp 19,000,000 (Sembilan belas juta rupiah)

BERARTI KESIMPULANNYA:

Jadi penangguhan senilai Rp 12,700,000
DIBAYAR Rp 19,000,000
———————————————————– +
SELISIH Rp – 6,300,000 (enam juta tiga ratus ribu rupiah)

Untuk apa SELISIH Rp 6,300,000 tersebut??

Ketika saya konfirmasi ke petugas ACC, dijelaskan bahwa HAL TERSEBUT ADALAH BIAYA PENANGGUHAN CICILAN

Pandemi ini sifatnya global, pengaruhnya k seluruh dunia. Belum ada yang meramal kapan selesainya. Dampak ekonomi pun masih panjang untuk recovery. Jika memindahkan beban keringanan 2 bulan dengan “biaya penangguhan cicilan) senilai Rp 6,3 juta ya sama aja bohong dong, siapa yang jamin bulan berikutnya kondisi ekonomi sudah membaik?

Wah kemudahannya buat siapa ya?

Hal ini dirasa sangat memberatkan dan tidak relevan dengan konsep penundaan atau keringanan dalam krisis. Mohon kebijakannya untuk meninjau ulang keputusan seperti ini karena penundaan atau kemudahan kredit seyogyanya memudahkan bukan malah menjerat konsumen

Romphi Marcolla
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Astra Credit Companies:
[Total:68    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

29 komentar untuk “Penangguhan Hutang ACC di Era Pandemi Covid-19 yang Memberatkan

  • 25 April 2020 - (06:58 WIB)
    Permalink

    Program bantuan pandemic dari ACC ini bukan meringankan, tapi justru MEMBERATKAN kita sebagai KONSUMEN.

    • 9 Juni 2020 - (14:32 WIB)
      Permalink

      Saya sangat kecewa. Saya sendiri di bulan april di minta bayar ansuran 50% dan admin 300. Saya telah tanya apa itu buat bayar ansuran bulan ini dan mengutangi hutang pokok dan iya jawaban nya. Tapi eh ternyata saat amandemen keluar kok jadi biaya penangguhan uang saya bayar di bulan april ini. Tolong dong pqk jokowi

  • 29 April 2020 - (10:03 WIB)
    Permalink

    ACC memang bajingan pak, jangan mau ditipu oleh debt collector dan oknum2 premannya, pengalaman saya selalu minta surat keterangan resmi apabila diminta macam2 sama mereka, biasanya suratnya tidak muncul akan tetapi diminta menemui mereka langsung karena bakal dimintai uang macam2
    untuk keluhan bisa minta bantuan ke email :konsumen@ojk.go.id

  • 11 Mei 2020 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Saya nasabah ACC, mengalami hal yang sama, disuruh membayar 2.255.000 untuk penangguhan selama 2 bulan. Ada saran apa yang harus dilakukan atau bagaimana ya?

  • 20 Mei 2020 - (18:43 WIB)
    Permalink

    saya juga nasabah ACC sama setelah disetujui restrukturisasi saya di suruh bayar setengah cicilan (untuk apa coba dan bahkan ga masuk kecicilan) bayar administrasi dan bunga (yg kalo dihitung2 bisa 2x lebih besar nilainya dari denda kalo kita ga bayar sebulan)total2 hampir sama kaya cicilan perbulan ..itu pun hanya penundaan 1 ato 2 bln kalo ga salah.menurut saya pihak ACC tidak manusiawi kesannya mau ambil keuntung an dan malah menambah sesak dengan situasi yang sudah susah.

  • 22 Mei 2020 - (22:35 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya ketika mengajukan program relaksasi di ACC ini terbilang aneh, masa hanya dapat satu opsi, selama 2 bulan pengajuan mobil harus di simpan di kantor mereka,jika Tdk mampu membayar selama 2 bulan maka mobil di lelang, konyol.

    • 27 Mei 2020 - (14:53 WIB)
      Permalink

      hahhaa jgn mau saya juga d tawarkan titip mbl bahasa halusnya seperti itu email cc k ojk aja bahwa itu program tdk bermutu dan mempersulit custemor bkn memperingan

  • 22 Mei 2020 - (23:24 WIB)
    Permalink

    Saya jg seperti itu..saya jg nasabah acc,biaya penangguhan saya selama 2 bulan 2.050 ribu..dari cicilan 3.500.dan saya taya kpd pihak acc klo gak di bayar ini dendanya brapa?1.750..brarti saya cuma bayar dendanya doang karna tidak mampu bayar sebesar 1750 rb..ditambah adminya 300 rb..makanya jadi 2.050 rb..saya jg heran penangguhannya dimana..saya rasa itu bukan penangguhan itu nagih denda sebelum keterlambatan.Acc tidak mau rugi..apalagi mobil da pertengahan bayarnya..gak ditarik jual miring da untung acc

    • 28 Mei 2021 - (17:34 WIB)
      Permalink

      merasakan hal yg sama bgt saya,Gan. next gak akan berhubungan lagi dengan acc dan tidak akan mrekomendasikan ke siapa pun. kami mau diberikan kelonggaran waktu dan pasti kami bayar tapi malah dirugikan akhirnya. semua lapisan di global jg merasakan efek dari pandemi, tp dari acc justru tidak bpihak kepada kami nasabah yg ingin mdapatkan keringanan.

  • 27 Mei 2020 - (14:51 WIB)
    Permalink

    saya juga sebagai nasabah ACC bru telat brp hri kayak d kejar yg sdh tdk ad pembayaran 3bln ke atas saya d tlp terus tiap hri am deskcol nya dan ngmg kebijakan mbl d tahan secara halus d titip 2bln mana ad program seperti itu dan blg nya program pengundian program gk berfaeda bkn membantu nasabah tp mempersulit sllu blg dtg k kntr cabang tp kntr cab tutup gk jls sngt kecewa pdhl blm telat pembayaran sebulan masih brp hri tp d tagi dan cara penagihan jg g punya etitude

  • 31 Mei 2020 - (16:17 WIB)
    Permalink

    Saya jg konsumen ACC. Sebelum Corona ini saya ga pernah telat. Justru saya selalu bayar sblm tgl jatuh tempo. Tp pada saat pendemi ini saya benar”tdk ada pemasukan. Bisa makan saja saya sudah bersyukur. Tp ACC tetap menagih padahal saya sudah mengajukan rescduling cicilan… Punya perasaan lah sedikit. Klo ada uang pasti dibayar… Toh selama ini pembayaran saya baik. Boleh dicek atas nama YANDRI BOY

    • 28 Mei 2021 - (17:31 WIB)
      Permalink

      merasakan hal yg sama bgt saya,Gan. next gak akan berhubungan lagi dengan acc dan tidak akan mrekomendasikan ke siapa pun. kami mau diberikan kelonggaran waktu dan pasti kami bayar tapi malah dirugikan akhirnya. semua lapisan di global jg merasakan efek dari pandemi, tp dari acc justru tidak bpihak kepada kami nasabah yg ingin mdapatkan keringanan.

  • 4 Juni 2020 - (20:53 WIB)
    Permalink

    sudah mengajukan reschudle ke acc jg gak di respon kok,cs yang berbesa 2-3orang telp tiap hari,tdk ada satupun yang bahas proses pengajuan reschudle itu dah sampe dimana,bahkan ada cs yg blg saya tdk angkt2 telp,saya bbrp minggu sebelumnya bcr mau kekantor langsung tapi tdk diijinkan krn msh psbb dan dkuatirkan ada keramaian/kerumunan. dari berbeda2 cs yang telp ada yg menginfokan kl mengajukan reschdule itu kalau mau di proses akan dikenakan biaya sebesar 2juta, yg saya tanya biaya itu akan hangus donk,krn pas sy tanya biaya 2juta itu tdk dialihkan kemana2,misalnya diakhr pelunasan ini akan dipotong 2jt,tp ketika dtanya blgnya gk angus.saya ulang lg,gmn gk angus kl itu gk dialihkan kemana2 cm tok buat biaya,bikinnya program ACC simpati tp nyatanya ngerampok ini mah, saya sblmnya pun tdk ada record tunggakan, kl acc gk bersedia utk memberikan kelonggaran buat customernya,lebih baik gk usah pura2 bikin program demi narik simpati,seolah2 perusahaan ini berbaik hati menjadi salah satu perusahaan yang mau ikut serta membantu pelanggannya memberikan kelonggaran dg reschedule,nyatanya malah di jebak dan dikejar2 telp tiap hr dg 2-3org yang berbeda karena pelanggan menanti jawaban reschedule yang diinfokan akan memakan waktu proses 2bulan,kapok sy dg ACC ini, temen saya aja ngajuin rescheduling mobil bisa, gk da tuh biaya sampai 2juta…ini sungguh2 seperti jebakan, karena pandemic bgini yang saat ini tdk berpenghasilan karena gedung tempat saya usaha ditutup sudah mo hampir 3 bulan, gk akan saya ngemis2 reschdule ujung2nya malah dipermainkan dg biaya 2juta.mo cpt2 selesai aja biar saya gk berurusan lg dg ACC !!!! kacau amat deh ini belas to the point perusahaan anda gk ikut an program reschedule ,itu lebih baik buat saya dengernya,daripada menjebak bgini. apa sih tujuan perusahaan ini buat program reschedule dg kalimat ACC SIMPATI

    • 28 Mei 2021 - (17:30 WIB)
      Permalink

      merasakan hal yg sama bgt saya,Gan. next gak akan berhubungan lagi dengan acc dan tidak akan mrekomendasikan ke siapa pun. kami mau diberikan kelonggaran waktu dan pasti kami bayar tapi malah dirugikan akhirnya. semua lapisan di global jg merasakan efek dari pandemi, tp dari acc justru tidak bpihak kepada kami nasabah yg ingin mdapatkan keringanan.

  • 4 Juni 2020 - (20:56 WIB)
    Permalink

    *typo, maksudnya dari web acc menginfokan kl pengajuan proses reschedule memakan waktu 2 mgg, makanya saya menunggu,niat mo bayar 1 bulan dulu jadi gak jadi karena dah kadung kesel karena merasa dipermainkan dg program mereka yang ternyata dibebankan 2juta…ssshhhhh

  • 12 Juni 2020 - (22:31 WIB)
    Permalink

    Saya juga konsumen acc yang sangat di permainkan untuk meminta kebijakan mereka, sampai2 saya merasa seperti pengemis,saya sudah merasa bingung harus bagaimana lagi untuk meminta kebijakan kepada mereka,bagi konsumen acc di jakarta ayo kita kumpul ketemu bareng dan kita datangin ke acc/ojk/lbh bersama2 untuk cari solusi,musibah ini bukan kita yg mau,kalau ada yg berminat bisa wa 0812840043**, insya allah kalau kita berjuang bersama kita pasti menang, terima kasih

    • 19 Juni 2020 - (00:36 WIB)
      Permalink

      Ini gmna om perkembangannya, nomer wa gak bisa itu, ada alamat email kah atau apa gtu om yg bisa buat diskusi

  • 19 Juni 2020 - (00:34 WIB)
    Permalink

    Ada yg bisa kasih solusi kah soal acc ini, saya sudah 4 bulan nunggak dengan program seperti itu mana sanggup, dan skrang ada debt kolektor yg menawarkan kompensasi memberi uang yg gak masuk akal namun mobil mint di tarik, mohon dong infonya, saya selalu ikuti perkembangan tentang program ini, mohon info solusinya, makasih

  • 7 Juli 2020 - (11:20 WIB)
    Permalink

    Ini bukan lagi solusi tetapi sudah mencari keuntungan dari ‘covid 19’. Mau relaksasi bayar admin dan biaya keikutsertaan program, tidak bayar.. mobil mintq di titip…
    Kalau sendiri kita akan kalah, kalau kita bersama2 minimal akan didengarkan…

    Gabungkan kekuatan sesama pejuang keadilan
    WA : 0811900768, Saya akan minta back up beberapa yg mengerti hukum

      • 30 September 2020 - (09:43 WIB)
        Permalink

        ACC gak jelas cukup Tau aja.,dan sampaikan kepada saudara,teman atau siapa saja yg mau beli mobil kredit tanya dulu liesengnya apa klo ACC dan sejenisnya yg memberatkan nasabah jangan mau disaat kondisi seperti ini gak ada belas kasihan kepada nasabahnya gak bs ngasih solusi yg meringankan nasabahnya.,arahin ke tunas mandiri atau TAF aja,bisa di cek mandiri tunas atau TAF.

  • 23 September 2020 - (16:39 WIB)
    Permalink

    saya juga sangat kesal sama ACC saya setiap setor selalu tgl 5, bulan kemaren setor tgl 5 gk ada dendaan, terus setor lgi tgl 5 kena denda. 2 kali kena denda saya setor setiap tgl 5, bukti setoran nya masih ada nih

  • 28 Mei 2021 - (17:23 WIB)
    Permalink

    wah, kl baca komen disini saya juga makin yakin bukan saya sj yang merasa dirugikan perihal kebijakan “RESCHEDULING” dari acc. 2 bulan ditangguhkan mundur waktu cicilan tp ada biaya 1 bulan yg ternyata tetap harus dikeluarkan dan mjadi beban nasabah. sudah merasa dikecewakan lagi dari pihak cabang dan pusat kalo di kontak saling oper2an informasi tidak ada yg bisa mjelaskan secara merinci bgmn perihal hitungan kontrak rescheduling dan lain lain. bla bla bla hanya bisa balas bicara iya2 saja. aduuuuhhh bingung harus kmn lagi mengadu, skrg cuma mau usaha buru2 lunasi dan gak akan lagi pakai leasing ini untuk direkomendasikan ke siapa pun.

  • 28 Mei 2021 - (17:43 WIB)
    Permalink

    wahaiiii ACC uang 2 juta yg kami harus kami kluarkan guna untuk mbayar biaya penagguhan versi anda sangat berharga bagi kami yg sangat mbutuhkan dana dankeringanan cicilan. informasi anda sebagai leasing di Indonesia mohon diperbaiki. saya pribadi sangat sangat sangat dikecewakaaaaaannnn. Bahasa mundur 2 bulan , uang 2juta yg sudah kami kluarkan ternyata di makan/hilang bgitu saja, tdk mengurangi sisa tagihan kami.
    Minta amppuuun rasa dikecewakan kami sbg customer jauh lebih sakit krn kami sudah tidak ada rasa percaya lagi dgn Anda. sedih saya!!!

    kalo dihubungi ke kontak cabang or centre tdk ada yg bisa mberikan kejelasan informasi.

 Apa Komentar Anda mengenai Astra Credit Companies?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Penangguhan Hutang ACC di Era Pandemi Covid-19 yang Memberatkan

oleh Romphi dibaca dalam: 1 menit
29